Membuat konsumen membeli suatu produk menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis. Saat pertama kali konsumen melihat produk atau iklan yang Anda buat, transaksi tidak langsung terjadi.

Berbagai brand pun mulai bertanya mengenai cara menarik pelanggan agar mau membeli produk. Tujuannya, selain membantu brand dalam menyiapkan strategi pemasaran produk, memahami cara meyakinkan pelanggan juga dapat meningkatkan penjualan.

Namun, tidak usah khawatir karena kini ada berbagai langkah dalam mempromosikan produk yang dapat Anda terapkan. Adapun cara-cara menarik pelanggan lama agar bertransaksi kembali atau baru bisa Anda ketahui melalui pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga: Apa Itu Marketing Mix? Simak Pengertian dan Contoh Implementasi

1. Memberikan Informasi yang Jelas

cara untuk menarik pelanggan.jpg

Source: Freepik - Cara untuk menarik pelanggan ialah dengan menginformasikan produk yang ditawarkan secara jelas.

Bagaimana cara membuat produk menjadi diminati oleh banyak orang sebenarnya tidak sulit. Sebagai brand Anda hanya perlu bertindak transparan dalam memasarkan produk kepada calon pelanggan.

Saat Anda menawarkan produk, baik langsung maupun tidak langsung melalui etalase digital, Anda wajib memberikan informasi yang rinci mengenai produk yang ditawarkan.

Contohnya ialah dengan menuliskan nama produk, ukuran, jenis, dan bahan serta keunggulan atau manfaatnya. Informasi ini sangatlah membantu audiens, bahkan mampu mendorong hasrat mereka untuk bertransaksi.

Dalam menuliskan informasi terkait produk, Anda wajib menggunakan formula copywriting agar kata-kata Anda lebih menarik. Shopify mengatakan bahwa copywriting dapat mendorong audiens agar menuju funnel konversi.

2. Dapatkan Ulasan Positif

Mendapatkan ulasan yang positif juga menjadi salah satu kunci keberhasilan bagi perusahaan. Pasalnya, sebagian konsumen lebih tergugah untuk membeli produk berdasarkan pengaruh dari konsumen lainnya.

Pengaruh tersebut bisa disebabkan oleh ulasan langsung yang mereka dengar dari kerabat. Lalu, bisa juga dari kolom komentar toko online atau berdasarkan bujukan influencer.

Terkait testimoni yang datang dari berbagai aspek tersebut, Sprout Social mengungkapkan riset MarketingCharts.com bahwa 28% konsumen mengatakan pemasaran dari mulut ke mulut begitu ampuh mempengaruhi tindakan mereka dalam berbelanja.

Sementara, 50% millennials memercayai produk yang direkomendasikan oleh influencer. Mereka akan langsung membeli tanpa mempertimbangkan apapun.

Artinya, dari mana pun testimoni yang konsumen dapat, ulasan menjadi sangat penting. Untuk mendapatkannya, Anda perlu membuat produk dan layanan yang berkualitas.

3. Membuat Iklan yang Menarik

tips mempengaruhi konsumen untuk membeli produk dengan iklan.JPG

Source: Doc. StickEarn - Cara menarik pelanggan untuk membeli produk ialah dengan beriklan di OOH.

Cara menarik pelanggan agar membeli produk selanjutnya ialah dengan membuat iklan yang menarik. Sebab, di era sekarang, ketika tren pemasaran berkembang, persaingan marketing sangatlah ketat.

Jika iklan tidak kreatif ata unik, iklan yang Anda buat akan dilewatkan begitu saja. Iklan pun tidak mampu mendorong audiens untuk melakukan tindakan pemasaran, misalnya mencari tahu tentang produk.

Nah, untuk membuat campaign iklan yang menarik dapat Anda lakukan dengan pertama-tama memilih media iklan yang tepat. Jika Anda ingin beriklan di media luar ruang, Anda bisa beriklan menggunakan Mobile Showcase Advertising StickEarn.

Media iklan tersebut sering digunakan brand untuk menjalankan iklan OOH yang kreatif dan unik. Contohnya campaign iklan StickEarn bersama Cadbury.

Cadbury memanfaatkan Mobile Showcase StickEarn sebagai sarana pendukung brand activation offline. Lalu, juga digunakan untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk brand kepada khalayak yang ada di jalan.

Simak Video: Campaign Cadbury x StickEarn Menggunakan Mobile Showcase Advertising

4. Aktif di Media Sosial

Tidak tanya beriklan di media iklan luar ruangan, Anda juga wajib aktif di media sosial. Mempromosikan produk melalui channel digital marketing ini kini juga banyak digunakan oleh berbagai brand.

HubSpot menyebutkan bahwa 65% marketers menggunakan Instagram untuk mempromosikan produknya. Brand menawarkan produk di media sosial menggunakan video marketing maupun foto secara hard selling ataupun soft selling.

