Content marketing adalah sebuah strategi yang diterapkan dalam marketing untuk membuat, menyebarkan konten, hingga dapat menarik perhatian audiens yang diinginkan.

Akan tetapi, sebenarnya apa saja sih tujuan pembuatan content marketing? Apa manfaatnya? Serta apa saja bentuk dari content marketing? Nah, pada artikel semua akan dibahas secara tuntas. Yuk, simak!

Apa itu Content Marketing?

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih jauh, StickFriends perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu content marketing?

Dilansir dari website Content Marketing Institute, content marketing adalah sebuah strategi atau teknik dalam pemasaran yang bertujuan menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan serta berharga untuk memperoleh, menarik, dan melibatkan target pasar yang jelas serta mudah dipahami.

Sehingga, mampu mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan yang menguntungkan bagi bisnis.

Sementara itu, menurut Genelius (2011) content marketing adalah sebuah proses secara langsung maupun tidak langsung mempromosikan merek atau produk melalui video, teks, dan audio baik offline atau online serta memiliki nilai tambah.

Perlu digarisbawahi bahwa konten yang dibuat harus unik, signifikan, berharga, berkualitas, serta lebih baik dari para kompetitornya. Jika mengacu pada pendapat Gunelius (2011), maka konten memiliki nilai apabila mengandung tiga komponen, yaitu:

  • Mampu menghasilkan minat serta melibatkan pelanggan. Namun, juga dapat memberikan informasi dan mendidik konsumen.
  • Mampu mengungkapkan semua nilai yang mencirikan perusahaan dalam hal konsistensi, kualitas, keunikan, dan relevansi.
  • Mampu memiliki sikap proaktif.

Tujuan Pembuatan Content Marketing

Setelah StickFriends mengetahui pengertiannya, pertanyaan berikutnya adalah mengapa perusahaan menggunakan content marketing? Apa sih tujuan dari pembuatan konten pemasaran tersebut?

Saat StickFriends menjalankan bisnis, perlu beberapa langkah atau strategi yang harus diterapkan untuk menarik perhatian target pasar sampai menjadi pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Teknik Pemasaran Produk Terbaru & Implementasinya

Sehingga, mereka dengan senang hati bersedia menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan.

Ada beberapa tahap yang dialami oleh pelanggan dalam siklus pembelian, antara lain yaitu:

1. Kesadaran

Ketika kamu mempromosikan produk atau jasa, target pasar bisa saja sudah sadar akan produk tersebut. Namun, benarkah mereka akan langsung membelinya?

Maka, content marketing berperan untuk membangkitkan gairah keinginan dan kebutuhan mereka akan produk yang StickFriends tawarkan. Sehingga, membangun kesadaran target pasar sangat penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Strategi Promosi Bisnis Agar Siap Hadapi New Normal

2. Riset

Setelah calon konsumen sadar bahwa produk yang StickFriends jual dibutuhkan, tentu mereka akan mencari tahu lebih lanjut atau melakukan riset terkait produk itu.

Oleh karena itu, StickFriends perlu menonjolkan kelebihan, keunikan, dan keunggulan dibanding merek lain.

3. Pertimbangan

Jika calon konsumen sudah menemukan informasi yang dibutuhkan, mereka akan menimbang-nimbang atau membandingkan dengan produk merek lain. Perbandingan dilakukan bisa dengan melihat harga, kualitas, serta keuntungan yang akan mereka peroleh.

Maka dari itu, StickFriends harus konsisten dengan penawaran produk yang ditawarkan. Baik garansi produk, harga, kualitas, atau bahan baku yang digunakan.

4. Pembelian

Nah, tahap yang terakhir adalah proses pembelian. Di sinilah content marketing memiliki peranan penting yang mampu mempengaruhi audiens untuk mengambil tindakan menguntungkan bagi bisnis StickFriends.

Manfaat Content Marketing

Content marketing memiliki berbagai manfaat untuk menunjang kesuksesan bisnis. Manfaat tersebut antara lain yaitu:

1. Sebagai Branding Bisnis

Branding dapat diartikan sebagai upaya untuk menyampaikan pesan tentang produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen. Jika strategi yang dilakukan baik, bisnis StickFriends akan meninggalkan kesan yang baik bagi para pelanggan.

Salah satu media untuk memberikan informasi terkait produk yang dijual adalah melalui content marketing. Sebab, selain memberikan informasi tapi juga konten dibuat semenarik mungkin agar target pasar terpengaruh membeli produk tersebut.

Baca Juga: 12+ Jenis Pemasaran Terbaik & Efektif Beserta Strateginya

2. Meningkatkan Penjualan

Jika calon konsumen menyukai konten yang StickFriends buat, maka manfaatkan momen tersebut untuk merayu sekaligus membujuk mereka agar membeli produk. Sehingga, penjualan akan meningkat serta pendapatan semakin bertambah.

