Sebagai pebisnis, Anda tentu menginginkan perusahaan Anda terus berkembang dan bisa memberikan keuntungan. Namun, membangun usaha, apalagi perusahaan e-commerce, seringkali mengalami masalah dalam tahapan proses usaha.

Hal tersebut wajar terjadi selama proses tahapan pengembangan usaha. Hanya saja, masalah itu tidak boleh Anda biar berlarut terlalu lama agar tidak menghambat rencana pengembangan Anda.

Oleh karena itu, untuk mendukung keberhasilan bisnis Anda, Anda perlu mempelajari tentang proses bisnis yang tepat dan efektif. Proses tersebut mencakup berbagai langkah yang dirancang untuk memastikan bahwa bisnis berjalan lancar dan berhasil mencapai tujuannya.

Nah, bagaimana cara penerapan manajemen bisnis yang tepat bisa Anda simak melalui pembahasan StickEarn di bawah ini. StickEarn akan menjelaskan tentang tahapan itu guna mendukung usaha Anda.

Baca juga: 5+ Strategi Bisnis Paling Efektif & Menguntungkan

Pengertian Tahapan Proses Bisnis

proses tahapan bisnis adalah.jpg

Source: Freepik - Pengertian proses bisnis menurut para ahli.

Menurut ahli Rummler & Brache, pengertian proses bisnis adalah serangkaian langkah yang dirancang untuk menghasilkan sebuah produk atau layanan. Mereka juga menjelaskan bahwa suatu proses bisnis seperti dalam pemrograman, dapat dilakukan sepenuhnya dalam satu fungsi atau unit pekerjaan tertentu.

Sedangkan, proses bisnis seperti pemenuhan pesanan biasanya melibatkan berbagai fungsi atau departemen dalam perusahaan, yakni pemasaran, penjualan, persediaan, dan pengiriman.

Tujuan dari adanya proses bisnis ini ialah untuk menciptakan struktur yang terorganisasi dan efisien untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dengan cara meningkatkan kinerja, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kolaborasi antar unit bisnis.

Contoh proses bisnis sederhana yang bisa Anda identifikasi, yaitu alur pemesanan iklan pada website StickEarn. Anda diminta untuk mengisi formulir data diri dan produk periklanan apa yang ingin Anda pilih.

Setelah mengirimkannya, akan ada proses verifikasi dari pihak StickEarn, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan iklan. Proses bisnis demikian bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada konsumen bertransaksi di perusahaan.

Fungsi dan Manfaat dari Tahapan Proses Bisnis

Fungsi dari adanya business process sebetulnya untuk memperjelas langkah-langkah yang harus diikuti. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi pemborosan sumber daya.

Manfaat dari proses bisnis juga dapat membantu bisnis dalam mengidentifikasi dan menghilangkan hambatan pada kegiatan operasional. Proses bisnis yang efisien ini akan mempercepat waktu yang diperlukan untuk membawa produk atau layanan ke pasar dan meningkatkan kepuasan serta brand loyalty pelanggan.

Jenis-Jenis Proses Bisnis

proses tahapan bisnis adalah.jpg

Source: Freepik - Jenis-jenis proses bisnis.

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan manfaat dari adanya business process, kini saatnya Anda memahami tentang jenis-jenis proses bisnis. Proses bisnis dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu sebagai berikut.

1. Proses operasional

Proses operasional, juga dikenal sebagai proses bisnis inti, adalah proses yang memberikan nilai atau manfaat langsung kepada pelanggan dan organisasi itu sendiri.

Proses ini bertanggung jawab untuk menghasilkan pendapatan untuk bisnis. Beberapa contoh proses operasional antara lain pemasaran, penawaran, negosiasi, pemrosesan pesanan, hingga pengiriman barang.

Untuk meningkatkan pendapatan bisnis, StickFriends perlu menyiapkan strategi pemasaran yang cerdas dan efektif. Salah satunya dengan memasang iklan pada MobileLED Advertising.

MobileLED memiliki kelebihan dalam hal fleksibilitas, daya tarik visual, dan jangkauan yang luas. Dengan bantuan LED iklan berjalan, Anda dapat menarik audiens di lokasi-lokasi strategis yang berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: 5+ Strategi Penjualan yang Efektif Tingkatkan Omzet

2. Proses pendukung

Seperti namanya, proses ini diadakan untuk mendukung proses inti agar dapat dilakukan dengan lancar. Meskipun tidak berkontribusi terhadap perolehan pendapatan, proses tersebut membantu departemen internal dalam menciptakan lingkungan kolaboratif.

Contoh dari proses pendukung ialah pengelolaan sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan administrasi. Dengan adanya proses pendukung, kesejahteraan dan kinerja karyawan bisa terjaga dengan baik, sehingga dapat mencapai kesuksesan bisnis.

3. Proses manajemen

Proses manajemen bertanggung jawab untuk merencanakan, memantau, mengelola, dan mengendalikan proses inti dan pendukung dari awal hingga akhir. Proses-proses ini berorientasi pada tujuan dan memastikan bahwa operasi bisnis dilaksanakan secara efisien dan lancar.

