Menjadi top of mind di pikiran konsumen sangatlah penting untuk dilakukan. Namun, untuk bisa menguasai pikiran mereka dengan produk yang Anda tawarkan, Anda wajib melakukan brand awareness.

Brand awareness adalah istilah branding yang digunakan untuk mengukur tingkat kesadaran konsumen terhadap brand. Tidak hanya pada brand, tetapi kesadaran merek tersebut juga dapat membantu Anda mengetahui product awareness di masyarakat.

Pasalnya, ketika Anda menjalankan strategi branding produk, Anda bisa lebih dekat, sehingga dapat membaca pikiran masyarakat. Contoh brand awareness ialah ketika konsumen ingin membeli air mineral.

Tidak jarang mereka menyebutkan suatu merek, alih-alih menyebut air mineral, saat mengatakan ingin membeli air minum dalam kemasan. Oleh karena brand awareness sangat penting dalam membantu Anda mengukur kesadaran konsumen terhadap brand dan produk, Anda pun wajib mempelajarinya di sini.

Pelajari Cara Brand Meningkatkan Kesadaran Merek Melalui OOH

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness adalah.jpg

Source: Shutterstock - Memahami pengertian dan arti brand awareness.

Brand awareness atau kesadaran merek dapat didefinisikan sebagai sejauh mana konsumen mampu mengenali suatu merek. Sederhananya, brand awareness adalah tolok ukur dikenali atau tidaknya brand dan produknya di kalangan audiens target.

Hubspot mendefinisikan bahwa brand awareness adalah istilah pemasaran yang mengacu pada seberapa akrab audiens target Anda dengan merek Anda dan seberapa baik mereka mengenalnya.

Istilah ini menjadi komponen yang sangat penting dalam proses pengambilan keputusan sebelum melakukan pembelian. Sebab, konsumen pasti cenderung melakukan pembelian jika mengetahui kategori produk, logo, atau nama merek. Merek dengan brand awareness yang tinggi umumnya disebut sebagai 'tren', viral', atau 'populer'.

Membangun kesadaran merek sangat penting saat Anda berjuang memasarkan dan mempromosikan perusahaan dan produk, terutama pada tahap awal bisnis.

Namun, yang perlu ditekankan ialah membuat produk atau layanan berbeda dari yang lain dalam kategori produk atau layanan yang sama. Diperlukan usaha untuk membuat strategi peningkatan kesadaran yang lebih mendalam.

Brand awareness mencakup brand recognition (pengenalan merek) sekaligus brand recall (ingatan tentang merek). Dengan kata lain, kesadaran merek ini merujuk bahwa konsumen harus memulihkan merek dari ingatannya dengan benar ketika diberi petunjuk atau dia dapat mengingat merek tertentu ketika kategori produk disebutkan.

Baca juga: Mengenal Branding dan Manfaatnya dalam Marketing

Brand Awareness Menurut Para Ahli

Lebih lanjut lagi, brand awareness menurut ahli diartikan sebagai salah satu dimensi dasar dari ekuitas suatu merek yang sering dianggap sebagai salah satu persyaratan dari keputusan pembelian seorang konsumen karena merupakan faktor penting dalam pertimbangan suatu merek.

Ada beberapa ahli yang berpendapat mengenai definisi brand awareness ini, di antaranya ialah:

  • David Aaker

Aaker atau David Aaker ialah seorang konsultan yang membuat beberapa buku mengenai brading. Menurutnya, brand awareness ialah kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenal, mengetahui dan/ mengingat kembali bahwa sebuah merek merupakan bagian dalam kategori produk tertentu.

  • Herman Kartajaya

Seorang marketers, founder suatu perusahaan, dan penulis buku pemasaran, mengatakan bahwa kesadaran merek adalah kemampuan pembeli dalam mengenali atau mengingat kembali suatu merek yang termasuk dalam kategori produk tertentu. Ketika pembeli mengenal suatu brand, potensi untuk membeli produk dapat meningkat.

  • Philip Kotler

Kesadaran merek (brand awareness) adalah kemampuan dari seseorang yang merupakan calon pembeli (potential buyer) untuk mengenali (recognize) atau menyebutkan kembali (recall) suatu merek merupakan bagian dari suatu produk.

Manfaat Brand Awareness

pengertian brand awareness.jpg

Source: Shutterstock - Keuntungan membangun brand awareness.

