Ketika memulai atau menjalankan usaha, penting untuk membuat strategi bisnis yang matang sebagai rencana pemasaran. Menyusun materi strategi bisnis sangatlah membantu perusahaan dalam mengambil dan mencapai keputusan yang baik ke depannya.

Harvard Business School mengatakan bahwa strategi bisnis yang dibuat secara efektif sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Strategi tersebut perlu dipersiapkan sebelum barang atau jasa apapun yang akan diproduksi.

Strategi bisnis juga bisa menjadi fondasi keberhasilan promosi yang kuat. Anda bisa mengoptimalisasikan persaingan di industri melalui riset dan perencanaan yg dibuat saat menyusun strategi bisnis.

Oleh karena itu, Anda wajib merancang sejumlah strategi secara matang demi meningkatkan penjualan. Nah, berikut panduan membuat strategi bisnis di perusahaan.

Baca juga: Cara Memasarkan Produk yang Belum Dikenal dengan Cepat dan Efektif

Apa itu Strategi Bisnis?

teori strategi bisnis yang harus dipahami.jpg Source: Unsplash - Strategi bisnis adalah dasar perencanaan perusahaan dalam pengembangkan bisnis.

Sebelum mengetahui apa saja strategi bisnis, Anda perlu memahami pengertian dari strategi tersebut. Strategi bisnis adalah suatu tindakan atau upaya untuk menarik konsumen agar mau membeli produk, memperkuat kinerja perusahaan, dan upaya dalam mengembangkan usaha agar lebih maju ke depannya.

Strategi bisnis tentu menjadi dasar atau fondasi penting karena dapat membantu perusahaan mengambil tindakan, kebijakan, maupun keputusan yang tepat serta menguntungkan bisnis. Namun, strategi bisnis tidak bisa dilakukan dan rencanakan hanya satu kali.

Menurut Harvard Business School, sebanyak 93% lulusan Harvard Business School melakukan beberapa kali percobaan untuk menentukan arah bisnis mereka. Artinya, Anda perlu merancang strategi perusahaan yang berkelanjutan guna mengetahui mana strategi yang tepat dan sesuai dengan Anda.

Ditambah lagi, beberapa perusahaan juga tidak membuat strategi dalam sekali waktu, tetapi butuh banyak percobaan terhadap beberapa ide strategi dan observasi. Bahkan, ada yang turut memerhatikan tren pemasaran saat ini ketika menyusun suatu strategi. Karena, marketing trend selalu berubah dan dapat mempengaruhi pasar.

Selain itu, melalui strategi ini tidak hanya mencakup pada aspek pemasaran ataupun penjualan, tetapi dalam aspek kualitas produk, manajemen kinerja yang baik, dan kualitas sumber daya manusianya.

Misalnya, perusahaan milik Anda adalah perusahaan yang menjual makanan. Anda menerapkan, katakanlah 4 strategi bisnis makanan, seperti pemilihan layanan bisnis yang unik dan meningkatkan kualitas produk makanan yang Anda jual agar banyak orang yang tertarik untuk membeli produk Anda.

Dengan demikian, perusahaan akan lebih mampu bersaing dengan kompetitor yang menawarkan produk makanan serupa daripada yang hanya fokus pada satu strategi saja. Sebab, di era ini Anda perlu eksploratif, AB test setiap peluang.

Contoh Strategi Bisnis

Setelah mengetahui definisi dari strategi tersebut, Anda pasti penasaran mengenai apa saja jenis-jenis strategi bisnis dan contohnya, bukan? Nah, berikut adalah penjelasan mengenai contoh strategi usaha yang bisa Anda implementasikan.

1. Melakukan Cross Selling

Contoh pertama ialah dengan melakukancross selling. Cross selling termasuk ke dalam strategi bisnis yang efektif karena, selain dapat menarik perhatian konsumen, juga dapat menumbuhkan kepercayaan.

Cara ini bisa dilakukan melalui berbagai bisnis, seperti model B2B maupun B2C, bisnis offline, dan bisnis online. Jika bisnis Anda termasuk bisnis offline, maka Anda bisa menawarkan tambahan produk lainnya pada saat konsumen membeli produk Anda.

Namun, untuk bisnis online, maka Anda bisa mengatur dan memasang fitur tambahan tawaran produk lainnya pada platform media sosial, aplikasi, atau platform website perusahaan.

2. Ciptakan Produk yang Inovatif

Inovasi produk dapat membuat perusahaan Anda jauh lebih berkembang, maju, dan dapat menyempurnakan produk-produk yang terdahulu. Berinovasi dalam produk juga termasuk strategi bisnis.

Dalam melakukan inovasi produk, Anda perlu memahami apa saja kebutuhan konsumen dan minatnya dengan pengemasan atau membuat produk yang unik. Sebab, pada dasarnya, inovasi produk dapat mendorong konsumen untuk bertransaksi.

Pastikan pada saat memproduksi suatu produk, produk tersebut dapat membantu memecahkan masalah target konsumen atau pasar. Dengan begitu, bisnis Anda akan makin diandalkan dan dapat mengalahkan kompetitor yang menawarkan produk serupa.

Jika Anda bingung bagimana cara mengembangkan produk, Anda bisa simak artikel StickEarn di bawah ini.

