Membuat iklan yang menarik sudah menjadi keharusan bagi setiap brand. Pasalnya, melalui iklan yang dibuat, brand bisa mencuri perhatian dan menyadarkan konsumen akan produk yang ditawarkan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui contoh iklan kreatif dalam mempromosikan produk kepada khalayak. Adapun yang harus Anda perhatikan di antaranya contoh konsep iklan dan media yang digunakan agar Anda bisa membuat iklan yang lebih efektif.

Jenis iklan kreatif yang bisa menjadi contoh ialah iklan non komersial fans Zhang Hao. Dalam memeriahkan acara Golden Disc Awards (GDA) di JIS, fans Hao Indonesia berkolaborasi dengan StickEarn untuk membuat poster wajah artis tersebut di MobileLED Advertising dan Adsman.

Tidak hanya kampanye kreatif Adsman, sebetulnya ada beberapa contoh iklan menarik lain yang bisa menjadi inspirasi. Jika Anda ingin mengetahuinya apa saja contoh iklan kreatif, silakan simak artikel ini sampai habis, ya!

Baca juga: Content Marketing: Jenis, Tujuan, Manfaat Untuk Bisnis, & Cara Membuat

Apa yang Dimaksud Iklan Kreatif?

apakah iklan kreatif itu.jpg

Source: Freepik - Memahami konsep iklan kreatif untuk membuat kampanye pemasaran.

Namun, sebelum kami membahas pengertian iklan kreatif dan unik tersebut, Anda perlu mengetahui apa itu iklan kreatif lebih dahulu. Sederhananya, iklan kreatif adalah materi atau konten iklan yang dibuat secara matang agar dapat menarik perhatian banyak orang.

Sebab, iklan dengan materi yang biasa saja, terkadang tidak mampu mendorong aktivitas marketing yang perusahaan inginkan. Misalnya, iklan tidak dilirik, disimak, atau bahkan menarik transaksi.

Wordstream menjelaskan bahwa iklan yang inovatif seperti sihir. Iklan tersebut dapat mengalihkan pandangan seseorang dan menjadikannya kenangan manis yang akan diingat sepanjang masa.

Contoh Ide Iklan Kreatif

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa saat ini ada banyak contoh iklan kreatif dan penjelasannya yang bisa Anda simak. Namun, StickEarn menyeleksinya dengan seksama agar Anda lebih fokus memilih yang sesuai untuk brand.

Kami membagi pemaparan contoh iklan itu berdasarkan media promosi, mulai dari contoh iklan online kreatif online dan iklan luar ruangan unik yang bisa Anda simak.

1. Adsman Iklan

adsman zhang hao korea.jpeg

Source: Dok. StickEarn - Campaign iklan dengan konsep Adsman yang membawa wajah Zhang Hao untuk menyemarakkan ajang DGA 2024 di JIS.

Adsman menjadi salah satu sarana iklan OOH (Out-of-Home) efektif untuk digunakan. Keefektifan Adsman dapat Anda lihat melalui sosok pembawa iklan dan banner yang dibawanya iring-iringan di jalan.

Pada dasarnya, Adsman adalah seseorang yang ditugaskan untuk menampilkan iklan di suatu lokasi dengan membawa poster promosi, entah di tangan ataupun di punggung. Mirip seorang SPG yang membagikan brosur promosi di satu titik lokasi kepada target konsumen.

Bedanya, Adsman StickEarn tidak menawarkan produk. Namun, menampilkan dan menginformasikan materi promosi brand kepada banyak orang.

Nah, saat acara Golden Disc Awards (GDA) di JIS beberapa hari lalu, fans Zhang Hao menggunakan layanan Adsman iklan StickEarn dan MobileLED Advertising. Media Out-of-Home dimanfaatkan untuk memeriahkan kedatangan sang idola dalam event bergengsi itu.

Lalu, tidak hanya untuk memeriahkan, contoh iklan OOH yang satu ini juga dipilih karena mampu mendukung kreativitas dan menarik perhatian banyak orang. Adsman dan Mobile Display Truck merupakan sarana iklan luar ruang griya yang unik.

Melalui keunikan inilah kampanye fans Zhang Hao di Indonesia bersama StickEarn pun viral di sosial media, terutama di Twitter. Bahkan, beberapa media besar yang meliput acara GDA juga turut memerhatikan kampanye kreatif fans ZEROBASEONE. Media menyoroti aksi unik fans Hao tersebut.

