Di era berkembangnya periklanan seperti sekarang, ada banyak layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk. Brand dapat beriklan secara online di media sosial atau offline melalui Out-of-Home Advertising (OOH Advertising).

Namun, tahukah Anda bahwa ada salah satu iklan OOH Advertising yang tergolong efektif dalam membantu promosi bisnis? Media tersebut ialah iklan di kendaraan yang kini menjadi sarana promosi yang populer di OOH.

Hal itu karena beriklan di motor maupun mobil atau kendaraan lainnya sangat mudah. Anda hanya perlu membuat konten, kemudian menyerahkan materinya kepada perusahaan OOH di Indonesia. Lalu, iklan Anda akan dibawa menuju lokasi-lokasi strategi, sehingga dapat dilihat oleh konsumen potensial.

Dengan begitu, Anda pun dapat meningkatkan brand awareness kepada khalayak di jalan. Menariknya lagi, ada beberapa faktor lain yang membuat iklan outdoor ini menjadi pilihan brand manager maupun marketers. Apa sajakah itu? Silakan simak di artikel ini!

Pelajari Case Studies Brand yang Beriklan di Kendaraan:

Apa Itu Iklan di Kendaraan?

apa saja yang dimaksud iklan di kendaraan.jpg

Source: Doc. StickEarn - Iklan di kendaraan adalah bentuk pemasaran yang menempatkan konten iklan di badan mobil, motor, kereta, dan lain-lain.

Study.com menjelaskan bahwa iklan di kendaraan adalah bentuk strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan menempatkan konten iklannya di kendaraan.

Mereka mengiklankan produk maupun jasa secara offline melalui moda transportasi yang ditawarkan oleh perusahaan iklan luar ruangan. Brand dapat menaruh iklannya di bus, kereta api, kereta bawah tanah, motor, ataupun mobil.

Bentuk iklan yang disampaikan juga dapat brand sesuaikan. Sebagai klien, Anda dapat menyebarluaskan promosi dalam bentuk teks, grafis, maupun visual yang bersifat dinamis, seperti video dan motion.

Nantinya, iklan yang Anda buat akan dibawa ke berbagai tempat, mulai dari lokasi bisnis sampai ke tempat hiburan yang ramai dikunjungi orang. Bahkan, Anda bisa mengkostumisasi lokasi penyebarannya sesuai keinginan.

Salah satu perusahaan OOH yang menyediakan layanan tersebut ialah StickEarn. Anda bisa beriklan di badan kendaraan, seperti motor, mobil, dan kendaraan lainnya melalui StickEarn.

StickEarn secara resmi juga bekerjasama dengan Grab melalui periklanan luar ruang ini. Setiap brand yang memasang iklan di motor atau mobil, iklannya akan dibawa oleh driver Grab menuju berbagai lokasi di Indonesia.

Selain itu, iklan yang Anda buat berpotensi untuk langsung dilihat oleh berbagai penumpang Grab. Jadi, iklan dapat bertemu dengan konsumen potensialnya.

Jenis-Jenis Iklan di Kendaraan

Iklan di grab.jpg

Source: Doc. StickEarn - Iklan di motor adalah contoh iklan di kendaraan.

Umumnya, ada berbagai macam media iklan di transportasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk. Sebagai gambaran, Anda dapat melihatnya melalui deretan produk yang StickEarn tawarkan.

Lebih kurang, produk iklan luar ruangan dari StickEarn dapat mewakili layanan iklan di industri periklanan offline ini. Agar lebih jelas, silakan simak penjelasan kami di bawah.

1. Motorbike advertising

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan papan yang berada di belakang ojek motor. Motorbike advertising menjadi media iklan adboard dengan panel ergonomis. Iklan ini dibawa oleh ribuan mitra pengemudi motor ke berbagai rute yang mereka lewati.

Jika di StickEarn, iklan di kendaraan roda dua akan dibawa oleh pengemudi Grab. Iklan Anda akan tampil di berbagai lokasi yang dikunjungi oleh pengemudi Grab.

Dengan tersebarnya iklan Anda, jangkauan iklan di motor yang dipromosikan pun akan lebih luas. Secara spesifik, Anda bisa menyasar penumpang ojek online Grab secara. Bahkan, iklan pun bisa menyasar penumpang dan lokasi tertentu secara langsung, misalkan jalan besar hingga jalan pintas yang padat penduduk.

Sebagai tambahan, iklan di motor tidak hanya bisa Anda lakukan melalui panel belakang kendaraan saja. Namun, di StickEarn, Anda juga bisa beriklan melalui helm motor.

