Keberadaan hashtag TikTok mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan visibilitas konten. Jika saat ini Anda tengah mempertanyakan tentang performance konten TikTok yang masih biasa saja, mungkin Anda belum mengoptimasi hashtag di media sosial tersebut.

Salah satu digital agensi ternama, Hootsuite, mengatakan bahwa membuat konten yang menarik adalah kewajiban, tetapi menambah hashtag dalam konten jualan di TikTok juga sama wajibnya. Dua-duanya saling berkaitan dan wajib dilakukan.

Ditambah lagi, search engine TikTok juga semakin canggih layaknya SERP Google sehingga setiap tagar yang Anda sematkan mampu mendorong engagement. Jadi, jika ingin meningkatkan performa bisnis di TikTok, pembahasan ini wajib Anda simak sampai habis.

Baca juga:Tiktok Marketing: Panduan untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Mengenal Hashtag di TikTok

hashtag di tiktok untuk meningkatkan penjualan.jpg

Source: Pixabay - Hashtag diwakili dengan simbol tanda pagar (#) dan diikuti oleh satu frasa.

Apa itu hashtag TikTok mungkin sedang Anda tanyakan, bukan? Wajar saja karena tak sedikit pebisnis yang masih bingung mengenai hal ini sehingga mengabaikannya.

Terkadang, sebagian pebisnis berjualan di media sosial dengan mengandalkan kedisiplinan mengunggah konten. Namun, memperhatikan isi, kreativitas, dan hashtag dari _posting_an menjadi nomor sekian.

Masih dikutip dari Hootsuite, hashtag adalah cara untuk mengategorikan konten pengguna agar mudah ditemukan oleh user di media sosial, khususnya di TikTok.

Kategorisasi yang dibuat oleh hashtag dilakukan berdasarkan jenis, isi, maupun sesuatu yang tengah viral. Selain itu, penggunaan tagar tak hanya berlaku di TikTok saja, tetapi hashtag juga bisa Anda optimasi di Instagram, Facebook, dan Twitter.

Hashtag diwakili dengan simbol tanda pagar (#) dan kemudian diikuti oleh satu frasa yang membentuk kalimat tertentu. Contohnya hashtag TikTok yang populer saat ini untuk bisnis, seperti #TipsBisnis dan #JualandiTikTok.

Karena kemampuannya dalam mengumpulkan konten sejenis dan meningkatkan visibilitas konten, maka hashtag pun menjadi salah satu strategi marketing berbagai brand maupun perusahaan ternama.

Mereka memanfaatkan tagar agar produknya viral atau untuk sekadar riding the wave (menumpang) di hashtag yang tengah populer demi mendongkrak engagament.

Baca juga: Inilah 4 Tingkatan Brand Awareness & Cara Meningkatkannya

Manfaat Menggunakan Tagar di TikTok untuk Bisnis

manfaat menggunakan hashtag untuk promosi bisnis di tiktok.jpg

Source: Pixabay - Ada berbagai manfaat yang akan didapat saat Anda mengoptimasi hashtag untuk promosi di TikTok.

Terkait manfaatnya, hashtag memberikan berbagai macam keuntungan untuk bisnis Anda, StickFriends, di antaranya sebagai berikut.

1. Konten Mudah Ditemukan Oleh Target Audiens

Hashtag bekerja dengan cara mengelompokkan konten berdasarkan topik-topik tertentu. Karena dikelompokkan, ketika user mencari suatu tagar, TikTok bakal menampilkan konten berdasarkan hashtag yang mereka cari.

Selain itu, algoritma TikTok juga akan membawa konten dengan hashtag yang dicari, utamanya yang sedang viral, untuk masuk ke halaman For Your Page atau FYP.

Dengan begitu, konten yang Anda buat mudah dilihat oleh banyak orang. Ketika banyak dilihat, bukan tak mungkin user ingin mengenal lebih dalam atau bahkan membeli produk yang Anda tawarkan, StickFriends.

Baca juga: Tiktok Marketing: Panduan untuk Meningkatkan Bisnis Anda

2. Meningkatkan Engagement

Visibilitas konten yang tinggi juga mampu mendorong peningkatan engagement. Ini seperti efek pinball, bila views meningkat, like, dan comment bisa saja turut mengalami peningkatan yang sama.

Sebagai contoh, StickEarn mengunggah konten tentang tips beriklan melalui Transportasi Advertising dari study case klien kami.

Lalu, kami menggunakan hashtag #TipsBisnis dan #RahasiaBisnis, konsumen yang mencari informasi menggunakan tagar bisnis tersebut, kemudian melihat posting-an StickEarn, bisa saja langsung menyukainya.

