Memasarkan produk merupakan langkah yang sangat krusial dalam menjalankan strategi pemasaran. Sayangnya, sebagian pebisnis maupun marketers terkadang tidak mengetahui cara menawarkan produk yang efektif.

Padahal, di era berkembangnya tren pemasaran saat ini, banyak cara menawarkan produk ke konsumen yang bisa Anda lakukan. Beberapa di antaranya sudah banyak dilakukan oleh berbagai brand.

Contoh cara menawarkan produk ke konsumen yang tergolong efektif dan out of the box itu ialah dengan menggunakan Mobile Showcase Advertising. Melalui media iklan luar ruang tersebut, secara tidak langsung, dapat membantu Anda memasarkan produk kepada konsumen dengan cara yang lebih menarik.

Selain cara itu, ada berbagai teknik pemasaran lainnya yang bisa Anda coba sebagai langkah menawarkan produk pada konsumen potensial. Apa sajakah itu dan bagaimana cara menawarkan produk dapat Anda simak melalui pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diketahui tentang Display Truck

1. Pahami Pasar dan Target Audience dengan Tepat

tips menawarkan produk.jpg

Source: Freepik - Memahami konsumen menjadi langkah awal dalam menawarkan produk kepada pelanggan.

Sebelum Anda mulai memasarkan produk, penting untuk memahami pasar dan siapa target audiens Anda. Identifikasi kebutuhan dan keinginan mereka, sehingga kampanye pemasaran yang Anda buat dapat lebih terarah.

Anda perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui hal tersebut. Melalui aktivitas riset inilah nantinya Anda dapat melihat apa yang sebenarnya audiens butuhkan.

Anda bisa menggunakan tools analisis pasar, seperti Google Trends dan riset kompetitor yang siap membantu Anda mendapatkan wawasan yang berharga mengenai mereka. Jadi, setelah Anda tahu, Anda pun bisa menawarkan produk dengan lebih tepat sasaran.

2. Gunakan Pendekatan yang Tepat

Setelah Anda mengetahui siapa target market di perusahaan, penting juga untuk menentukan cara mendekati konsumen. Pasalnya, setiap audiens mempunyai karakter yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dibutuhkan pendekatan yang sesuai dalam memasarkan produk di pasar.

Jika Anda bingung bagaimana cara menentukan pendekatan yang tepat, Anda bisa mempelajari tentang behavioral targeting untuk mengetahui setiap karakteristik audiens dan pasar. Selain itu, Anda pun wajib membuat segmentasi pasar agar bahasa penawaran atau kata-kata yang digunakan saat menawarkan produk lebih sesuai.

Bahasa pemasaran yang akan Anda gunakan mempunyai pengaruh yang besar, entah dalam iklan maupun direct selling produk. Jadi, tatalah kalimat atau bahasa Anda saat menawarkan produk ke konsumen agar mereka mau memberikan perhatian terhadap kegiatan pemasaran Anda, ya.

Baca juga: Kenali Cara Kerja Marketing Terbaik untuk Pemasaran

3. Buat Konten Promosi yang Menarik

Content marketing mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu Anda meningkatkan penjualan. Melalui konten yang menarik, Anda bisa mencuri perhatian audiens, baik untuk melihat iklan Anda maupun membeli produk yang Anda tawarkan, StickFriends.

Menurut penelitian Profesor Gerald Zaltman dari Harvard Business School, yang dikutip dari SEMRush, 95% keputusan pembelian terjadi di alam bawah sadar audiens. Jika Anda ingin mempengaruhi kesadaran mereka, Anda dapat melakukannya melalui konten pemasaran.

Adapun konten-konten menarik yang dapat Anda buat tidak hanya sebatas pemberian diskon atau potongan harga saja. Anda dapat membagikan konten edukasi atau tips and trick yang bermanfaat untuk mereka.

Nah, nantinya dari sana, Anda pun bisa menyentuh emosi dan menghadirkan urgensi terhadap pentingnya produk tersebut. Dengan begitu, mereka akan melakukan tindakan pemasaran yang Anda butuhkan.

4. Gunakan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat kuat untuk memasarkan produk Anda. Di platform tersebut, Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti membagikan konten, berinteraksi dengan audiens, sampai menggunakan medsos sebagai sarana customer service.

