Mempromosikan produk melalui outdoor media kini makin gencar dilakukan oleh berbagai perusahaan. Harvard Business Review melaporkan bahwa iklan luar ruang kian populer di tahun 2023.

Anggaran beriklan di media tersebut tumbuh mencapai $40,6 miliar melebihi iklan di media cetak. Kepopuleran ini tentu memberikan tantangan bagi marketers yang ingin memanfaatkan media offline tersebut.

Riset Forbes mengatakan, jika brand ingin kampanye iklan OOH berjalan efektif, maka Anda harus menerapkan strategi Outdoor Advertising yang cerdas. Apalagi, di era sekarang ada banyak contoh iklan otdoor yang bisa menjadi inspirasi untuk brand dari berbagai industri, di antaranya:

  • beriklan menggunakan Transportasi Advertising,
  • iklan yang interaktif di DOOH,
  • iklan kontekstual,
  • iklan OOH pengguna generator,
  • menggabungkan iklan OOH & digital melalui Offfline-to-Online Advertising
  • dan lain sebagainya.

Agar Anda mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap mengenai contoh iklan kreatif yang StickEarn sebutkan di atas, silakan simak artikel ini sampai habis.

Baca juga: Deretan Strategi Offline Marketing yang Paling Efektif

Apa Saja Contoh Iklan Media Outdoor?

contoh iklan luar ruangan ialah transpotation advertising.jpg

Source: Pixabay - Iklan di kendaraan bisa Anda jumpai di badan mobil transportasi umum.

Sampai di sini Anda pasti bertanya mengenai bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika tertarik menggunakan contoh iklan luar ruang kreatif yang StickEarn sebutkan.

Wajar saja karena beragam ide brilian yang kami jabarkan itu perlu untuk dijelaskan lebih lanjut. Berikut ulasannya!

1. Beriklan menggunakan Transportation Advertising

Beriklan di kendaraan, seperti di mobil dan motor, kini banyak dilakukan oleh brand. Dengan memanfaatkan bodi belakang motor maupun mobil, brand mempromosikan produknya di kendaraan berjalan.

Namun, Anda tidak hanya bisa beriklan di transportasi pada bagian belakangnya saja. Anda dapat memanfaatkan media tersebut dengan mengkreasikan bagian dalam mobil atau jaket dan helm pengemudi motor sebagai sarana beriklan.

Selain itu, format iklannya pun beragam. Jika dahulu Anda hanya bisa memuat iklan dalam bentuk poster statis, kini Anda bisa pasang iklan di motor dengan menampilkan video iklan produk.

Dengan spot dan visual yang kian beragam, iklan akan terlihat lebih eye-catching. Audiens juga pasti langsung memerhatikan iklan yang Anda buat!

Contoh brand yang pernah beriklan menggunakan Transportation Advertising ialah Oxone. Brand tersebut memanfaatkan Motorbike Advertising StickEarn untuk konvoi iklan sekaligus menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Oxone Ramaikan Jalan di Hari Kemerdekaan

2. Iklan yang interaktif di DOOH

Iklan luar ruang juga sudah bertransformasi dengan digital. Lahirnya inovasi baru dalam media outdoor ini melalui DOOH atau Digital Out-of-Home Advertising.

Dengan menggabungkan layanan digital di dalamnya, Anda dapat membuat materi iklan yang lebih menarik. Format visualnya juga beragam, mulai dari foto, video, audio, hingga motion video.

Tidak hanya itu saja, sebagai pengiklan, Anda dapat membuat iklan yang interaktif. Contohnya campaign iklan Krispy Kreme UK yang memanfaatkan Billboard Digital untuk menjangkau audiens.

Billboard brand donat yang satu ini tampil di Salford pada bulan Januari 2023. Setiap orang yang melihat iklan Krispy Kreme di Billboard 3D unik itu dapat berinteraksi dengan menekan tombol di dalam lingkaran donat, kemudian pancaran cahaya akan keluar.

Apa yang dilakukan oleh Krispy Kreme bertujuan untuk memperingati dan untuk lebih peduli pada konsumen mereka yang menderita Seasonal Affective Disorder (SAD).

Lalu, bagaimana di Indonesia? HBO GO juga pernah membuat Billboard yang unik bersama StickEarn. Dalam rangka mempromosikan film terbaru, yaitu House of Dragon, HBO GO mengemas promosi filmnya dengan sangat kreatif.

Brand ini menampilkan Billboard yang seolah-olah terbakar. Karena unik, khalayak pun memperhatikan dan membicarakan iklan outdoor HBO GO di media sosial hingga viral.

3. Iklan Kontekstual

Anda ingin membuat iklan yang lebih segmented lagi di media outdoor? Tentu saja bisa! Di era teknolgi seperti sekarang, para pengiklan sangat mungkin untuk melakukan market segmentation menggunakan media iklan luar ruang. Hal itu karena DOOH dapat mengakomodasi keinginan Anda.

Dilengkapi dengan data dan pengukuran yang akurat, iklan DOOH dapat Anda manfaatkan untuk membuat iklan berdasarkan suatu hal. Berdasarkan cuaca misalnya.

Contoh ide outdoor media advertising ini bisa Anda temui pada campaign Burger King. Perusahaan makanan cepat saji tersebut membuat iklan di Programmatic DOOH di billboard untuk mempromosikan minuman terbarunya pada cuaca tertentu.

Jika konsumen membeli minuman Burger King pada saat suhu dingin, maka harga naik. Namun, sebaliknya; jika suhu cuaca menurun, maka Anda bisa membeli produk tersebut dengan harga miring.

