Hai StickFriends, tahukah kalian apa itu brand activation? Brand activation adalah suatu strategi marketing yang sering dilakukan oleh para pelaku marketing di tengah ketatnya persaingan antar merek bisnis.

Strategi brand activation bisa StickFriends lakukan menggunakan dua cara, yaitu secara online maupun offline. Jika StickFriends menggunakan cara online, StickFriends bisa melakukannya dengan cara membangun komunitas pelanggan melalui media sosial.

Sementara cara offline bisa StickFriends lakukan dengan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Brand Activation?

Brand activation adalah strategi branding suatu merek melalui peningkatan interaksi dengan pelanggan dalam bentuk sharing pengalaman penggunaan produk. Strategi pemasaran ini membutuhkan relasi emosional yang baik antara pemilik brand dan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Branding dan Manfaatnya dalam Marketing

Tujuan Brand Activation

Strategi brand activation memiliki tujuan utama, yaitu untuk menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Berikut ini adalah beberapa tujuan lain yang bisa dicapai melalui strategi aktivasi brand:

1. Mengetahui Data Pelanggan

Salah satu tujuan aktivasi brand adalah untuk mengetahui data pelanggan. Demi menjalin interaksi dengan pelanggan, StickFriends bisa meminta data pelanggan dalam proses aktivasi brand. Data ini nantinya bisa StickFriends gunakan untuk mengetahui karakteristik dan segmentasi pelanggan. StickFriends juga bisa menggunakan data ini untuk menentukan strategi pemasaran dan jenis produk baru yang akan StickFriends rilis sesuai dengan karakteristik dan segmentasi pelanggan.

2. Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

Aktivasi brand adalah strategi pemasaran dengan cara menjalin interaksi dengan pelanggan. Interaksi dengan pelanggan adalah kegiatan komunikasi dua arah antara pemilik brand dengan pengguna brand.

Adanya interaksi tersebut, membuat StickFriends sebagai pemilik brand akan mendapatkan ulasan atau feedback tentang penggunaan brand. StickFriends juga akan mendapatkan hasil evaluasi produk dari sisi pelanggan yang bisa StickFriends gunakan untuk perbaikan produk di masa depan.

3. Memperkuat Eksistensi Brand

Karena adanya strategi aktivasi tersebut, pemilik brand akan mendapatkan dampak positif, seperti peningkatan brand awareness, brand loyalty, dan brand switching. Ketiga dampak positif tersebut merupakan faktor penting yang membantu untuk memperkuat eksistensi suatu brand.

Penguatan eksistensi suatu brand tentu akan membuat produk StickFriends semakin terkenal dan mendapatkan tempat tersendiri di hati pelanggan. Eksistensi suatu brand juga akan memperkuat reputasi brand di pasaran.

4. Memperoleh Pelanggan Baru

Terbangunnya reputasi dan eksistensi yang baik melalui strategi aktivasi brand juga akan berdampak pada datangnya para pelanggan baru. Para pelanggan baru tersebut hadir karena keberhasilan strategi aktivasi brand yang sudah StickFriends jalankan.

Ekspansi pelanggan tersebut harus StickFriends manfaatkan dengan bijak mengingat mendatangkan pelanggan baru bukan merupakan hal yang mudah. Pemberian kesan dan treatment terbaik merupakan cara yang bisa StickFriends gunakan untuk menumbuhkan loyalitas para pelanggan baru tersebut.

Jenis Brand Activation

Ada beberapa jenis atau tipe brand activation yang bisa StickFriends jumpai dalam strategi pemasaran. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai masing-masing jenisnya:

1. Direct Marketing Activation

Sesuai namanya, tipe brand activation yang satu ini merupakan strategi peningkatan hubungan emosional antara pemilik merek dengan pelanggan secara langsung. Contohnya dalam bentuk direct marketing, antara lain wawancara melalui siaran televisi, radio, dan media cetak.

Peningkatan interaksi dengan pelanggan melalui sampling dan in-store activation juga merupakan bentuk direct marketing activation.

2. Marketing Event Activation

Strategi aktivasi brand yang satu ini biasanya dilakukan dalam bentuk event tertentu. Pemilik brand biasanya menyelenggarakan acara tertentu sebagai bentuk aktivasi brand dan media interaksi dengan para pelanggannya.

