Beriklan di kendaraan transit seperti taksi, bus, maupun kereta api begitu potensial karena mampu memberikan hasil yang positif. Berbagai brand, tak hanya perusahaan makanan dan minuman, juga menggunakan jenis iklan luar ruang ini untuk mempromosikan bisnis mereka.

Salah satu media luar ruang yang menjadi primadona dalam strategi offline marketing ialah bus. Pasang iklan di bus kini banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan.

Apalagi, tidak sedikit perusahaan transportasi itu yang menawarkan penempatan iklan di armada bus mereka. Transjakarta, sebagai moda transportasi dengan jumlah penumpang 900ribu per hari, juga dapat Anda manfaatkan sebagai sarana periklanan outdoor yang menjanjikan.

Karena beriklan di OOH melalui kendaraan sudah menjadi tren, Anda wajib mengetahui selak-beluk beriklan di bus, mulai dari keuntungan hingga bagaimana cara pasang iklan di bus penumpang. Dengan mengetahuinya, Anda pun dapat mencapai objektif marketing di perusahaan secara efektif.

Baca juga: Popularitas OOH Semakin Melejit di 2023

Apa Itu Iklan di Bus?

pasang iklan di bus penumpang.jpg

Source: Freepik - Iklan di bus adalah sarana promosi yang memanfaatkan bus, halte, dan terminal, untuk beriklan.

Pada dasarnya, iklan di bus adalah aktivitas pemasangan atau penempatan iklan yang memanfaatkan bus sebagai sarana promosi. Iklan akan dimuat di beberapa sudut komersial bus yang sudah ditetapkan sebagai lokasi iklan.

Contoh iklan kreatif melalui media ini dapat Anda temukan di badan bus (full wrapping branding). Sebagian brand memanfaatkan badan bus untuk menampilkan iklan mereka agar lebih terlihat.

Dengan menyulap desain badan bus menjadi poster iklan, iklan perusahaan akan lebih mendapatkan perhatian. Iklan akan dilihat dan diperhatikan oleh audiens, baik itu penumpang maupun para pengguna jalan.

Selain di badan bus, Anda juga dapat menyewa iklan di kendaraan umum ini pada lokasi-lokasi menarik untuk meningkatkan kesadaran merek. Contohnya ialah diback window branding, back body, kursi penumpang, maupun halte bus. Anda dapat menyulapnya dengan promosi iklan Anda.

Manfaat Pasang Iklan di Bus

Beriklan di kendaraan transit.jpg

Source: Freepik - Tahapan pasang iklan di bus.

Beriklan di bus memberikan berbagai manfaat untuk perusahaan. Sebab, jenis iklan OOH yang satu itu dapat Anda gunakan untuk branding perusahaan maupun produknya.

Lebih menguntungkannya lagi, pasang iklan di bus juga sangat efektif karena mampu memberikan keuntungan seperti di bawah ini. Berikut ulasannya!

  • Meningkatkan visibilitas: Sama seperti saat Anda beriklan di kereta commuterline, beriklan menggunakan moda transportasi ini juga dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas promosi. Iklan Anda lebih dilihat oleh khalayak, apalagi jika Anda memuat iklan di badan bus, sudah pasti iklan akan menjadi sorotan.

  • Meningkatkan brand awareness: Iklan yang visibilitasnya tinggi juga mampu mendorong awareness brand, produk yang dipromosikan, maupun pesan marketing yang perusahaan sampaikan. Sebab, bus berukuran besar dan beroperasi setiap saat, sehingga berpotensi untuk menyadarkan audiens mengenai iklan Anda.

  • Tidak Mudah Dilewati: Manfaat sewa iklan di bus Transjakarta, Damri, ataupun lainnya memberikan jaminan bahwa iklan Anda tidak akan di-skip atau lewati begitu saja. Iklan pasti akan dilihat dan diperhatikan oleh khalayak.

  • Menjangkau Berbagai Audiens: Seperti yang Anda tahu kalau bus sudah menjadi sarana transportasi umum yang banyak digunakan. Setiap harinya, berbagai penumpang, dari demografi dan profesi yang berbeda, memanfaatkan bus untuk mencapai lokasi tertentu. Oleh karena itu, iklan yang Anda buat pasti dilihat oleh semua kalangan, sehingga pasang iklan di bus cocok dilakukan untuk perusahaan yang market-nya luas atau ingin menyasar semua kalangan.

Baca juga: Mengenal Iklan di Kendaraan yang Efektif untuk Promosi!

Contoh iklan di bus yang unik dan bertujuan untuk menjangkau semua kalangan ialah promosi produknya Shopee. Shopee secara khusus membuat iklan komersial di bus untuk menyasar berbagai kalangan.

Selain itu, Gojek juga pernah membuat iklan di bus guna mempromosikan produk terbarunya. Iklan yang Gojek buat ditampilkan secara khusus di seluruh badan bus menggunakan layanan full wrapping.

Jika bicara mengenai manfaat iklan di bus, Anda bisa simak keuntungan lainnya melalui artikel "Iklan Eye-Catching di Badan Bus Memberikan Banyak Keuntungan" yang pernah StickEarn buat. Di sana, StickEarn telah menjabarkan secara lengkap mengenai berbagai manfaat beriklan di media yang satu ini.

Cara Pasang Iklan di Bus

pasang iklan di bus StickEarn.png

Source: Doc. StickEarn - Iklan di bus menggunakan jasa StickEarn.

Bagaimana cara pasang iklan di bus Zhongtong Transjakarta memang sering ditanyakan oleh berbagai perusahaan. Media tersebut dapat mendukung aktivitas marketing brand, terlebih jika melihat dari manfaat yang diberikan.

Namun begitu, sebenarnya pemasangan iklan di terminal bus atau di badan bus tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan rencana pemasaran iklan di bus dengan lebih cermat.

Misalnya, siapkan produk atau kampanye yang ingin dipromosikan. Lalu, buat desain iklan OOH yang menarik dan sesuaikan dengan media periklanan yang Anda inginkan.

Setelah itu, lakukan riset terhadap armada bus yang akan digunakan. Tentukan bus mana yang ingin Anda pakai untuk promosi; apakah bus Transjakarta, DAMRI, dan lain-lain.

Jika sudah tahu, misalnya Anda memilih Transjakarta, pilih rute bus Transjakarta yang tersebut terlebih dahulu. Setelah itu, cari tahu traffic dan demografi melalui riset internal atau langsung konsultasikan kepada perusahaan OOH Jakarta yang menyediakan layanan pasang iklan di bus.

Agar lebih memudahkan pekerjaan, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn untuk pasang iklan di bus. Cukup siapkan materi iklan saja, StickEarn pun akan memberikan insights mengenai placement iklan di bus dan pemasangannya.

Setelah itu, StickEarn juga akan melaporkan hasil iklan tersebut usai kampanye berakhir. Adapun laporannya ialah berupa traffic dan feedback dari audiens terhadap iklan yang perusahaan buat.

Pasang Iklan di Bus Sekarang!

Pasang iklan di bus sangat menguntungkan dan mudah, bukan? Ikan yang Anda buat dan tampilkan dapat memberikan feedback positif terhadap performa bisnis.

Oleh karena itu, tunggu apalagi. Segera buat iklan Anda di bus dan tingkatkan visibilitas promosi kepada audiens yang ada di jalan. Silakan klik banner di bawah untuk langsung beriklan bersama StickEarn atau pelajari iklan OOH dan DOOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png