Setiap perusahaan pasti memiliki strategi atau cara membuat promosi produk masing-masing. Ada yang lebih bergantung pada metode promosi dari mulut ke mulut atau menggunakan perantara.

Meskipun berbeda, tetapi dalam hal menentukan strategi pemasarannya, berbagai brand mengacu pada teknik dasar yang dilakukan oleh para pebisnis. Adapun strategi itu di antaranya:

  • menentukan tujuan promosi,
  • menganalisis pasar dan audiens,
  • menganalisis harga guna membandingkannya dengan kompetitor,
  • dan lain sebagainya.

Nah, karena tak hanya cara-cara promosi yang kami sebutkan saja, Anda juga wajib mengetahui dan update insight langkah lainnya, StickFriends. Dengan mengetahui informasi tersebut Anda pun pasti dapat membuat promosi produk yang lebih efektif dari sebelumnya. Jadi, mari disimak artikel ini sampai habis, ya!

Baca juga: Panduan Membuat Marketing Campaign yang Tepat untuk Penjualan

1. Tentukan Tujuan

tentukan tujuan saat ingin membuat promosi produk.jpg

Source: Freepik - Merencanakan promosi yang efektif.

Cara membuat promosi produk, entah itu di media sosial maupun channel lain Instagram atau menggunakan distributor, dapat dimulai dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai. Anda wajib menentukan dan mengetahui apa yang hendak dicapai dari promosi tersebut.

Penentuan tujuan ini akan menjadi landasan bagi Anda untuk menentukan banyak faktor lainnya di kemudian hari, StickFriends.

Jika di tengah jalan terbersit keinginan untuk melakukan sesuatu, Anda jadi tak akan bingung dalam memutuskannya. Anda dapat melihat pada tujuan yang sudah dibuat di awal tersebut.

Namun, Pastikan bahwa promosi bisnis yang Anda buat tetap berfokus pada manfaat produk, ya. Jelaskan dengan baik apa yang membuat produk Anda istimewa dan bagaimana produk itu dapat membantu konsumen memecahkan masalah mereka.

2. Lakukan Riset Pasar untuk Merencanakan Promosi

Berdasarkan tujuan yang telah Anda tetapkan sebelumnya, melakukan riset pasar juga perlu Anda. Riset pasar dapat dimulai dengan penetapan tujuan riset.

Pada tahap penentuan tujuan inilah Anda dapat menentukan hal-hal yang ingin dicapai. Misalnya, mengetahui preferensi konsumen, perilaku pembelian, atau preferensi merek.

Setelah itu, Anda pun bisa mulai menentukan metode riset yang hendak digunakan. Metode yang digunakan dapat disesuaikan dengan tujuan riset yang Anda lakukan, StickFriends.

Penentuan target audiens dan diikuti dengan pembuatan kuesioner serta panduan wawancara juga perlu diperhatikan. Menentukan target audiens beserta bahan untuk riset akan membantu Anda memilih sampel yang tepat untuk riset Anda.

Beberapa metode riset yang bisa Anda lakukan, antara lain survei, wawancara, focus group discussion (FGD), observasi, dan analisis data sekunder.

3. Melakukan Riset Harga

Selain riset pasar terhadap audiens, Anda juga perlu melakukan riset harga terkait promosi yang akan dilakukan. Anda dapat mencari produk sejenis dari berbagai merek beserta harga promosi yang pernah ditawarkan.

Penetapan harga berdasarkan riset dapat membantu Anda menentukan harga yang sesuai dengan produk. Setelah itu, Anda dapat langsung melakukan riset dengan metode yang telah ditentukan.

Pastikan untuk mengumpulkan data dari sampel yang representatif agar hasil riset Anda dapat diandalkan. Setelah pengumpulan data, Anda dapat menganalisis data dan menarik kesimpulan.

4. Pilih Media Beriklan

langkah membuat promosi produk yang menarik.jpg

Source: Doc. StickEarn - Merencanakan promosi yang efektif.

Cara membuat promosi penjualan selanjutnya ialah dengan menentukan media beriklan. Penentuan media beriklan juga menjadi hal yang tak kalah penting.

