Selain brand awareness, brand value juga menjadi salah satu proses branding yang tak kalah penting untuk Anda perhatikan. Pasalnya, brand value adalah kegiatan yang akan membantu Anda mendorong konsumen untuk bertransaksi hanya di produk Anda.

Hanya saja, pemahaman dasar mengenai apa yang dimaksud brand value jarang diketahui pebisnis. Sebagian dari mereka cenderung fokus pada insight soal tingkatan dalam brand awareness.

Oleh karena itu, inilah saatnya untuk level up pemahaman agar produk yang Anda tawarkan makin menjadi pilihan dengan memahami brand value. StickEarn sudah menyiapkan pembahasan tersebut di artikel ini.

Baca juga: Perbedaan Branding & Marketing yang Mempengaruhi Bisnis, Apa Sajakah?

Pengertian Brand Value

apa itu brand value.jpg

Source: Freepik - Memahami definisi brand value dalam bisnis.

Lalu, apa itu brand value? Lebih detail lagi, brand value adalah proses branding yang menyatakan jumlah total dari banyaknya konsumen yang bertransaksi di produk Anda.

Konsumen tak hanya sekadar belanja, tetapi mereka juga rela mengeluarkan uang lebih demi membeli produk tersebut dibandingkan produk kompetitor.

Senpulse.com mengatakan bahwa brand value adalah suatu nilai. Nilai inilah yang akan mengidentifikasi pendapatan perusahaan sesuai dengan awareness konsumen terhadap produk ditawarkan.

Dengan kata lain, brand value atau nilai merek merupakan suatu perhitungan tentang keberhasilan perusahaan yang dihitung berdasarkan nilai branding di hadapan market.

Brand value tak hanya sekadar penggunaan logo, jargon, maupun warna, melainkan kombinasi dari semua elemen dan upaya branding yang Anda lakukan, StickFriends.

Contoh dari penerapan brand value ini bisa Anda lihat pada produk-produk Apple. Perusahaan smartphone tersebut dikenal sebagai produsen ponsel premium dengan harga yang mahal.

Meskipun ponsel yang dikeluarkan rata-rata dibanderol dengan harga belasan juta ke atas, tetapi konsumen tetap ingin membelinya. Bahkan, konsumen bertransaksi di awal perilis HP tersebut.

Padahal, masih ada opsi lain untuk membeli HP yang harganya di bawah Apple. Namun, pengguna setia brand itu tetap memilih Apple karena brand awareness dan brand value yang melekat di dalamnya.

Fungsi Brand Value

Meskipun pemahaman mengenai definisi brand value dari berbagai pendapat ahli beragam, tetapi yang pasti fungsi nilai merek hanya terdiri dari beberapa poin di bawah ini. Apa sajakah itu?

  • Memberikan informasi terkait nilai financial (yang dilihat dari pendapatan) suatu brand. Nilai ini didapat melalui brand value menggunakan data keuangan dan pemasaran.

  • Brand value juga berfungsi sebagai proyeksi yang bisa Anda gunakan untuk memprediksi keuntungan di masa mendatang melalui kegiatan branding dan marketing yang telah Anda lakukan.

  • Selain itu, proses branding yang satu ini juga dapat Anda gunakan sebagai pemberi kejelasan, pembeda, dan konsistensi bisnis di dalam market.

  • Terakhir, brand value juga bisa memberikan informasi tentang jumlah total penjualan dan keuangan brand yang diukur dari perusahaan serupa.

Manfaat Brand Value terhadap Penjualan

kelebihan dari brand value.jpg

Source: Freepik - Brand value memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis.

Meningkatkan brand value berarti bisa membuat Anda mendapatkan berbagai keuntungan dari aktivitas ini. Sebab, seperti proses branding lainnya, brand value juga secara signifikan mampu mendorong brand image yang positif di mata konsumen.

Ditambah lagi, optimasi dari strategi tersebut juga dapat membantu Anda meraih berbagai manfaat lainnya yang bisa membuat bisnis lebih bernilai.

1. Memperoleh loyalitas pelanggan

Bagi brand yang value-nya sudah ditetapkan sedari awal akan mudah untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Konsumen sudah yakin dengan produk yang ditawarkan lantaran kualitas dan manfaat yang diberikan.

Dengan begitu, konsumen pun tidak akan berpikir panjang untuk membeli produk. Bahkan, mereka rela tidak melirik brand lain dan melakukan pembelian kembali di tempat Anda.

2. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Selain loyalitas, kepercayaan konsumen juga bisa Anda raih dengan mudah. Hal itu karena value yang Anda bawa dari produk yang ditawarkan dapat konsumen pahami dan nikmati.

Lalu, bersama hadirnya kepercayaan ini, konsumen juga tidak akan ragu untuk mempromosikan produk yang mereka gunakan itu ke orang lain. Nantinya, akan terjadi proses marketing dari mulut ke mulut karena brand value.

3. Meningkatkan penjualan produk

Nah, jika hal tersebut terjadi dengan baik, maka penjualan produk Anda pun akan meningkat. Konsumen pasti lebih melihat brand Anda dibanding produk-produk kompetitor, StickFriends.

