Ketika menjalankan suatu bisnis, baik bisnis B2B ataupun B2C, Anda perlu cermat dalam menerapkan strategi promosi produk. Pasalnya, memikat hati konsumen tidak bisa dilakukan sembarangan.

Anda wajib memilih jenis promosi yang tepat untuk mendekati dan meningkatkan penjualan di perusahaan. Misalnya dengan menerapkan strategi marketing terbaru agar konsumen langsung sadar dengan kegiatan promosi Anda.

Anda juga bisa mengintegrasikan beberapa saluran promosi dengan marketing mix, sehingga campaign yang dibuat semakin optimal. Contohnya campaign marketing mix Offline-to-Online StickEarn bersama Brand K yang sukses mencuri perhatian audiens.

Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah apa saja jenis strategi promosi yang efektif untuk digunakan? Nah, untuk mengetahui jawaban itu, silakan simak pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga:

Pengertian Promosi

jenis-jenis promosi dan contohnya.jpg

Source: Freepik - Jenis promosi produk yang efektif.

Sebelum sampai pada pembahasan mengenai jenis promosi produk yang efektif untuk pemasaran, ada baiknya Anda mengetahui tentang apa itu promosi. Promosi merupakan kegiatan untuk mengenalkan layanan, jasa, produk, maupun merek kepada target pasar.

Secara umum, promosi merupakan upaya untuk menawarkan produk kepada konsumen supaya mereka membeli produk tersebut. Selain itu, ada berbagai jenis media promosi yang bisa digunakan.

Oleh karena itu, para pebisnis harus mengetahuinya agar bisa menentukan jenis kegiatan promosi yang tepat untuk memikat pembeli. Karena, dengan menggunakan sarana promosi yang tepat, pendapatan Anda pasti bisa meningkat.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mendefinisikan arti promosi. Menurut Frandi Tjiptono, promosi merupakan komunikasi pemasaran dengan tujuan menyebarkan informasi, mempengaruhi, serta membujuk dan meningkatkan sasaran pasar, sehingga target pasar bisa membeli serta loyal terhadap produk.

Sementara itu, Indriyo Gitosudarmo mendefinisikan promosi sebagai kegiatan untuk mempengaruhi calon konsumen supaya mereka mengenal produk. Dengan demikian, mereka berkenan membeli produk tersebut.

Lalu, menurut Rambat Lupiyoadi, promosi adalah sebagai alat untuk mendorong konsumen aga terutama dalam kegiatan pembelian atau penggunaan layanan jasa. Jadi, dengan adanya media promosi yang digunakan brand bisa mendorong konsumen untuk membeli produknya.

Jenis Promosi

Setelah mengetahui pengertian atau definisinya, berikut adalah jenis-jenis promosi yang bisa Anda manfaatkan untuk beriklan

1. Konvensional Marketing

Jenis media promosi yang pertama, yaitu konvesional marketing atau pemasaran tradisional. Walaupun tergolong cara lama, tetapi masih efektif untuk memikat pelanggan.

Media yang digunakan oleh jenis promosi ini, yaitu media cetak seperti koran, brosur, billboard. Selain itu, ada pula media elektronik, yaitu iklan di televisi dan radio.

2. Digital Marketing

Berbeda dengan konvensional marketing, digital marketing menggunakan media digital yang memanfaatkan internet. Kelebihan jenis pemasaran ini, yaitu bisa menjangkau target pasar yang luas karena tidak terbatas ruang maupun waktu.

Media yang dipakai, yaitu media sosial (Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan sebagainya) , website, marketplace, email, digital billboard atau digitron, dan lainnya.

3. Direct Marketing

Jenis promosi yang ketiga, yaitu -direct marketing_ atau promosi secara langsung. StickFriends bisa menggunakan jasa sales yang berpengalaman untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Namun, StickFriends perlu menambah tenaga kerja apabila ingin menggunakan cara ini. Sebab, jenis pemasaran langsung tersebut dapat berjalan optimal jika Anda menurunkan bebarapa tenaga ahli alias sales untuk mendekati dan door to door ke konsumen.

4. Endorsement

Selanjutnya, StickFriends juga bisa memanfaatkan endorsement sebagai sarana mempromosikan produk. Namun, StickFiends perlu menambah biaya karena harus menggunakan jasa influencer.

Di samping itu, setiap influencer memiliki tarif yang berbeda. Biasanya, tarif ini menyesuaikan dengan jumlah followers mereka. Oleh karena itu, StickFriends perlu memilih influencer yang tepat agar tidak rugi.

5. Personal Selling

Jenis promosi yang berikutnya, yaitu personal selling. Mirip dengan direct marketing, tetapi cara ini mengharuskan pemilik bisnis untuk menjualnya sendiri secara langsung, sehingga mampu memberikan manfaat produk langsung kepada pelanggan.

6. Publicity

Selain lima di atas, masih ada cara promosi yang bisa StickFriends lakukan, yaitu publicity. Misalnya, dengan mengadakan konferensi pers, roadshow, seminar, demonstrasi produk, dan lain sebagainya.

Tips Implementasi Jenis Promosi yang Tepat

keuntungan mempromosikan produk.jpg

Source: Freepik - Cara menjalankan promosi bisnis.

Selain menjelaskan berbagai jenis promosi pemasaran, StickEarn juga akan membagikan tips untuk mengimplementasikan promosi agar semakin efektif. Berikut tips-tips menjalankan promosi bisnis.

1. Luaskan Relasi Media

Pertama, StickFriends perlu meluaskan relasi dengan berbagai media misalnya biro iklan. Dengan memperluas relasi, Anda akan lebih mudah dalam memproduksi iklan yang memikat pembeli.