Beberapa contoh marketing event activation, antara lain beauty contest, pameran, peringatan acara tertentu, dan lain-lain.

3. Social Media Activation

Tipe brand activation selanjutnya adalah social media activation. Sesuai dengan namanya, strategi aktivasi merek ini dilakukan melalui media sosial. Para pemilik brand biasanya membangun komunitas tersendiri di media sosial yang berisikan para pengguna brand tersebut.

Komunitas ini bisa StickFriends temukan di berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

4. Sponsorship Activation

Sponsorship activation merupakan strategi aktivasi merek yang dilakukan dengan cara mengikuti acara tertentu yang diselenggarakan oleh pihak ketiga. Pada acara ini, pemilik brand biasanya bertindak sebagai sponsor yang mendanai acara tersebut.

Karena bertindak sebagai sponsor, pemilik brand umumnya akan memiliki ruang atau segmen khusus yang berfungsi sebagai sarana interaksi dengan para pelanggan. Beberapa acara yang biasanya digunakan sebagai sarana aktivasi merek, antara lain acara kecantikan, musik, olahraga, dan sebagainya.

5. Promotion Activation

Strategi aktivasi brand ini biasanya menggunakan penawaran dan promo-promo tertentu untuk meningkatkan kualitas interaksi dengan para pelanggan. Beberapa penawaran yang bisa StickFriends temukan, antara lain penawaran dalam bentuk diskon, perilisan produk baru, undian berhadiah, dan acara dengan brand ambassador.

Contoh Brand Activation

Salah satu contoh brand activation ini pasti sering StickFriends lihat di berbagai acara televisi maupun media sosial. Brand sirup ini selalu melakukan aktivasi merek setiap menjelang bulan Ramadhan. Karena penjualan sirup selama bulan Ramadhan akan mengalami peningkatan daripada bulan-bulan yang lain.

Oleh karena itu, untuk membangun interaksi dengan para pelanggan, brand sirup ini selalu menghadirkan interaksi yang menarik setiap menjelang bulan Ramadhan. Strategi brand activation dari produk ini bisa StickFriends jumpai secara online maupun offline.

Pelaksanaan aktivasi brand secara online bisa StickFriends lihat dalam interaksi brand sirup tersebut melalui kegiatan sharing resep. Kegiatan sharing resep tersebut biasanya membahas tentang menu berbuka puasa melalui media sosial maupun media digital lainnya.

Sementara pelaksanaan aktivasi brand secara offline biasanya dilakukan oleh brand sirup ini dengan membuka booth pemasaran di berbagai festival dan pasar tradisional. Selain itu, StickFriends juga bisa menjumpai aktivasi brand dari produk sirup ini di berbagai swalayan dengan metode sampling dan in-store activation.

Baca Juga: Jenis Iklan Berdasarkan Isi, Fungsi, dan Medianya!

Bangun Brand Activaton Bersama StickEarn!

StickEarn merupakan perusahaan startup di bidang periklanan. Ketika menjalankan bisnisnya, StickEarn juga menawarkan berbagai produk periklanan untuk menunjang strategi brand activation, seperti Transportation Advertising, DOOH Advertising, dan Digital Platform Advertising.

Transportation Advertising merupakan produk iklan yang menggunakan transportasi sebagai media penyampaian iklan. Beberapa contoh produk transportation advertising dari StickEarn, antara lain StickMob, StickMotor, StickBus, StickTrain, StickPlane, dan StickAngkot.

Sementara itu DOOH Advertising merupakan produk iklan luar ruangan dari StickEarn yang memanfaatkan teknologi digital sebagai media iklan. Beberapa produk DOOH Advertising dari StickEarn, antara lain Mobile LED, DigiTron, dan StickVend. Sedangkan Digital Platform Advertising merupakan produk StickEarn yang menggunakan media digital sebagai platform penyampaian iklan.

Semua produk StickEarn tersebut bisa StickFriends gunakan dalam menjalankan strategi aktivasi brand. Selain dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas, produk StickEarn juga dapat StickFriends gunakan untuk meningkatkan ekspansi bisnis. Jadi tunggu apa lagi? Bangun brand activation bersama StickEarn sekarang juga!

CTA Banner Blog - 02.png