Dalam mempromosikan suatu produk, memerhatikan copywriting sangatlah penting. Pasalnya, kata-kata copywriting yang Anda buat dapat mempengaruhi keputusan para konsumen.

Copywriting adalah salah satu teknik pemasaran yang bisa digunakan untuk membujuk atau merayu konsumen agar mau bertransaksi di perusahaan. Teknik ini juga bisa menjadi penunjuk arah terhadap aksi yang perusahaan harapkan kepada konsumennya.

Karena peranannya begitu penting, Anda pun perlu mempelajari cara menulis copywriting yang baik dan menarik. Tak perlu upgrade skill copywriting ke mana-mana, sebagai dasar, Anda dapat mempelajarinya dengan menyimak pembahasan kami di artikel ini.

Simak dan pelajari juga cara brand membuat copy iklan yang kreatif di media luar ruang melalui case study berikut:

Apa Itu Copywriting?

copywriting adalah teknik membujuk konsumen.jpg

Source: Unsplash - Memahami pengertian copywriting iklan..

Bagi Anda yang belum tahu tentang copywriting pasti bertanya-tanya mengenai apa yang dimaksud dengan copywriting. American Writers and Artist Institute menjelaskan bahwa copywriting adalah proses penulisan materi promosi dan pemasaran persuasif yang mampu membuat para pembaca termotivasi untuk melakukan suatu tindakan (action).

Tindakan tersebut dapat berupa pembelian, memberikan sumpangan, dan mengklik konten. Selain itu, tindakan yang dilakukan konsumen juga dapat berupa membagikan link kepada orang lain.

Jika disederhanakan, copywriting adalah seni membujuk orang agar mau menuruti keinginan pengiklan, penulis, atau perusahaan. Untuk bisa membuat orang lain mengikuti arahan Anda, maka Anda wajib memahami teknik copywriting ini.

Jenis Copywriting

Dilihat dari bentuknya, copywriting dikategorikan ke dalam beberapa jenis. Melalui jenis-jenis copy iklan inilah nantinya Anda bisa membuat kalimat iklan yang menarik dan sesuai untuk bisnis.

Misalnya, pada copywriting untuk iklan outdoor. Dari segi media dan objetif, kalimat yang digunakan untuk mempromosikan produk di media ini tentunya berbeda.

Pengiklan akan mengemas promosi produk menggunakan bahasa yang lugas dan diksi yang ramah di telinga. Lalu, kalimatnya juga sederhana dan bahkan bisa langsung hard selling.

Karena itu, Anda pun perlu mengetahui berbagai jenis copywriting. Berikut ulasannya.

1. Marketing Copywriting

Jenis penulisan copy yang pertama bertujuan untuk melakukan upaya pemasaran atau beriklan. Anda bisa menemukan banyak format copy marketing ini, seperti di spanduk, iklan-iklan di poster, selebaran, billboard, iklan TV, dan jenis iklan-iklan lainnya.

Tujuan copywriting ini adalah untuk menyampaikan informasi penjualan, mulai dari keunggulan, manfaat, atau fungsi dari suatu produk kepada calon konsumen agar termotivasi untuk membeli dan menggunakan produk.

2. Direct Response Copy

Biasanya, jenis penulisan copy jenis direct response copy terdapat dalam tombol-tombol klik atau CTA yang berisi suatu ajakan.

Ajakan yang dicantumkan dalam copy direct response berupa bujukan untuk mendaftar, melihat produk, memasukkan produk ke keranjang, berlangganan email newsletter, dan lain-lain.

Tujuan copywriting yang satu ini ialah untuk mendapat respons langsung dari konsumen maupun target audiens. Setelah audiens tertarik mengklik, mereka akan diarahkan ke suatu halaman lain sesuai dengan tujuan pembuatan copy.

3. Brand Copywriting

Jenis copywriting brand bertujuan untuk mengenalkan suatu brand kepada khalayak. Melalui teknik penulisan copy pada jenis ini, perusahaan berharap audiens dapat mengenal dan mengingat identitas brand.

