Manajemen bisnis merupakan pilar utama yang dapat mendukung strategi pemasaran, terutama dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang. Dengan melakukan manajemen bisnis, Anda bisa meningkatkan performa perusahaan.

Sebab, manajemen bisnis adalah fondasi yang sangat penting dan harus diupayakan. Hal ini melibatkan pengaturan tentang sumber daya, cara kerja pemasaran, dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Oleh karena itu, arti dari manajemen bisnis perlu diketahui oleh para pebisnis, khususnya Anda yang baru memulai usaha atau bisnis e-commerce, agar berjalan lancar. Bagaimana caranya dapat Anda pelajari di sini.

Baca juga: Wajib Tahu Strategi Pengembangan Usaha yang Efektif

Apa itu Manajemen Bisnis?

what is management business.jpg

Source: Shutterstock - Mengenal lebih jauh tentang business management.

Istilah manajemen bisnis bukan hal baru yang asing di telinga. Banyak orang, mulai dari pebisnis hingga mahasiswa jurusan manajemen, mengetahui soal hal tersebut.

Hanya saja, pengertian istilah ini terkadang sekadar di tataran luarnya saja. Perlu pemahaman mendalam mengenai hal itu.

Manajemen bisnis ialah serangkaian proses dalam kegiatan usaha yang melibatkan perencanaan dan tujuan untuk membangun usaha tersebut.

Cincinnati University menjelaskan bahwa arti dari manajemen bisnis berorientasi pada pemahaman mengenai perencanaan, pengorganisasian, dan pengarahan suatu usaha. Proses tersebut melibatkan semua aspek, seperti keuangan, operasi, hingga mengatur teknik pemasarannya.

Mengapa Manajemen Bisnis Penting?

Bertolak pada definisinya, manajemen bisnis mempunyai peranan yang sangat penting. Manajemen bisnis tidak hanya tentang mengelola operasi sehari-hari, tetapi juga tentang merencanakan dan menciptakan masa depan yang sukses untuk perusahaan.

Lalu, ada beberapa alasan yang membuat hal tersebut penting. Nah, inilah beberapa faktor mengapa manajemen bisnis penting dan perlu diperhatikan.

  • Optimalisasi Sumber Daya: Manajemen bisnis membantu perusahaan dalam mengalokasikan sumber daya, seperti tenaga kerja, keuangan, dan waktu, dengan cara yang paling efisien.

  • Pencapaian Tujuan: Melalui perencanaan strategis dan tindakan yang terarah, manajemen bisnis membantu perusahaan dalam mencapai tujuan secara efektif.

  • Peningkatan Kinerja: Dengan menerapkan praktik manajemen yang baik, perusahaan dapat meningkatkan kinerja mereka dalam hal produktivitas, keuntungan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Adaptasi terhadap Perubahan: Manajemen bisnis yang adaptif memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pasar, teknologi, dan regulasi.

Baca juga: Apa itu Peluang Usaha? Ini Contoh, Ciri-Ciri, dan Tujuannya

Komponen Utama Manajemen Bisnis

Mengembangkan usaha memang tidak mudah. Anda harus cermat dalam menerapkan teknik pemasaran produk. Selain itu, Anda juga harus mengetahui apa saja komponen manajemen bisnis agar bisa mengatur usaha dengan baik.

Nah, berikut beberapa komponen utama dari manajemen tersebut. Mari disimak poin-poinnya.

  • Perencanaan Strategis: Dari komponen ini, Anda bisa merumuskan visi, misi, dan tujuan jangka panjang perusahaan. Bahkan, Anda pun bisa mengembangkan strategi untuk mencapainya.

  • Manajemen Operasional: Sesuai namanya, manajemen operasional adalah konsep manajemen yang membantu Anda dalam mengelola proses sehari-hari perusahaan agar lebih efisiensi.

  • Keuangan dan Akuntansi: Komponen ini mencakup pengelolaan arus kas, membuat anggaran, dan menganalisis laporan keuangan untuk memastikan kesehatan keuangan perusahaan.

  • Sumber Daya Manusia: Selanjutnya ialah komponen perekrutan, mengembangkan, dan memotivasi karyawan agar berkinerja tinggi dan tetap berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Fungsi dari Manajemen Bisnis

manfaat membuat perencanaan bisnis.jpg

Source: Shutterstock - Fungsi pemanfaatan business management.

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa dalam memanajemen suatu bisnis membawa fungsi tersendiri. Adapun fungsi itu, di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Perencanaan

Perencanaan merupakan langkah awal yang harus dilakukan dalam membangun usaha, baik bisnis marketplace maupun lainnya. Perencanaan yang baik, terutama dalam hal marketing membantu usaha Anda untuk terus berkembang.