Dalam kampanye ini, tak hanya harganya saja yang berubah, melainkan visual konten yang ditayangkan di billboard juga turut berubah. Jadi, benar-benar menyesuaikan dengan kondisi realtime cuaca.

Nah, programmatic DOOH kini bisa Anda gunakan melalui StickEarn. Sebagai perusahaan teknologi, kami juga menyediakan layanan pengukuran dan data untuk DOOH. Anda bisa membuat iklan yang lebih terukur dan impactfull dengan produk teknologi kami.

4. Iklan OOH user generator

hbo x Stickearn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Campaign StickEarn bersama HBO.

Apa tanggapan Anda jika melihat iklan OOH atau DOOH yang unik? Selain berdecak kagum, Anda pasti ingin sekali memotret dan kemudian mengunggahnya di media sosial, bukan?

Saat ini memang banyak iklan luar ruang yang unik. Iklan tersebut dibuat untuk mengakomodasi kreativitas dan menimbulkan virality organik di kanal digital.

Nah, jika pada saat Anda melihat iklan di pinggir jalan, kemudian memotret dan membagikannya di media sosial, itu merupakan contoh dari ide outdoor media ini, StickFriends.

Jadi, strategi marketing yang dilakukan perusahaan tak hanya sekadar menampilkan iklan kreatif. Namun, mereka juga memikirkan segala kemungkinan yang bisa menarik perhatian Anda untuk sukarela membagikan iklannya di akun media sosial masing-masing.

Misalnya, teknik promosi produk yang dilakukan HBO bersama StickEarn. Saat itu, HBO mempromosikan film terbarunya dengan menyulap dinding terowongan Kendal, Sudirman, menggunakan Wall Installation Art.

Banyak orang yang menyaksikan iklan HBO. Bahkan, di antara audiens tersebut, ada yang sampai foto bersama dinding seni tersebut, kemudian menggunggahnya di media sosial mereka.

5. Omnichannel OOH & Digital melalui Offline-to-Online

Mengobinasikan channel marketing di era sekarang juga mungkin untuk dilakukan. Sebagai pengiklan Anda bisa memadukan pemasaran menggunakan layanan offline dan online melalui Offline-to-Online Advertising (O2O).

Hanya saja, layanan O2O ini tidak disediakan di berbagai outdoor media company. Anda hanya bisa menikmati layanan tersebut melalui StickEarn.

Baca juga: Apa Itu Marketing Mix? Simak Pengertian dan Contoh Implementasi

Sederhananya, O2O bukanlah online to offline yang Anda sering dengar. Arti O2O kini lebih luas lagi dan bisa merambah kepada produk kami.

O2O adalah layanan iklan yang mengintegrasikan media offline, yaitu DOOH seperti MobileLED dan billboard digital, yang tampil di jalan. Bedanya, iklan ini bisa Anda retargeting untuk menyasar audiens yang sama di platform media sosial mereka. Adapun kanal yang disasar untuk retargeting ini ialah Instagram dan Facebook.

6. Skyvertising

Skyvertising adalah media beriklan terbaru yang tampil di langit menggunakan drone. Di Indonesia, iklan ini belum ada yang mengimplementasikan.

Namun, jika Anda sudah mempunyai gambaran mengenai periklanan Skyvertising, Anda mungkin dapat mencobanya di Indonesia. Lalu, jadilah pelopor pada media tersebut.

7. Baliho AR

Inovasi selanjutnya yang bisa Anda gunakan ketika membuat ingin beriklan di outdoor ialah menggunakan baliho AR. Bila di baliho biasa Anda tak dapat membangun interaksi, tetapi di salah satu media reklame outdoor ini, Anda dapat membangun interaksi yang lebih imersif.

Hanya saja, contoh iklan luar ruangan yang tersebut belum diimplementasi di Indonesia. Jadi, sama halnya dengan Skyvertising, Anda perlu menunggunya sampai ada yang membuat dan menjadi inspirasi.

Namun, jika sudah mengetahui media ini karena melihat dari brand luar negeri, Anda dapat menerapkannya dan jadilah pelopor di Tanah Air.

8. Beriklan Menggunakan Mobile Showcase

Ide campaign unik di media Outdoor Advertising terakhir yang bisa Anda lakukan ialah dengan memanfaatkan Mobile Showcase. Media iklan luar ruang yang satu ini juga mempunyai peranan penting dalam mempromosikan produk Anda.

Pasalnya, iklan yang brand buat tidak hanya dibawa menuju lokasi strategis. Namun, brand juga dapat menggunakan Mobile Showcase sebagai sarana pendukung brand activation.

Anda dapat memanfaatkan jenis iklan luar ruangan tersebut untuk menjalankan kegiatan marketing bersama audiens. Contohnya ialah marketing activation Cadbury bersama StickEarn.

Cadbury memanfaatkan Mobile Showcase StickEarn untuk melakukan aktivitas pemasaran langsung bersama audiensnya. Campaign yang dibuat menggunakan outdoor media ini pun mampu meningkatkan interaksi, keterlibatan, dan kesadaran khalayak.

Siap Beriklan di Outdoor Media?

Itulah beragam contoh iklan di outdoor media yang bisa Anda lakukan. Ide-ide yang StickEarn bagikan terbilang inspiratif, sehingga wajib Anda pertimbangkan ketika ingin pasang iklan di billboard atau media luar ruang lain.

Namun, jika setelah membaca artikel ini Anda langsung ingin membuat campaign yang unik di OOH ataupun DOOH, segera klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu agar mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam.

CTA Banner Blog - 01.png