2. Iklan Sirup Marjan

iklan kreatif sirup marjan.JPG Source: YouTube Hazelnut x Matcha - Tangkapan layar contoh unik dan paling ditunggu di TV.

Persaingan iklan yang kompetitif terjadi di berbagai industri bisnis, tak terkecuali pada brand minuman seperti Marjan. Meskipun hadir secara masif pada momen tertentu, yaitu saat Ramadan saja, tetapi materi promosi Marjan selalu totalitas.

Tim marketing communication dan branding mereka, jika kami selidiki, selalu membuat iklan yang menarik perhatian publik. Beberapa materi promosi Marjan juga ada yang sampai menjadi pusat perhatian dalam beberapa pekan.

Contoh iklan kreatif dan menarik dari Marjan dapat Anda lihat pada campaign Ramadan 2023 mereka. Produsen sirup itu mengeluarkan format iklan terbaru yang lebih inovatif dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Marjan mengemas iklannya menggunakan teknologi CGI, sehingga tampil seperti video film box office. Hasilnya, iklan yang mereka tayangkan di TV trending di media sosial.

3. Iklan Oreo

iklan kreatif biskuit oreo.png

Source: Nabisco/Kraft Indonesia - Contoh iklan yang kreatif dari produk makanan.

Masih ingat dengan kalimat iklan "Afiqah?", "Apa.", "Ada yang baru, nih." yang pernah viral di televisi? Itu merupakan salah satu iklan kreatif dari Oreo.

Pada tahun 2018, Oreo membuat iklan ini bersama dua anak kecil yang lucu di televisi. Salah satunya Afiqah.

Afiqah dan temannya yang begitu menggemaskan berhasil mencuri perhatian penonton. Iklan Oreo pun sontak dibahas oleh masyarakat. Bahkan, ada juga yang sampai menjadikan itu sebagai bahan bercandaan atau parodi.

Selain karena talenta yang dipilih, faktor keberhasilan iklan Oreo dipengaruhi oleh strategi marketing yang diterapkan oleh perusahaan mereka. Brand camilan tersebut paham bahwa untuk mengalihkan perhatian penonton televisi, mereka harus menghadirkan element of surprise pada iklannya.

Karena itu, alih-alih menyasar konsumen anak-anak, Oreo mampu menarik perhatian berbagai kalangan melalui formula copy iklan yang singkat, di awali pertanyaan, dan dapat mendorong rasa ingin tahu.

4. Iklan Sampo Head and Shoulders Indonesia

contoh gambar iklan kreatif.JPG

Source: YouTube Head and Shoulders - Tangkapan layar YouTube Head and Shoulders.

Campaign iklan #MoveOnBro dari Head and Shoulders sempat viral di jagat maya. Iklan sampo itu dibintang oleh Joe Taslim, aktor ternama Tanah Air.

Namun, iklan viral yang dikeluarkan oleh produk shampo ini bukan semata-mata karena dibintangi oleh Joe Taslim, tetapi karena konsepnya yang unik dan orisinal.

Head and Shoulders mengemas promosi mereka seolah-olah sedang syuting iklan. Talent diminta untuk mengulang-ulang nama brand karena kesalahan baca, lupa teks, hingga adanya gangguan lain di saat syuting.

Meskipun pengemasannya unik, tetapi pesan yang ingin disampaikan oleh Head and Shoulders tetap tersampaikan dengan baik. Dari sisi brand, saat memutuskan untuk mengeluarkan iklan ini, mungkin mereka menemukan bahwa brand identity perusahaan belum dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Hal itu bisa disebabkan oleh nama brand menggunakan bahasa Inggris, sehingga sulit diucapkan dan diingat. Makanya, Head and Shoulders pun ingin mengingatkan awareness dan identitas brand agar dikenal oleh konsumen Indonesia.

Hasilnya, ketika Anda menonton iklan tersebut, Anda pasti secara otomatis mengikuti Joe Taslim mengulang-ulang kalimat "Head and Shoulders". Selain itu, Anda juga akan tertawa karena tak sadar menikmati video iklan Head and Shoulders.

5 . Iklan Coca-Cola

iklan coca cola.jpg

Source: Life Style Indonesia - Contoh promosi produk Coca-Cola yang viral.

