Cara memperkenalkan dan mempromosikan suatu produk saat ini tak hanya melalui online advertising saja. Natalia Rojas (Head of Account Management Broadsign) dalam Annual Congress WOOH Lisbon (7-9 Juni 2023) lalu menjelaskan bahwa OOH kini telah menjadi pilihan untuk beriklan bagi setiap perusahaan.

Salah satu media yang dipilih perusahaan tersebut ialah iklan eye-catching di badan bus. Dengan memanfaatkan iklan di kendaraan umum, brand bisa menyampaikan pesan pemasaran dengan lebih masif.

Sebab, tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi masyarakat, bus juga memberikan ruang bagi brand manager maupun marketers untuk menampilkan iklan kreatif mereka dengan ukuran besar, yang akan menarik perhatian calon pelanggan, khususnya pelanggan yang ada di jalan.

Ditambah lagi, jenis ikan transit (transit advertising) ini menyumbang 15,0% pendapatan perusahaan OOH karena dapat membantu brand meningkatkan revenue. Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui manfaat beriklan dengan eye-catching di bus pariwisata maupun moda transportasi umum lainnya melalui artikel di bawah.

Baca juga artikel menarik lainnya mengenai iklan luar ruang:

Manfaat Iklan di Bus yang Eye-Catching

Artikel SE - Iklan Eye-Catching di Badan Bus-02.png

Source: Doc. StickEarn - Keuntungan promosi bisnis di bus untuk menampilkan iklan eye-catching .

Pemasangan iklan di bus memang memanfaatkan badan bus yang besar dan space lainnya di dalam bus. Iklan Anda tidak hanya dilihat oleh penumpang bus, tetapi juga oleh para pengguna jalan.

Lantas, apa saja keuntungan yang didapat marketers dan advertisers saat memutuskan pasang iklan di bus, seperti Transjakarta, DAMRI, dan lain-lain?

  • Tampak nyata dan tak terabaikan. Sewa space iklan di bus memungkinkan iklan Anda untuk perhatikan oleh banyak orang. Audiens yang melihatnya tidak akan mengabaikan iklan tersebut sedikit pun.

  • Menyasar audiens yang tepat. Beriklan di kendaraan umum, seperti bus memudahkan Anda dalam menargetkan iklan kepada audiens yang tepat. Bus berjalan pada rute dan lokasi tertentu, sehingga iklan Anda dapat dilihat oleh audiens yang diinginkan.

  • Menghasilkan eksposur tinggi. Bus Advertising StickEarn bekerjasama dengan mitra bus yang beroperasi 18 jam sehari, sehingga setiap campaign marketing yang Anda jalankan mampu menghasilkan eksposure yang tinggi.

Namun, efektivitas iklan di badan bus yang Anda dapatkan seperti di atas bergantung pada materi iklan yang dibuat, StickFriends. Konten dan desain yang ada dalam iklan akan bersinergi menjadi pendorong keberasilan.

Kalimat dalam iklan di bus harus dapat terbaca dengan jelas, bersifat unik agar menarik perhatian, dan mempunyai urgensitas yang tinggi. Sementara itu, untuk desain akan lebih baik jika menggunakan warna-warna kontras dan font huruf dibuat lebih besar dan simpel.

Baca juga: 10+ Formula Copywriting Iklan yang Dapat Meningkatkan Penjualan

Tips Iklan Eye-Catching & Kreatif di Bus Advertising

Artikel SE - Iklan Eye-Catching di Badan Bus-03.png

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan eye-catching di transportasi umum.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir dalam membuat content marketing yang menarik untuk beriklan di media outdoor ini. Pasalnya, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat iklan yang unik di badan maupun di dalam bus.

1. Gunakan Tagline yang Unik

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian calon pelanggan adalah dengan membuat tagline unik pada iklan di bus. Kesan yang muncul saat membaca tagline haruslah: singkat, lugas, dan berkesan.

Setelah itu, buatlah kalimat lanjutan yang to the point. Dengan kalimat yang lugas tersebut, maka iklan Anda lebih dilihat karena enak dibaca.

2. Desain Menarik

Pemilihan desain, efek, dan warna yang tepat perlu diperhitungkan demi mewujudkan iklan di bus penumpang yang stand-out. Pemasang iklan juga dapat mengombinasikan font yang sesuai kebutuhan iklan.

Penempatan desain, gambar, serta tulisan perlu diatur agar tidak bertabrakan. Logo dari brand harus dipastikan dapat dikenali dengan baik.

Desain logo yang kurang jelas akan mengurangi minat calon konsumen untuk melihat iklan tersebut. Hal itu akan menurunkan impression iklan.

3. Penempatan yang Sesuai

Pengiklan perlu memilih tempat yang tepat di area bus agar iklan yang dipasang terbaca dengan baik oleh banyak orang. Misal, di bagian luar badan bus atau dekat jendela.

Anda juga dapat memanfaatkan bagian jendela belakang bus demi menarik perhatian pengendara yang mungkin saja berhenti tepat di belakang bus. Posisi iklan ditempel menjadi sangat penting bagi investasi beriklan.

Tertarik Beriklan dengan Eye-Catching di Bus?

Membuat iklan Eye-catching untuk promosi bisnis sangat penting dilakukan. Iklan yang dibuat unik atau menarik mampu menggugah minat para penglihatnya.

Ketika audiens melihat iklan Anda, mereka tak hanya terhipnotis untuk menyimak iklan. Namun, audiens juga bisa saja tergerak untuk membeli produk yang Anda tawarkan, StickFriends.

Nah, karena iklan di bus mempunyai peranan yang sangat penting, Anda wajib memanfaatkannya sebagai sarana promosi bisnis. Namun, jika saat ini Anda belum berencana beriklan di kendaraan itu, Anda bisa menggunakan media iklan outdoor lainnya, seperti Car Advertising untuk promosi.

Pada bulan ini, StickEarn mengadakan program "Promo Best Price Guarantee" untuk beriklan di Car Advertising, Motobike Advertising, MobileLED Advertising, dan Vending Machine Advertising yang lebih hemat.

Jika tertarik, langsung saja klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png