Apakah StickFriends pernah bertanya-tanya, “Apa yang membuat strategi marketing online sangat powerful untuk meningkatkan penjualan”? Pemasaran online tentu berbeda dengan pemasaran tradisional, yang masih menggunakan media cetak, papan reklame, televisi, maupun radio sebagai alat pemasarannya.

Media tersebut bukan tidak bagus, tapi sudah tidak relevan di zaman serba digital ini. Perubahan kebiasaan konsumen lah yang menjadi alasan utama penyesuaian pemasaran. Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui beberapa strategi paling ampuh!

Deretan Strategi Online Marketing Paling Ampuh untuk Bisnis

Beberapa StickFriends mungkin masih memikirkan marketing online itu apa? Strategi marketing online adalah pemasaran produk yang dapat StickFriends lakukan secara online menggunakan media internet. Apa saja manfaat dari pemasaran online? Berikut beberapa teknik pemasaran online:

Baca Juga: Mengenal Teknik Pemasaran Produk Terbaru & Implementasinya!

1. SEO (Search Engine Optimization)

Screen Shot 2022-11-17 at 13.30.42.png

Ketika target market sedang mencari suatu informasi di mesin pencarian seperti Google. Maka, SEO menjadi bagian vital yang membantu situs website bisnis tampil di mesin pencarian. SEO merupakan strategi marketing online dengan cara optimasi website.

Dengan strategi SEO yang kuat, situs website akan muncul di halaman pertama atau urutan teratas mesin pencarian. Apabila website bisnis StickFriends telah berada di urutan teratas, maka kemungkinan besar target audience akan mengunjungi website. Bahkan, berpotensi melakukan pembelian atau kerja sama.

Pasalnya, SEO bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas brand di mata target audience. GE Shopper Research Study telah membuktikan bahwa sebanyak 81% pengguna internet melakukan riset online sebelum melakukan pembelian, termasuk pembelian di offline store.

2. SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah proses mendapatkan traffic situs web dengan membeli iklan di mesin pencarian. Misalnya, Google Ads atau Microsoft Advertising. Awalnya, SEO dan SEM memiliki kesamaan dalam penggunaan search engine sebagai tools. Namun, sekarang SEM dan SEO mempunyai perannya masing-masing.

Walaupun StickFriends harus mengeluarkan biaya, SEM menjadi alternatif terbaik saat StickFriends tidak ingin menunggu proses optimasi yang terlalu lama. Sesudah itu, website yang telah menerapkan strategi pemasaran SEM akan muncul di kolom pencarian teratas dengan logo “Ad” atau “Iklan” sebagai penanda.

3. SMM (Social Media Marketing)

Strategi marketing online selanjutnya menggunakan kekuatan jejaring sosial. Dari media marketing lainnya, SMM terbilang cukup mudah untuk StickFriends terapkan. Sebab, hampir semua orang aktif di media sosial mereka.

Social media yang kerap digunakan sebagai media marketing, yaitu WhatsApp, Facebook, Twitter, LINE, dan Instagram. Walaupun mudah, StickFriends tetap membutuhkan strategi yang tepat dengan membuat content plan secara berkala.

Baca Juga: Apa Itu Digital Marketing? Strategi, Jenis, Panduan & Contohnya!

4. Affiliate Marketing

Orang-orang yang mempercayai brand StickFriends dapat membagikan informasi terkait bisnis dan terus memperluas pasar atas dasar komisi yang mereka peroleh. Jadi, StickFriends bertugas menyediakan informasi dan imbalan untuk mereka.

Misalnya, harga produk Rp100.000,00. Maka, StickFriends bisa memberikan komisi sebesar Rp10.000,00 setiap transaksi penjualan yang berhasil melalui link yang mereka bagikan. Selain itu, para affiliate partner bisa mendapatkan komisi yang relatif lebih kecil dari siapa saja yang mengklik link mereka.

Sebagai kesimpulan, brand atau bisnis StickFriends dapat berkembang dengan pesat tanpa perlu melakukan banyak hal sendirian. Dengan mengajak mitra afiliasi, strategi marketing online menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

5. Email Marketing

Screen Shot 2022-11-17 at 13.43.18.png

Email marketing juga termasuk cara yang efektif untuk memasarkan produk. Alasannya, StickFriends bisa menentukan sendiri siapa yang menjadi target audience, terkesan lebih private, dan biaya yang relatif murah.

Pada kenyataannya, 92% pengguna email adalah orang dewasa dengan persentase pengguna hariannya sebesar 61%. Mereka tidak hanya menggunakan email sebagai alat komunikasi saja. Namun, mereka cenderung menggunakannya untuk kerja sama dengan brand dan melakukan pembelian.

Manfaat email marketing bagi perusahaan sistem B2C (business-to-customer) terlihat melalui 59% respon yang mengatakan email pemasaran mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Selain itu, 80% profesional bisnis percaya bahwa pemasaran melalui email dapat meningkatkan retensi pelanggan.

