Menjalankan kegiatan branding di perusahaan secara offline maupun online kini banyak dilakukan. Berbagai brand pun menjalankan campaign branding agar produk yang ditawarkan makin dikenal dan dapat mempengaruhi keputusan para pembeli.

Namun, membuat brand activation tidak mudah. Anda harus mengetahui contoh brand activation terlebih dahulu, sehingga dapat membuat ide promosi yang menarik.

Sebab, di era berkembangnya teknologi dan digitalisasi seperti sekarang, banyak contoh kegiatan brand activation yang dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan. Beberapa di antara contoh tersebut bisa Anda simak dan pelajari di artikel ini.

Baca juga: Inilah 4 Tingkatan Brand Awareness & Cara Meningkatkannya

Contoh Brand Activation Apa Saja?

Apa yang dimaksud dengan brand activation tentu sudah Anda ketahui secara mendalam. Brand activation adalah strategi branding suatu merek melalui peningkatan interaksi dengan pelanggan dalam bentuk sharing pengalaman penggunaan produk.

Tujuan dari brand activation ialah untuk merangsang perasaan positif, meningatkan nilai-nilai merek, dan akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian serta loyalitas pelanggan (Keller dalam "Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity" 4th ed. Pearson Education. 2013).

Dengan konsep branding ini, perusahaan dapat menciptakan pengalaman yang akan membentuk ikatan yang lebih kuat dengan konsumen, bukan hanya sekadar penjualan jangka pendek saja.

Karena bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness, maka banyak brand yang membuat branding produk mereka melalui cara tersebut. Adapun strategi atau brand activation marketing yang mereka buat di antaranya sebagai berikut.

1. Pameran

brand activation melalui pameran.jpg

Source: Freepik - Kegiatan branding dapat dibangun melalui event marketing seperti pameran.

Contoh aktivitas branding yang pertama ialah pameran. Kegiatan pameran umum dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk menunjukkan dan menjual produk atau jasanya kepada konsumen.

Berdasarkan jenis promosinya, pameran masuk ke dalam aktivitas pemasaran offline yang dilakukan secara langsung di suatu tempat. Kegiatan ini terkadang digelar oleh perusahaan atau berkolaborasi dalam suatu acara, misalnya dengan membuka booth atau bintang tamu.

Ketika brand mengadakan kegiatan pameran, brand juga bisa berinteraksi dan membangun kedekatan dengan konsumen. Konsumen dapat melihat, mencoba, dan membeli produk yang diinginkan.

Jika sesuai, di saat bersamaan konsumen akan bertransaksi. Jika tidak, mereka yang mengetahui produk Anda itu bisa saja menceritakannya kepada rekan mereka. Hal ini akan menjadi word of mouth marketing yang menguntungkan!

2. Talkshow

Talkshow juga menjadi contoh aktivitas brand activation yang banyak dimanfaatkan perusahaan untuk membangun kepercayaan audiens. Dengan menjadi pembicara di suatu acara, brand secara tidak langsung menggiring pemahaman dan kepercayaan konsumen akan brand dan produknya.

Selain itu, strategi branding ini memberikan keuntungan sendiri untuk pembicaranya. Para pembicara yang tampil di acara talkshow dapat meningkatkan personal branding-nya masing-masing.

Contoh brand activation produk dalam talkshow dapat Anda lihat melalui acara seminar di yang diadakan brand. Belakangan ini, banyak brand mendeligasikan karyawan atau CEO-nya untuk sharing insights di suatu acara guna memperkenalkan sekaligus mempromosikan produknya.

Baca juga: Pengertian Event Marketing, Jenis, dan Manfaatnya untuk Bisnis

3. Mengadakan Kegiatan Pemasaran Online

media promosi offline cadbury.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh kegiatan brand activation produk makanan, Cadbury, bersama StickEarn.

Tidak hanya melalui kegiatan langsung seperti di atas, Anda juga bisa mengadakan brand activation di perusahaan secara online. Salah satunya melalui Instagram, TikTok, maupun Twitter.

Umumnya, kegiatan brand pada media promosi produk yang satu ini dilakukan secara periodik. Namun, ada juga setiap minggunya mengadakan brand activation di media sosial dalam bentuk kuis atau giveaway.

Tujuan diadakannya kegiatan tersebut, selain meningkatkan brand awareness, juga untuk mendorong jumlah followers dan engagement. Sebab, jika akun media sosial suatu brand tumbuh, maka hal itu dapat mempengaruhi penjualan produk dan kepercayaan konsumen.

Contoh social media activation yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda ialah campaign Cadbury bersama StickEarn. Cadbury menggelar kegiatan bertajuk “Cadbury Hampir Habis” yang dilakukan melalui media luar ruang dan media sosial mereka.

