Saat berada di jalan, Anda pasti sering menjumpai banyak papan iklan reklame yang ditempatkan pada sudut-sudut tertentu. Umumnya, papan iklan ini lebih sering Anda temukan di titik yang ramai ataupun di tepian jalan perkotaan.

Namun ternyata, papan reklame yang sering Anda jumpai tersebut merupakan salah satu contoh dari praktek iklan OOH. OOH adalah singkatan dari Out-Of-Home Advertising yang artinya iklan di luar rumah atau ruang.

Jenis iklan ini sering dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk promosi, meski brand juga masif beriklan secara online melalui media sosial. Dari presentasi World Out-of-Home (OOH) Conference 58% konsumen yang melihat iklan OOH lebih mengatakan bahwa mereka lebih percaya iklan di luar ruang dibanding platform lain.

Hal ini menandakan banyak jenis OOH advertising terbilang masih sangat efektif dalam menarik konsumen untuk bertransaksi. Nah, karena berdampak untuk bisnis, Anda penasaran dengan iklan luar ruangan tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Baca juga: Popularitas OOH Semakin Melejit di 2023

Apa Itu OOH Advertising?

promosi produk di OOH.jpg

Source: Freepik - Pengertian OOH advertising iklan.

Iklan luar ruang atau lebih dikenal dengan istilah OOH advertising adalah media iklan yang menargetkan orang-orang yang berada di luar rumah. Umumnya, OOH media lebih banyak ditemukan di area ramai, seperti halte, pinggiran jalan raya, bandara, area transit, stadion, bioskop, dan area-area publik lainnya.

Sampai saat ini, banyak perusahaan yang masih menganggarkan budget marketing-nya untuk tetap beriklan menggunakan Out of Home Advertising. Mengapa? Alasannya sederhana.

Jenis promosi produk tersebut dinilai lebih mampu menyampaikan penawaran Anda secara mendalam kepada khalayak umum. Selain itu, kini OOH juga dapat membantu Anda mengembangkan kreativitas, sehingga brand dapat mengkreasikan iklannya sesuai kebutuhan kampanye iklan mereka.

Manfaat OOH Advertising

Selain efektif dalam menyampaikan pesan promosi, media OOH juga memiliki beberapa kelebihan lain yang dapat menguntungkan bisnis. Berikut ialah kelebihan iklan OOH yang wajib Anda ketahui, di antaranya sebagai berikut.

  • Meningkatkan visibilitas promosi dan brand awareness.
  • Dapat ditayangkan di berbagai lokasi strategis.
  • Mendukung kreativitas pengiklan dengan ukurannya yang besar dan visual yang atraktif.
  • Dapat menargetkan audiens tertentu dan menghasilkan interaksi langsung dengan pelanggan.
  • Bisnis akan mendapatkan insight baru dari interaksi pelanggan tersebut.

Untuk memahami lebih dalam mengenai keuntungan beriklan di OOH, StickFriends dapat membaca artikel Alasan Brand Perlu Memanfaatkan Digital OOH sebagai Media Beriklan ini.

Tren Iklan OOH dan Hal Terpenting dalam Beriklan

Setelah mengetahui apa itu OOH advertising, kini saatnya Anda memahami fakta periklanan secara lebih luas. Saat ini, penggunaan iklan OOH memang jadi andalan perusahaan untuk membuat campaign marketing yang menarik bagi bisnis mereka.

Semenjak masuknya transformasi digital, pihak pengiklan sudah mulai beralih ke mode iklan digital demi bisa menjangkau masyarakat luas. Meski begitu, pemanfaatan iklan luar rumah tetap eksis sampai sekarang hingga dapat Anda gunakan untuk mengombinasikan OOH dan DOOH sebagai kampanye omnichannel.

Berkat transpormasi itu, Anda bisa beriklan di luar ruang, kemudian melakukan retargeting audience OOH ke dalam ekosistem digital. Di StickEarn, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan Offline-to-Online Advertising atau O2O.

Terkait pemasaran O2O, dapat Anda simak melalui artikel "Mengenal O2O Channel, Media Promosi Produk Paling Masif". Dalam artikel tersebut, StickEarn telah menjelaskan tentang apa itu O2O dan bagaimana cara kerjanya.

Berdasarkan adanya tren periklanan saat ini, Anda juga perlu memahami beberapa fakta seputar dunia pemasaran yakni:

  • Pemasaran konten (content marketing) akan tetap menjadi cara promosi paling efektif.
  • Data analitik dan metrik sangat penting dalam mengukur efektivitas iklan dan upaya pembetulan anggaran.
  • Keberagaman dan kesetaraan menjadi sorotan menarik dalam pemasaran.
  • Aspek lingkungan juga efektif dalam mempengaruhi pikiran dan tindakan konsumen terhadap suatu brand.
  • Pahami dan prediksi perilaku konsumen untuk menghasilkan strategi pemasaran yang baik.

Baca juga: OOH di Masa Depan Seperti Apa?

Contoh Out of Home Advertising

Sebelumnya, Anda sudah mulai mengetahui bahwa OOH adalah iklan visual yang berada di area publik. Tujuan dari jenis iklan ini memang khusus untuk menargetkan masyarakat umum yang sedang melakukan suatu aktivitas di luar rumah.

Contoh advertising yang tergolong sebagai iklan OOH adalah papan iklan publik seperti ooh billboard, banner, display, sampai dengan [stiker yang terpasang di bodi kendaraan umum. Berikut adalah jenis-jenis iklan luar rumah yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan untuk mempromosikan brand atau produk bisnis tentu, yakni:

1. Billboard

billboard iklan OOH Oriflame.JPG

Source: Doc. StickEarn - Contoh OOH advertising pada billboard.

