Mempromosikan produk dengan cara membuat poster iklan kini menjadi kegiatan pemasaran yang harus dilakukan. Pasalnya, membuat poster dapat menjadi media paling efektif untuk promosi.

Poster adalah karya seni, grafis, yang berisi gambar dan pesan. Dengan karya grafis inilah Anda bisa menyampaikan pesan pemasaran yang sesuai dengan marketing communication atau mempengaruhi konsumen untuk melakukan sesuatu.

Namun, agar pesan yang dibuat, baik dalam poster iklan reklame ataupun iklan yang didesain di mobil, perlu dibuat dengan baik, sehingga menarik perhatian. Bagaimana cara membuat poster iklan produk tersebut bisa Anda simak melalui pembahasan di bawah.

Baca juga: Memahami Pengertian Iklan adalah, Fungsi, & Tujuan untuk Marketing

Cara Membuat Poster Iklan

contoh poster iklan produk.jpg

Source: Unsplash - Bagaimana tips membuat poster produk untuk iklan?

Secara mendalam, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika membuat poster iklan yang terlihat menarik. Adapun langkah-langkah dalam membuat poster promosi tersebut dapat dilakukan, seperti melalui Canva, Photoshop, atau tools edit poster lainnya.

Namun, sebelum Anda menentukan tools mana yang ingin digunakan, Anda wajib menentukan langkah awal pembuatannya terlebih dahulu. Apa sajakah tahapan awal dalam membuat poster iklan produk?

1. Tentukan Informasi yang Ingin Disampaikan

Langkah pertama, Anda harus menentukan informasi yang ingin dibuat lebih dahulu . Sebisa mungkin catat informasi dalam bentuk poin-poin mengenai apa saja yang akan masuk ke dalam desain poster, misalnya alamat, jam operasional, dan PIC.

Dengan mencatat informasi penting yang akan masuk ke dalam poster, Anda akan terhindar dari yang namanya skip. Lalu, Anda pun tak akan kerja dua kali untuk mengedit poster jika sudah selesai digarap.

2. Buat Segmentasi

Wajib hukumnya untuk membuat segmentasi audiens dari poster yang dibuat. Segmentasi terhadap penerima pesan juga akan membantu Anda dalam membangun komunikasi yang sesuai dengan audiens.

Jadi, ketika Anda akan menyampaikan pesan di poster, Anda tidak akan menggunakan bahasa yang jauh dari market. Karena, kalau bahasa yang Anda gunakan sesuai dengan target, pesan pun bakalan tersampaikan dengan baik.

Contohnya begini. Brand Anda menjual popok bayi, komunikasi yang Anda gunakan formal dengan bahasa bisnis. Apakah pesan akan tersampaikan? Tidak! Sebab, market Anda rata-rata ibu rumah tangga yang sehari-harinya menggunakan bahasa semiformal atau santai.

Jika Anda bingung bagaimana membuat segmentasi pasar, Anda bisa simak artikel kami yang berjudul "Panduan Memahami Market Segmentation untuk Keperluan Bisnis" ini.

3. Tentukan Ukuran & Penempatan Poster

Sebelum membuat desain poster yang menarik, Anda juga perlu menentukan ukuran dan penempatan iklan penawaran tersebut, StickFriends.

Ada beberapa ukuran poster yang bisa menjadi acuan, di antaranya spanduk, X banner, reklame, baliho, online ads seperti Instagram Feed dan Story, Facebook carousel, dan lain-lain.

Kalau Anda berniat membuat poster untuk Instagram Story, ukuran IG Story 1080 x 1920 atau rasio 9:16. Maka, poster tersebut akan ditempatkan sebagai iklan di media sosial.

Namun, jika iklan berukuran besar dan tampil di jalan raya, bisa jadi iklan tersebut tayang sebagai spanduk atau baliho. Sebab, iklan-iklan ini merupakan iklan luar ruangan atau offline advertising.

4. Cari Inspirasi

Setelah sudah tahu semua hal di atas, berikutnya Anda perlu mencari inspirasi untuk membuat poster yang menarik, StickFriends. Dalam mencari informasi, Anda bisa menemukannya dengan cara melihat-lihat desain yang pernah dibuat.

Lalu, Anda pun bisa mencari inspirasi poster iklan dari Google dan aplikasi pembuat poster iklan gratis, seperti Canva, Adobe Design, dan lain-lain. Bahkan, Anda juga bisa melihatnya dari Instagram atau Pinterest.

5. Buat Poster Anda

Nah, langkah terakhir ialah membuat poster, StickFriends. Anda bisa membuatnya dengan menambahkan foto agar lebih menarik. Lalu, gunakan warna-warna yang kontras agar poster lebih eye-catching

Jangan lupa untuk membuat judul yang singkat, tetapi mudah dimengerti dan bisa menghipnotis para pembaca. Anda dapat menggunakan teknik copywriting untuk membuatnya.

Selain itu, usahakan agar pesan iklan tidak tampil dalam kalimat yang panjang, ya. Karena, pesan yang terlalu kepanjangan atau bertele-tele bisa memicu rasa bosan dan _skip. Jadi, buat secara lugas!

Lebih lanjut lagi, tutup poster dengan menggunakan CTA (call to action) agar audiens tahu apa yang harus mereka lakukan setelah membaca poster. Kalimat penutup dapat berupa informasi contact person, alamat website, atau ajakan untuk bertransaksi.

Jenis-Jenis Poster Iklan

iklan di poster melalui ooh.jpg

Source: Doc. StickEarn - Membuat poster iklan yang mudah dalam membantu perusahaan dalam mempromosikan produk secara tepat.