3. Memperluas Target Pasar

Saat pelanggan yang satu merasa puas dengan produk StickFriends serta menyukai konten-konten yang dibagikan, maka besar kemungkinan mereka akan membagikan pengalaman tersebut kepada orang lain atau melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Di samping itu, jika konten yang dibuat menarik serta bermanfaat maka mereka akan menyebarluaskan konten tersebut. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang mengetahui bisnis StickFriends.

4. Mempertahankan Pelanggan Lama

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang utama. Salah satu cara yang bisa StickFriends lakukan untuk mempertahankan pelanggan lama adalah melalui content marketing yang memikat dan menjual.

Sehingga, pelanggan akan menunggu konten yang akan dibagikan. Jika sudah begitu, maka mereka akan kembali lagi untuk membeli produk yang dijual.

5. Meluaskan Partnership

Selain mempertahankan pelanggan lama, manfaat pembuatan content marketing berikutnya adalah meluaskan relasi dan partnership. Apabila StickFriends menerapkan content marketing yang memikat, akan banyak merek lain baik brand sejenis maupun lintas brand mengajak bekerja sama. Tentu, kondisi ini merupakan hal yang menguntungkan bagi bisnis.

Bentuk Content Marketing

Content marketing terdiri dari beberapa bentuk yang masing-masing memiliki kegunaan dan keunggulan beragam. Ada beberapa bentuk content marketing yang bisa StickFriends gunakan, yakni:

1. Website

Apabila menggunakan website, content marketing yang diterapkan bisa berupa teks pemasaran atau biasa dikenal copywriting.

Melalui website bisnis atau blog StickFriends dapat membuat konten artikel yang mengedukasi sekaligus mempengaruhi pengunjung web membeli produk yang dijual.

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa website atau blog merupakan media yang menjadi titik pertemuan antara calon pembeli di internet dengan bisnis yang dijalankan.

2. Infografik

Selain website, bentuk konten pemasaran lainnya yaitu infografik. Melalui infografik StickFriends bisa menyampaikan informasi produk dan memadukannya dengan objek visual.

Infografik harus dibuat semenarik mungkin serta tidak terlalu banyak tulisan. Sehingga, target audiens bersedia untuk membaca informasi yang ada. Penyebaran infografik bisa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya.

3. Video

Bagi sebagian orang, media video memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan daripada membaca saja. Oleh karena itu, StickFriends bisa membuat content marketing dengan bentuk video yang menggabungkan foto, gambar, audio, teks dan visual lainnya.

4. Audio

Belakangan ini audio sedang naik daun. Dengan menjamurnya podcast merupakan tanda bahwa banyak orang yang gemar mendengarkan audio saja. Sehingga, podcast menjadi salah satu bentuk content marketing yang menjanjikan.

Untuk membuat podcast pun tidak sulit. StickFriends bisa melakukannya secara gratis dengan beberapa aplikasi yang tersedia seperti Anchor dan mengunggahnya di Spotify.

5. Buku atau Ebook

Selain keempat di atas, bentuk lainnya yaitu buku cetak atau electronic book. StickFriends bisa membuat buku yang mengandung informasi tentang tutorial, tips dan trik, atau life hack yang ada kaitannya dengan produk atau jasa yang dijual.

Buku tersebut bisa diunggah di website, media sosial, maupun didistribusikan melalui email pelanggan.

StickFriends, Butuh Jasa Pembuatan Content Marketing?

Setelah menyimak penjelasan di atas, StickFriends ingin membuat content marketing yang memikat dan persuasif? Gunakan jasa dari StickEarn.com yang menyediakan layanan periklanan atau promosi produk sesuai kebutuhan.

StickEarn menyediakan berbagai layanan iklan seperti transportation advertising meliputi StickMob, StickMotor, StickBus, StickTrain, StickPlane, StickAngkot; digital out-of-home advertising meliputi Mobile LED Advertising, Digitron, dan StickVend serta digital platform advertising.

Sehingga, StickFriends memiliki kebebasan untuk menentukan media content marketing. Dengan demikian, target pasar dapat dicapai secepat mungkin. Di samping itu, StickEarn menawarkan kualitas terbaik serta sudah bermitra dengan lebih dari 100 pihak dan mempunyai lebih dari 10.000 aset, loh. Maka dari itu, tidak perlu ditanyakan lagi kualitasnya.

Yuk, manfaatkan jasa dari StickEarn sekarang juga dan dapatkan tawaran terbaiknya. Buat bisnis kamu lebih maju bersama StickEarn!

CTA Banner Blog - 01.png