Meningkatkan brand awareness menjadi salah satu langkah perusahaan dalam memperkenalkan produknya kepada khalayak. Melalui strategi ini, brand juga dapat meningkatkan penjualan dan kepercayaan konsumen.

Hanya saja, cara meningkatkan brand awareness untuk mendatangkan kesadaran, kepercayaan, dan penjualan melalui periklanan luar ruang belum diketahui. Padahal, cara tingkatkan brand awareness dengan iklan di mobil sudah dimanfaatkan oleh brand-brand besar, contohnya Avoskin dan iklan NutriSari yang mempromosikan produk melalui Car Advertising.

Riset Nielsen menyebutkan bahwa ada korelasi yang sangat kuat (0.73) antara peningkatan brand awareness dan penjualan. Karena itu, Anda pun wajib mengetahui langkah dan tahapan membangun brand awareness agar produk makin terkenal dan penjualan meningkat melalui pembahasan StickEarn di bawah.

Pelajari Case Studies Brand yang Beriklan di OOH untuk Meningkatkan Awareness

1. Tentukan Unique Selling Point (USP) Produk

menentukan value saat meningkatkan brand awareness.jpg Source: Unsplash - USP produk juga mempengaruh peningkatan brand awareness.

Cara meningkatkan brand awareness produk dapat diawali dengan menentukan nilai unik atau USP dari bisnis Anda. StickFriends dapat menentukan nilai unik dari produk dan fokus pada hal tersebut.

Jika produk Anda menawarkan manfaat yang berbeda dari kompetitor, tampilkan perbedaan itu di setiap kesempatan untuk memperkuat brand. Nilai unik dari produk, selain menjadi salah satu cara meningkatkan kesadaran konsumen, juga akan membantu perusahaan memperkuat image brand.

Sebab, tahap awal pada tingkatan brand awareness ini mempunyai peranan yang sangat penting. Fase ini menjadi penentu yang membuat brand Anda menjadi lebih berkesan atau tidak di mata konsumen.

2. Kenali Target Pasar

Selanjutnya, StickFriends perlu menganalisis dengan baik target bisnis sebagai tahapan berikutnya dalam meningkatkan brand awareness. Mengetahui siapa target pasar Anda sangat penting untuk dilakukan.

Sebab, mempelajari target pasar secara mendalam dapat membantu Anda menentukan karakteristik, demografi, dan psikografis dari masing-masing target konsumen. Hal ini juga akan membantu Anda menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Selain itu, dari langkah riset target pasar, Anda dapat menyusun indikator brand awareness bisnis dengan mudah. Ada beberapa indikator dari brand awareness dan hal itu akan Anda ketahui melalui aktivitas riset pasar.

3. Maksimalkan Peran Media Sosial

Setelah mempelajari target pasar, tentunya Anda telah mengetahui kebiasaan apa saja yang biasa dilakukan oleh target pasar, bukan?

Nah, karena sudah tahu, Anda pun perlu memanfaatkan peranan media sosial untuk melakukan peningkatan kesadaran konsumen. Gunakan platform media sosial yang sesuai dengan target pasar Anda untuk memperkenalkan brand kepada berbagai audiens.

Unggahan konten yang menarik, informatif, dan bermanfaat di media sosial agar dapat membantu Anda membangun ekosistem followers yang kuat dan loyal. Pasalnya, media sosial adalah tools paling efektif yang kini banyak digunakan perusahaan untuk membangun brand awareness bisnis mereka.

4. Gunakan Promosi dan Diskon

Cara meningkatkan brand awareness selanjutnya adalah dengan menggunakan promosi dan diskon. Berikan promosi dan diskon yang menarik untuk mendapatkan perhatian audiens.

Selain itu, melalui cara ini, Anda juga dapat memperkuat hubungan dengan para pengikut setia media sosial brand Anda, StickFriends.

Promo dan diskon yang akan Anda berikan dapat dilakukan dengan membuat copy iklan yang menarik untuk menarik perhatian khalayak. Misalnya dengan copy, "Serbu Smartphone Murah Hanya Rp999.000 di Hari Ini".

Selain dengan diskon menggunakan formula copywriting yang menarik, Anda juga bisa mengadakan aktivitas marketing, seperti promosi kode referal, buy one get one, dan lain-lain.

5. Manfaatkan Iklan Online

Digital marketing kini dapat Anda manfaatkan sebagai sarana untuk memasarkan produk. Selain itu, memanfaatkan digital marketing juga dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness, StickFriends.

Salah satu fitur digital marketing yang dapat Anda gunakan adalah iklan online. Iklan online akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan brand awareness bisnis.

Anda dapat memilih platform iklan yang tepat untuk mempromosikan produk ke target pasar. Adapun jenis iklan digital yang dapat menjadi pilihan, di antaranya ialah Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.

Baca juga: Perbedaan Branding & Marketing yang Mempengaruhi Bisnis, Apa Sajakah?