Contoh pengaplikasian brand copywriting bisa lihat melalui praktik pembuatan slogan atau tagline entitas yang unik dan ikonik.

4. Social Media Copy

Jenis penulisan copy untuk media sosial bertujuan untuk memperoleh engagement content yang tinggi dan juga penambahan follower organik.

Contoh pengaplikasian social media copywriting adalah dengan membuat konten dan caption semenarik mungkin serta relate dengan kebutuhan kebutuhan para audiens.

Baca juga: Tips Membuat Iklan di Media Sosial yang Paling Efektif

5. Technical Copywriting

Tujuan copywriting ini adalah untuk memberikan pengarahan, edukasi, dan mempermudah pemahaman pembaca dalam menggunakan suatu produk. Jenis penulisan copy technical dapat Anda temukan dalam buku panduan teknis, manual, informasi cara pakai produk, dan sebagainya.

belajar copywriting yang out of the box.jpg

Source: Freepik - Jenis-jenis copywriting yang harus diketahui.

6. Email Copy

Jenis email copywriting berguna untuk keperluan pelaksanaan email marketing. Dengan penulisan copy yang menarik, tentunya email yang Anda kirim akan membuat pihak penerima tertarik untuk membuka, membaca, dan melakukan suatu tindakan tertentu sesuai dengan isi email marketing-nya.

7. SEO Copywriting

SEO copywriting adalah teknik penulisan copy yang digunakan untuk keperluan SEO, entah dalam penulisan meta tags maupun artikel-artikel SEO.

Jenis copy yang dibuat untuk kebutuhan SEO terbilang rumit. Hal itu karena penulis perlu menargetkan kata kunci tertentu tanpa mengorbankan kualitas tulisan agar tetap bisa dipandang menarik oleh pembaca.

Namun, jika melihat pada tujuan copywriting jenis tersebut ialah untuk mendapat posisi dan ranking terbaik di halaman pencarian, seperti Google dan Bing.

Baca Juga: Perbedaan SEO & SEM: Pengertian dan Manfaat untuk Bisnis

8. Online Ads Copywriting

Selain SEO, hasil pencarian berbayar seperti iklan SEM juga membutuhkan copywriting. Sebabnya, dengan membuat copy ads yang menarik pada iklan SEM atau GDN, pembaca akan makin tergugah untuk mengklik landing page dan membeli produk Anda.

Sederhananya, ad copywriting adalah tulisan yang dibuat untuk mengiklankan suatu produk dengan objektif tertentu sehingga dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan aksi terhadap iklan yang marketers buat.

9. Creative Copywriting

Jenis copywriting berikutnya ialah creative copywriting. Seperti namanya, penulisan copy pada jenis ini dikemas sekreatif mungkin agar dapat membuat konsumen menoleh, walaupun hanya sekadar melirik saja.

Karena, meski hanya sekadar lirikan, creative copywriting mampu membuat khalayak menaruh perhatian lebih pada copy yang dibuat. Konsumen pasti akan membaca, menelaah, dan berdecak kagum dengan penulisan copy jenis tersebut.

Hanya saja, untuk membuat copy yang kreatif dibutuhkan kreativitas dan sikap berpikir kritis yang baik. Jadi, pembuatannya pun tidak mudah dan instan.

10. B2B & B2C Copywriting

Terakhir ialah jenis B2B dan B2C copywriting. Teknik ini lebih menitikberatkan pada objek yang ingin dituju dalam membuat copy.

Jika Anda akan membuat copy untuk bisnis B2B, maka gaya komunikasi copy-nya harus formal. Kalimat yang digunakan juga sedapat mungkin lugas dan dengan diksi khusus.

Baca juga: Tiga Perbedaan Marketing B2B dan B2C

Contoh Copywriting untuk Iklan

manfaat dari copywriting.jpg

Source: Freepik - Contoh-contoh copywriting yang menarik.

Setiap penulis atau pengiklan mungkin memiliki teknik penulisan copy yang berbeda-beda. Namun yang pasti, copy yang baik adalah yang mampu memotivasi dan menghipnotis calon konsumen agar mau melakukan suatu tindakan.

