Iklan adalah suatu cara untuk mempromosikan sebuah produk, jasa, hingga ide untuk mendorong minat audiensnya. Perannya sendiri sangat penting untuk sebuah bisnis, apalagi dengan semakin ketatnya persaingan untuk memperebutkan perhatian dari konsumen.

Karena semakin banyaknya macam produk atau jasa yang muncul, membuat perusahaan juga berlomba-lomba mencari cara agar produknya tetap menonjol dan tidak terlupakan. Lantas, apa pengertian dan tujuan iklan? Apa saja fungsi dan ciri-cirinya? Yuk, simak artikel berikut!

Apa itu Iklan?

Menurut Kotler dan Amstrong, iklan adalah bauran promosi yang memberikan pesan melalui media seperti media online dan cetak. Sedangkan Morissan mengatakan, iklan adalah instrumen dari sebuah promosi bagi perusahaan yang memproduksi suatu barang atau jasa untuk seluruh khalayak luas.

Namun, pengertian iklan secara umum adalah sebuah pesan membujuk dan mendorong audiens untuk membeli sebuah produk, layanan, atau ide yang ada. Beberapa contoh media yang digunakan adalah televisi, koran, media sosial, baliho, dan masih banyak lagi.

Biasanya iklan tidak selalu mempromosikan sebuah produk atau jasa, tapi juga dapat berisi pada ajakan positif. Contohnya adalah ajakan agar tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok, tidak menggunakan obat-obatan terlarang, dan lain sebagainya.

Tujuan Iklan

Iklan dibuat karena memiliki tujuan khusus. Berikut adalah tujuannya secara umum yang perlu StickFriends ketahui:

1. Memasarkan Produk

Tujuan yang pertama dan paling umum adalah untuk memasarkan sebuah produk atau jasa. Perusahaan akan mencoba membuat khalayak terbiasa dengan produk mereka. Mereka juga akan mempromosikan sikap yang baik sebelum seorang salesman akan mendekati konsumen. Jadi, pemasaran akan berjalan lebih lancar.

Baca Juga: 10+ Strategi Memasarkan Produk dan Langkah - Langkahnya yang Efektif!

2. Menghasilkan Penjualan

Selain memperkenalkan produk, tujuan iklan adalah agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Perusahaan akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuat pesan yang mampu meyakinkan konsumen untuk membeli produk mereka.

3. Membangun Citra

Beberapa orang menganggap bahwa tujuan utama sebuah iklan adalah untuk membangun citra perusahaan. Di mana produk atau jasa yang mereka iklankan merupakan cerminan atau perwakilan dari perusahaan itu sendiri. Tidak hanya produk yang dikenal masyarakat, namun nama perusahaan juga akan semakin berkembang.

4. Membangun Kesadaran

Tujuan yang terakhir adalah untuk meningkatkan kesadaran khalayak tentang keberadaan sebuah produk dan merek tertentu. Karena sebuah produk terutama produk baru pasti tidak akan langsung mendapatkan perhatian.

Mereka harus memperkenalkan produk tersebut lebih dulu hingga khalayak mendapatkan informasi yang cukup. Selain itu, kesadaran akan sebuah merek dan produk juga akan meningkatkan keuntungan perusahaan saat bersaing dengan kompetitornya.

Fungsi Iklan

Setelah mengetahui tujuannya, maka berikut adalah beberapa fungsi iklan secara umum:

1. Memberikan Informasi

Fungsi iklan yang pertama adalah untuk memberikan informasi mengenai sebuah produk untuk seluruh khalayak luas. Sehingga konsumen bisa menyadari keberadaan sebuah produk serta merek serta mengetahui fungsi dan manfaat produk.

2. Membujuk Konsumen

Iklan adalah sebuah pesan persuasif yang berfungsi untuk membujuk konsumen untuk menggunakan sebuah produk atau jasa. Sebuah perusahaan akan meyakinkan konsumennya bahwa produk mereka adalah pilihan yang terbaik, sehingga konsumen akan mengambil tindakan untuk membeli produk.

3. Mengingatkan Konsumen

Fungsi iklan yang terakhir adalah untuk mengingatkan konsumen, sehingga produk tersebut akan selalu ada di pikiran dan ingatan konsumen. Perusahaan juga akan menggunakannya untuk mengingatkan konsumen mengenai kebutuhan mereka akan sebuah produk.

