DOOH Advertising atau Digital Out of Home Advertising adalah iklan jenis OOH yang ditampilkan menggunakan media digital. Tren iklan ini merupakan hasil perkembangan dari iklan OOH Advertising atau Out of Home Advertising. Lalu apa itu OOH?

Bagaimana cara kerja DOOH dan apa saja manfaat DOOH? Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

DOOH Advertising (Digital Out of Home Advertising)

Perkembangan tren iklan OOH merupakan konsep awal dari kemunculan DOOH Advertising. OOH Advertising merupakan konsep iklan luar ruangan yang menggunakan media iklan yang besar seperti poster, baliho, reklame, dan lain sebagainya.

Tren iklan jenis OOH juga terus mengalami perkembangan seiring dengan kemajuan di bidang teknologi.

Kemunculan iklan DOOH atau Digital Out of Home Advertising sebagai salah satu dampak kemajuan teknologi dalam bidang periklanan. Iklan DOOH adalah konsep iklan luar ruangan yang menggunakan media iklan digital.

Jika iklan jenis OOH menggunakan media statis, maka iklan DOOH sudah menggunakan media yang lebih canggih dengan kualitas gambar yang lebih tajam dan dinamis.

Perbedaan DOOH dan OOH

Iklan DOOH dan OOH memiliki kesamaan, yaitu sama-sama merupakan iklan yang ditampilkan di luar ruangan. Sesuai dengan namanya Digital Out of Home Advertising atau DOOH menggunakan media iklan digital untuk menampilkan gambar atau video iklan.

Media digital yang biasanya sering StickFriends jumpai, antara lain Digital Banner, Digital Signage, Videotron, dan Kiosk. Kelebihan dari penggunaan media digital tersebut adalah iklan StickFriends akan memiliki sifat yang lebih dinamis dengan kualitas gambar yang lebih tajam.

Sementara itu, iklan jenis OOH menggunakan media iklan yang lebih statis seperti Reklame, Banner, dan Poster dengan ukuran yang bervariasi. Rata-rata iklan OOH memiliki ukuran yang sangat besar.

Baca Juga: Apa Itu OOH (Out of Home Advertising)? Ketahui Tren dan Contohnya!

Karena iklan OOH umumnya berada di tempat-tempat keramaian, sehingga harus memiliki ukuran yang besar agar mudah terlihat dan dikenali oleh banyak orang. Sifatnya yang statis membuat iklan OOH biasanya lebih mudah dikenali, karena tampilannya yang tidak berubah-ubah sepanjang waktu.

Manfaat DOOH Advertising

Penggunaan DOOH Advertising dalam konsep pemasaran iklan luar ruangan memiliki banyak manfaat yang bisa StickFriends rasakan secara langsung. Berikut ini adalah ulasan singkatnya:

1. Memiliki Target Audiens yang Jelas

Manfaat DOOH yang pertama adalah memiliki target audiens yang jelas. Iklan DOOH biasanya memiliki target para pengguna fasilitas publik, pejalan kaki, dan pengendara di jalan.

DOOH Advertising hadir untuk mengisi kebosanan dan waktu tunggu para pengguna fasilitas publik. Selain itu, pengguna jalan yang mengalami kemacetan juga merupakan target audiens yang tepat dari iklan DOOH ini.

2. Mampu Meraih Kepercayaan Audiens

Menurut hasil survey, iklan DOOH mampu menghasilkan tingkat kepercayaan audiens yang lebih tinggi. Karena iklan OOH yang menggunakan media digital mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut serius untuk memasarkan produknya. Terlebih jika cerita dalam iklan memiliki korelasi yang cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari audiens.

3. Memiliki Kesempatan Dilihat yang Lebih Besar

Iklan DOOH biasanya memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu, penempatan jenis iklan ini juga sangat strategis, yaitu pada fasilitas umum dan tempat keramaian. Sehingga, membuat iklan DOOH memiliki kesempatan yang besar untuk dapat dilihat oleh audiens.

