Berkembangnya perekonomian berpotensi mendukung perkembangan bisnis. Perusahaan pun wajib membuat suatu strategi pengembangan usaha agar brand atau produknya tidak tersisihkan oleh kompetisi pasar.

Pasalnya, rencana pengembangan usaha yang Anda buat dapat menjadi fondasi dalam memastikan kesuksesan perusahaan di masa depan. Melalui perencanaan tersebut, Anda bisa meningkatkan awareness dan pendapatan.

Oleh karena itulah, strategi pengembangan usaha perlu dilakukan oleh berbagai bisnis, mulai dari yang sudah mapan maupun baru berdiri. Namun, yang menjadi pertanyaannya ialah apa saja strategi pemasaran terbaik yang bisa membantu pebisnis mengembangkan usahanya?

Untuk mengetahui jawabannya, mari simak pembahasan StickEarn di artikel ini. StickEarn telah membahas tentang apa itu strategi pengembangan usaha dan contohnya.

Baca juga: Strategi B2B Marketing yang Terbukti Efektif

Definisi Strategi Pengembangan Usaha

tips mengembangkan suatu usaha.jpg Source: Freepik - Apa yang dimaksud dengan pengembangan usaha?

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai pengembangan usaha, alangkah baiknya Anda mengetahui tentang pengembangan usaha itu seperti apa.

Sederhananya, pengembangan usaha adalah suatu proses yang melibatkan usaha-usaha dari perusahaan untuk meningkatkan hasil kinerja, pertumbuhan, dan keberhasilan dalam jangka waktu yang panjang.

Dalam upaya pengembangan usaha, perusahaan harus melakukan penelitian minat pasar dan industri, memahami keinginan dan pilihan pelanggan, dan mengikuti tren serta kemajuan teknologi yang relevan.

Selain itu, pengembangan usaha juga mengharuskan adanya pengawasan dan penilaian berkelanjutan untuk memverifikasi bahwa strategi yang diadopsi berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Jadi, secara umum, pengembangan usaha termasuk dalam tindakan berkelanjutan untuk meningkatkan prestasi perusahaan, memperluas bagian pasar, dan mencapai pertumbuhan yang berlangsung lama.

Apa Saja Strategi Pengembangan Usaha?

strategi membangun usaha yang efektif dengan branding.jpg

Source: Freepik - Mengembangkan usaha dapat dilakukan dengan berbagai tahapan.

Berdasarkan strateginya, ada beberapa langkah pengembangan usaha yang bisa Anda terapkan di perusahaan. Apa sajakah itu? Berikut langkah-langkah pengembangan produk yang sudah StickEarn rangkum untuk Anda.

1. Membangun Branding yang Kuat

Membangun brand yang kuat dapat Anda lakukan dengan branding. Branding menjadi salah satu kunci dalam mengembangkan bisnis yang harus dirancang sejak awal operasional perusahaan.

Hal ini dapat dimulai dengan memperkenalkan identitas merek dan keunggulan yang dimiliki kepada konsumen melalui iklan yang menarik.

Upayakan untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dari pesaing Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menarik perhatian konsumen dan membangun loyalitas brand.

Anda tidak perlu bingung mengenai bagaimana cara membangun branding yang tepat di perusahaan. Sebagai saran, Anda bisa memanfaatkan media iklan luar ruang untuk membangun branding yang kuat.

Media iklan Out-of-Home atau iklan luar ruangan adalah bentuk iklan yang ditampilkan di lokasi luar ruangan, sehingga iklan ini dapat diakses oleh masyarakat yang ada di jalan.

Jenis iklan OOH mempunyai beberapa manfaat bagi usaha Anda. Salah satu keuntungan yang diberikan ketika Anda beriklan di media ini, selain dapat meningkatkan awareness, Anda juga dapat menjangkau berbagai audiens.

Contoh media iklan luar ruang terbaik yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha ialah MobileLED Advertising. Jenis iklan OOH (Out-of-Home) ini akan membawa iklan Anda menuju lokasi-lokasi yang strategis.

