Berkembangnya tren pemasaran memberikan peluang yang besar untuk Anda. Anda jadi punya beragam pilih untuk mempromosikan produk kepada target audiens.

Salah satunya ialah digital marketing yang kini banyak dipilih marketers. Hal itu karena menurut We Are Social, terdapat 204,7 juta pengguna aktif internet di Indonesia dan setiap tahunnya terus bertambah.

Namun, meskipun populer apakah Anda sudah tahu apa itu digital marketing? Selain contoh digital marketing ada banyak, cara memanfaatkan channel online ini pun berbeda, sehingga dibutuhkan pemahaman khusus untuk menjalankannya.

Sederhananya, digital marketing adalah strategi pemasaran produk atau layanan yang memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. Nah, untuk tahu lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan digital marketing, contoh, tujuan, dan manfaatnya silakan simak pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga: Iklan Online: Promosi Terbaik untuk Tingkatkan Penjualan

Apa Itu Digital Marketing?

arti digital marketing.jpg

Source: Unsplash - Apa yang dimaksud dengan digital marketing adalah penggunaan saluran digital untuk memasarkan suatu produk dan layanan.

Digital marketing adalah penggunaan saluran digital untuk memasarkan suatu produk dan layanan guna menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan memanfaatkan kanal ini, Anda bisa menemui berbagai orang dari daerah maupun negara manapun.

Kegiatan digital marketing melibatkan penggunaan situs website, smartphone, media sosial, mesin pencari, dan saluran digital lainnya. Tidak jarang brand yang memanfaatkan semua jenis digital marketing tersebut agar produk ataupun jasa yang mereka tawarkan mudah ditemukan oleh target market.

Pengertian Digital Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian digital marketing bisa berbeda-beda berdasarkan sudut pandang seseorang. Namun, beberapa ahli ada yang berpendapat seperti di bawah mengenai digital marketing.

1. Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009)

Pengertian digital marketing menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan adalah sebuah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan media berbasis web. Seperti blog, website, email, AdWords, dan media sosial.

2. Neil Patel

Menurut Neil Patel, digital marketing adalah sebuah kegiatan untuk mempromosikan produk dan layanan melalui saluran digital, seperti SEO, media sosial, email, dan aplikasi mobile.

Tujuan Digital Marketing

Jika dilihat dari pengertiannya, tujuan digunakannya digital marketing ialah untuk mempromosikan suatu produk. Itu adalah tujuan utama.

Lebih dari itu, sebenarnya ada tujuan lain dari teknik pemasaran produk yang satu ini. Lantas, apa saja tujuan dari digital marketing? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Kehadiran Online

Salah satu tujuan digital marketing adalah memperluas kehadiran online suatu bisnis. Dengan memiliki situs web yang dioptimalkan dan berpartisipasi dalam media sosial, perusahaan dapat mencapai audiens yang lebih besar secara global.

2. Peningkatan Penjualan

Digital marketing bertujuan untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan. Melalui kampanye pemasaran online, seperti beriklan di sosial media yang efektif, perusahaan dapat mencapai pelanggan potensial dan mengkonversi mereka menjadi pembeli.

3. Meningkatkan Kesadaran Merek:

Meningkatkan kesadaran merek adalah tujuan penting dalam digital marketing. Dengan konsisten mempromosikan merek Anda di berbagai platform online, Anda dapat membangun citra merek yang kuat dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

4. Mengukur Hasil dengan Presisi:

Salah satu keunggulan besar digital marketing adalah kemampuannya untuk mengukur hasil dengan presisi. Melalui alat analitik online, Anda dapat melacak performa kampanye Anda dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Manfaat Digital Marketing

Secara umum, ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan saat memasarkan produk secara online melalui media digital marketing ini. Apa sajakah itu?

  • Menghemat Biaya: Menurut data dari Statista, biaya iklan CPC atau iklan online tergolong lebih rendah. Ini memungkinkan bisnis dengan anggaran terbatas untuk bersaing di pasar yang lebih luas.

  • Meningkatkan Konversi: Menurut HubSpot, tingkat konversi rata-rata untuk bisnis yang menggunakan strategi inbound marketing digital adalah sekitar 10%. Ini menunjukkan bahwa digital marketing efektif dalam mengubah prospek menjadi pelanggan.

  • Targeting yang Tepat Sasaran: Digital marketing memungkinkan Anda untuk menargetkan pesan secara tepat sasaran kepada audiens yang paling relevan. Data demografis, perilaku online, dan preferensi pelanggan dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi kampanye.

  • Interaksi Pelanggan yang Lebih Baik: Melalui media sosial dan email marketing, Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan Anda. Menurut Adobe, 90% pelanggan lebih suka berinteraksi dengan merek melalui pesan instan daripada panggilan telepon.

  • Perluasan Geografis: Dengan digital marketing, bisnis dapat mencapai audiens global tanpa harus memiliki cabang fisik di berbagai wilayah. Ini dapat meningkatkan peluang pertumbuhan internasional.