Ciri-Ciri Iklan

Tentu saja sebuah iklan berbeda dengan tayangan atau teks biasa. Agar StickFriends bisa membedakannya berikut adalah ciri-cirinya secara umum:

1. Singkat, Jelas, dan Lugas

Sebuah iklan akan memiliki kalimat yang singkat, jelas, dan lugas. Pemilihan kata di dalamnya tidak boleh terlalu banyak, namun pesan harus tetap tersampaikan dengan baik. Oleh karena itu, seorang copywriter perlu memperhatikan panjang pendeknya kalimat yang digunakan.

Baca Juga: Apa Itu Copywriting? Bagaimana Copy Yang Menarik dan Contohnya!

Selain itu, pemilihan diksi juga harus menarik dan menggunakan kata-kata yang tepat. Kalimat di dalamnya juga sebaiknya tidak mengandung sindiran yang dapat menyinggung pihak-pihak tertentu. Jujur dan objektif adalah karakter yang sangat penting untuk diterapkan.

2. Persuasif

Ciri-ciri iklan selanjutnya adalah memiliki sifat yang persuasif. Salah satu fungsinya adalah untuk membujuk, tentu saja kalimat yang digunakan di dalamnya harus bisa memberikan sugesti dan mengandung ajakan. Umumnya bentuk ajakannya memang tidak dilakukan secara langsung, namun kalimat persuasif adalah salah satu materi dalam advertising yang penting.

3. Informatif

Selain memiliki kalimat yang identik dengan sifat yang persuasif untuk mendorong pelanggan membeli produk yang ditawarkan, ciri lain dari iklan adalah informatif. Informasi di dalamnya tentu merupakan informasi seputar produk atau jasa seperti fungsi dan manfaatnya.

Selain itu, informasi seputar perusahaan atau tempat konsumen dapat mendapatkan atau membeli sebuah produk juga sangat penting. Tentunya kalimat yang mengandung informasi ini juga harus lugas dan efektif.

4. Mudah Dimengerti dan Menarik

Ciri selanjutnya adalah mudah dimengerti dan mampu menarik minat audiensnya. Umumnya sebuah iklan akan bersifat regional atau nasional dan yang menggunakan bahasa asing lalu ditayangkan di negara yang berbeda pasti akan dialihbahasakan terlebih dulu.

Karena kendala Bahasa akan membuat audiensnya kesulitan menangkap pesan di dalamnya. Selain memperhatikan penggunaan bahasa yang baik dan benar, iklan juga harus dikemas dengan menarik atau memiliki cerita.

Semakin menarik dan berkesan, maka akan semakin mudah khalayak untuk mengingat pesan di dalamnya dan tertarik untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

5. Memiliki Target

Ciri-ciri iklan yang terakhir adalah memiliki target pasar tertentu yang sejalan dengan produk yang ditawarkan. Target pasar akan mempengaruhi bagaimana pesan akan dibuat.

Agar lebih mudah dipahami, contohnya adalah perusahaan memiliki produk susu bayi. Tentu saja perusahaan akan membuat iklan yang berhubungan dengan pertumbuhan bayi bukan orang dewasa.

Membutuhkan Platform yang dapat Membantu Pembuatan Iklan?

Nah, itulah informasi lengkap seputar pengertian, tujuan, fungsi, hingga ciri-ciri iklan. StickFriends pasti sudah memahami bahwa iklan adalah alat promosi yang sangat penting untuk sebuah bisnis. Agar semakin sukses StickFriends membutuhkan platform periklanan yang mampu menunjang kebutuhan dan menarik perhatian konsumen.

StickFriends tidak perlu bingung, karena kini sudah ada StickEarn. StickEarn adalah perusahaan periklanan yang memiliki berbagai penawaran produk inovatif, berkualitas, dan mampu menunjang kegiatan promosi. Produk yang ditawarkan adalah Transportation Advertising, DOOH Advertising, dan Digital Platform Advertising.

Transportation Advertising akan menggunakan stiker di berbagai transportasi. Contohnya adalah StickMob dan StickBus. DOOH Advertising akan menggunakan media luar ruangan, seperti DigiTron dan StickVend. Sedangkan Digital Platform Advertising akan menggunakan berbagai media digital.

StickFriends bisa memilih produk mana yang ingin digunakan untuk membuat iklan. Hingga saat ini ratusan brand telah mempercayai dan membuktikan kualitas StickEarn. Jadi, StickFriends tidak perlu ragu, segera kunjungi website stickearn.com untuk informasi lebih lengkap. Yuk, sukseskan bisnis bersama StickEarn!

CTA Banner Blog - 02.png