6. WhatsApp Marketing

Screen Shot 2022-11-17 at 13.48.10.png

Meskipun pemasaran melalui WhatsApp masih terbilang baru di dunia strategi marketing online, secara teknis WhatsApp Business sangat cocok sebagai sarana pemasaran profesional. Apalagi, ada lebih dari 2 miliar pengguna WhatsApp yang aktif setiap harinya.

Dengan kata lain, WhatsApp mampu memberikan akses untuk menjaring banyak calon konsumen. Keunggulan lainnya adalah calon konsumen akan merasakan kenyamanan berinteraksi dan bertransaksi dengan suatu brand karena personalisasinya yang sangat baik.

StickFriends bisa membuat akun WhatsApp Business dengan mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Kemudian, bagikan link yang merujuk ke akun WhatsApp bisnis ke berbagai postingan social media lainnya.

Screen Shot 2022-11-17 at 13.50.23.png

Screen Shot 2022-11-17 at 13.52.21.png

7. Mobile Marketing

Mobile marketing adalah strategi pemasaran online yang mempromosikan produk dan layanan melalui perangkat seluler, seperti smartphone dan tablet. Lantas, bagaimana cara kerjanya?

StickFriends dapat melakukan pemasaran yang mencakup promosi melalui pesan teks (SMS), pesan multimedia (MMS), pemberitahuan aplikasi, iklan dalam aplikasi, situs web, atau pemindaian kode QR. Di samping itu, mobile marketing cenderung menargetkan calon konsumen berdasarkan perilaku, tidak hanya demografi saja.

Baca Juga: Apa Itu Programmatic Ads? Tren Terbaru Digital Advertising & Cara Kerjanya!

8. Visual Marketing

Apabila StickFriends ingin mengambil perhatian target audience, maka perkuat visual marketing kalian. Berdasarkan cara kerja otak manusia, kekuatan visual dapat mengalahkan apa yang seseorang baca dan dengar. Sehingga, 70% perusahaan berinvestasi pada strategi pemasaran visual sebagai strategi andalan mereka.

Lengkapi pemasaran produk dengan beberapa bentuk visual, seperti gambar, foto, quote, meme, video, animasi, infografis, presentasi, ataupun GIF. Dengan menggunakan elemen tersebut, kinerja pemasaran menjadi lebih kuat.

Contoh Pemasaran Online

Setelah memahami informasi penting seputar strategi marketing online, berikut adalah beberapa contoh penerapan pemasaran yang bisa StickFriends aplikasikan sendiri:

1. Visual Marketing

Screen Shot 2022-11-17 at 13.55.25.png

Sebagai penerapan visual marketing, bukankah lebih menarik apabila audiens melihat gambaran produk secara nyata daripada repot membaca klaim yang terkadang sulit mereka bayangkan? Selain itu, video dapat menjelaskan sesuatu yang paling kompleks sekalipun dengan minim kesalahpahaman.

Terlebih, StickFriends bisa menggabungkan beberapa elemen ke dalam sebuah video. Jadi, video menjadi media pemasaran yang sangat fleksibel untuk bisnis niche apapun.

2. Social Media dan WhatsApp Marketing

Contoh berikutnya berasal dari brand ternama, Adidas. Adidas menunjukkan pemasaran WhatsApp yang kreatif melalui postingan kampanye mereka di Twitter.

Screen Shot 2022-11-17 at 13.57.07.png

Screen Shot 2022-11-17 at 13.57.50.png

Setelah mengklik link tautan di bagian bawah postingan, calon konsumen akan masuk ke profil WhatsApp bisnis Adidas. Kemudian, mereka bisa berbincang-bincang dan melakukan pembelian di sana.

Kembangkan Strategi Marketing Online Bersama StickEarn!

Itu dia deretan strategi pemasaran online yang bisa StickFriends terapkan pada bisnis atau usaha kalian. Apabila StickFriends merasa belum mumpuni atau belum berpengalaman dalam pemilihan strategi pemasaran, maka StickEarn akan siap membantu dengan sepenuh hati!

Tak perlu ragu karena StickEarn adalah perusahaan digital advertising terbaik dan terpercaya yang sudah bekerja sama dengan lebih dari 500 brand ternama di seluruh Indonesia. Selain itu, rekomendasi yang StickEarn berikan berdasarkan hasil analisis yang telah terbukti efektif dan efisien.

Bersama dengan StickEarn, StickFriends bisa mencoba layanan Offline-to-Online yang dapat meningkatkan brand awareness karena penayangan iklan 2 arah sekaligus. Ingin tahu lebih lanjut? Kunjungi website resmi kami di stickearn.com dan dapatkan promo menarik sekarang juga!

CTA Banner Blog - 01.png