Anda dapat menyulap helm motor pengemudi Grab ataupun penumpang dengan material iklan Anda. Jadi, helm akan Anda branding dengan konten promosi yang sedang Anda jalankan.

Contohnya ialah campaign StickEarn bersama Nivea. Brand kecantikan ini beriklan di motor melalui swarming dengan menempelkan iklan di panel belakang kendaraan dan juga helm. Untuk melihat bagaimana kampanye iklan Nivea x StickEarn dapat Anda lihat di video ini.

2. Car Advertising

Siapa yang tak tertarik melihat campaign iklan menggunakan mobil berjalan. Anda bisa mendapatkan sorotan dengan memasangkan iklan di mobil.

Cara kerja iklan di mobil juga tak jauh berbeda dengan iklan di roda dua. Namun, dengan beriklan di kendaraan ini, kesan premium terhadap iklan yang Anda tayangkan pasti akan lebih terlihat.

Sudah banyak brand yang memanfaatkan periklanan bergerak yang satu ini. Sebut saja salah satunya NutriSari. Brand minuman tersebut memasang iklannya di mobil melalui StickEarn.

Iklan NutriSari tampil di sejumlah unit mobil dan di beberapa lokasi yang brand targetkan. Nah, untuk menyimak lebih lanjut iklan NutriSari di OOH, Anda bisa lihat melalui video ini.

3. Angkot Advertising

Sebagai kendaraan umum yang ramah di kocek, angkot advertising cocok bagi Anda yang ingin menjangkau audiens di wilayah sub-urban. Angkot advertising sangat tepat bagi brand yang ingin memberikan persona humble dan dekat dengan calon pelanggan.

Bahkan, jika segmentasi pasar produk adalah masyarakat sub-urban, maka penggunaan angkot sebagai media periklanan juga sangatlah tepat. Iklan dapat langsung bertemu dengan audiensnya!

Terkait efektivitas pasang iklan di angkot, Anda bisa mempelajari lebih lanjut dari Case Studies _brand yang beriklan menggunakan media ini. Anda bisa membacanya di “Jangkau Area Sub-Urban dengan Media Iklan Ekonomis”.

4. Train Advertising

Sebagai induk transportasi Ibu kota, train advertising akan memberikan visibilitas iklan yang tinggi terhadap brand Anda, terlebih jika kereta sedang berada di jam-jam sibuk.

Train Advertising mampu memberikan 55% impresi lebih banyak dibandingkan iklan OOH lainnya.

Dengan beriklan di KRL, Anda bisa menjangkau berbagai audiens dengan demografi yang berbeda. Selain itu, iklan di kereta api juga memberikan beragam pilihan atau spot iklan yang menarik, mulai dari di badan kereta, dinding, hingga hand grips.

Bila Anda tertarik pasang iklan di kereta Commuterline, Anda bisa simak deretan spot iklan di KRL dengan menyimak artikel “Spot Iklan di KRL yang Bisa Dimanfaatkan untuk Promosi”

5. Bus Advertising

Opsi ini akan sangat cocok bagi Anda dan brand lain yang menginginkan eksposur lintas wilayah dengan visual yang megah. Model dari bus kreatif akan menjadikan iklan Anda sebagai hal yang sulit dilupakan oleh para pengguna jalan.

Bahkan, iklan Anda juga sulit untuk dilewatkan begitu saja, apalagi oleh para pengguna bus. Mereka tidak akan mudah melewatkan iklan karena selama perjalanan atau selama bus beroperasi di jalan, audiens pasti akan melihatnya terus menerus. Tidak hanya untuk beriklan, pasang iklan di bus juga memungkina Anda untuk menjalankan campaign branding perusahaan. Badan bus dapat Anda manfaatkan untuk mem-branding produk secara kreatif.

Contoh product branding yang menggunakan bus ialah brand BLP dari industri kecantikan. BLP bekerjasama dengan StickEarn untuk menjalankan kampanye branding-nya di bus Transjakarta. Anda bisa menyimak kampanye tersebut dengan [menonton videonya di sini](https://www.youtube.com/watch?v=v5-HmCWpzYQ

6. Airplane Advertising

Ukuran yang ekstra besar akan menunjukan kekuatan brand Anda dalam melaksanakan strategi marketing campaign. Airplane advertising akan membawa brand untuk turut menyapa pelanggan secara eksklusif.

Sudah banyak brand yang beriklan menggunakan layanan ini. Anda dapat melihat contohnya melalui aktivitas kami bersama Bolu Menara yang mempromosikan produk hingga ke angkasa.