Apalagi, jika konten itu kami kemas dengan baik. Bahkan, jika viewers merasa terbantu setelah membaca konten kami, mereka juga bisa meninggalkan komen berupa apresiasi atau menyimpannya untuk dibaca kembali.

3. Mendorong Terbentuknya Komunitas

Membangun komunitas untuk keperluan bisnis tidaklah mudah. Anda perlu menyusun strategi terbaik agar tidak terlihat sekadar menguntungkan bisnis Anda saja.

Untungnya saat ini ada media sosial seperti TikTok. Guna mendorong awareness dan terbentuknya komunitas online yang kuat, Anda bisa membuatnya menggunakan hashtag.

Anda dapat mendorong audiens untuk membuat konten dan menggunakan hashtag terkait brand. Misalnya, Anda bisa menggunakan branded hashtag, yaitu hashtag dari nama brand atau hashtag berdasarkan campaign yang sedang dijalankan.

Nantinya, jika sudah banyak yang mengunggah konten dengan hashtag tersebut, maka akan terbentuk komunitas online yang menguntungkan bisnis.

Namun, perlu diingat. Untuk menggerakkan audiens dalam membuat konten dengan tagar yang Anda inginkan, Anda perlu menjalankan activation bisnis terlebih dahulu, ya.

Dengan business activation, promosi yang Anda lakukan dapat terlihat lebih natural. Terkait activation ini, Anda bisa menyimaknya di bawah.

Baca juga: Brand Activation Adalah Strategi Terbaik Untuk Branding

4. Mengidentifikasi Kompetitor

Terakhir, keberadaan hashtag TikTok juga membawa pengaruh yang baik bagi bisnis dalam mengidentifikasi kompetitor.

Anda bisa meneliti tentang kompetitor di mesin pencari TikTok dengan memasukkan jenis produk atau layanan menggunakan hashtag. Setelah itu, akan terlihat siapa saja pengguna TikTok yang menawarkan produk serupa.

Dari hasil identifikasi ini, Anda pun bakal mengatahui siapa dan apa saja yang sudah dilakukan kompetitor. Bahkan, Anda bisa segera menyusun strategi untuk menjadi lebih baik dari mereka.

Bagaimana Cara Menggunakan Hashtag TikTok yang Tepat?

cara meneliti hashtag yang tepat untuk tiktok bisnis.jpg

Source: Flickr - Cara meriset hashtag untuk keperluan bisnis ada empat langkah.

Sekarang, Anda pasti sudah sepakat dengan kami bahwa hashtag memainkan peranan yang sangat penting. Menempatkannya dalam posting-an tak bisa lagi dilakukan sembarangan.

Oleh karena itu, agar konten promosi Anda mudah ditemukan dan viral, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk hashtags research di media sosial.

  • Analisis hashtag berdasarkan niche bisnis atau konten.
  • Lihat penggunaan hashtag di kompetitor. Bila ada yang related dan optimal, silakan ikuti.
  • Buat hashtag bisnis untuk meningkatkan awareness dan komunitas. Anda bisa menggunakan tools hashtag generator atau membuatnya sendiri bersama tim branding.
  • Gunakan kata kunci untuk tagar. Mislanya, Anda mengunggah konten soal iklan di jalan raya, Anda bisa menjadikan “iklan” #iklan sebagai tagar.

Siap Memaksimalkan Hashtag di TikTok untuk Bisnis?

Karena Anda sudah tahu tentang pengertian hashtag TikTok, manfaat, dan cara menggunakannya, maka mulailah optimasi tagar tersebut, ya. Dengan begitu, konten Anda akan lebih dilihat di antara ribuan konten lainnya.

Namun, hashtag bukanlah satu-satunya strategi untuk mempromosikan bisnis, StickFriends. Ada cara lain yang dapat Anda manfaatkan juga untuk meningkatkan pemasaran, misalnya dengan mempromosikan produk di media OOH & DOOH advertising.

Untuk strategi itu, Anda bisa bekerja sama dengan StickEarn dalam membuat iklan luar ruangan yang impactfull. StickEarn adalah startup teknologi periklanan yang sudah bekerja sama dengan lebih dari 500 brand ternama di Indonesia.

Bersama StickEarn, para klien menyebarkan iklan lewat layanan Transportation Advertising, Digital Out-of-Home Advertising, dan Digital Platforms.

Jika Anda tertarik, silakan pelajari lebih lanjut produk StickEarn dengan mengunjungi website resmi atau klik banner agar langsung mendapatkan promo menarik dari kami.

CTA Banner Blog - 01.png