HubSpot menyebutkan bahwa terkadang brand besar kesulitan dalam membuat iklan untuk promosi bisnis mereka. Hal itu disebabkan oleh popularitas yang sudah disandangnya.

Namun, sekalinya mereka membuat gebrakan baru untuk beriklan, pasti iklan mereka meledak. Contohnya ialah iklan kreatif dari Coca-Cola.

Beberapa tahun lalu, jika Anda ingat, minuman soda ini pernah mempromosikan produk Coca-Cola yang memuat berbagai nama konsumennya. Coca-Cola mencetak nama-nama paling populer di negara bisnis mereka, kemudian menjualnya.

Bahkan, brand tersebut juga menyediakan layanan pemesanan identitas di botol Coca-Cola melalui website resmi, StickFriends. Karena menarik, banyak orang yang membeli dan memesannya.

Di Indonesia, aktivitas promosi Coca-Cola menjadi spotlight selama beberapa pekan. Banyak konsumen yang membeli minuman ini hanya sekadar menikmati keunikan campaign tersebut. Sungguh iklan yang cerdas, yang tentunya dapat memicu transaksi!

6. Iklan Sepatu Nike

iklan unik Nike di Jepang.JPG Source: YouTube Nike - Tangkapan video billboard Nike di Jepang yang viral.

Tak jauh berbeda dengan Coca-Cola, brand besar seperti Nike, jika membuat iklan, selalu totalitas. Nike tak hanya fokus pada promosi digital saja, tetapi Nike pun turut beriklan di media ruang ruang untuk menjangkau audiens yang lebih spesifik dan luas.

Iklan Nike yang dipasang billboard Jepang menggunakan konsep 3D. Nike menampilkan Nike Air Max yang dapat keluar dari layar billboard, sehingga iklan itu pun menarik perhatian khalayak yang berlalu-lalang. '

Visualnya yang menarik juga dapat menghipnotis audiens untuk berhenti, menikmati dengan seksama, dan mengambil gambar dari billboard tersebut.

Alhasil, iklan campaign yang berjudul Nike Japan’s Air Max Day 3D Billboard di YouTube mereka menjadi viral marketing karena disaksikan oleh ribuan pasang mata. Bahkan, menjadi bahan perbincangan masyarakat dunia karena viral di jagat maya.

Baca juga: Mengenal Viral Marketing sebagai Strategi Pemasaran Terbaik

Mengapa Iklan Dibuat Secara Kreatif?

Selain pendapat dari Wordstream, faktor lainnya yang menyebabkan suatu iklan dibuat kreatif oleh sebagian pengiklan ialah adanya kompetisi di industri ini.

Seperti yang sudah kami sebutkan dan mungkin juga Anda ketahui bahwa setiap harinya ada berbagai iklan yang dirilis oleh perusahaan. Iklan tersebut dikemas dengan gaya yang berbeda, yang sesuai pakem dari masing-masing marketers.

Karena banyak iklan yang dibuat, maka peluang iklan Anda dilihat oleh audiens semakin kecil. Anda pun pasti akan kesulitan untuk menarik perhatian mereka.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat iklan yang kreatif dan beda untuk mempromosikan bisnis Anda, StickFriends. Tak perlu bingung bagaimana cara membuat iklan yang kreatif itu.

Sebab, ada beberapa contoh iklan iklan menarik yang bisa Anda jadikan inspirasi. Bahkan, dapat menjadi tolak ukur dalam membuat poster iklan untuk promosi.

Sebagai tambahan, jika Anda ingin tahu lebih banyak mengenai insight-insights periklanan, Anda bisa simak artikel berikut ini:

Ingin Membuat Campaign dari Contoh Iklan Kreatif di Atas?

Contoh iklan kreatif saat ini memang ada banyak, mulai dari brand yang bergerak di bidang makanan atau minuman, pelayanan, maupun fashion. Karena ada banyak, Anda pun jadi mempunyai banyak referensi dalam membuat iklan yang out of the box.

Namun, dari contoh-contoh iklan unik di atas, kira-kira kampanye pemasaran mana yang menjadi pilihan Anda? Apapun yang Anda pilih, Anda bisa membuat iklan tersebut bersama StickEarn melalui OOH maupun DOOH Advertising.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah ini atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png