Dalam dunia bisnis yang kompetitif, menjalankan kegiatan promosi produk sangatlah penting untuk dilakukan. Pasalnya, aktivitas tersebut dapat membantu Anda dalam memperkenalkan dan meningkatkan penjualan.

Namun, untuk mencapai keberhasilan dalam penjualan, perusahaan perlu untuk memahami dan menggunakan indikator promosi yang tepat. Indikator promosi penjualan adalah faktor keberhasilan promosi yang Anda membuat kegiatan marketing berjalan optimal.

Sebab, melalui indikator ini, Anda bisa mengukur seberapa efektif suatu campaign yang dijalankan. Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan wawasan tentang perubahan dalam perilaku konsumen.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis Anda perlu mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi promosi dan indikatornya agar bisa membuat kampanye yang efektif di perusahaan. Nah, berikut adalah penjelasan mengenai indikator promosi yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Inilah Teknik Pemasaran Produk yang Paling Efektif untuk Bisnis

Pengertian Indikator Promosi

indikator promosi online dan offline.jpg

Source: Unsplash - Memahami apa yang dimaksud dengan indikator promosi produk.

Indikator promosi adalah tolak ukur untuk membantu Anda dalam melihat seberapa efektif suatu campaign atau iklan yang sedang dijalankan. Melalui indikator tersebut, perusahaan bisa mengetahui apa saja yang harus dan tidak perlu dilakukan.

Selain itu, indikator promosi juga berguna untuk melihat dan memberikan wawasan tentang apa saja hal yang berubah dalam perilaku konsumen, sehingga akan membantu dalam perbaikan kinerja perusahaan. Anda dapat mengetahui customer behaviour secara lengkap.

Untuk pemahaman yang lebih lanjut, ada beberapa pengertian dan penjelasan indikator promosi menurut para ahli yang bisa Anda simak di bawah ini.

  • Menurut Kotler dan Keller (2016), indikator promosi meliputi pesan promosi, waktu promosi, dan frekuensi promosi yang dapat diukur.

  • Menurut Kotler dan Armstrong (2019:62), indikator promosi mencakup iklan. Iklan merupakan bentuk saluran promosi non-pribadi yang menggunakan berbagai media guna merangsang pembelian. Lalu, mencakup juga penjualan promosi dan public relations.

Apa Saja Indikator dari Promosi?

Setelah Anda mengetahui apa itu indikator promosi, mengetahui pengertian, dan penjelasan dari pendapat beberapa ahli, berikut adalah penjelasan indikator-indikator promosi secara lengkap yang harus Anda ketahui.

1. Keterlibatan Konsumen

Salah satu faktor kunci yang menentukan keberhasilan promosi ialah sejauh mana konsumen terlibat. Hal tersebut mencakup interaksi konsumen dengan campaign promosi, seperti mengklik iklan, memberikan like, berbagi, atau memberikan komentar di media sosial.

Anda perlu memantau keterlibatan konsumen ini. Sebab, dengan memantau tingkat keterlibatan mereka, Anda akan lebih mudah menilai keberhasilan kampanye dan ketertarikan konsumen.

2. Konversi

Konversi menjadi langkah penting dalam mengevaluasi efektivitas promosi. Dalam konteks ini, konversi dapat merujuk pada berbagai tindakan yang diinginkan, seperti pembelian produk, pendaftaran, atau pengunduhan.

Memantau tingkat konversi membantu perusahaan menilai seberapa baik kampanye promosi dapat mengubah prospek menjadi pelanggan.

3. Retensi Pelanggan

Mendapatkan pelanggan baru penting, tetapi mempertahankan pelanggan yang sudah ada memiliki nilai yang setara.

Indikator retensi pelanggan membantu perusahaan mengukur sejauh mana campaign promosi berkontribusi pada mempertahankan pelanggan.

Tingkat kepuasan pelanggan dan kebiasaan pembelian berulang bisa menjadi petunjuk kunci untuk mengukur keberhasilan dalam mempertahankan basis pelanggan.

4. Return on Investment (ROI)

ROI merupakan ukuran kritis untuk mengevaluasi efisiensi kampanye promosi. Dengan membandingkan biaya promosi dengan pendapatan yang dihasilkan, ROI memberikan gambaran tentang sejauh mana kampanye tersebut menghasilkan keuntungan.

Perusahaan perlu secara rutin mengukur dan menganalisis ROI untuk memastikan bahwa setiap dolar yang diinvestasikan dalam promosi memberikan hasil yang diharapkan.

Baca juga: Pelajari Cara Meningkatkan Penjualan agar Omzet Naik

5. Peningkatan Traffic

tipe tipe indikator promosi.jpg

Source: Freepik - Indikator promosi membantu peningkatan penjualan produk Anda.

Jika tujuan promosi adalah meningkatkan visibilitas merek, menaikkan lalu lintas ke situs web, atau menarik lebih banyak pelanggan ke toko fisik, peningkatan traffic menjadi indikator penting.

Google Analytics dan alat analisis web lainnya dapat membantu melacak perubahan dalam jumlah pengunjung dan perilaku mereka.

Anda dapat memanfaatkan kebutuhan ini dengan beriklan di mobile marketing melalui saluran promosi yang disediakan, seperti sosial media, website, dan aplikasi.

6. Umpan Balik dari Pelanggan

Mendengar pendapat langsung dari kosumen atau pelanggan menjadi cara yang efektif untuk menilai keberhasilan kampanye promosi. Melalui ulasan mereka, Anda bisa mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan brand secara jelas.

Sebab, keterlibatan mereka memberikan berbagai wawasan berharga yang dapat digunakan untuk memperbaiki strategi promosi di masa depan. Dengan begitu, cara kerja marketing dapat berjalan optimal.

7. Keberlanjutan Brand Awareness

Keberhasilan promosi tidak hanya tercermin dalam peningkatan kesadaran merek yang bersifat sementara, tetapi juga dalam kemampuan untuk menjaga kesadaran tersebut seiring berjalannya waktu.

Memantau keberlanjutan brand awareness membantu perusahaan menilai apakah suatu campaign promosi memberikan dampak jangka panjang atau hanya hasil yang bersifat singkat.

Sudah Paham Mengenai Indikator Promosi?

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah makin memahami tentang indikator promosi ini? Indikator promosi menjadi tolok ukur yang sangat penting untuk Anda perhatikan karena dapat mempengaruhi objektivitas kampanye Anda.

Dengan memahami dan memonitor hal ini, brand dapat mengidentifikasi SWOT pemasaran dan campaign yang akan atau sedang berjalan. Anda dapat memantaunya secara lebih tepat lagi.

Jika Anda sudah paham tentang indikator promosi, sebagai saran, Anda dapat beriklan di iklan luar ruang untuk mendukung kegiatan promosi. Salah satu media luar ruangan yang efektif digunakan ialah Motorbike Advertising.

Anda dapat pasang iklan di motor secara unik, sehingga bisa menarik perhatian banyak orang, lewat panel belakang kendaraan, helm, hingga mengkreasikan iklan melalui jaket maupun ornamen di jakat pengemudi.

Tertarik beriklan? Segera klik banner di bawah untuk langsung berkolaborasi dengan StickEarn atau pelajari produk-produk StickEarn lainnya lebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png