Berkembangnya bidang advertising kini ditandai dengan banyaknya media iklan yang digunakan oleh brand. Salah satu iklan yang dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan campaign marketing ialah transportasi sehari-hari, yang saat ini menjadi media iklan transit.

Media iklan luar ruang itu tergolong efektif dalam mempromosikan bisnis. Hal itu karena periklanan transit tidak diam pada satu tempat saja, tetapi bergerak menuju tempat-tempat strategis, sehingga terlihat oleh konsumen potensial.

Dengan begitu, terjadi peningkatan brand awareness terhadap bisnis Anda di jalankan. Tidak sampai di situ saja, masih ada kelebihan lain yang membuat iklan outdoor tersebut menjadi pilihan dalam memasarkan produk.

Apa sajakah kelebihan iklan transit bergerak bisa Anda simak di artikel ini. Pada pembahasan berikut StickEarn akan menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan iklan transit dan manfaatnya bagi pemasaran.

Baca juga: Ragam Ide Iklan Outdoor Media yang Kreatif & Unik

Pengertian Iklan Transit

apa saja yang dimaksud iklan di kendaraan.jpg

Source: Doc.StickEarn - Macam-macam Iklan Transport di Indonesia.

Iklan transit atau transit advertising adalah iklan yang ditempatkan secara strategis di kendaraan maupun tempat pemberhentian kendaraan. Contoh iklan transit bisa Anda jumpai pada iklan di badan bus, kereta api, pesawat, dan angkot maupun di stasiun, terminal, serta bandara.

Bentuknya pun dibuat sedemikian rupa agar bisa menarik perhatian banyak orang. Anda bisa beriklan pada iklan transit melalui wrapping sticker yang menutupi sebagian hingga keseluruhan badan kendaraan maupun banner di tempat pemberhentian.

Dari keberagaman placement yang ditawarkan, hal ini menandakan bahwa banyak opsi yang bisa Anda pilih sesuai dengan brand dan pesan marketing Anda. Jadi, iklan Anda bisa tampil di mana saja.

Sebabnya, iklan outdoor tersebut dinilai sebagai media iklan yang efektif dalam menjangkau para komuter atau pejalan kaki. Selain itu, sifatnya tidak dapat diabaikan begitu saja saat oleh para pengguna jalan.

Transit advertising juga mampu memanfaatkan peluang untuk mengkomunikasikan pesan suatu brand di waktu yang tepat. Seperti saat berada di dalam kendaraan, fokus seseorang biasanya tertuju pada lingkungan sekitar mereka, sehingga pesan iklan akan tersampaikan pada audiens.

Menurut internal riset StickEarn terhadap salah satu campaign brand minuman bersoda, 94% penumpang aware terhadap pesan yang disampaikan pada iklan transit yang dilihatnya. Data ini membuktikan bahwa visibilitas iklan transit cukup tinggi, hingga mampu mengkomunikasikan pesan kepada para penumpang.

Kelebihan Iklan Transit untuk Pemasaran

Transit Advertising hingga kini masih menjadi media iklan yang sering digunakan oleh berbagai perusahaan. Dengan pilihan yang beragam dan exposure yang optimal, iklan transportasi menjadi salah satu bentuk iklan yang dinamis, adaptif, dan efektif untuk mempromosikan bisnis.

Dengan memanfaatkan rutinitas penumpang dan masyarakat sekitar, iklan kendaraan memiliki kelebihan tersendiri yang mampu menarik perhatian orang. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Jangkauan yang Luas

Kelebihan iklan transit yang paling penting adalah jangkauannya yang luas dan beragam. Setiap hari, ratusan ribu orang melakukan mobilisasi menggunakan transportasi umum untuk berangkat kerja, sekolah, atau melakukan aktivitas lainnya.

Dengan iklan transportasi umum, Anda dapat menjangkau orang-orang dari segala usia dan tingkat pendapatan. Selain penumpang kendaraan tersebut, masih ada para pejalan kaki dan pengemudi yang bisa melihat iklan di badan kendaraan seperti bus.