Sebab, dengan mengetahui media iklan yang efektif untuk penjualan dapat membantu Anda all out dalam kegiatan ini. Bahkan, Anda juga akan lebih mudah dalam membangun komunikasi untuk promosi tersebut.

Menentukan media beriklan secara garis besar dibagi menjadi dua, yakni jenis promosi yang dilakukan secara online maupunoffline. Dalam melakukan promosi secara online, berbagai platform media sosial beserta fitur-fiturnya dapat dimanfaatkan.

Penggunaan strategi marketing online dapat menjadi pilihan. Anda juga dapat menggunakan fitur Google Ads atau Social Media Ads untuk menaikkan promosi produk yang hendak dilakukan.

Apabila promosi dilakukan secara offline, Anda dapat memilih beragam jenis media iklan luar ruang. Contohnya ialah baliho, penggunaan digitron, banner, atau membuat stand, dan acara promosi langsung di luar ruang.

Dengan begitu, audiens akan merasakan kedekatan yang lebih personal dengan produk yang dipromosikan, StickFriends. Ditambah lagi, jika produk ditampilkan, produk pun bisa langsung dibeli.

5. Tentukan Produk yang Ingin Dipromosikan

Pembuatan promosi tentunya harus berfokus pada jenis produk yang akan dipromosikan. Penentuan tersebut dapat membuat promosi yang direncanakan berfokus pada jenis promosi, media, hingga pendekatan apa yang hendak dilakukan.

Setiap produk, tentunya memiliki pendekatan masing-masing. Misalnya, ketika membuat promosi tentang produk transportasi dapat dikaitkan dengan kegiatan mobilitas sehari-hari. Jenis produk dan promosi yang hendak dilakukan dapat Anda sesuaikan dengan target pasar.

6. Buat Campaign Promosi

campaign promosi produk terbaik.jpg Source: Freepik - Campaign promosi harus dibuat saat ingin memasarkan produk.

Dalam bisnis, cara mempromosikan produk yang paling efektif perlu dilakukan dengan merancang marketing campaign terlebih dahulu. Hal itu disebabkan perancangan campaign ini dapat menjadi pedoman bagi Anda dalam menjalankan strategi pemasaran.

Marketing campaign dapat dilakukan melalui online channel maupun dengan menggunakan offline marketing Pengadaan campaign atau kampanye untuk promosi dapat membuat audiens sadar dan mengetahui produk yang sedang dipromosikan.

Selain campaign yang menarik, Anda juga dapat memberikan berbagai promosi untuk pelanggan. Bentuk promosi tersebut bisa berupa diskon dan giveaway.

7. Buat Konten Promosi

Salah satu hal yang dapat menunjang keberhasilan campaign promo adalah pembuatan konten dari promosi itu sendiri. Namun, dalam membuat content dalam marketing tidak dapat sembarangan, ya, StickFriends.

Konten yang Anda buat harus direncanakan dengan matang. Anda wajib memerhatikan komunikasi dari promosi melalui copywriting promosinya dan visualnya.

Selain itu, konten promosi yang dibuat juga harus mudah dipahami oleh calon konsumen. Karena, konten tersebutlah yang nantinya akan membantu Anda menjangkau berbagai audiens.

Lalu, hindari penggunaan kata-kata atau frasa yang rumit atau teknis yang mungkin sulit dipahami oleh orang awam. Anda pun dapat menyertakan call to action (CTA) yang jelas dalam promosi Anda.

CTA yang jelas akan membantu meningkatkan peluang konversi ke pelanggan potensial menjadi pelanggan yang sebenarnya. Contoh CTA dapat berupa "Pesan sekarang sebelum kehabisan" atau "Promo ini berlaku untuk tiga orang pertama saja, ya!"

Sudah Paham Cara Membuat Promosi?

Dalam merencanakan promosi produk memang banyak hal yang harus dikonsolidasikan dan direncanakan dengan matang untuk memberikan hasil yang efektif bagi bisnis.

Jika ingin membuat promosi Anda lebih melejit, StickEarn siap membantu Anda melalui iklan luar ruang seperti Transportation Advertising, Digital Out-of-Home Advertising maupun Digital Advertising.

Bila tertarik menggunakan layanan kami, Anda dapat klik banner yang ada di bawah atau simak lebih lanjut produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png