Ketika membangun sebuah bisnis, terdapat beberapa hal penting yang harus pebisnis perhatikan. Salah satunya adalah teknik pemasaran yang berguna untuk mengenalkan produk atau jasa pada masyarakat luas. Semakin baik tekniknya, maka semakin besar pula keuntungan yang akan pebisnis dapatkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi StickFriends yang seorang pebisnis memilih teknik dan strategi pemasaran yang efektif untuk menunjang kesuksesan sebuah bisnis. Lalu, teknik seperti apa yang paling efektif? Ayo, cari tahu lebih dalam lewat ulasan berikut ini!

Apa itu Teknik Pemasaran?

Secara umum, teknik pemasaran adalah metode yang dilakukan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa dengan strategi terbaik agar memperoleh keuntungan. Jadi, secara sederhana arti lainnya adalah segala aktivitas untuk meningkatkan reputasi perusahaan.

Tentu saja, sesuai dengan pengertiannya teknik pemasaran merupakan penunjang dari keberhasilan bisnis. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan dan membuat produk semakin dikenal oleh banyak orang.

Terdapat banyak strategi yang bisa dilakukan baik secara online maupun secara offline. Contoh online adalah melakukan optimasi SEO, membuat situs web, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh offline adalah melakukan pameran. Keduanya memiliki peluang yang sama-sama besar dan dapat menjangkau audiens yang sama-sama luas.

Teknik Pemasaran Produk Paling Efektif

Teknik pemasaran bukan suatu aktivitas yang mudah dilakukan. Pebisnis memerlukan arahan agar dapat memilih strategi paling sesuai supaya dapat meminimalisir kerugian yang bisa saja terjadi. Berikut adalah cara pemasaran paling efektif untuk meningkatkan penjualan dan agar produk lebih dikenal oleh masyarakat luas:

Baca Juga: Mengenal Branding dan Manfaatnya dalam Marketing!

1. Mengetahui Target Pasar

Sebelum membuat dan menjual sebuah produk, ketahui target pasar lebih dulu. Caranya adalah dengan melakukan riset dan mengelompokkannya sesuai jenis kelamin, usia, pekerjaan, wilayah domisili, dan sebagainya. Semakin spesifik, maka akan semakin baik.

Contoh teknik pemasaran untuk bisnis furniture minimalis. Target pasar bisnis kamu bisa pasangan muda dengan usia 25-30 tahun. Jangan lupa untuk menentukan lokasi dan SES (Socio-Economic Status) atau tingkatan status ekonominya di masyarakat.

2. Buat Perencanaan Produk

Selanjutnya adalah membuat perencanaan produk. Hal ini meliputi pengemasan, nama, bahan, persediaan, dan masih banyak lagi. Semakin unik sebuah produk, maka akan semakin besar pula peluang untuk dapat menarik minat calon konsumen. Keunikan ini dapat meliputi cara pengemasan, nama, atau pelayanannya.

3. Menetapkan Harga

Salah satu strategi pemasaran produk paling penting adalah menetapkan harga dari sebuah produk. Ketika menetapkan harga, hal-hal yang harus diperhatikan adalah kompetitor dan tentu kualitas dari produk itu sendiri. Jangan takut untuk menetapkan harga yang mahal, selama produk memiliki kualitas yang sepadan.

4. Melakukan Promosi

Bisnis tidak akan bisa jauh dari aktivitas promosi. Tanpa promosi, sebuah produk tidak mungkin dapat menarik minat konsumen. Semakin gencar produk dipromosikan, maka semakin luas produk akan dikenal oleh masyarakat luas akibatnya penjualan juga dapat terus meningkat.

Aktivitas promosi sendiri dapat melalui berbagai platform media. Mulai dari media konvensional hingga media online. Hal ini tergantung pada kebutuhan dan tergantung pada segmentasi pasar yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca Juga: Apa Itu Billboard dan Manfaatnya bagi Pengiklan

5. Menggunakan Teknik Word of Mouth

Teknik pemasaran produk selanjutnya adalah menggunakan strategi word of mouth (WOM) atau mulut ke mulut. Strategi ini sangat efektif dan tentu saja membuat produk lebih dikenali oleh banyak orang. Strategi ini cenderung telah menjadi tradisi dan menjadi tolak ukur kesuksesan.

