Membuat konten yang berkualitas dan menarik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam bidang digital marketing. Konten yang demikian memberikan berbagai manfaat untuk promosi bisnis Anda.

Sayangnya, cara membuat konten menarik untuk kebutuhan pemasaran tidaklah mudah. Anda harus kreatif saat mengembangkan promosi bisnis ketika mengembangkan content marketing tersebut.

Sebab, saat ini ada banyak konten yang menarik di Instagram dan TikTok yang dibuat oleh brand, sehingga iklim pemasaran kian kompetitif. Oleh karenanya, brand pun wajib membuat strategi konten yang lebih fresh dan berbeda dari kompetitor.

Lantas, bagaimana cara membuat konten yang menarik di media sosial maupun website? Nah, Anda dapat mengetahui hal itu dengan menyimak artikel ini sampai habis, StickFriends.

Baca juga: Cara Membuat Promosi Produk agar Penjualan Meningkat

1. Tetapkan Tujuan dan Target Audiens

memahami target audiens.jpg

Source: Unsplash - Sebelum membuat konten yang kreatif di TikTok atau IG tentukan dahulu target audiens Anda.

Cara membuat konten yang menarik dapat diawali dengan menetapkan tujuan dari konten yang akan Anda rancang. Anda wajib menentukan tujuan membuat konten dengan berangkat melalui pertanyaan basic.

Pertanyaan tersebut dapat berupa, apakah Anda ingin meningkatkan brand awareness, mengedukasi audiens, atau mendorong konsumen untuk mengambil tindakan tertentu. Dengan begitu, Anda pun dapat mengarahkan konten yang akan dibuat dengan lebih baik jika Anda memiliki tujuan yang jelas.

Selain itu, menentukan target audiens juga menjadi kunci penting dalam langkah membuat konten. Melalui penentuan target ini, Anda akan mengetahui demografi konsumen atau target seperti apa yang tepat, minat, hingga masalah dan kebutuhan mereka terhadap brand.

2. Pilih Media yang Diinginkan

Menyesuaikan konten dengan media yang dipilih adalah hal penting yang dapat membantu Anda menciptakan konten yang menarik dan efektif. Khususnya mengenai iklan di media sosial.

Setiap media memiliki karakteristiknya masing-masing. Setelah memilih media yang tepat, Anda juga perlu menyesuaikan format konten dengan media tersebut.

Misalnya, jika Anda menggunakan blog, gunakan paragraf pendek, subjudul yang jelas, dan konten yang mudah dipahami.

Jika Anda menggunakan video, pastikan durasinya tidak terlalu panjang dan gunakan elemen visual yang menarik. Kesesuaian format berpengaruh terhadap kesuksesan konten atau iklan online Anda.

Salah satu media yang masif digunakan dalam pembuatan konten digital adalah media sosial. Sebabnya, melalui media sosial Anda bisa menyesuaikan konten dengan karakteristik atau keunikan dari media sosial yang dipilih.

Contoh media sosial terpopuler karena banyak digunakan ialah Instagram. Platform ini digandrungi banyak orang karena menawarkan layanan yang lengkap. Lalu, ada juga TikTok dan Twitter yang juga sering digunakan untuk mempromosikan produk.

3. Riset Format dan Keyword Konten

Sebelum melakukan marketing campaign dengan memanfaatkan iklan digital, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Riset yang dapat Anda lakukan pada tahap ini ialah dengan mencari tahu format dan keyowrd konten yang akan Anda buat. Lakukanlah riset secara komprehensif tentang topik yang akan Anda bahas agar Anda mempunyai panduan.

Dari hasil riset itu, Anda dapat memperoleh informasi terkini dan akurat. Perlu dipastikan konten Anda memberikan nilai tambah atau added values bagi audiens. Riset yang baik akan memberikan dasar yang kuat untuk konten yang informatif dan berkualitas.

Baca juga: Anda Wajib Tahu, Panduan Riset Pasar untuk Kebutuhan Iklan!