6. Buat Konten Visual yang Menarik

content marketing membangun brand awareness.jpg

Source: Freepik - Membuat konten yang menarik dapat mendorong peningkatan brand awareness.

Untuk bisa mempromosikan bisnis di media sosial maupun iklan, Anda juga perlu memerhatikan penggunaan visual dari konten yang akan Anda tayangkan di media tersebut.

Hal itu karena media sosial maupun iklan berbayar terkadang menitikberatkan promosi mereka pada content marketing yang dibagikan. Bagaimana bisa konten yang Anda rilis menarik perhatian orang jika dibuat sekadarnya saja?

Oleh karena itu, pembuatan konten untuk brand awareness dapat difokuskan pada bentuk visual seperti gambar dan video. Hal ini akan membantu meningkatkan daya tarik merek Anda. Namun, jangan lupa, untuk konsisten dalam membuat visualisasi brand Anda, ya, StickFriends.

7. Gunakan Influencer Marketing untuk Strategi Branding

Masifnya penggunaan media sosial dan pemanfaatan digital marketing menghadirkan berbagai cara untuk membuat strategi branding. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan influencer marketing.

Influencer marketing digunakan sebagai salah satu cara meningkatkan brand awareness. Penggunakan influencer yang memiliki pengikut besar dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkuat awareness bisnis.

Namun, dalam memilih influencer marketing, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu mengenai citra atau persepsi publik terhadap influencer tersebut. Pastikan influencer yang Anda gunakan memiliki citra yang selaras dengan brand atau tidak.

8. Belajar dari Kompetitor

Dalam berbisnis, mempelajari kompetitor merupakan hal yang krusial. Dari analisis kompetitor yang Anda lakukan juga dapat membantu Anda menentukan market segmentation perusahaan.

Selain mengetahui segmentasi pasar, mempelajari kompetitor bisnis juga sangat bermanfaat karena akan membantu Anda dalam meningkatkan brand awareness.

Bahkan, pada tahap lebih lanjut, langkah itu akan menjadi cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui apa saja yang memengaruhi brand awareness dari suatu bisnis.

Dengan begitu, Anda dapat menghindari kesalahan yang sama dan menemukan kesempatan baru untuk memperkuat brand awareness perusahaan.

9. Layanan Pelanggan yang Maksimal

membangun brand awareness melalui pelayanan yang maksimal.jpg

Source: Freepik - Cara membangun brand awareness dapat dilakukan melalui pelayanan yang baik dan maksimal.

Dari serangkaian cara yang telah dijabarkan di atas, memberikan layanan terbaik kepada konsumen juga sangatlah membantu Anda dalam meningkatkan kesadaran konsumen akan suatu brand.

Apabila pelanggan menerima pelayanan yang memuaskan dari brand, kepercayaan dan loyalitas mereka terhadap brand tersebut juga akan meningkat.

Oleh karena itu, pastikan pelanggan puas dengan layanan dan produk Anda, sehingga mereka akan dengan senang hati merekomendasikan brand Anda kepada orang lain.

Baca juga: Word of Mouth (WoM): Strategi Pemasaran Produk Terbaik & Contohnya!

10. Pasarkan Langsung Produk di Berbagai Kegiatan

Selain memanfaatkan pemasaran online, Anda juga dapat menyusun berbagai strategi pemasaran. Salah satu media yang bisa Anda gunakan berikutnya ialah pemasaran offline.

Marketing offline dapat dilakukan dengan berpartisipasi dalam acara atau sponsor kegiatan. Partisipasi ini akan membantu Anda menjangkau audiens baru dan memperkuat brand awareness.

Tak hanya itu saja, dalam rangka mempromosikan produk secara offline, memanfaatkan iklan luar ruang atau Out-of-Home (OOH) juga bisa menjadi pilihan berikutnya, StickFriends. Mengapa?

Harvard Business Review mengatakan bahwa di tahun 2023 media outdoor makin melejit karena efektivitasnya dalam menyampaikan promosi iklan perusahaan kepada khalayak. Jadi, bisa dibilang jika kini OOH begitu menjanjikan.

Tingkatkan Brand Awareness Anda bersama StickEarn

Sampai di sini, apakah Anda sudah paham mengenai bagaimana cara meningkatkan brand awareness? Meningkatkan kesadaran konsumen akan suatu brand sangatlah penting dilakukan.

Langkah-langkah membangun kesadaran merek juga tidaklah sulit. Anda dapat melakukannya bersama tim branding untuk mencapai goals brand yang diinginkan melalui tahapan yang kami sebutkan di atas.

Namun, agar proses peningkatkan brand awareness berjalan lancar, Anda juga bisa bekerja sama dengan StickEarn menggunakan iklan luar ruang atau OOH (Out-of-Home Advertising). Ada berbagai media iklan OOH yang dapat menjadi pilihan, di antaranya Car Branding, Bus Advertising, dan Motorbike Advertising.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png