Sebagai pebisnis StickFriends pasti mencari cara untuk mempromosikan produk yang paling efektif. Iklan online merupakan salah satu teknik pemasaran yang mengandalkan bantuan internet.

Berikut ini akan dijelaskan pengertian iklan online, manfaatnya, dan contoh iklan online secara mendetail. Sebab, StickFriends harus memahaminya terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

Apa itu Iklan Online?

Iklan online adalah sebuah strategi dalam meningkatkan penjualan melalui internet. Biasanya, iklan jenis ini memanfaatkan platform seperti media sosial, website, dan mesin pencarian sebagai media untuk menyampaikan pesan promosi kepada target pasar yang luas.

Istilah iklan online disebut juga dengan iklan daring yang bisa berupa teks, video, audio, foto, maupun perpaduan antara keempat elemen tersebut. Dengan menggunakan iklan daring, StickFriends bisa menjangkau lebih banyak target pasar.

Sebab, pengguna internet terus bertambah setiap harinya. Hingga Januari 2022 pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta jiwa. Sehingga, kondisi tersebut merupakan peluang bagus bagi para pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya dengan bantuan internet.

Manfaat Promosi Melalui Iklan Online

Berikut ini 7 manfaat promosi melalui iklan online, yaitu:

1. Hemat Waktu

Iklan daring menjangkau target pasar dengan cepat. Di samping itu, pemasangannya pun cukup cepat dan mudah. Sehingga, StickFriends bisa menghemat waktu.

Berbeda dengan iklan konvensional yang membutuhkan lebih banyak waktu baik untuk pemasangan maupun menjangkau target audiens. Dengan demikian, StickFriends dapat lebih fokus mengembangkan bisnis tanpa memakan waktu lama di bagian marketing.

2. Jangkauan Luas

Selain di atas, iklan online bisa menjangkau lebih banyak audiens karena tidak terbatas ruang dan waktu. Apalagi dewasa ini semua orang sudah menggunakan internet.

Jika StickFriends menggunakan iklan jenis, maka bisnis akan lebih dikenal oleh banyak orang. Sehingga, potensi terjadinya peningkatan penjualan akan semakin meningkat.

3. Hemat Biaya

Apabila menggunakan iklan daring, StickFriends bisa menyesuaikan anggaran pemasaran dengan kondisi keuangan bisnis.

Dengan demikian, biaya iklan akan lebih hemat. Dengan biaya yang relatif murah, sudah bisa menjangkau target pasar di berbagai daerah. Maka dari itu, segeralah untuk beralih ke iklan daring.

4. Iklan Dapat Diukur

Manfaat lain dari iklan online yang bisa StickFriends rasakan adalah adanya fitur analitik pada platform yang digunakan. Sehingga, keberhasilan iklan dapat diukur.

Misalnya, untuk mengetahui jangkauan audiens, berapa banyak yang mengunjungi iklan, dan data-data lainnya.

5. Tepat Sasaran

Seperti yang sudah dijelaskan tentang pengertian iklan online yaitu dengan bantuan media internet, ternyata iklan daring bisa menjaring target audiens yang lebih potensial.

Misalnya, StikFriends bisa menentukan target pasar mulai dari usia, gender, bahasa, lokasi, minat, koneksi, perilaku, demografis, audiens custom, dan audiens serupa.

Di samping itu, pengaturan jadwal penayangan iklan dapat diatur dengan bebas. Sehingga, akan semakin memungkinkan bagi StickFriends untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis.

6. Format Iklan Beragam

Manfaat selanjutnya dari iklan online adalah adanya format iklan yang beragam. Seperti teks, audio, video, foto, animasi, desain grafis, dan lainnya. StickFriends bisa memilih format iklan sesuai dengan target pasar.

Misalnya, calon pelanggan lebih menyukai video. Kondisi ini bisa dilihat dari respon mereka pada kolom komentar maupun like di media sosial. Maka, pilihlah format iklan video agar menarik perhatian calon konsumen tersebut.

7. Service After Sale

Belum banyak yang menyadari bahwa iklan online bisa menjadi tempat atau media penghubung purna jual antara pelanggan dengan bisnis. Dengan demikian, StickFriends bisa menjaga hubungan yang baik serta meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan. Sebagai contoh, bagikan informasi seperti produk baru, diskon, potongan harga tertentu di media sosial.