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat poster dengan mudah untuk promosi, Anda wajib memahami tipe-tipe poster iklan, StickFriends. Sebab, dengan mengetahui jenisnya, Anda akan mempunyai gambaran tentang jenis poster yang akan dibuat.

Secara umum, poster iklan dibagi menjadi beberapa bagian, di antaranya ialah sebagai berikut. Mari disimak!

1. Poster Iklan Promosi

Poster iklan promosi, entah untuk produk makanan maupun jasa, adalah poster yang sering buat oleh berbagai kalangan. Tujuan dibuatnya poster ini ialah untuk kebutuhan komersial atau mencari keuntungan.

Bahasa iklan dari poster promosi umumnya lebih halus dan persuasif. Terkadang, poster ini juga dibumbui dengan kata-kata yang sedikit metafora agar menarik untuk dibaca oleh target audiens.

2. Poster Iklan Acara

Poster yang umum dibuat selanjutnya ialah poster acara. Poster tersebut memang sering dibuat dan terbit di berbagai media promosi guna menginformasikan suatu kegiatan.

Selain untuk menyebarluaskan informasi, poster acara juga dibuat dengan maksud menarik konversi terhadap tiket yang lembaga acara buat.

Makanya, poster iklan dikemas dengan sangat teliti dengan mencantumkan informasi acara, seperti tempat dan waktu, pengisi acara, harga, dan tempat pembelian tiket. Tujuannya, agar poster bisa menghasilkan penjualan.

3. Poster Pendidikan

Poster pendidikan atau yang bertema edukasi hadir di area tertentu. Salah satunya di sekolah atau kampus.

Tujuan dari pembuatan poster edukasi adalah untuk mendidik audiens agar tahu atau mau melakukan sesuatu berdasarkan insight yang disebar oleh pengiklan di poster pendidikan. Contoh dari poster ini ialah informasi sekolah, layanan masyarakat, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal Iklan Nonkomersial & Manfaatnya untuk Brand Awareness

4. Poster Kampanye

Pasang poster iklan untuk kebutuhan kampanye, entah kampanye khusus brand maupun politik, sering dilakukan. Maksud dan tujuannya sama seperti jenis poster di atas, tetapi dari segi penayangan, iklan poster hanya ditayangkan pada momen-momen tertentu saja.

Misalnya, poster kampanye untuk menginformasikan campaign marketing 12.12 harbolnas (hari belanja online nasional) atau poster kampanye partai yang mempromosikan agenda politik.

Manfaat Membuat Poster

Tak jauh berbeda dengan membuat iklan digital, membuat poster untuk iklan juga memberikan berbagai keuntungan. Ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika membuat poster, yakni sebagai berikut.

1. Menyadarkan Khalayak

Sebagai brand maupun pengiklan, Anda pasti ingin menyasar suatu hal dari promosi yang ditayangkan. Salah satunya ialah membangun kesadaran masyarakat mengenai diri maupun produk yang ditawarkan.

Ambil contoh begini. Jika Anda baru saja mengeluarkan produk baru, maka membuat poster iklan, baik itu yang akan hadir di iklan luar ruangan maupun online advertising, tentu akan mendorong pengetahuan konsumen mengenai produk.

2. Meningkatkan Konversi

Selain untuk meningkatkan kesadaran, Anda juga pasti berharap aktivitas promosi yang dibuat bisa mendatangkan penjualan, bukan?

Bagaimana tidak, jika target konsumen sudah mengenal produk, bukan tidak mungkin konsumen ingin membeli produk Anda, StickFriends.

Banyak faktor memang yang mempengaruhi pembelian mereka. Selain dari segi strategi pemasarannya, Anda juga wajib membuat copy yang menarik untuk iklan. Apabila beberapa faktor tadi bisa Anda cover dengan baik, maka sales pun pasti akan mengalami peningkatan.

3. Menggerakkan Khalayak

Manfaat terakhir dari aktivitas ini ialah untuk menggerakan orang melakukan sesuatu. Gambaran nyata dari manfaat menggerakkan khalayak bisa Anda lihat dari aktivitas poster pendidikan atau edukasi.

Karena tujuannya untuk menyadarkan dan memberikan insight kepada orang lain, jadi setelah mereka sadar, iklan jenis edukasi juga berharap audiens mau melakukan sesuatu terhadap apa yang mereka sampaikan.

Buat Poster Iklan untuk Promosi Produk Sekarang!

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara membuat poster iklan sangatlah mudah. Selain itu, poster iklan yang Anda buat juga bisa memberikan berbagai manfaat untuk kemajuan bisnis perusahaan.

Salah satu manfaatnya ialah membantu perusahaan dalam meningkatkan awareness konsumen. Poster yang dibuat bisa menjadi sarana pengenalan diri, sehingga konsumen kenal dan paham akan produk Anda.

Oleh karena itu, Anda wajib membuat poster, khususnya untuk kebutuhan promosi. Namun, jika Anda tidak punya waktu untuk membuat dan menyebarluaskannya,. Anda bisa menyerahkan semuanya kepada StickEarn melalui kegiatan promosi produk di iklan outdoor yang inovatif.

StickEarn siap membantu Anda mempromosikan produk kepada khalayak melalui iklan luar ruang. Anda bisa memilih untuk menayangkan iklan dalam bentuk sticker wrapping di mobil, motor, atau billboard.

Jika tertarik, Anda bisa langsung klik banner di bawah atau pelajari produk-produk StickEarn di bawah ini.

CTA Banner Blog - 01.png