Kenapa Digital Marketing Penting?

digital marketing itu apa.jpg

Source: Unsplash - Digital marketing penting untuk digunakan karena membantu Anda dalam memasarkan produk.

Dahulu, perusahaan mengandalkan iklan tradisional untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka, seperti memasang iklan di media cetak, majalah, radio, televisi, hingga yang saat ini masih populer digunakan ialah pasang iklan di billboard.

Akan tetapi, perubahan gaya hidup masyarakat saat ini sudah mulai berubah. Mereka tidak lagi sering menonton TV, mendengar stasiun radio, membaca majalah atau koran. Sekarang, masyarakat lebih sering menatap layar smartphone untuk mencari informasi, berita, dan lain sebagainya.

Bahkan, menurut Google, sebanyak 88% masyarakat melakukan pencarian lokal melalui smartphone untuk mencari rekomendasi toko yang akan mereka kunjungi nantinya.

Maka dari itu, digital marketing menjadi tren pemasaran digital yang sangat potensial untuk Anda gunakan dalam menjangkau market. Produk Anda bisa ditemui oleh siapa saja dan tampil di berbagai channel digital dengan mudah.

Selain itu, kemudahan yang Anda berikan juga secara tidak langsung membantu konsumen dalam bertransaksi. Sebab, sebagian besar dari mereka menggunakan semua layanan digital marketing, mulai dari website, media sosial, aplikasi, dan lain-lain.

Akan menyulitkan mereka jika produk impiannya tidak bisa dibeli melalui online. Hal itu tentu juga akan menjadi kerugian untuk Anda.

Kelebihan Digital Marketing untuk Bisnis

Setelah memahami apa itu digital marketing, sekarang StickEarn akan menjabarkan 8 kelebihan penggunaannya untuk bisnis, antara lain:

1. Pasar Global

Kelebihan penggunaan digital marketing pertama adalah dapat menjangkau pasar global. Bahkan, toko kecil mampu meningkatkan visibilitas bisnisnya dan meraih pasar internasional melalui online store. Hal ini akan sulit diraih jika mengandalkan iklan tradisional yang membutuhkan biaya yang sangat besar.

2. Pasar Lokal

Selain pasar global, tentu digital marketing mampu menjangkau pasar lokal. Terlebih lagi, sekarang ini masyarakat sangat mengandalkan Google untuk menemukan toko lokal melalui mesin pencari.

Dengan bantuan Google My Business, toko-toko kecil hingga besar dapat terlihat dan mudah ditemukan oleh audiens. Hal ini tentu akan sulit dilakukan jika StickFriends masih mengandalkan flyer atau poster saja.

3. Murah

Sekarang, bersaing dengan bisnis ternama tidak akan sesulit seperti jaman dahulu. StickFriends dapat membuat iklan secara online di Google Ads atau Facebook saja.

Menariknya, biaya iklan yang ditawarkan oleh Google dan Facebook relatif lebih murah daripada memasang iklan di koran, televisi, majalah, atau radio.

Bahkan, beberapa strategi tidak memerlukan biaya sama sekali, seperti SEO, media sosial, dan konten marketing.

4. Efektif Menargetkan Pasar

Meskipun Anda belum memiliki target audiens yang jelas, digital marketing akan memberikan rekomendasi audiens yang tepat untuk bisnis perusahaan Anda.

Hal yang perlu StickFriends lakukan adalah melakukan set-up di Google Ads atau media sosial seperti Facebook atau Instagram. Kedua platform ini akan memberikan rekomendasi audiens yang sesuai dengan kebutuhan dan memastikan setiap kampanye yang kalian buat tepat sasaran.

5. Dapat Melakukan Banyak Taktik

Dengan digital marketing, Anda dapat melakukan banyak strategi dalam satu waktu sekaligus. Contohnya ialah dalam membuat campaign iklan yang menarik, membagikan konten marketing, aktif membuat SEO, dan lain sebagainya.

6. Beragam Jenis Konten

Kelebihan digital marketing selanjutnya adalah StickFriends dapat menggunakan banyak jenis konten untuk menampilkan branding bisnis kalian. Hal ini tentu akan membuat Anda jauh lebih kreatif merancang campaign bisnis Anda.

StickFriends dapat membuat artikel, infografik, video, podcast, brosur, dan lain sebagainya. Konten-konten ini sangat efektif untuk menarik perhatian pasar yang kalian incar.

7. Meningkatkan Engagement

Dulu, perusahaan sangat sulit berkomunikasi dua arah dengan para pelanggannya. Namun, dengan digital marketing, hal tersebut sudah bisa kita lakukan dengan mudah melalui media sosial.

Hal yang perlu StickFriends lakukan adalah membagikan konten-konten marketing seperti e-book, gambar, video, pertanyaan, dan lain sebagainya. Kegiatan ini akan memberi gambaran langsung apa saja yang saat ini dibutuhkan oleh pelanggan serta tren apa yang saat ini diminati oleh pelanggan.