Namun, sebelum menggunakannya, entah untuk beriklan di media sosial, Anda wajib menyeleksi berbagai platform yang ada terlebih dahulu. Pilihlah platform yang sesuai dengan karakteristik target audience Anda.

Dengan kreativitas dalam konten dan penggunaan iklan terarah, Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas. Contoh efektifnya ialah termasuk kampanye hashtag trending di Twitter, TikTok, ataupun di Instagram, promosi konten di Facebook, dan video pemasaran di YouTube.

5. Beriklan di Mobile Showcase Advertising StickEarn

menawarkan produk melalui mobile display showcase.jpeg

Source: Doc. StickEarn - Menggunakan Mobile Showcase Display sebagai sarana menawarkan produk.

Selain cara menawarkan produk ke pelanggan seperti di atas, Anda juga bisa memanfaatkan iklan Out-of-Home Advertising (OOH) sebagai sarana penawaran. Salah satu media yang dapat Anda gunakan dan tergolong efektif ialah Mobile Showcase.

Media tersebut dapat membantu Anda dalam memasarkan produk secara lebih unik dan kreatif. Sebagai pemasar, Anda bisa mengkreasikan mobil ini untuk menampilkan visual display sample product.

Produk akan tampil di dalam mobil yang dibalut kaca, sehingga mudah terlihat oleh audiens yang ada di jalan. Tampilannya juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing brand.

Misalnya, Anda dapat menyulap mobil iklan tersebut dengan menambahkan ikon atau maskot brand di dalamnya. Mixue x StickEarn pernah melakukan hal tersebut untuk selling dan promotion produknya di Mobile Showcase. Mixue menambahkan boneka bernama ​​Snow King untuk mempercantik iklannya.

Lalu, ada juga campaign marketing Chocomory bersama StickEarn. Chocomory menampilkan produk mereka dalam bentuk kue yang bergerak di dalam mobil, sehingga tidak hanya menarik, tetapi juga mampu membuat audiens salah fokus dengan kue yang ditampilkan.

Bahkan, campaign Chocomory dilengkapi dengan brand activation. Jadi, Mobile Showcase tidak hanya hilir-mudik di jalan, juga dapat stay di suatu tempat untuk memeriahkan kegiatan offline marketing brand.

Sebab, dalam brand activation-nya Chocomory juga turut mengadakan product sampling untuk memperkenalkan produk terbaru. Alih-alih mengajak audiens untuk terlibat dalam aktivasi seru berupa games, audiens pun bisa mencicipi produk yang akan Chochomory luncurkan.

Jika Anda tertarik menggunakan Mobile Showcase untuk beriklan, Anda bisa beriklan bersama StickEarn. Konsultasikan atau buat segera iklan Anda dengan klik banner di bawah!

6. Buat Endorsement atau Kerjasama dengan Influencer

memasarkan produk dengan influencer.jpg

Source: Freepik - Trik menawarkan produk secara efektif menggunakan influencer.

Memanfaatkan kekuatan influencer marketing dapat memberikan dampak besar bagi pemasaran produk Anda. Influencer bisa secara aktif dan masif mempengaruhi pikiran dan tindakan audiens, khususnya followers mereka.

Sebagai catatan, sebelum Anda bekerjasama dengan seorang pemengaruh, Anda perlu mengidentifikasi influencer tersebut. Periksalah apakah audiens influencer sejalan dengan produk Anda atau tidak, kemudian jika sama, tawarkan kerjasama.

Sudah Paham Cara Menawarkan Produk?

Mengetahui cara menawarkan produk sangatlah penting. Dengan mengetahuinya, Anda bisa menerapkan strategi pemasaran yang lebih baik di perusahaan.

Anda juga dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan produk secara lebih efektif lagi. Karena itu, ingatlah untuk selalu memperbarui pengetahuan terkait cara memasarkan produk di perusahaan. Sebab, langkah tersebut terus berkembang, sehingga setiap hari ataupun periode ada saja cara terbaru yang wajib Anda pelajari.

Jadi, cara penawaran produk yang mana yang ingin Anda terapkan? Apapun yang Anda pilih, beriklan di luar ruang menggunakan Mobile Display Advertising dapat menjadi pilihan yang tepat karena mampu mendorong konsumen membeli produk Anda.

Jika tertarik, sekali lagi, silakan klik banner yang ada di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn agar lebih paham.

CTA Banner Blog - 01.png