Dalam perencanaan bisnis ini, yang direncanakan tentu tidaklah jauh dari aktivitas pemasaran, menentukan pengembangan hingga inovasi produknya, dan menjalankan segmentasi pasar yang sesuai.

2. Pengelompokan

Setelah perencanaan sudah matang dibuat, Anda bisa mengatur pembagian atas rencana itu. Bagilah kepada masing-masing divisi dan sumber daya yang ada, yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pembagian kelompok ini akan memudahkan Anda dalam membagi pekerjaan kepada pihak terkait. Bahkan, bisa menghindari penumpukan kerja kepada sumber daya yang ada. Jadi, satu orang tidak akan mengerjakan pekerjaan lain. Selain itu, bisa juga membuat pekerjaan masing-masing tidak double.

3. Sumber Daya

Sumber daya juga menjadi fungsi penting dalam manajemen bisnis di perusahaan. Berdasarkan kehadirannya, fungsi tersebut bisa membantu Anda memilih mana saja sumber yang tepat atau perlu dikembangkan.

Dengan memahami kehadiran sumber daya bagi kemajuan manajemen bisnis juga dapat membuat Anda untuk lebih mengenal masing-masing orang. Anda bisa dengan mudah memanajemen ekspektasi mereka.

4. Pengaturan

Fungsi selanjutnya yang bisa Anda ketahui ialah berkaitan dengan pengaturan. Pengaturan dalam manajemen ini diperlukan untuk menentukan reward and punishment bagi sumber daya.

Adanya pengaturan juga memudahkan Anda dalam mengatur kinerja karyawan. Anda juga bisa, secara tidak langsung, menyemangati mereka agar performa kinerja mereka meningkat.

5. Pengawasan

Fungsi terakhir berkenaan dengan pengawasan yang akan membantu Anda dalam memantau perkembangan bisnis. Anda bisa melihat bagaimana jalannya usaha terhadap manajemen yang sudah dibuat.

Selain itu, mengawasi jalannya manajemen yang sudah ditentukan juga sangat membantu Anda dalam berkembang. Anda akan tahu bagian apa saja yang masih kurang, sehingga perlu ditingkatan.

Menggunakan Data dalam Manajemen Bisnis

Pemanfaatan data telah menjadi kunci dalam manajemen bisnis yang modern dan berkembang. Dengan analisis data yang tepat, perusahaan bisa mendapatkan wawasan yang berharga, seperti marketing funnel, untuk menargetkan dan memberikan pengalaman yang lebih sesuai.

Data-data tersebut bisa Anda dapatkan dai bisnis manajemen ini. Adapun data-data itu, di antaranya sebagai berikut.

  • Data Penjualan: Untuk menganalisis tren penjualan, mengidentifikasi peluang pasar, dan mengevaluasi kinerja produk.

  • Data Pelanggan: Data pelanggan dapat Anda gunakan untuk menganalisis audiens. Anda bisa melihat dan memahami behavioral targeting, perilaku mereka guna meningkatkan pengalaman.

  • Data Operasional: Data ini bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional.

  • Data Keuangan: Mengetahui data keuangan sangatlah berguna karena bisa membantu Anda mengukur kesehatan keuangan perusahaan. Bahkan, juga dapat membantu Anda dalam membuat keputusan investasi yang lebih tepat di kemudian hari.

Manajemen Bisnis Anda Sekarang

Itulah tadi penjelasan mengenai manajemen bisnis yang bisa menjadi wawasan bagi Anda dalam mengembangkan usaha. Karena hal ini merupakan aspek krusial yang mampu membantu perusahaan memastikan kesuksesan bisnis di tengah kompetisi yang dinamis.

Dengan fokus pada hal tersebut, perusahaan bisa mengatasi tantangan yang ada. Bahkan, Anda juga berpotensi membangun fondasi yang kokoh untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang.

Jika rencana bisnis yang dijalankan lancar, jangan lupa untuk mempromosikan brand kepada khalayak. Caranya ialah dengan beriklan di luar ruang melalui Bus Advertising StickEarn.

Beriklan di bus, seperti Transjakarta atau Damri, sangat membantu Anda dalam mencapai objektif bisnis. Brand atau promosi yang dibuat lebih dilihat dan diingat konsumen karena akan tampil dalam ukuran yang besar.

Untuk pasang iklan di Transjakarta maupun Damri, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. Klik banner di bawah untuk beriklan atau berkenalan langsung dengan produk-produk StickEarn agar lebih paham.

CTA Banner Blog - 01.png