Seperti yang Anda tahu bahwa sebuah pengalaman dan hadirnya content marketing sangat penting bagi suatu brand. Pasalnya, kedua hal tersebut dapat dipadukan dalam sebuah wadah yang bernama event marketing.

Aktivitas pemasaran yang dikemas dalam balutan acara itu mampu memberikan 95% keuntungan bagi bisnis. Dengan mengadakan event marketing untuk perusahaan, berbagai braend bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Secara tidak langsung pula, Anda dapat mempengaruhi keputusan pembeli. Snov.io, perusahaan yang bergerak di bidang CRM, menjelaskan bahwa keputusan pembelian konsumen sangatlah dipengaruhi oleh buying behaviour mereka, salah satunya ialah tempat. Event inilah yang nantinya akan mendorong konsumen untuk bertransaksi.

Lantas, apa yang dimaksud dengan event marketing? Nah, jika Anda tertarik mempelajari strategi pemasaran yang efektif ini, Anda bisa menyimak melalui pembahasan kami di bawah.

Baca juga: Event campaign OOH Oxone Ramaikan Jalan Ibukota

Apa Itu Event Marketing?

arti dari event marketing.jpg

Source: Unsplash - Ilustrasi marketers sedang menjadi pembicara di dalam event marketing.

Sebelum membahas bagaimana event marketing menjadi salah satu strategi marketing yang baik, Anda perlu mengetahui pengertian event marketing terlebih dahulu.

Event marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang melibatkan penggunaan acara atau kegiatan sebagai alat untuk mempromosikan produk atau layanan kepada khalayak.

Dalam kegiatan ini, event marketing biasanya melibatkan organisasi atau penyelenggara yang merancang dan melaksanakan suatu event.

Kegiatan tersebut dirilis secara khusus untuk menciptakan pengalaman yang positif bagi peserta sehingga brand atau perusahaan yang terlibat dalam acara dapat memperkenalkan produk mereka.

Contoh acara yang biasa digunakan sebagai event marketing ialah seperti konser, pameran, seminar, atau festival. Intinya, berbagai acara yang di dalamnya disponsori, didukung, atau terdapat tempat promosi merupakan event pemasaran.

Fungsi Event Marketing

Sebagai salah satu strategi atau teknik pemasaran produk, jenis pemasaran ini mempunyai beberapa peranan atau fungsi. Apa saja fungsi dari event marketing itu?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu fungsi utama dari event marketing adalah untuk meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness target konsumen.

Event marketer membantu menyediakan suatu acara agar perusahaan dapat memperkenalkan produk atau layanan mereka kepada audiens yang lebih luas. Dengan acara ini, Anda pun dapat meningkatkan pemahaman konsumen akan nilai dari brand Anda.

2. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Dalam strategi itu, perusahaan atau organisasi juga dapat berinteraksi secara langsung dengan target konsumen. Hall ini akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan mereka dengan brand atau produk.

Interaksi langsung tersebut juga dapat membantu Anda dalam membangun hubungan yang lebih kuat antara brand dan konsumen, sehingga meningkatkan loyalitas dan kesetiaan konsumen.

3. Meningkatkan Penjualan

Fungsi terakhir dari event marketing adalah untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Dengan menarik perhatian target konsumen dan dikenalnya brand Anda, maka perusahaan pun dapat membuka kesempatan untuk meningkatkan penjualan mereka.

Tujuan dan Manfaat Dilaksanakan Event Marketing

apa peran event marketing.jpg

Source: Unsplash - Tujuan dari dilaksanakannya event marketing ialah untuk membangun koneksi dengan pelanggan maupun target market.

Tujuan dilaksanakannya event marketing adalah untuk membangun kesadaran dan meningkatkan keterlibatan konsumen melalui interaksi langsung.

Dengan demikian, event tersebut diharapkan dapat membantu perusahaan atau organisasi memperkuat hubungan dengan calon konsumen, meningkatkan penjualan, dan memperluas basis pelanggan mereka.