Salah satu jenis iklan luar rumah yang paling sering Anda jumpai adalah billboard. Pada dasarnya, billboard merupakan jenis iklan cetak berskala besar. Tujuannya ,tak jauh berbeda dari media iklan pada umumnya, yakni untuk memasarkan produk, brand, profil perusahaan atau bisnis, hingga kampanye tertentu.

Sejak lama, papan iklan ini memang sudah jadi andalan banyak perusahaan bahkan sampai detik ini. Saat ini, billboard tidak lagi sebatas model iklan cetak biasa dan sudah banyak yang tersedia dalam bentuk digitalnya.

Sesuai dengan fungsi asalnya sebagai jenis iklan OOH, iklan di billboard biasanya terpampang di area-area ramai, seperti jalan raya, samping jalan tol, dan lokasi publik lainnya. Jika suatu saat Anda ingin memasang iklan billboard, pilih area jalan yang sering mengalami kemacetan atau di dekat lampu lalu lintas. Biasanya, semakin ramai lokasinya, maka semakin tinggi pula harga penempatannya.

2. Point-of-Sale Display

media iklan di swalayan.jpg

Source: Freepik - Contoh OOH advertising indoor.

Contoh OOH ads berikutnya adalah point-of-sale display atau POS. POS merupakan jenis iklan luar rumah versi indoor yang sering bisa Anda jumpai di dekat kasir.

Area kasir menjadi salah satu tempat yang efektif untuk memasang iklan. Di area tersebut, orang-orang yang antri cenderung mengamati area-area di sekitarnya sampai mendapat giliran pelayanan kasir.

Itulah mengapa, wilayah kasir selalu ada iklan-iklan produk untuk memanfaatkan perhatian pembeli yang sedang mengantri. Dengan adanya POS, orang-orang akan termotivasi untuk membaca iklan sampai tuntas untuk mengenali jenis produk dalam iklan tersebut.

Selain itu, jenis iklan POS juga mampu menggerakkan hasrat beli seseorang, sehingga membuat mereka terhasut untuk memasukkan produk iklan tersebut ke dalam keranjang atau troli belanjanya.

Baca juga: Kenali Perbedaan B2B dan B2C dalam Marketing!

3. Iklan pada Sarana Publik

iklan di transportasi umum.jpg

Source: Freepik - Contoh OOH advertising pada ruang transit.

Sarana publik seperti taman, halte, dan tempat publik lainnya juga menjadi tempat yang ideal untuk memasang iklan OOH. Sekilas, iklan pada sarana publik memang sedikit memiliki kesamaan dengan jenis iklan billboard.

Faktor yang membedakan kedua jenis iklan terletak pada cara pengaplikasiannya dan letak posisinya. Jika iklan billboard merupakan papan iklan yang ada di area publik, maka jenis iklan ini lebih merujuk pada bentuk sarana publik itu sendiri.

Umumnya, orang-orang hanya akan melewati iklan billboard dan memperhatikannya secara sekilas. Untuk jenis OOH campaign ini, masyarakat umum benar-benar menggunakan sarana tersebut berdasarkan kepentingan tertentu. Contohnya, orang yang sedang duduk di halte bus akan lebih mungkin untuk memperhatikan setiap detail iklan yang terpampang di sana.

4. Iklan pada Kendaraan Umum

iklan ooh di transportasi umum publik.JPG

Source: Doc. StickEarn - Contoh OOH advertising di kendaraan umum.

Tak banyak yang menyadari bahwa OOH brand juga bisa Anda temukan di kendaraan umum. Contoh OOH yang satu ini disebut sebagai iklan di kendaraan.

Umumnya, jenis iklan tersebut terpasang dalam bentuk stiker atraktif pada seluruh bagian kendaraan atau bagian kaca belakang. Beberapa contoh kendaraan umum yang menjadi media pemasangan iklan luar rumah adalah taksi, elf, bus, KRL, MRT, dan sebagainya.

Daripada jenis sebelumnya, jenis OOH advertising yang tampil di kendaraan terbilang lebih efektif karena dapat menjangkau orang yang menetap atau sedang menunggu. Lalu, juga dapat dijangkau oleh orang yang lewat dan orang-orang yang dilalui oleh kendaraan umum.

Selain itu, jenis iklan tersebut juga bisa mencuri perhatian pengendara lain. Misalnya, audiens yang sedang terjebak macet atau sekedar menanti hijaunya lampu lalu lintas.

Ingin Pasang Iklan OOH?

Setelah mempelajari apa itu iklan luar ruang, Anda pasti sudah memahami bahwa pemasaran ini memiliki banyak media penempatan yang efektif untuk menyasar audiens luas. Adapun penempatannya, di antaranya ialah di transportasi, billboard digital, LED display, hingga iklan transit.

StickFriends dapat memilih salah satu _creative OOH advertising di atas sesuai dengan target audiens yang ingin dituju. Setiap media iklan tersebut memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing.

Nah, jika Anda sudah yakin ingin beriklan di media ini, Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan OOH di Jakarta seperti StickEarn. StickEarn memberikan layanan pemasangan iklan luar ruang yang efektif untuk mempromosikan bisnis Anda.

Jika tertarik untuk beriklan, Anda dapat menghubungi StickEarn. Klik banner di bawah ini untuk langsung bekerjasama atau pelajari produk-produk OOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png