Menentukan media promosi yang tepat untuk kebutuhan pemasaran produk perlu dilakukan secara matang. Jika strategi yang Anda buat tepat, bukan tidak mungkin akan berimbas baik pada arus pendapatan di perusahaan.

Hanya saja, sebagian pebisnis terkadang bingung dalam menentukan jenis promosi yang efektif. Hal itu karena kini banyak contoh media promosi yang ditawarkan, sehingga sulit menentukan mana yang tepat untuk promosi produknya.

Meskipun begitu, ada beberapa contoh media pemasaran yang bisa menjadi pilihan Anda, di antaranya ialah SEO, SEM, dan iklan di media sosial, seperti TikTok dan Instagram. Lalu, promosi offline yang ternyata ampuh dalam membantu Anda mencapai objektif pemasaran.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja jenis media offline itu, silakan simak artikel StickEarn di bawah ini sampai habis.

Baca juga: Cara Membuat Promosi Produk agar Penjualan Meningkat

Jenis Media Promosi

contoh media promosi bisnis.jpg

Source: Freepik - Mengenal berbagai macam jenis promosi dalam bisnis.

Sebelum kami membahas tentang contoh media pemasaran yang efektif, Anda perlu mengetahui berbagai jenis media promosi tersebut. Ada beragam tipe promosi produk yang harus Anda pahami.

Media promosi umumnya dibedakan menjadi dua, yakni berdasarkan pembagian bentuk dan platform yang digunakan, di antaranya media promosi offline dan online

Media offline seringkali disebut juga sebagai media promosi luar ruang. Hal ini karena iklan yang Anda buat tampil di luar ruangan, seperti di jalan, gedung, dan di tempat-tempat tertentu.

Selain itu, Anda juga mungkin mengenal adanya media promosi online yang memanfaatkan layanan digital, seperti email marketing dan media sosial. Media ini dalam beberapa tahun terakhir menjadi primadona karena menawarkan kemudahan dan dipandang canggih.

Namun, maraknya penggunaan media online untuk promosi iklan tidak menurunkan eksistensi media luar ruang. Sebab, dalam dua tahun terakhir, outdoor advertising masih tetap menjadi sarana beriklan yang populer.

Nah, agar lebih jelas mengenai contoh dari media promosi online maupun offline ini, kami telah mengulasnya di bawah.

Contoh Media Promosi Paling Efektif

Media promosi online maupun contoh media promosi ruang terbuka atau dikenal Out-of-Home (OOH) memiliki bentuk yang beragam. Kemajuan teknologi saat ini membuat kedua media itu begitu menguntungkan untuk promosi bisnis.

Berikut adalah beberapa contoh media promosi online dan offline yang telah terbukti efektif dalam mencapai tujuan pemasaran yang dapat Anda gunakan.

Media Promosi Online

Marak digunakannya beragam platform online membuka peluang yang luas bagi dunia bisnis, khususnya kesempatan bagi Anda, dalam menawarkan produk atau layanan melalui iklan online.

Oleh karena itulah, penting untuk memilih platform apa yang sesuai dengan segmentasi pasar bisnis. Misalnya, dengan menggunakan contoh berikut sebagai strategi pemasaran.

1. Situs Web dan Pemanfaatan SEO

Dalam mengembangkan bisnis, membangun dan memelihara situs web perusahaan adalah salah satu langkah yang sangat penting. Situs web perusahaan dapat digunakan sebagai sarana penyampaian informasi mengenai perusahaan, produk, dan keuntungan bekerjasama maupun pembelian.

Dalam mengelola situs web perusahaan, memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO) dapat meningkatkan peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian organik. SEO dapat menjadi kunci untuk meningkatkan visibilitas online.

Dengan mengoptimalkan situs web melalui penggunaan kata kunci yang relevan, Anda dapat menghasilkan konten berkualitas untuk audiens, membangun tautan dari situs web otoritatif, dan mengalahkan kompetitor. Anda juga akan memudahkan Google mengidentifikasi bisnis Anda.

2. Email Marketing

Contoh media promosi digital lainnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai teknik pemasaran ialah email marketing. Mengirim email kepada pelanggan atau target audiens menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk secara personal.

Anda dapat mengirim newsletter reguler, penawaran khusus, atau informasi terbaru tentang perusahaan di dalam email yang akan kirim. Penting juga untuk membangun database email yang valid dan menawarkan opsi berlangganan yang mudah diakses untuk pengunjung situs web.

3. Media Sosial dan Influnencer Marketing

Platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk atau layanan secara efektif.

Anda juga dapat membuat halaman bisnis atau profil perusahaan, membagikan konten yang menarik, mengadakan campaign atau giveaway, dan berinteraksi dengan pelanggan potensial.

Selain itu, bekerjasama dengan influencer atau pengguna media sosial dengan pengikut yang banyak memperluas jangkauan promosi. Sebab, jumlah pengikut influencer mencapai jutaan orang, sehingga exposure bisnis bisa menjadi lebih luas lagi.

Baca juga: Tips Membuat Iklan di Media Sosial yang Paling Efektif

4. Iklan Online

Selain influnecer marketing, Anda juga dapat menggunakan iklan online seperti Google Ads atau Meta Ads untuk beriklan dan menjangkau berbagai audiens.

Kanal digital marketing satu ini juga tengah naik daun. Berbagai brand, mulai dari kalangan atas, menengah, hingga bawah, menggunakan media ini. Hal itu dilakukan karena iklan online melalui Meta maupun Google Ads menawarkan layanan beriklan yang menguntungkan.

Sebagai pengiklan, Anda bisa mengkostumisasi konten iklan sesuai keinginan. Bahkan, untuk anggaran iklannya juga dapat Anda sesuaikan berdasarkan kemampuan dan kebutuhan bisnis.