Di samping itu, harus memilih media pemasaran yang sesuai terutama yang lebih banyak menjangkau target pasar.

Misalnya, gunakan strategi promosi dengan beriklan di kendaraan, seperti motor, mobil, pesawat, bus, dan lainnya. Dengan demikian, orang yang melihat produk StickFriends akan lebih banyak.

Contohnya ialah campaign marketing NutriSari dengan StickEarn. Brand tersebut mempromosikan produk terbarunya dengan mengadakan swarming Car Advertising di dua lokasi, yakni Bandung dan Surabaya.

Melalui campaign yang dibuat, iklan NutriSari pun semakin dilihat oleh khalayak, khususnya yang ada di jalan. Jadi, tidak hanya yang berada di ekosistem digital.

2. Manfaatkan Meme

Disamping itu, StickFriends bisa memanfaatkan meme sebagai strategi promosi. Nah, meme tersebut dipasang di digitron ataupun MobileLED Advertising.

Sehingga, orang akan tertarik dan mudah mengingatnya. Apalagi jika bisnis StickFriends memiliki target pasar kaum muda. Maka, cara ini bisa dilakukan.

3. Gunakan Konten yang Menarik

Apapun jenis promosi yang StickFriends pilih, baik menggunakan digitron, meme, media sosial maupun alat transportasi, harus menggunakan konten yang menarik. Artinya, konten harus jelas memuat informasi produk serta memiliki daya sugestif.

Di samping itu, harus mudah dibaca serta memiliki kualitas foto maupun video yang baik dengan resolusi tinggi. Sehingga, target pasar tertarik untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Konten Menarik & Berkualitas untuk Pemasaran Produk

4. Gabung Komunitas Bisnis

Supaya StickFriends tidak ketinggalan tren media promosi, cobalah bergabung dengan komunitas bisnis. Selain mendapat informasi, tentu bisa memperluas relasi. Sehingga, bisnis bisa berkembang dan penjualan meningkat.

Manfaat Promosi

keuntungan mempromosikan produk.jpg

Source: Freepik - Jenis promosi produk yang efektif.

Dengan menerapkan salah satu jenis kegiatan promosi di atas, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang akan brand rasakan. Apa saja manfaat itu?

1. Memikat Pembeli

Tanpa mempromosikan produk, entah itu melalui iklan online atau offline, pembeli tidak akan mengetahui informasi produk, apalagi sampai membelinya. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan berbagai teknik pemasaran untuk menginformasikan produk sekaligus memikat pembeli.

Misalnya, StickFriends menawarkan harga diskon untuk barang tertentu. Dari harga normal sekitar Rp50.000,00 menjadi Rp25.000,00. Tentu saja, ini akan memikat mereka untuk membeli.

Nah, agar konsumen terpikat, Anda perlu menginformasikan promosi harga diskon tersebut melalui berbagai saluran pemasaran. Jadi, nantinya akan banyak orang yang tahu dan membeli produk diskon Anda.

Baca juga: Inilah Teknik Pemasaran Produk yang Paling Efektif untuk Bisnis

2. Menaikkan Penjualan Produk

Di samping itu, penjualan produk juga bisa naik dengan strategi promosi yang tepat. Sebagai gambaran, StickFriends melakukan jenis kegiatan promosi berupa konten review atau ulasan dari pelanggan lain.

Dengan demikian, target pasar lainnya akan mengetahui keunggulan produk tersebut. Sehingga, penjualan produk akan meningkat dan keuntungan bisnis semakin besar pula.

3. Menjaga Loyalitas

Selanjutnya, loyalitas pelanggan dapat terjaga melalui jenis jenis promosi yang StickFriends pilih. Pasalnya, loyalitas pelanggan atau brand loyality adalah indikator keberhasil yang sangat penting untuk dijaga demi kelangsungan bisnis.

Sebab, konten promosi juga merupakan media komunikasi antara pelanggan dengan merek bisnis. Oleh karena itu, menjaga loyalitas pelanggan bisa menggunakan cara ini.

4. Brand Awareness Meningkat

Di samping itu, strategi promosi yang tepat mampu meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek. Dengan demikian, target pasar mampu mengenali merek bisnis yang StickFriends kelola.

Sebab, brand awareness juga menjadi komponen yang sangat penting bagi bisnis. Karena, komponen ini mampu membuat brand semakin dikenal konsumen.

Jika sudah dikenal, brand akan memudahkan pelanggan untuk mengingat produk tersebut serta meningkatkan kepercayaan. Produk Anda pasti akan menjadi pilihan!

5. Membentuk Citra Produk

Manfaat melakukan promosi produk berikutnya ialah dapat membentuk citra produk. Tujuannya ialah target pasar bisa membedakan produk StickFriends dengan produk kompetitor.

Pasalnya, saat ini banyak produk yang dijual di pasar, sehingga membuat persaingan semakin ketat. Anda pun diharuskan untuk cermat dalam memilih sarana promosi.

Baca juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

Jenis promosi Mana yang Paling Tepat untuk Anda?

Memilih jenis promosi yang tepat penting untuk dilakukan. Sebabnya, dengan cermat memilih sarana promosi, produk Anda bisa dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Pendapatan juga akan meningkat!

Jika Anda masih ragu untuk memilih jenis promosi yang sesuai untuk bisnis, Anda bisa mengunjungi StickEarn. Sebagai perusahaan teknologi periklanan, StickEarn menyediakan berbagai layanan iklan terbaik.

Layanan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Transportation Advertising, seperti Car Advertising, Motorbike Advertising, DOOH (Digital Out-of-Home), seperti iklan Videotron, MobileLED Advertising, dan Showcase, sert Offline-to-Online.

Tertarik bekerjasama dengan StickEarn? Silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut beragam produk periklanan StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 02.png