Baca juga: Contoh Inovasi Produk yang Menguntungkan Bisnis

3. Gunakan Media Pemasaran yang Tepat

Penggunaan media pemasaran yang tepat juga akan membantu kegiatan bisnis Anda semakin baik dan menarik. Ditambah lagi, jika Anda menggunakan media periklanan luar ruang sebagai sarana pemasaran.

Jenis iklan yang satu ini, diprediksi akan makin populer. Banyak brand yang menggunakan OOH untuk beriklan karena efektif dalam mendukung objektif campaign perusahaan.

Salah satu contoh iklan OOH yang efektif dan menarik ialah MobileLED Advertising. MobileLED advertising ialah jenis media luar ruangan yang menampilkan iklan di badan mobil menggunakan layar LED.

Layar LED tersebut dapat menampilkan iklan Anda dalam berbagai format, yakni berbentuk foto, video, ataupun kombinasi keduanya. Menggunakan MobileLED Advertising mampu membuat iklan ataupun campaign Anda tampil dengan jelas di jalan, sehingga brand pun bisa meningkatkan kesadaran produk terhadap produk yang dipromosikan.

Sudah banyak brand yang menggunakan MobileLED Advertising untuk beriklan. Salah satunya ialah Clear. Brand sampo tersebut membuat iklan komersial di media MobileLED Display StickEarn.

Clear mempromosikan produk di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan hilir-mudik di lokasi tertentu selama beberapa periode. Anda bisa menyimak iklan Clear di media OOH StickEarn melalui video YouTube ini.

4. Tingkatkan Layanan Pelanggan

Dengan meningkatkan kualitas layanan, perusahaan berpotensi meningkatkan customer retention di perusahaan. Selain itu, contoh ini juga mampu membantu Anda mendongkrak citra positif brand di benak konsumen, StickFriends.

Pandangan konsumen pada suatu perusahaan cukup penting karena dapat membawa pengaruh yang baik bagi bisnis. Bahkan, opini mereka juga bisa mempengaruhi keberlangsungan bisnis di masa mendatang.

5. Buat Strategi Harga

Pembuatan strategi harga yang tepat tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan, tetapi juga dapat berpengaruh pada persepsi pelanggan terhadap kualitas produk yang Anda jual.

Adapun aspek-aspek penting yang mendukung strategi harga ialah pemahaman segmentasi pasar, seperti apa sajakah keinginan dan kebutuhan mereka, kemudian Anda juga bisa memerhatikan anggaran perusahaan, mulai dari biaya produksi, biaya operasional, dan biaya pemasaran.

Pertimbangkan baik-baik anggaran perusahaan dan observasi apa sajakah yang penting untuk diatur dan sesuaikan dengan harga produk yang ingin diproduksi. Penting juga untuk melihat dari kompetitor apakah harga produk Anda lebih tinggi, lebih rendah, ataukah sebanding.

6. Tingkatkan Kualitas Karyawan

Faktor kualitas karyawan juga berpengaruh terhadap perusahaan karena karyawan dapat menjadi pendukung penting kelangsungan suatu bisnis. Semakin berkualitas karyawan perusahaan Anda, maka semakin maju dan baik dalam proses kegiatan bisnis.

Oleh karena itu, perekrutan, pengembangan, dan retensi karyawan yang berkualitas menjadi faktor kunci dalam strategi manajemen sumber daya manusia suatu perusahaan.

Tujuan Strategi Bisnis

menyusun strategi bisnis digital perusahaan.jpg

Source: Unsplash - Memahami apa saja tujuan dari dibentuknya strategi bisnis.

Lebih lanjut, strategi bisnis mempunyai tujuan penting yang bisa mendukung perusahaan Anda jika dibuat dengan matang. Tujuan utama dari penerapan strategi ini ialah untuk membentuk kerangka pedoman dan langkah-langkah penting agar kegiatan bisnis berjalan ke arah yang baik dan efektif.

Selain itu, strategi usaha juga dibuat dengan maksud untuk membantu upaya perusahaan dalam membuat keputusan yang tepat dan sebagai usaha menarik minat konsumen. Sebab, melalui penerapan strategi bisnis, Anda dapat bersaing dengan kompetitor yang menawarkan produk serupa.

Oleh karena itu, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penting untuk menerapkan strategi bisnis guna mempermudah kelangsungan usaha yang Anda jalankan dengan lebih baik.

Terapkan Strategi Bisnis Perusahaan Anda!

Itulah penjelasan mengenai strategi bisnis yang penting untuk Anda buat dan jalankan. Dengan memahami dan menerapkan strategi tersebut, Anda pun bisa membangun perusahaan yang maju dan berkembang.

Jika sudah memahami strategi ini, Anda dapat perlu mencoba untuk memasarkan produk menggunakan periklanan luar ruang. Anda bisa beriklan melalui MobileLED Advertising StickEarn untuk mencapai hasil pemasaran yang lebih efektif.

Sebab, tidak jauh berbeda dengan jenis iklan OOH dan DOOH lainnya, MobileLED Advertising juga mampu membantu brand dalam menjangkau berbagai kalangan yang ada di luar ruang. Anda bisa meningkatkan reach, impression, dan bahkan mengukur keberhasilan campaign iklan lewat media ini.

Tertarik? Silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png