Contoh Media Promosi Offline atau Luar Ruang

contoh iklan ooh outdoor advertising.jpg

Source: Doc. StickEarn - Beragam jenis promosi offline.

Contoh berikutnya ialah media promosi luar ruang. Media promosi luar ruang memiliki beragam jenis implementasi promosi yang dapat Anda manfaatkan.

Kegiatan sosial yang kini melonggar membuat media luar ruang kembali dilirik. Berbagai brand bahkan telah menggunakannya.

Berikut beberapa contoh media promosi luar ruang yang terbukti efektif dan bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan campaign pemasaran.

1. Car Advertising

Saat ini, kita mengenal adanya media promosi yang memanfaatkan kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Istilah untuk contoh media promosi tersebut adalah vehicle advertising atau Transportation Ads.

Vehicle advertising adalah bentuk iklan atau promosi yang menggunakan kendaraan sebagai media untuk menyampaikan pesan promosi kepada konsumen.

Kegiatan advertising ini melibatkan penerapan desain grafis dan wrapping di mobil, truk, bus, atau kendaraan lainnya untuk menciptakan papan iklan bergerak.

Iklan di kendaraan umum, seperti bus, kereta api, atau taksi, ialah jenis promosi yang efektif karena memiliki jangkauan yang sangat luas. Media ini akan membantu Anda menjangkau berbagai kalangan dari latar belakang dan demografi yang berbeda.

Salah satu perusahaan yang fokus pada iklan di media luar ruang jenis ini ialah StickEarn. Ada berbagai layanan iklan di kendaraan bergerak yang dapat digunakan, dari mulai Car Advertising, Motorbike Advertising, Train Advertising, hingga MobileLED Advertising.

Jenis OOH yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk promosi. Misalnya dari industri game, FIFA menggunakan Car Advertising kami untuk konvoi mengitari rute Silol Kafe menuju Tugu, kemudian ke Malioboro hingga kembali lagi ke Silol Kafe.

2. Digitron

Selain pemanfaatan kendaraan sebagai media promosi, contoh media promosi di ruang terbuka lainnya adalah digitron atau papan reklame digital yang banyak digunakan untuk beriklan. Iklan digitron memungkinkan Anda untuk menampilkan pesan yang dinamis dan menarik.

Digitron biasanya ditempatkan di lokasi yang strategis, seperti di pusat kota atau jalanan yang memiliki traffic tinggi. Inilah yang membuat digitron dapat menjadi media promosi yang sangat efektif.

Kemampuannya untuk menampilkan pesan yang berbeda secara bergantian atau mengikuti waktu tertentu dapat menarik perhatian audiens dengan lebih baik.

3. Billboard dan Iklan di Spot Tertentu

Sebelum digitron digunakan sebagai media beriklan, Anda tentu mengetahui bahwa billboard sudah terlebih dahulu digunakan sebagai contoh media promosi.

Billboard adalah sebuah media promosi outdoor berupa papan iklan besar yang biasanya ditempatkan di tepi jalan raya, persimpangan, atau area yang ramai, bahkan badan gedung bertingkat.

Media ini menampilkan pesan iklan yang berisi teks, gambar, atau kombinasi keduanya dengan tujuan untuk mempromosikan produk. Billboard dapat memberikan eksposure yang luas karena dilihat oleh banyak orang selama perjalanan.

Oleh karena itulah, media promosi tersebut dapat menjadi sarana beriklan yang tak kalah efektif karena mampu meningkatkan brand awareness para pengguna jalan

Baca juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah-langkahnya yang Efektif

Manfaat Penggunaan Media Promosi

tujuan mempromosikan bisnis agar pembeli bertransaksi.jpg

Source: Unsplash - Keuntungan mempromosikan bisnis.

Baik media promosi offline atau online memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa manfaat media promosi yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan kedua contoh promosi tersebut.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu tujuan utama media promosi adalah meningkatkan brand awareness. Dengan mengekspos produk kepada target audiens melalui berbagai channel pemasaran, perusahaan dapat membangun pengetahuan dan memperkenalkan produk kepada audiens yang lebih luas.

Media promosi juga membantu Anda dalam membangun reputasi yang positif. Dengan mengkomunikasikan nilai-nilai, kualitas produk, dan manfaat brand kepada audiens, perusahaan dapat membentuk persepsi yang diinginkan tentang perusahaan di pasar.

2. Meningkatkan Penjualan

Media promosi juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Dengan menyampaikan pesan yang persuasif dan menarik kepada audiens, iklan dapat mendorong konsumen untuk bertransaksi di perusahaan.

3. Membangun Diferensiasi Kompetitif

Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, media promosi dapat membantu perusahaan membedakan diri dari pesaing. Dengan menyoroti keunggulan produk atau layanan yang unik, iklan dapat membantu perusahaan membangun keunggulan kompetitif dan memikat konsumen untuk memilih merek mereka.

Tentukan Media Promosi yang Tepat untuk Bisnis Anda

Itulah berbagai bentuk dan contoh media promosi yang dapat Anda manfaatkan dalam mengembangkan bisnis. Dari contoh-contoh promosi tersebut, mana yang sekiranya ingin Anda terapkan?

Sebenarnya, baik contoh promosi offline maupun online mempunyai keunggulan masing-masing. Namun, jika Anda tertarik untuk menerapkan contoh promosi offline karena terinspirasi oleh pembahasan kami, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn.

Ada berbagai layanan iklan OOH dan DOOH yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan promosi. Salah satu contohnya ialah Car Advertising dan MobileLED yang kami bahas.

Jika Anda tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk kami.

CTA Banner Blog - 01.png