Melalui memanfaatkan media sosial, Anda dapat meningkatkan penjualan. Anda pun bisa menarik pelanggan baru, meningkatkan kesadaran merek, dan loyalitas pelanggan.

Ditambah lagi, media sosial menyediakan insights yang luar biasa bagi brand. Dari sana, Anda dapat mengetahui profil, ketertarikan, dan kapan saja audiens aktif di media sosial.

Tentunya, hal ini sangat membantu Anda dalam menjalankan strategi marketing yang efektif untuk digunakan di channel itu. Objektif pemasaran bisa Anda capai dengan mudah!

5. Buat Campaign Marketing yang Menarik

Campaign yang menarik menjadi kunci keberhasilan yang harus ada saat Anda ingin “membuka pintu” untuk mendatangkan revenue bisnis. Sebab, campaign pemasaran adalah aktivitas yang paling dilihat oleh audiens.

Kampanye marketing hadir dalam berbagai format, yakni berupa kampanye promosi potongan harga, promo hari-hari tertentu, dan lain sebagainya. Buatlah materi campaign yang menarik, yang dapat memberikan value untuk audiens dan bisnis.

Jika Anda bingung mengenai bagaimana cara menarik pelanggan baru agar membeli produk melalui campaign, Anda dapat mengetahuinya dengan membaca artikel StickEarn yang ada di bawah.

Baca juga: Panduan Membuat Campaign Marketing yang Menarik

6. Bermitra dengan Bisnis Lain

bekerjasama menarik konsumen untuk bertransaksi.jpg

Source: Freepik - Bekerjasama dengan bisnis lain juga dapat mempengaruhi banyak orang untuk membeli produk.

Cara menarik pelanggan berikutnya yang data Anda terapkan ialah dengan bermitra bersama bisnis lain. Cara ini terbilang menguntungkan karena memberikan banyak manfaat.

Ketika Anda berkolaborasi dengan suatu brand, tidak hanya omzet yang akan naik. Namun, brand awareness dari audiens perusahaan rekanan juga akan naik.

Secara tidak langsung bisnis yang saling berkolaborasi mampu meningkatkan kesadaran masing-masing audiens akan produk yang mereka tawarkan. Lalu, brand juga bertukar value dari produk yang dipromosikan tersebut.

Contoh kegiatan marketing ini dapat Anda lihat melalui kolaborasi perusahaan kopi. Tak sedikit brand kopi yang membangun kemitraan dengan perusahaan sejenis dalam rangka meningkatkan penjualan produknya.

TOP Coffee, misalnya. Tidak hanya pasang iklan di mobil, TOP Coffee juga turut mempromosikan produk mereka dengan berkolaborasi bersama Free Fire melalui giveaway dalam kemasan produk.

Anda juga dapat berkolaborasi dengan tujuan saling melengkapi. Misalnya, jika Anda menjual pakaian bayi, cara menarik pelanggan ialah dengan bekerjasama brand pakaian hamil atau mainan anak.

Dengan begitu, produk Anda makin lengkap dan bernilai. Anda juga dapat menambah pelanggan yang ketertarikannya tidak berbeda, yaitu konsumen yang sedang hamil atau tengah mencari kado untuk kerabat atau anak-anak.

7. Berpartisipasi dalam Acara

Berpartisipasi dalam suatu acara atau kegiatan ternyata dapat mempengaruhi orang agar mau membeli produk. Ketika Anda turut hadir dalam event marketing yang menarik, potensi untuk meningkatkan sales dapat saja terjadi.

Sekalipun konsumen tidak membeli produk Anda pada acara tersebut, awareness pasti langsung meningkatkan. Ditambah lagi, cara yang Anda ikuti juga mampu meningkatkan brand image dan identitas merek.

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda manfaatkan. Selain bazar produk, Anda juga dapat mengikuti kegiatan, seperti acara amal, menjadi sponsor, atau pembicara.

Apapun itu, intinya cara menyakinkan konsumen agar menjadi pelanggan yang satu ini wajib Anda terapkan, utamanya bagi perusahaan B2B. Sebab, berpartisipasi dalam suatu acara akan membantu brand Anda meluaskan koneksi bisnis.

Terapkan Cara Menarik Pelanggan agar Membeli Produk Sekarang!

Demikianlah cara menarik pelanggan yang bisa Anda terapkan. Dengan mengetahui tips ini, Anda pun dapat meyakinkan banyak orang hingga mau membeli produk yang brand tawarkan.

Jika setelah membaca pembahasan di atas Anda tertarik beriklan di luar ruang, Anda dapat pasang iklan offline tersebut melalui StickEarn. StickEarn siap membantu Anda mempromosikan produk untuk membujuk konsumen agar mau membeli produk Anda.

Anda dapat beriklan bersama StickEarn melalui Transportation Advertising, MobileLED Advertising, Mobile Showcase, maupun menggunakan iklan Offline-to-Online StickEarn. Tertarik?

Silakan klik banner di bawah untuk langsung beriklan atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 02.png