Promosi menggunakan WOM menggunakan konsumen sebagai promotor. Konsumen yang telah mencoba sebuah produk akan memberitahu pada konsumen lain. Karena itu, perusahaan harus mampu membangun image yang baik. Jika perusahaan mampu meninggalkan kesan baik, maka peluang keberhasilan akan semakin besar.

6. Menggunakan Media Sosial

Media sosial memiliki potensi besar agar produk dikenali oleh banyak orang, baik dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Sebab, media sosial mampu menghubungkan banyak orang di seluruh dunia. Karena itu, melakukan promosi di media sosial merupakan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

7. Memberikan Diskon

Potongan harga atau diskon mampu meningkatkan minat konsumen untuk membeli sebuah produk. Diskon juga memiliki peluang untuk membuat konsumen melakukan repeat order. Tidak ada salahnya memberikan diskon untuk pelanggan tetap sebagai bentuk apresiasi. Hal ini juga akan membuat konsumen merasa dihargai.

8. Memberikan Sampel Produk

Cara pemasaran yang paling efektif lainnya adalah dengan memberikan sampel gratis. Strategi ini akan membuat konsumen dapat mengenal produk. Ketika konsumen menyukai produk tersebut, maka besar kemungkinan konsumen akan melakukan pembelian dengan sukarela. Kesan pertama yang baik adalah kunci keberhasilan.

9. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Konsumen loyal adalah aset dan tentunya merupakan keuntungan bagi sebuah perusahaan. Karena itu, membangun sebuah hubungan baik akan memiliki dampak yang positif untuk sebuah perusahaan. Jangan sampai kehilangan pelanggan, karena perusahaan tidak mampu memberikan apresiasi.

Contoh teknik pemasaran tersebut dapat berupa hadiah atas pembelian yang telah konsumen lakukan. Selain itu, memberikan tanggapan atas masukan konsumen juga akan membuat konsumen merasa dihargai. Tak ada salahnya menyenangkan hati konsumen yang tentunya demi kebaikan perusahaan itu sendiri.

10. Memilih Tempat yang Strategis

Strategi pemasaran produk selanjutnya adalah memilih tempat yang strategis. Tempat penjualan yang strategis dapat meningkatkan nilai penjualan produk. Tentu saja, perusahaan harus menyesuaikannya dengan target pasar dan mempertimbangkan mudah tidaknya konsumen untuk menjangkau.

Misalnya, ketika menjual perlengkapan alat tulis. Maka tempat yang paling strategis adalah dekat dengan sekolah atau universitas. Tempat yang tepat pasti akan membuat produk menjadi lebih laku dan mendatangkan keuntungan.

11. Memberikan Insentif

Teknik pemasaran yang terakhir adalah dengan memberikan insentif. Sebuah perusahaan selalu membutuhkan bantuan dari pihak ketiga, seperti distributor, reseller, promotor, dan lain sebagainya untuk memperluas jaringan. Oleh karena itu, perusahaan seharusnya mampu memberikan insentif untuk pihak-pihak tersebut.
Perusahaan juga dapat memberikan insentif pada konsumen yang telah melakukan pembelian dengan jumlah yang banyak.

Hal ini menjadi bentuk penghargaan dan tentu saja akan membangun ikatan emosional dengan perusahaan. Ikatan emosional akan membuat konsumen sulit untuk dapat berpindah ke kompetitor.

Baca Juga: Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Fungsi, dan Media

Sekarang Sudah Tahu Tentang Teknik Pemasaran yang Efektif?

Nah, itu adalah penjelasan lengkap mengenai teknik pemasaran yang efektif dan efisien. Semoga informasi tersebut bisa memberikan manfaat untuk bisnis StickFriends. Selain memilih strategi yang paling efektif untuk bisnis, StickFriends juga bisa bekerja sama dengan StickEarn untuk semakin meningkatkan engagement.

StickEarn merupakan layanan periklanan yang dapat mendukung bisnis terbaik dan terpercaya. Jika StickFriends ingin melakukan promosi untuk produk atau jasa, StickEarn adalah solusi terbaik. Tak masalah jika ingin melakukan promosi melalui digital platform, out of home advertising, atau bahkan transportation advertising.

Karena itu, jangan ragu untuk menghubungi kami. StickEarn siap untuk melayani dan membantu dengan senang hati. StickFriends juga bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang layanan StickEarn melalui website stickearn.com. Yuk, capai target bisnis bersama StickEarn!

CTA Banner Blog - 01.png