Kue asli Medan, Sumatera Barat, tersebut bekerja sama dengan kami untuk meningkatkan impression produk kepada penumpang pesawat Citilink tujuan Jakarta-Medan dan Medan-Jakarta.

Aktivitas promosi yang dilakukan bukan menempelkan poster seperti pada umumnya. Namun, Bolu Menara membagikan product sampling kue mereka kepada sejumlah penumpang Citilink tersebut. Kreatif bukan campaign marketing Bolu Menara?

7. MobileLED

Ingin iklan out of the box dan berjalan di tempat strategis? MobileLED-lah solusinya! Dilengkapi dengan layar prima, MobileLED dengan sigap akan menampilkan iklan interaktif berjalan bagi brand Anda.

Selain itu, MobileLED advertising juga dapat membantu Anda dalam membuat iklan yang lebih terarah. Sebab, salah jenis iklan DOOH tersebut dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga dapat menyajikan insight yang lebih mendalam.

Lebih lanjut, Anda juga bisa menjalankan retargeting iklan melalui Mobile Display Truck, StickFriends. Bermodalkan teknologi canggihnya, MobileLED dapat menarik data audiens yang ada di jalan.

Anda dapat menggunakan data itu untuk melakukan retargeting ads melalui layanan O2O (Offline-to-Online) StickEarn kepada audiens yang sudah melihat iklan di jalan agar mereka melihat iklan kembali di media sosialnya.

Jadi, iklan yang Anda buat di MobileLED Display Advertising semakin masif dan memberikan exposure yang luas serta feedback yang lebih baik.

Baca juga: Mengenal O2O Channel, Media Promosi Produk Paling Masif

8. Mobile Showcase

Lalu, Anda juga bisa beriklan di kendaraan melalui Mobile Showcase Advertising. Media iklan yang satu ini sebetulnya mirip dengan MobileLED di atas. Hanya saja, secara tampilan dan penggunaan berbeda.

Mobile Showcase tampil tanpa layar LED yang ada di badannya. Namun, layar tersebut digantikan dengan ruang besar yang bisa brand manfaatkan untuk menampilkan produk sebagai sarana showcase atau demo.

Menariknya, ruangan Mobile Showcase dapat Anda gunakan sebagai sarana brand activation yang menarik. Jadi, Anda dapat melakukan kegiatan yang engaging bersama audiens secara langsung.

Manfaat Iklan di Kendaraan Umum

keuntungan pasang iklan di kendaraan pribadi.jpg

Source: Doc. StickEarn - Apa saja manfaat iklan di transportasi berjalan?

Setelah mengetahui ciri-ciri iklan OOH dan jenis-jenisnya, Anda juga wajib mengetahui manfaat beriklan di media ini. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa Anda bisa meningkatkan brand awareness bila beriklan di kendaraan.

Beriklan di transportasi dapat menjadi solusi bagi brand yang ingin mendapatkan exposure secara optimal. Transportasi umum memiliki tingkat pergerakan yang tinggi, sehingga brand Anda akan dibawa ke berbagai penjuru kota.

Selain itu, jangkauan pasar iklan di kendaraan bergerak juga makin luas. Dilansir dari Kompas, pengguna transportasi umum per harinya mencapai lebih dari 1 juta orang. Angka fantastis ini akan membuat impression promosi Anda meningkat!

Bayangkan, dengan jumlah impresi yang tinggi, Anda akan meraih awarenees dan leads yang tinggi pula. Sebagai contoh keberhasilan dari kegiatan pasang iklan di kendaraan dapat Anda lihat melalui case study kami.

Pada bulan Mei 2022, FIFA bekerja sama dengan StickEarn melakukan konvoi menggunakan layanan Car Advertising. Mereka berupaya mengirimkan pesan mengenai produk video game.

Mau Pasang Iklan di Kendaraan?

Beriklan di kendaraan, baik itu motor, mobil, kereta, maupun kendaraan transit, memberikan keuntungan yang menggiurkan. Sebagai brand, Anda diuntungkan karena dapat menyebarluaskan awareness, bahkan brand recall secara optimal.

Tak perlu bingung bagaimana cara pasang iklan di kendaraan dengan unik dan kreatif. Anda bisa menyerahkan konten iklan tersebut kepada StickEarn!. StickEarn siap membantu Anda dalam membuat iklan yang inovatif dan impactfull untuk bisnis.

Jika tertarik, silakan pelajari produk StickEarn atau langsung beriklan dengan klik banner di bawah

CTA Banner Blog - 01.png