Brand awareness adalah komponen yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan bisnis yang Anda jalankan. Pasalnya, ada beberapa manfaat brand awareness yang akan brand dapatkan saat membangung kesadaran merek ini. Lalu, apa saja manfaatnya?

1. Mengarahkan Traffic ke Situs Web

Kampanye brand awareness yang kuat akan membantu StickFriends untuk menghasilkan organic website traffic. Tingkat kesadaran atau pencarian merek inilah yang menjadi kunci dalam metrik pengukuran kesadaran merek.

Sebagian besar konsumen biasanya lebih cenderung membeli dari merek yang mereka kenal melalui situs web dari merek yang mereka ketahui. Selain itu, kesadaran merek dan afinitas merek meningkatkan rasio klik-tayang dan konversi dalam iklan online sebanyak tiga kali lipat.

Memang dibutuhkan waktu untuk membangun kesadaran merek, tetapi begitu Anda mencapai titik di mana orang-orang mengenal merek Anda dengan baik, maka akan lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan kepercayaan mereka. Hasilnya, hal tersebut akan mengarah pada peningkatan penjualan dan loyalitas pelanggan.

2. Membangun Kepercayaan Konsumen

Semakin banyak orang mengetahui brand Anda, maka semakin mudah pula Anda membangun kepercayaan. Pelanggan jadi tidak perlu melakukan riset dari awal untuk mengenal merek StickFriends jika Anda selalu jadi yang terdepan, tetapi lebih cenderung akan bertanya kepada rekan atau keluarga.

Nah, jika teman, keluarga, dan kolega konsumen mengetahui dan merekomendasikan merek StickFriends, maka konsumen tersebut akan lebih mudah percaya pada produk Anda.

3. Meningkatkan Persepsi atau Citra Suatu Merek

Citra merek atau brand image tidak sama dengan kesadaran merek. Persepsi atau citra suatu merek ini lebih dari sekedar jumlah konsumen yang mengenal brand Anda, tetapi lebih berfokus pada perasaan mereka tentang brand Anda.

Kesadaran merek di pasaran tidak akan bertahan lama jika brand Anda memiliki citra yang buruk. Contohnya, sebelum seorang konsumen memiliki opini atau persepsi tentang suatu merek, tentu ia perlu membeli atau menggunakan merek tersebut beberapa kali.

Dari situ, Anda pasti menyadari bahwa konsumen tersebut memiliki brand awareness yang baik terhadap merek Anda, tetapi belum tentu memiliki persepsi yang baik pula.

Maka, saat membangun kesadaran merek, sudah pasti StickFriends juga harus mengupayakan citra merek. Jadi, Anda mempertimbangkan efek jangka panjang di masa depan, buat kampanye kesadaran merek dengan mempertimbangkan citranya juga.

4. Membantu Pembuatan Konten dan Produk yang Lebih Baik

Tidak sedikit orang bertanya mengenai kenapa brand awareness itu penting. Pasalnya, informasi mengenai brand awareness banyak dicari dan juga menjadi tolok ukur dalam menyukseskan suatu brand, terlebih brand baru.

Menyadarkan audiens akan brand memang penting untuk dilakukan. Dengan membangun brand awareness, artinya Anda akan lebih mudah dalam membuat kampanye pemasaran yang lebih baik. Alih-alih mencapai lebih banyak target audiens, Anda juga dapat mengumpulkan lebih banyak data tentang audiens Anda.

Ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan upaya pemasaran, konten, produk, atau layanan agar mampu menjawab keinginan dan kebutuhan konsumen. Inilah yang membuat kesadaran merek harus benar-benar StickFriends perhatikan.

5. Meningkatkan Penjualan

Kesadaran merek adalah fondasi yang harus jadi prioritas dari semua upaya strategi pemasaran, mulai dari media sosial hingga SEO. Inilah yang membantu Anda untuk membuat konsumen sadar akan produk atau layanan yang StickFriends tawarkan.

Dengan begitu, brand bisa mendapatkan kepercayaan mereka dan memengaruhi proses pengambilan keputusan mereka. Nah, ketika konsumen mengetahui merek dan logo dari produk StickFriends serta pemasaran lainnya, maka StickFriends bisa menjual lebih banyak.

Mengapa Brand Awareness Penting?

Setelah menyimak pemaparan di atas, Anda pasti bertanya mengapa brand awareness itu penting bagi bisnis, bukann? Jawabannya tentu saja penting karena brand awareness mencakup berbagai hal yang dapat mempengaruhi performa perusahaan.