Dengan beriklan di kendaraan seperti MobileLED mampu menunjang kreativitas. Anda dapat memuat iklan dalam berbagai format, mulai dari audio, gambar, video, atau bahkan kombinasi di antaranya.

Berbekal keunggulan media iklan tersebut, pasang iklan di MobileLED Advertising pasti akan meningkatkan paparan produk Anda karena iklan akan dilihat serta dikenal oleh banyak orang.

Penggunaan MobileLED Display Truck sebagai media iklan pernah dilakukan oleh Warner Music Indonesia. Campaign OOH Warner Music bertajuk album “Subtract” Ed Sheeran sukses mencuri perhatian publik, khususnya khalayak yang ada di jalan.

Dengan memanfaatkan MobileLED Display Truck Advertising StickEarn, Warner Music meramaikan jalan ibukota dengan lagu-lagu terbaru Ed Sheeran. Apakah Anda sudah pernah lihat campaign-nya?

Nah, bagi Anda yang ingin mempromosikan produk agar efektif melalui media luar ruang, Anda dapat beriklan di MobileLED advertising StickEarn.

Baca juga: Inilah Alasan Brand Memilih Beriklan di MobileLED

2. Inovasi Produk

Mengembangkan usaha juga dapat dilakukan dengan terus berinovasi meluncurkan atau memperbaiki produk yang sudah ada. Anda dapat mengembangkan produk dengan mengacu pada trend marketing atau dengan melihat riset internal Anda terhadap produk yang telah dirilis perusahaan.

Dengan begitu, perusahaan dapat mengatasi permasalahan yang mungkin akan terjadi, yaitu konsumen merasa jenuh dan bosan terhadap produk Anda.

3. Memperluas Jangkauan Produk

Memperluas jangkauan produk menjadi strategi pengembangan usaha berikutnya yang wajib Anda terapkan. Strategi ini tergolong efektif karena membantu Anda menjangkau lebih banyak orang.

Lalu, memperluas jangkauan produk juga memungkinkan bisnis Anda untuk meningkatkan pendapatan. Bagaimana tidak, ketika suatu produk dikenal banyak orang, peluang untuk bertransaksi pasti terbuka lebar.

4. Membuat Konten Pemasaran yang Menarik

Membuat content marketing yang menarik adalah proses kreatif. Perusahaan atau brand dapat mengembangkan konten pemasarannya sesuai keinginan atau mengikuti trend yang ada.

Tujuan dalam pembuatan konten ini ialah untuk menciptakan materi yang menarik dan kreatif. Lalu, juga untuk memikat dan melibatkan audiens agar mau berinteraksi dengan konten.

Sebab, menariknya suatu konten, entah yang Anda sebar di media sosial maupun artikel, terletak pada kemampuan materi pemasaran Anda dalam [mempengaruhi tindakan konsumen](.

Selain itu, konten yang menarik juga dapat membangun hubungan yang kuat antara brand. Bahkan, pada tahap lebih lanjut, konten pun mampu memperkuat citra brand di mata konsumen.

Baca juga: Cara Membuat Konten Menarik & Berkualitas untuk Pemasaran Produk

5. Memanfaatkan Media Sosial

Melanjutkan poin strategi sebelumnya, selain membuat konten pemasaran yang menarik, Anda juga wajib memanfaatkan media sosial untuk mengeksplorasi konten promosi Anda.

Media sosial mempunyai peran yang penting karena sebagian besar audiens mengakses jejaring sosial tersebut untuk berbagai hal, utamanya untuk berbelanja.

Hal ini pun sangat menguntungkan dan perlu Anda manfaatkan untuk bertemu dan membuat followers bertransaksi di perusahaan. Caranya ialah dengan membuat konten yang menarik di kanal ini, seperti beriklan di media sosial.

6. Membuat Promo Produk

Melakukan promosi merupakan salah satu strategi pengembangan usaha yang efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan mendorong revenue atau pendapatan.

Anda dapat menjalankan promosi secara rutin, melalui berbagai media, termasuk iklan media cetak, media iklan luar ruang, dan juga promosi di platform _online, seperti Instagram, Facebook, maupun SEO atau SEM.