Semakin banyak interaksi antara Anda dan konsumen, semakin tinggi pelanggan setia yang akan StickFriends dapatkan.

8. Optimalisasi dan Analisis

Kelebihan terakhir adalah mudah mengukur hasil kampanye secara real time. Data-data tersebut akan membantu Anda mengoptimalisasi kampanye di masa depan dan memperbaiki kesalahan sesegera mungkin.

Baca Juga: Apa Itu Marketing 4.0? Strategi Marketing Terbaik di Era Digital

Jenis-jenis Digital Marketing

jenis pemasaran digital.jpg

Source: Unsplash - Apa saja ragam contoh digital marketing?

Seperti yang sudah StickEarn jelaskan bahwa apa itu digital marketing tidak hanya sebatas mengetahui pengertian dan manfaatnya saja. Anda juga wajib mengetahui jenis-jenis saluran digital marketing untuk melakukan berbagai strategi dan taktik pemasaran dalam satu waktu.

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search engine optimization atau SEO adalah sebuah kegiatan yang dapat mengoptimalkan situs website StickFriens untuk dapat tampil di halaman pertama mesin pencari.

Teknik digital marketing ini mampu meningkatkan jumlah traffic website AnDA secara organik atau gratis. Hal yang perlu StickFriends lakukan adalah membuat konten marketing yang berkualitas. Seperti infografik, artikel, e-book, dan lain sebagainya.

2. Content Marketing

Content marketing adalah sebuah kegiatan yang membuat dan mempromosikan aset konten dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, traffic, prospek, dan pelanggan.

Jenis content marketing ini ada banyak, seperti e-book, infografik, gambar, video, artikel, dan semacamnya. Salah satu cara yang cukup efektif mendatangkan traffic adalah dengan membagikan konten marketing secara gratis. Dari konten ini, StickFriends akan mendapatkan banyak hal, mulai dari awareness, traffic, data konsumen, prospek, dan penjualan.

3. Social Media Marketing

Social media menjadi salah satu strategi yang paling umum dilakukan oleh para pebisnis. Umumnya, tujuan kegiatan social media marketing ini adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, mempromosikan merek, konten, dan traffic dengan tujuan untuk menghasilkan prospek.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Ada banyak sekali konsumen yang kesulitan menemukan produk atau layanan yang mereka butuhkan. Umumnya, konsumen akan melakukan pencarian terlebih dahulu di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci.

Disana, mereka akan menemukan banyak halaman yang menggunakan kata kunci yang mereka gunakan. Setelah itu, audiens akan coba membuka satu-satu rekomendasi halaman yang mereka temukan di halaman pertama.

Akan tetapi, halaman website StickFriends masih belum muncul di halaman pertama. Lantas, bagaimana cara StickFriends tampil memikat audiens? Jawabannya adalah SEM atau iklan berbayar di mesin pencari.

SEM memungkinkan halaman website kita tampil di halaman pertama dan di bagian paling atas di hasil mesin pencari. SEM merupakan jalan pintas termudah untuk meningkatkan visibilitas website bisnis.

5. Instant Messaging Marketing

Jenis digital marketing terakhir yang bisa StickFriends terapkan adalah instant messaging marketing. Teknik ini sering diterapkan di berbagai situs layanan atau produk.

Konsep instant messaging marketing ini adalah memicu audiens untuk menghubungi perusahaan untuk mendapat informasi lebih lanjut. Biasanya, di Indonesia mengandalkan fitur chat WhatsApp.

Setelah audiens memencet tombol tersebut dan masuk ke aplikasi WhatsApp, mereka akan mulai mencari informasi lebih lanjut. Seperti menanyakan promosi yang berlanjut, status pesanan, atau pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Baca Juga: Pengertian B2C (Business to Consumer), Karakteristik, Jenis, & Contohnya

Digital Marketing Sangat Efektif Untuk Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, contoh, manfaat, dan tujuannya, Anda makin paham, bukan, kalau media ini memberikan banyak peluang untuk menjangkau calon konsumen?

Tentu saja, sebab melalui berbagai saluran online, baik itu media sosial, website, aplikasi chat, atau media digital lainnya, Anda bisa memasarkan produk dengan lebih mudah. Marketing menjadi hal yang wajib dilakukan untuk membangun kesuksesan bisnis Anda.

Jika tertarik memanfaatkan saluran pemasaran ini, Anda bisa membuat iklan online yang lebih inovatif bersama StickEarn. StickEarn adalah advertising technology start-up yang menyediakan berbagai layanan periklanan, contohnya Offline-to-Online Advertising yang menggabungkan iklan OOH dan digital.

Melalui layanan ini, Anda bisa menjalankan re-marketing yang efektif, masif, dan berdampak untuk bisnis. Klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png