Badan bus yang lebar dan rute perjalanan yang menjangkau lokasi-lokasi strategis ini membuat iklan tersebut dapat terlihat oleh setiap orang yang dilewatinya. Ditambah lagi, ketika Anda beriklan di transportasi ini, Anda bisa pasang iklan di bus Transjakarta dan DAMRI.

2. Eksposur yang Konsisten

Secara umum, iklan luar ruang memiliki kelebihan yang menguntungkan bagi para marketers karena menggunakan media offline sebagai wadah promosinya. Hal ini memungkinkan iklan Anda untuk ditampilkan di hadapan publik tanpa ada filter yang membatasi iklan Anda dengan audiens.

Jadi dapat dipastikan, bahwa iklan Anda terlihat oleh mereka. Misalnya saja saat sedang bepergian, seseorang melihat iklan di badan mobil.

Iklan Anda dapat langsung terlihat dan diidentifikasi oleh orang tersebut. Dengan begitu, tidak ada penghalang yang dapat mencegah mereka untuk melihat iklan di mobil tersebut.

3. Dampak yang Tinggi

IMG_0041.JPG

Source: Doc.StickEarn - Iklan Transit Kereta CommuterLine.

Iklan transit biasanya dibuat dengan ukuran yang besar, warna yang kontras, dan desain yang menarik perhatian. Ditambah pula dengan pesan bahasa iklan yang akan memberikan dampak yang kuat terhadap audiens.

Di dalam kendaraan, audiens akan mulai mengenali dan mempertimbangkan produk Anda. Maka, pastikan keseluruhan komponen iklan dapat memunculkan rasa penasaran di benak mereka. Anda dapat memanfaatkan berbagai space iklan di kereta untuk menunjang promosi tersebut.

4. Penargetan Geografis

Iklan transportasi memungkinkan Anda untuk menargetkan suatu lingkungan, rute, atau zona tertentu. Misalnya saat kampanye konser HITC, iklan kendaraan dengan teknologi LED dipilih untuk melewati rute jalanan teramai di daerah Jakarta.

Rute ini dipilih untuk mempromosikan konser kepada masyarakat lokal. Dengan teknologi MobileLED yang menonjol, masyarakat tentu akan tertarik untuk melihat isi iklan dan berinteraksi dengan truk tersebut .

Tonton juga: "Clo" HITC berkeliling kota Jakarta bersama MobileLED

5. Harga Terjangkau

pasang iklan di motor grab gojek.jpg

Source: Doc.StickEarn - Iklan Kendaraan Motorbike Advertising.

Tidak hanya menguntungkan secara performa, iklan transit juga menawarkan efektivitas biaya sewa yang cukup baik. Bisnis Anda dapat memperoleh eksposur yang luas tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Anda bisa menyesuaikan budget pasang iklan transit dengan menyewa papan iklan di motor. Motorbike Advertising ini dikenal dengan jangkauan yang luas dan harga yang masih terjangkau.

Mau Pasang Iklan Transit di Kendaraan?

Itulah penjelasan mengenai apa itu iklan transit dan keuntungannya bagi para pengiklan. Dengan menggunakan media iklan transit, promosi brand akan semakin menguntungkan karena banyak kelebihan yang ditawarkan.

Salah satunya ialah karena iklan transit memiliki jangkauan yang luas. Iklan ini terus bergerak membawa iklan Anda ke tempat-tempat strategi, sehingga efektif dalam mendukung strategi brand awareness.

Jika Anda ingin pasang iklan transit, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn untuk mewujudkan kampanye promosi berjalan ini. Kami menyediakan berbagai pilihan kendaraan seperti motor, mobil, bus, kereta, hingga MobileLED, yang siap membawa iklan Anda ke berbagai penjuru.

Spesial di bulan ini, ada Promo Ramadhan Hemat 50% untuk promosi di iklan transit luar ruang, seperti di Motorbike Advertising, Car Advertising, dan MobileLED Advertsing. Jadi, tunggu apa lagi, klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

Promo-ramadan-hemat-untuk-beriklan-stickearn.png