Dengan memanfaatkan Mobile Showcase StickEarn, Cadbury dapat membuat kegiatannya tersebar luas di sepanjang jalan. Informasi mengenai kegiatan itu dibawa menuju lokasi strategi oleh Mobile Showcase StickEarn.

Selain menginformasikan kegiatan kepada khalayak, Mobile Showcase juga dimanfaatkan sebagai sarana pendukung kegiatan offline brand bersama audiensnya.

Cadbury memanfaatkan Mobile Showcase StickEarn sebagai ruang interaktif yang digunakan untuk berfoto dan melihat-lihat bagian dalam truck advertising yang sudah dihias sedemikian rupa oleh brand.

Audiens yang berfoto di dalam mobil tersebut dapat mengikuti kuis dengan mengunggah fotonya ke Instagram. Jika foto berlatarkan Mobile Showcase StickEarn mereka terpilih, maka pemenangnya dapat membawa pulang hadiah menarik.

Selain Cadbury, Jakarta X Beauty (JxB) juga pernah memanfaatkan produk OOH StickEarn, yaitu MobileLED Advertising, sebagai sarana brand activation. Audiens yang melihat MobileLED Advertising StickEarn di jalan diajak untuk mengunggah fotonya ke Story dan jika terpilih, akan mendapatkan tiket JxB.

4. Mengadakan Kegiatan Bersama Konsumen

Selanjutnya, Anda juga dapat mengadakan kegiatan eksklusif bersama konsumen untuk mengimplementasikan strategi brand activation, StickFriends. Contohnya ialah Nike yang berhasil menciptakan kampanye brand activation yang kuat melalui inisiatif "Run for the Oceans".

Dari kampanye ini, Nike tidak hanya mengundang konsumennya untuk berpartisipasi dalam kegiatan lari, tetapi juga menyuarakan isu lingkungan. Setiap kilometer yang dijalankan oleh peserta dihitung akan diubah menjadi dolar yang disumbangkan untuk program perlindungan laut.

Lalu, kegiatan Nike bersama konsumen tidak hanya memotivasi peserta untuk bergerak, tetapi juga menghubungkan brand dengan tujuan sosial yang lebih besar. Bahkan, konsumen yang berjiwa sosial juga dapat terhubung secara emosional dengan brand sepatu tersebut.

Contoh brand activation ideas lainnya yang bisa menjadi inspirasi ialah kegiatan Red Bull. Brand ini berhasil mengesankan dunia melalui kampanye "Stratosphere Jump" yang membuat Felix Baumgartner melakukan lompatan jarak jauh dari luar angkasa.

Kampanye itu pun memecahkan rekor dan sejarah positif bagi brand. Sebab, Red Bull berhasil menonjolkan nilai brand, seperti keberanian, tantangan, dan pencapaian luar biasa.

5. Membagikan Contoh Produk Gratis (Product Sampling)

brand activation produk sampling.jpg

Source: Freepik - Membagikan contoh produk untuk promosi bisnis.

Membagikan sample product juga bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian dan minat konsumen yang ingin mencoba produk atau jasa perusahaan.

Meskipun terkesan konvensional, tetapi teknik marketing tersebut masih banyak digunakan oleh berbagai brand besar.

Contoh brand activation dengan bagi-bagi produk sampling gratis dapat Anda lihat dari brand kecantikan, yaitu Biore. Biore menjadikan cara brand activation ini untuk memperkenalkan produk yang akan dilirisnya.

Brand yang terkenal akan produk sabun mandinya membagikan produk contoh produk terbaru dalam ukuran kecil kepada audiens saat pameran atau bazar.

Selain itu, tidak jarang kegiatan tersebut juga diiringi dengan ketentuan khusus, seperti mengikuti akun media sosial brand, kemudian akan mendapatkan product sampling gratis.

Buat Brand Activation Anda Sekarang!

Itulah dia lima contoh brand activation yang dapat Anda jadikan sebagai inspirasi. Dengan memanfaatkan kreativitas dan tujuan yang lebih besar, band activation bisa menjadi kunci untuk brand meraih kesuksesan dalam market yang dinamis seperti saat ini.

Namun, mengemas rencana pembuatan brand activation perlu disertai dengan kreativitas. Kegiatan branding yang menarik lebih mudah dikenal dan diingat oleh audiens dibanding yang biasa saja.

Nah, utuk mendukung campaign tersebut, Anda dapat menggunakan produk luar ruang StickEarn, seperti MobileLED Advertising ataupun Mobile Showcase dalam membuat brand activation yang kreatif.

Tertarik? Kalau begitu, silakan klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih dahulu produk-produk OOH dan DOOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png