Penggunaan media digital dengan gambar dan jalan cerita yang menarik juga akan mampu membuat audiens melihat iklan tersebut untuk waktu yang lama.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan DOOH Advertising dan Omnichannel Marketing

4. Membuat Merek Produk StickFriends Semakin Terkenal

Manfaat DOOH yang terakhir adalah mampu membuat merek produk dalam iklan semakin terkenal. Penyampaian cerita dalam iklan DOOH biasanya dibuat secara series atau tidak secara langsung. Hal ini sengaja dilakukan oleh para pengiklan agar audiens merasa penasaran terhadap kelanjutan cerita dalam iklan tersebut.

Cara Kerja DOOH Advertising

Jika StickFriends ingin memasang iklan DOOH, ada baiknya StickFriends memperhatikan cara kerja DOOH, seperti berikut ini:

  • Pertama, yaitu target audiens iklan DOOH. Penentuan target audiens penting sebagai penyusun konsep cerita yang akan StickFriends sampaikan dalam iklan.
  • Kedua, perhatikan media iklan. Jika target audiens adalah pengguna fasilitas umum, maka media iklan dapat berupa layar digital ukuran sedang. Namun, jika target audiens adalah pengguna jalan yang padat, maka media iklan harus memiliki ukuran yang besar dengan kualitas gambar yang tajam.
  • Ketiga, memperhatikan penempatan. Aspek penempatan DOOH Advertising penting agar iklan yang sudah dibuat dapat menjangkau target audiens. Usahakan penempatan iklan berada di tempat yang mudah terlihat dan tidak mengganggu aktivitas target audiens.
  • Aspek terakhir, yaitu konsep cerita iklan. Iklan DOOH akan terpasang untuk periode waktu yang lumayan lama. Jadi, konsep cerita iklan harus StickFriends tentukan agar audiens dapat menikmatinya. Jika perlu buatlah cerita berkonsep series agar audiens semakin penasaran dengan kelanjutan ceritanya.

Contoh DOOH Advertising

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan DOOH yang bisa StickFriends gunakan sebagai referensi:

1. Mobile LED

Mobile LED merupakan salah satu contoh DOOH yang sedang hits. Media iklan digital ini menawarkan konsep panel iklan tiga dimensi. Konsep ini memungkinkan iklan StickFriends bisa menjangkau target audiens yang lebih luas terutama di jalan yang ramai. StickFriends juga bisa menggunakan LED berjalan ini untuk menjelajah jalanan ibukota yang ramai dan padat.

2. DigiTron

Media DigiTron merupakan contoh DOOH yang bisa StickFriends gunakan untuk menjangkau target audiens yang lebih besar. DigiTron biasanya terpasang di bagian luar bangunan dan memiliki ukuran layar raksasa. Media iklan ini juga bisa StickFriends jumpai di tempat yang strategis dengan posisi layar yang tinggi.

3. StickVend

Contoh DOOH dengan konsep smart display ini juga merupakan salah satu inovasi di bidang periklanan digital. StickVend bisa StickFriends jumpai pada beberapa vending machine. Dengan konsep smart dan penempatan yang fleksibel, StickVend juga menawarkan konsep interaksi lebih dengan para audiens, seperti touch screen dan printing.

Buat DOOH Advertising Bersama StickEarn Sekarang Juga!

Setelah mengetahui apa itu OOH, jenis OOH, dan bagaimana perkembangannya hingga menjad DOOH, ada baiknya StickFriends melirik perusahaan iklan yang satu ini. StickEarn merupakan perusahaan startup yang bergerak di bidang bisnis periklanan. Sebagai perusahaan startup, StickEarn juga aktif mengikuti perkembangan teknologi di bidang periklanan, salah satunya melalui DOOH Advertising.

Sebagai perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi periklanan, StickEarn juga memiliki beberapa inovasi untuk mendukung konsep Digital Out of Home Advertising. Beberapa contoh DOOH yang StickEarn kembangkan untuk mendukung konsep DOOH, antara lain Mobile LED, DigiTron, dan StickVend.

Semua produk iklan digital tersebut bisa StickFriends sesuaikan dengan kebutuhan dan budget StickFriends masing-masing. StickEarn juga akan membantu StickFriends dalam penerapan dan cara kerja DOOH agar StickFriends bisa mendapatkan manfaat DOOH secara langsung.

Jadi tunggu apa lagi? Tingkatkan inovasi iklan DOOH bersama StickEarn.com sekarang juga!

CTA Banner Blog - 02.png