Menariknya, peningkatan penjualan juga tak hanya terjadi pada satu produk saja. Bisa saja konsumen akan lebih mengekspor produk Anda sehingga produk yang lainnya turut kebanjiran pembelian.

4. Membantu brand mengenali konsumennya

Manfaat brand value yang terakhir ialah adanya keuntungan untuk brand dalam mengenali para konsumen. Jika penjualan Anda meningkat, artinya ada banyak konsumen yang datang.

Anda pun dapat menganalisis audiens tersebut menggunakan segmentasi pasar supaya lebih terlihat data demografi, journey pembelian, dan status pelanggan; apakah mereka adalah pelanggan baru atau pelanggan lama yang melakukan pembelian kembali.

Sebetulnya tak hanya segmentasi market saja yang bisa Anda dapat. Pada manfaat ini, data konsumen juga bisa Anda jadikan sebagai tolok ukur untuk melakukan retargeting ads, StickFriends. Pasti sangat membantu Anda dalam beriklan!

Baca juga: Faktor Penting dalam Iklan yang Membuat Penjualan Meningkat

Cara Meningkatkan Brand Value

Dari semua manfaat yang Anda dapatkan ini, Anda pasti bertanya-tanya mengenai bagaimana cara meningkatkan brand value, bukan? Cara itu memang harus Anda pelajari agar nantinya Anda bisa menentukan brand value produk secara tepat.

Ada beberapa langkah untuk meningkatkan proses tersebut, di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Pastikan brand atau produk yang Anda buat mampu memberikan value yang baik untuk konsumen. Pastikan juga bahwa produk itu dapat menjawab pain point mereka.

  • Branding produk tersebut dengan menarik.

  • Tentukan source atau tempat untuk konsumen bertransaksi atau sekadar melihat produk Anda. Anda bisa memanjang produk secara online, offline, atau mengombinasikan keduanya.

  • Buat campaign marketing yang kreatif guna memasarkan produk tersebut. Anda bisa membuat promosi produk melalui iklan luar ruangan atau secara online. Selain itu, Anda pun dapat menggabungkan kampanye iklan pada dua kanal tersebut melalui offline to online advertising, seperti yang layanan O2O ads StickEarn.

  • Lalu, jangan lupa untuk jalin kerja sama dengan investor atau stakeholder potensial agar Anda mendapatkan suntikan dana.

Cara Menghitung Brand Value

rumus hitung brand value.jpg

Source: Freepik - Ilustrasi formula hitung brand value.

Jika sudah menjalankan proses di atas, kemudian bagaimana cara menghitung brand value-nya, ya? Masih dikutip dari Sendpulse, untuk mengukur brand value dapat perusahaan lakukan melalui pendekatan berikut ini.

  • Market-base valuation. Metode ini memungkinkan Anda mengetahui nilai brand di market. Sebab, sesuai namanya, market-base valuation adalah cara termuda untuk menentukan berapa harga perusahaan atau produknya dengan yang serupa di pasar. Setelah ditentukan, Anda pun bisa mengetahui value dari brand.

  • Cost-based valuation adalah cara untuk mengukur brand value melalui perhitungan biaya yang perusahaan keluarkan dari awal berdiri hingga sekarang. Perhitungan ini juga mencakup investasi sumber daya di perusahaan Anda.

  • Income-based valuation. Cara pengukuran brand value yang satu ini adalah dengan menggunakan income-based valuation yang lebih berfokus pada arus keuangan perusahaan sebagai dasar pengukuran, seperti pendapatan, arus kas, dan pengeluaran untuk di masa depan.

  • Net promoter score (NPS). Terakhir ialah menggunakan NPS. Dengan NPS, Anda bisa mengukur potensi produk untuk dipromosikan kembali ke konsumen lain. Jika Anda menghitung value melalui NPS, Anda harus bertanya kepada konsumen tentang apakah mereka akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain menggunakan survey dengan skor jawaban 0-10. Dengan begitu, Anda pun dapat mengukur berapa banyak konsumen yang tahu, mau, percaya, dan menyukai produk Anda.

Perkuat Brand Value Perusahaan Anda!

Sampai di sini Anda pasti sudah paham mengenai brand value. Sederhananya, brand value adalah proses yang menyatakan jumlah total konsumen yang mau bertransaksi dan mengeluarkan uang lebih untuk produk Anda karena terpengaruh oleh proses branding.

Tak hanya sekadar mengukur value dan keuntungan yang Anda dapat, melalui aktivitas ini, Anda juga bisa memperkuat awareness dan reputasi bisnis, StickFriends.

Brand value dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya ialah melalui proses penyebaran awareness. Nah, apabila Anda berencana menggencarkan awareness, Anda bisa melakukannya bersama StickEarn.

Kami menyediakan berbagai layanan iklan luar ruangan yang bisa menjadi pilihan untuk ads campaign Anda. Jika tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut iklan OOH dan DOOH StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png