Fokus dari proses manajemen ialah untuk memantau fungsi bisnis secara internal dan eksternal, menganalisis peluang dan tantangan, dan memastikan perbaikan berkelanjutan pada semua proses. Jadi, bisa disimpulkan bahwa proses manajemen merupakan dasar untuk menunjukkan arah dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Tahapan proses bisnis di dalam perusahaan

Di dalam setiap perusahaan, alur atau proses bisnis mungkin berbeda-beda, tetapi terdapat beberapa langkah penting yang pasti dilakukan oleh semua model bisnis.

Berikut ini tahapan proses bisnis yang bisa diterapkan juga pada perusahaan Anda. Anda dapat menyimaknya di bawah ini.

1. Identifikasi Tujuan Bisnis

Menentukan visi dan misi adalah langkah pertama dalam tahapan proses bisnis. Pada tahap ini Anda memperjelas apa tujuan yang ingin dicapai.

Apakah Anda ingin meningkatkan penyampaian produk kepada pelanggan atau mungkin ingin meningkatkan efisiensi? Apa pun tujuan Anda, memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai akan membantu Anda untuk mencapai target tersebut.

2. Mengumpulkan Informasi dan Data

Setelah Anda menentukan tujuan, sekarang saatnya mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan proses tersebut. Kumpulkan data dari berbagai sumber seperti pelanggan, riset pasar, atau sistem internal.

3. Analisis dan Planning

Dengan semua informasi yang diperlukan, fase selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dan merencanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Evaluasilah keadaan bisnis Anda, identifikasi cara untuk memperbaikinya, dan kembangkan strategi untuk mengatasi tantangan atau memanfaatkan kekuatan yang ada.

Jika Anda membutuhkan media iklan yang efektif untuk mengatasi jangkauan pemasaran yang terbatas, beriklan MobileLED dapat menjadi solusi yang tepat untuk memenuhi tujuan periklanan Anda.

Dengan kemampuannya dalam menampilkan pesan-pesan yang menarik secara visual dan dinamis, MobileLED memungkinkan pemasar dan brand untuk menarik perhatian pelanggan potensial di berbagai lokasi dan meningkatkan kesadaran merek mereka secara signifikan.

4. Eksekusi Strategi

Setelah rencana ditetapkan, Anda dapat beralih ke tahap pelaksanaan. Langkah ini melibatkan penerapan strategi dan rencana yang telah disusun untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Untuk memastikan semuanya berjalan lancar, penting untuk berkoordinasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi dengan tim Anda. Dengan begini, tugas akan terselesaikan tepat waktu dan sesuai standar.

5. Pemantauan Tahapan Proses Bisnis

Sangat penting untuk mengawasi proses yang sedang terjadi dan memastikan semuanya berjalan lancar. Anda dapat menggunakan indikator kinerja utama (KPI), metrik, dan pencapaian sebagai acuan dalam penilaian.

Indikator tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui apakah Anda sudah berada pada jalur yang tepat untuk mencapai tujuan. Jika ada proses yang tidak sesuai maka, StickFriends dapat mengambil tindakan perbaikan untuk mengatasinya dan menjaga prosesnya tetap pada jalurnya.

6. Evaluasi dan Peningkatan

Setelah proses selesai, langkah selanjutnya adalah mengevaluasi kinerja dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Berdasarkan hasil evaluasi, penyesuaian akan dilakukan untuk meningkatkan proses bisnis di masa depan dan terbuka dengan perubahan keadaan.

Lalu, evaluasi juga bisa Anda lanjutkan dengan menghitung ROI perusahaan selama masa penerapan pemasaran atau selama beberapa periode. Ini juga akan membantu Anda mengukur keberhasilan bisnis yang telat ditetapkan di awal.

Rancang Tahapan Proses Bisnis Anda Sekarang!

Dampak dari kegagalan tahapan proses bisnis bisa membuat usaha Anda jalan di tempat ataupun tumbang. Maka dari itu, Anda perlu merancang tahapan proses bisnis secara tepat dan matang.

Dengan memastikan setiap langkah yang dijalankan dengan baik, Anda dapat meningkatkan efisiensi operasional. Bahkan, Anda juga bisa meningkatkan kepuasan konsumen dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Selama mengembangkan bisnis, Anda juga tidak boleh melewatkan untuk merancang strategi pemasaran yang efektif dengan mempromosikan produk. Anda bisa menggunakan beriklan di MobileLED yang efektif dalam dapat menjangkau audiens potensial di berbagai lokasi.

Iklan berjalan ini juga dilengkapi dengan analisis data kampanye pemasaran yang akan Anda terima selama atau setelah iklan selesai. Data tersebut menyangkup impresi dan jangkauan yang berguna untuk strategi offline marketing di kemudian hari.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah ini untuk langsung beriklan bersama StickEarn atau pelajari jenis iklan OOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png