Semakin efektif tulisan copy dari suatu iklan, akan makin besar peluang bagi suatu bisnis untuk bisa berkembang. Itulah mengapa, membuat copy yang menarik wajib diperhatikan oleh setiap marketers

Lalu, bagaimana cara membuat copywriting yang menarik? Berikut adalah beberapa contoh penulisan copy yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat iklan digital maupun konvensional.

1. Memasukkan Kalimat Pertanyaan atau Iming-Iming

Dalam rangka membuat copy yang menarik, Anda bisa memulainya dengan memikirkan headline yang menggugah rasa penasaran bagi setiap pembaca.

Adapun, contoh pertanyaan sekaligus iming-iming yang bisa Anda gunakan dalam pembuatan headline adalah “siapa lagi yang ingin...?”

Tipe pertanyaan seperti ini akan mampu membuat pembaca merasa tertantang dan tertarik untuk mengenal suatu merek produk lebih lanjut. Selama bisa menggugah rasa penasaran, itu artinya copy tersebut sudah bisa membawa pengalaman beli konsumen ke tahap berikutnya.

Berikut adalah beberapa contoh copywriting yang bisa Anda terapkan sesuai niche bisnis:

  • Siapa lagi yang ingin mendapat bonus spesial tahun baru?
  • Siapa lagi yang ingin tampil cantik saat lebaran nanti?
  • Di sini, siapa lagi yang ingin punya tubuh sehat dan ideal seperti Tokoh A?

2. Menyematkan Kata Ajaib

Salah satu alasan yang membuat tulisan copy menjadi efektif adalah adanya kata-kata ‘ajaib’ yang mampu menyihir calon konsumen. Beberapa contoh kata ajaib tersebut antara lain:

  • Rahasia
  • Ampuh
  • Sakti
  • Dan kata-kata lain yang punya efek dramatisasi, tetapi masih tetap relevan dengan keadaan aslinya.

Dalam pembuatan teks copy, Anda bisa mengaplikasikan kata-kata ajaib tersebut untuk menonjolkan keunggulan suatu produk demi membuat calon konsumen merasa terkesan. Berikut contoh copywriting yang menggunakan kata-kata ajaib:

  • Rahasia kecantikan kulit cerah berseri ala wanita Jepang
  • Ampuh mengatasi rasa nyeri setelah 10 menit pemakaian
  • Rahasia rambut hitam berkilau seperti habis ke salon

3. Menggunakan Kata “Tanpa”

Copy yang menarik adalah tulisan yang mampu menyampaikan solusi atau manfaat suatu produk dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata “tanpa” untuk memantik beragam respons pembaca terhadap iklan atau produk yang Kamu tawarkan.

Kata “tanpa” ini juga membantu menampilkan kesan pemberian solusi extra, menepis suatu sangkalan, dan menjawab keraguan atau pertanyaan dari pembeli.

Berikut adalah contoh copywriting “tanpa” yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk keperluan pembuatan iklan di masa mendatang.

  • Cara efektif mengurangi bekas terawat tanpa perasaan worry
  • Efektif turunkan panas demam anak tanpa rasa pahit
  • Bisa makan enak di tanggal tua tanpa khawatir dompet kering

Sudah Paham Mengenai Copywriting?

Copywriting adalah teknik membujuk orang agar mau melakukan suatu tindakan yang penulis atau pengiklan inginkan. Untuk menghasilkan copy yang menarik, memikat, dan menggugah motivasi audiens, pahami keinginan target audiens dengan baik and be in customer’s shoes (pahami kebutuhannya).

Nah, setelah paham, segera buat copy yang menarik untuk mempromosikan produk melalui iklan. Anda dapat membuat promosi produk menggunakan iklan digital atau melalui media luar ruang, seperti OOH dan DOOH.

Jika memilih beriklan di media luar ruang, segera hubungi StickEarn untuk pasang iklan di kendaraan atau billboard dengan klik banner di bawah.

CTA Banner Blog - 02.png