Ada berbagai faktor yang membuat indikator keberhasilan branding ini begitu penting, di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Mempengaruhi pembelian. Konsumen cenderung membeli produk yang mereka kenal.
  • Membuat konsumen loyal. Jika sudah kenal, audiens biasanya akan sangat loyal terhadap brand.
  • Menjadikan brand sebagai top of mind. Setelah berhasil mempengaruhi, membuat audiens loyal, kesadaran merek pun mampu membuat brand sebagai satu-satunya atau top of mind.

Cara Meningkatkan Brand Awareness

cara membangun brand awareness.jpg

Source: Freepik - Tips membangun brand awareness yang efektif.

Membangun kesadaran merek mencakup penggunaan berbagai saluran promosi, seperti iklan digital, iklan luar ruang atau OOH, media sosial dan lain-lain.

Namun, yang menjadi pertanyaannya ialah bagaimana cara membangun brand awareness? Berikut tips lengkapnya!

1. Pikirkan dari Sudut Pandang Konsumen, Bukan Perusahaan

Tips pertama untuk membangun brand awareness adalah berpikir dari sudut pandang konsumen. Untuk meninggalkan kesan mendalam pada audiens, ada baiknya Anda mendefinisikan diri Anda lebih dari sekadar perusahaan yang menjual barang.

2. Bangun Brand Awareness dengan Strategi Co-Marketing

Co-marketing juga bisa jadi solusi jitu untuk membangun kesadaran merek, yakni strategi pemasaran bersama antara dua atau lebih perusahaan. StickFriends bisa memanfaatkan audiens dari brand lain dan melipatgandakan jangkauan.

Misalnya, jika perusahaan StickFriends menjual produk kuliner, StickFriends berpotensi bermitra dengan aplikasi pemesanan makanan. StickFriends bisa membuat penawaran bersama seperti pesan melalui aplikasi untuk dapatkan diskon tambahan 10% dan masih banyak lagi cara lain yang bisa dilakukan.

3. Buat Slogan yang Simpel tapi Menarik

Membuat moto atau slogan singkat adalah landasan dari strategi kesadaran merek yang kuat dan merupakan cara mudah dan sederhana untuk meningkatkan brand awareness. StickFriends bisa ambil contoh brand Nike dengan slogan “Just Do It!”, atau KFC dengan slogannya “Jagonya Ayam”. Singkat, namun jelas, menarik, dan mudah diingat.

4. Fokus Pada Pemosisian dan Personalitas Brand

Pemosisian itu penting, StickFriends. Merek yang berbeda umumnya menggunakan strategi penentuan posisi yang cerdas untuk meningkatkan kesadaran merek. Tentukan posisi dan personalitas merek sebagai produk premium atau produk ekonomis di pasaran dengan mempertimbangkan manfaat, citra, pesaing, dan harga produk.

5. Manfaatkan Media OOH (Out-of-Home)

Selain periklanan online, media iklan OOH atau iklan di luar ruangan merupakan cara lain yang bagus untuk meningkatkan kesadaran merek. Ada banyak jenis OOH, mulai dari billboard, memanfaatkan sarana publik, kendaraan umum, spanduk, neon box, dan lain-lain untuk menarik perhatian audiens yang tidak terjangkau oleh teknologi.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Baliho, Billboard, Megatron, & Videotron

Sudah Paham tentang Brand Awareness?

Sampai di sini, Anda pasti makin paham mengenai apa itu brand awareness dan komponen pengembangannya, bukan? Jika disimpulkan, brand awareness adalah istilah untuk mengukur kesadaran konsumen akan suatu produk atau brand.

Memahami brand awareness penting untuk dilakukan. Selain karena dapat membantu Anda dalam mengenalkan produk juga bisa memudahkan Anda dalam mengukur seberapa dalam konsumen mengenal produk.

Karena begitu penting, StickFriends bisa menjalankan campaign brand awareness secara efektif bekerjasama dengan StickEarn melalui periklanan OOH dan DOOH. Ada berbagai layanan iklan luar ruang, mulai dari iklan di kendaraan, seperti Car Advertising, Motorbike Advertising, Train Advertising, iklan di billboard, dan iklan MobileLED Advertising juga O2O Advertising yang bisa Anda manfaatkan.

Jika tertarik untuk meningkatkan awareness, langsung saja manfaatkan promo Year End Sale dari StickEarn untuk beriklan dengan klik banner di bawah.

CTA Banner Blog - 02.png