7. Rajin Melakukan Evaluasi

Strategi selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah rajin melakukan evaluasi setiap langkah pengembangan usaha yang sudah Anda jalankan.

Dengan rajin melakukan evaluasi usaha, Anda dapat melihat perkembangan bagi bisnis Anda, baik ketika terjadi penurunan maupun peningkatan, dan juga melihat tren bisnis saat ini.

Contoh-Contoh Pengembangan Usaha

contoh kegiatan pengembangan usaha.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh strategi pengembangan usaha yang efektif ialah dengan menggunakan MobileLED seperti campaign Warner Music Indonesia.

Nah, setelah mengetahui berbagai strategi pengembangan usaha, akan lengkap rasanya jika Anda mengetahui contoh-contoh pengimplementasian pengembangan usaha tersebut, StickFriends.

Sebab, ada beberapa contoh pengembangan usaha yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda dalam mengembangkan produk. Berikut contohnya.

1. Melakukan Ekspansi Wilayah

Dengan melakukan persebaran wilayah, yaitu membuka cabang baru, Anda akan menjangkau berbagai konsumen. Mereka akan lebih mudah menikmati layanan Anda.

Selain itu, dengan strategi perluasan yang tepat, Anda juga dapat membuka pintu untuk memperluas berbagai pangsa pasar yang beragam dan menarik minat pelanggan dari segmen yang lebih luas.

Tujuannya adalah untuk memberikan peluang yang lebih besar, sehingga peluang pengembangan bisnis menjadi lebih baik.

2. Tingkatkan Promosi

Poin ini menjadi penting dalam pengembangan bisnis karena konsumen harus memahami produk dan layanan yang Anda sediakan.

Buatlah materi promosi yang kreatif dan tingkatkan frekuensinya untuk menyebarluasakan kesadaran tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan kepada banyak orang.

3. Membuat Produk yang Menarik dan Berbeda

Dengan membuat produk yang menarik dan berbeda dengan yang lain akan semakin membuat usaha Anda berkembang. Pendekatan ini bertujuan untuk membedakan bisnis Anda dari pesaing dan menarik perhatian calon pelanggan.

Produk yang menarik dalam konteks ini mengacu pada produk yang memiliki fitur, desain, atau manfaat yang istimewa sehingga memikat perhatian konsumen.

Produk yang berbeda berarti produk tersebut memiliki unsur-unsur yang membedakannya dari produk serupa yang ada di pasar. Dengan menciptakan produk yang menarik dan berbeda, perusahaan berusaha untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan dengan cara yang lebih baik atau unik.

Kesuksesan dalam menciptakan produk semacam ini seringkali memerlukan riset pasar yang mendalam, pemahaman yang kuat tentang preferensi pelanggan, serta kemampuan untuk mengimplementasikan inovasi dan desain yang relevan.

Jalankan Strategi Pengembangan Usaha Anda!

Itulah penjelasan lengkap mengenai strategi pengembangan usaha yang efektif untuk Anda gunakan. Anda dapat mengembangkan usaha dengan cara membuat branding yang kuat, melakukan inovasi produk, menyebarluaskan jangkauan, membuat konten yang menarik, dan lain sebagainya.

Namun, dalam menjalankan strategi tersebut, Anda perlu mengkaji kembali apakah tips pengembangan usaha di atas sesuai untuk bisnis Anda atau tidak. Karena, setiap brand mempunyai cara dan concern yang berbeda. Jadi, Anda pun wajib meninjau kembali 7 langkah pengembangan usaha di atas.

Lebih lanjut, jika Anda berencana menjalankan strategi pengembangan yang lebih efektif untuk bisnis, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn. Kami siap membantu Anda mengembangkan usaha melalui sejumlah media iklan OOH terintegrasi dan berteknologi yang canggih, salah satunya ialah MobileLED Advertising.

Tertarik? Klik banner di bawah untuk langsung beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn

CTA Banner Blog - 01.png