Nah, pelanggan akan terus mendapat notifikasi terkait info tersebut. Sehingga, StickFriend bisa mempengaruhi mereka untuk melakukan tindakan terutama pembelian.

Jenis-Jenis Iklan Online

Berikut ini ada beberapa jenis iklan online yang sering digunakan oleh para pebisnis, yaitu:

1. Social Media Ads

Social media ads merupakan iklan berbayar yang dilakukan di platform media sosial. Contoh iklan media sosial misalnya di Facebook, Instagram, TikTok, Youtube, dan yang lainnya. Dengan beriklan di media sosial, tentu bisa meningkatkan brand awareness bisnis.

Brand awareness sangat krusial bagi kemajuan bisnis baik untuk mempertahankan pelanggan lama maupun menjangkau pelanggan baru. Sehingga, penjualan bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian & Cara Meningkatkannya

2. Email Marketing

Email marketing terbilang masih efektif untuk dilakukan. Sebab, jenis iklan ini lebih tertarget karena khusus menjangkau audiens spesifik yang lebih potensial.

Dengan subject line yang menarik serta body email yang singkat, akan membuat pesan promosi lebih membekas di hati penerimanya.

3. In-Apps

In-apps merupakan iklan online yang tayang di aplikasi seluler. Bentuknya bisa berupa push notification, pesan singkat atau SMS. Bentuk iklan ini biasanya menggunakan teks yang lebih pendek.

Sebagai contoh, StickFriends bisa promosi iklan bisnis kuliner menggunakan push notification di aplikasi ojek online sebagai media pemasaran.

Namun demikian, berhati-hatilah menggunakan iklan in-apps agar pelanggan tidak merasa terganggu adanya pesan tersebut.

4. Search Engine Marketing

Selain iklan in-apps, ada pula jenis iklan search engine marketing (SEM) yaitu iklan yang muncul pada mesin pencarian Google. Biasanya, biaya iklan SEM mempunyai sistem pembayaran pay per click (PPC).

Sehingga, kondisi tersebut akan menghemat biaya iklan. Sebab, StickFriends hanya akan membayar iklan jika ada yang mengklik iklan tersebut.

5. Endorsement

Endorsement merupakan bentuk iklan online yang menggunakan jasa orang lain. Biasanya endorse dilakukan oleh influencer atau selebritas yang dikenal banyak orang.

Dengan menggunakan jasa endorse, bisnis StickFriends akan lebih dikenal oleh masyarakat umum. Namun, dalam memilih influencer maupun selebritas harus hati-hati. Pastikan sesuai dengan visi dan misi bisnis serta produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Fungsi, Media dan Tujuannya!

6. Google Ads

Google Ads merupakan layanan iklan yang disediakan oleh Google. Keuntungan menggunakan jenis iklan ini yaitu biaya iklan yang bisa dimonitor, mampu menaikkan penjualan, target pasar yang potensial, serta optimasi website bisnis.

Baca Juga: Mengenal Iklan Digital: Jenis, Manfaat, & Contohnya

Tertarik Menggunakan Iklan Online untuk Bisnis?

Dengan penjelasan di atas, bisa dikatakan iklan online adalah promosi terbaik untuk tingkatkan penjualan. Dengan iklan online, StickFriends bisa mencapai target omset dengan cepat, mudah, dan hemat.

Jika StickFriends mencari jasa iklan daring terbaik, periklanan digital StickEarn adalah solusinya. Selain mengedepankan kualitas dan keamanan, StickDigital menawarkan biaya iklan yang kompetitif. Di samping itu, StickEarn merupakan penghubung merek bisnis dengan platform yang terpercaya dan berkualitas tinggi.

Bersama StickDigital, saatnya jangkau jutaan orang untuk mengenal bisnis milikmu dengan format iklan yang unik, inovatif, dan mengesankan. Tak hanya itu, StickEarn sudah memiliki 100 lebih mitra serta 10.000 lebih aset. Sehingga, tidak perlu ditanyakan lagi kualitas layanan yang diberikan.

Nah, ribuan pelanggan sudah membuktikan pelayanan terbaik dari StickEarn. Sekarang giliran StickFriends untuk menikmati manfaat ini. Tunggu apalagi? Yuk, tingkatkan penjualan produk dengan StickDigital!

CTA Banner Blog - 01.png