Dalam melakukan event marketing, kini event marketer memanfaatkan secara maksimal peran dari media iklan, tetapi secara khusus, media iklan luar ruang dalam kegiatan pemasaran langsung itu lebih diutamakan.

Sebab, baik OOH maupun DOOH dapat digunakan sebagai media promosi paling efektif untuk sebuah event marketing yang akan dilaksanakan.

Ditambah lagi, ada banyak contoh atau jenis iklan OOH ataupun DOOH yang dapat brand gunakan, di antaranya seperti billboard, MobileLED, transportation ads, dan yang kini banyak digunakan juga ialah vending machine advertising.

Penggunaan iklan luar ruang tersebut sangat memudahkan audiens karena mampu meningkatkan visibilitas event, sehingga informasi acara tersampaikan dengan baik. Pada tahap lebih lanjut juga dapat meningkatkan penjualan, StickFriends.

Baca juga: 5 Alasan Brand Perlu Memanfaatkan Digital OOH sebagai Media Beriklan

Manfaat Event Marketing

Event Marketing yang diselenggarakan di berbagai tempat dan konsep membawa sejumlah manfaat untuk bisnis Anda. Adapun manfaat tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Membangun hubungan dengan pelanggan

Dalam event marketing, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan melalui interaksi langsung dan pengalaman positif.

Hubungan yang lebih kuat ini dapat membantu Anda meningkatkan loyalitas dan membuat pelanggan lebih cenderung untuk membeli produk atau layanan dari merek tersebut di masa depan.

2. Meningkatkan Reputasi Brand

Event marketing dapat membantu meningkatkan reputasi brand dengan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap konsumen dan menyampaikan pesan merek secara efektif.

Sebuah acara yang sukses dapat meningkatkan persepsi positif tentang brand dan membantu membedakannya dari pesaing. Event marketing juga dapat membantu meningkatkan pengaruh merek dengan menumbuhkan rasa percaya diri konsumen terhadap produk atau layanan brand.

3. Meningkatkan pemahaman tentang Pasar

Event marketing dapat membantu perusahaan memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang pasar dan target konsumen mereka. Hal ini dapat membantu meningkatkan efektivitas pemasaran dari perusahaan di masa depan.

Selain itu, dalam event marketing, Anda juga dapat memanfaatkan kesempatan untuk membangun relasi bisnis dengan para peserta atau pemangku kepentingan lainnya, seperti rekan bisnis, pemasok, atau mitra potensial.

Jenis-jenis Event Marketing

Cara marketing dalam strategi ini dapat dikemas lewat berbagai bentuk. Ada berbagai bentuk kegiatan event marketing yang dapat Anda coba untuk memasarkan produk.

Berikut adalah beberapa jenis pemasaran melalui acara yang dapat dijadikan strategi pemasaran event oleh perusahaan.

1. Acara peluncuran produk

Jenis event marketing ini digunakan ketika perusahaan ingin memperkenalkan produk baru kepada target konsumen. Acara peluncuran produk biasanya berisi pengenalan produk, pengalaman penggunaan produk, dan peluang untuk berinteraksi dengan produk dan merek.

2. Seminar atau konferensi

Jenis selanjutnya digunakan ketika perusahaan ingin memberikan informasi atau pemahaman yang lebih dalam tentang topik tertentu kepada khalayak target. Acara tersebut dapat membantu perusahaan atau organisasi membangun otoritas dalam bidang mereka serta meningkatkan brand awareness.

3. Acara khusus

Berikutnya ialah acara khusus. Event pada jenis ini digunakan ketika perusahaan ingin mengadakan acara khusus untuk meningkatkan keterlibatan dengan khalayak atau pelanggan. Acara khusus dapat berupa acara olahraga, konser musik, festival, dan lain-lain.

4. Promosi penjualan

Tipe event marketing promosi penjualan digunakan ketika perusahaan ingin meningkatkan penjualan produk atau layanan mereka. Promosi penjualan dapat berupa diskon, penawaran khusus, atau hadiah dengan pembelian tertentu.

5. Roadshow

Lalu, ada tipe pemasaran offline menggunakan roadshow. Jenis tersebut digunakan ketika perusahaan atau organisasi ingin memperkenalkan produk mereka kepada audiens yang ada di berbagai kota atau daerah. Roadshow biasanya melibatkan acara-acara kecil atau promosi penjualan di lokasi yang berbeda.

6. Perayaan atau acara komunitas

Jenis terakhir ialah perayaan atau acara komunitas. Jenis yang satu ini digunakan ketika perusahaan atau organisasi ingin memperkuat hubungan mereka dengan komunitas atau konsumen tertentu.

Penerapan jenis tersebut dapat berupa perayaan hari raya, acara amal untuk mendukung misi sosial atau lingkungan, dan lain-lain.

Dari jenis-jenis di atas, Anda dapat menyesuaikan evnet marketing yang ingin dibuat dengan brand atau campaign produk yang akan dipromosikan. Jenis acara juga dapat dibuat dengan mempertimbangkan situasi atau kondisi yang terjadi di masyarakat.

Misalnya, saat PSBB Covid-19 belum dilonggarkan, acara pemasaran maupun tidak wajib mematuhi protokol kesehatan. Setiap penyelenggara dan peserta harus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mengecek suhu sebelum memasuki area acara.

Baca juga: Panduan Membuat Marketing Campaign yang Tepat untuk Penjualan

Contoh Event Marketing Kreatif

Contoh penerapan event marketing.jpg

Source: Unsplash - Inilah contoh penerapan event marketing di perusahaan.

Banyak brand yang telah menerapkan strategi event marketing untuk menarik audiens dan meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa contoh event marketing yang kreatif dari beberapa brand itu.

1. IKEA’s Sleepover

IKEA mengadakan acara tidur di toko mereka untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk tempat tidur atau suasana toko mereka. Acara tersebut diadakan di toko IKEA di Australia dan menyediakan tidur gratis untuk peserta yang beruntung.

2. HMNS: Orgsm Day 2023

HMNS adalah sebuah brand parfume dalam negeri yang banyak diminati. Pada Januari lalu, dalam peluncuran varian parfum terbarunya, HMNS mengadakan event marketing dengan tema “Discover The Universe of Pleasure”. HMNS dalam acara itu juga menghadirkan beberapa musisi atau artis dalam negeri yang sedang naik daun.

3. TikTok For Your Stage

Contoh event marketing lainnya yang dilakukan sebuah perusahaan adalah TikTok For Your Stage. Acara ini merupakan bentuk dukungan TikTok terhadap dunia seni dan hiburan, serta memberikan kesempatan bagi para pengguna TikTok untuk tampil di atas panggung.

Pada acara TikTok For Your Stage, para kreator TikTok dipilih untuk tampil di panggung dan memperlihatkan kemampuan mereka dalam berbagai genre, seperti musik, tari, dan seni pertunjukan lainnya. Acara itu juga menampilkan bintang tamu dari dunia seni dan hiburan yang terkenal di TikTok.

Sudah Siap Merancang Event Marketing untuk Brand Anda?

Anda kini telah mengetahui tentang event marketing, fungsi, tujuan, hingga contoh dari jenis pemasaran tersebut. Pembahasan ini memang mudah dipahami karena mungkin Anda pernah menerapkannya.

Anda juga pasti tertarik untuk menjalankan strategi marketing tersebut sekalipun pernah membuatnya. Sebab, ada banyak manfaat yang akan didapat ketika membuat event seperti peningkatan brand awareness dan penjualan.

Nah, Anda bisa segera melaksanakan hal itu, StickFriends. Anda dapat menggunakan produk OOH atau DOOH, seperti Motorbike Advertising dan MobileLED kami untuk mempromosikan acara kepada khalayak dengan lebih kreatif dan unik!

Layanan tersebut sudah banyak dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk menginformasikan event offline mereka. Salah satunya event 88Rising, HITC, di PIK yang menggunakan MobilLED StickEarn. Sangat kreatif dan kekinian!

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih lanjut berbagai produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png