4. Buat Narasi yang Baik dan Menarik

konten yang menarik dapat dibuat secara storytelling.jpg

Source: Unsplash - Salah satu jenis konten yang menarik dapat dibuat secara storytelling.

Ketika Anda mulai menggarap ide konten pastikan bahwa konten yang akan dibuat memiliki kesesuaian dengan industri bisnis Anda. Hal ini akan memudahkan Anda menentukan platform apa yang sesuai.

Pertimbang apakah platform media sosial yang Anda pilih sesuai dengan industri atau bidang bisnis Anda akan memberikan manfaat berupa pesan yang jelas dan mudah dimengerti audiens.

Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang fashion, Instagram dapat menjadi platform yang sangat cocok karena fokus pada konten visual dan inspirasi.

Selain itu, menggunakan narasi yang menarik dapat membuat konten Anda lebih meyakinkan dan mudah dipahami.

Ceritakan kisah yang relevan atau berbagi pengalaman yang dapat menghubungkan brand dengan audiens. Relevansi ini akan memangkas jarak antara brand dan audiens Anda.

Penting bagi Anda untuk memilih gaya penulisan yang sesuai dengan audiens dan tujuan konten. Apakah Anda ingin konten Anda lebih formal, informatif, atau lebih santai dan menghibur? Sesuaikan gaya penulisan agar sesuai dengan kepribadian brand dan preferensi audiens.

Anda juga perlu memastikan bahwa konten Anda bebas dari kesalahan tata bahasa dan tanda baca yang mengganggu. Konten yang ditulis dengan baik dan mudah dibaca dapat mencerminkan profesionalisme dan membantu audiens mengingat brand.

5. Pilih Sumber yang Akurat

Sumber informasi yang akurat mengindikasikan bahwa informasi yang Anda sampaikan dalam konten digital marketing benar dan tepercaya. Hal ini tentunya penting ketika Anda memberikan data, fakta, atau informasi yang berpotensi memengaruhi keputusan atau tindakan audiens.

Memilih sumber informasi yang akurat juga membantu Anda membangun kredibilitas dan kepercayaan audiens maupun mesin pencari seperti Google. Ketika konten Anda didukung oleh sumber yang dapat dipercaya, hal ini dapat meningkatkan otoritas konten di mata audiens dan peringkat SEO konten Anda.

Dengan memilih sumber yang akurat, Anda dapat memastikan bahwa konten yang Anda bagikan dapat dipercaya dan diandalkan. Ini membantu menjaga reputasi bisnis dan integritas perusahaan dalam jangka panjang.

6. Berikan Visual yang Menarik Perhatian

cara membuat konten pemasaran.jpg

Source: Unsplash - cara membuat konten pemasaran dapat menggunakan visual yang menarik.

Apa pun media yang Anda pilih, membuat visual yang menarik sangat penting untuk dilakukan. Gunakan gambar, grafik, video, atau ilustrasi yang relevan dan berkualitas guna memperkaya konten Anda.

Visual yang menarik ini nantinya akan membantu Anda menarik perhatian dan mempertahankan minat audiens. Visualisasi konten juga sangat berpengaruh terhadap brand image yang hendak ditampilkan ke publik.

Visualisasikan konten Anda dengan menggunakan elemen-elemen visual yang sesuai. Konten visual dapat membantu menyampaikan pesan dengan lebih kuat dan menarik perhatian audiens.

Selain itu, pastikan konten yang Anda buat juga memberikan added value bagi audiens. Berikan informasi yang berguna, solusi untuk masalah mereka, atau wawasan baru yang menarik.

Konten yang bermanfaat dapat membuat audiens ingin kembali lagi ke konten Anda di masa depan. Karena, jika suatu konten dirasa bermanfaat, mereka akan menyimpannya agar dapat dibaca di kemudian hari.

Rangcang Konten yang Menarik untuk Bisnis Anda!

StickFriends telah mengetahui cara membuat konten menarik untuk pemasaran. Dari penjelasan ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa merancang konten, terlebih untuk marketing, membutuhkan usaha yang besar dan tak sebentar.

Konten yang baik dapat memberikan berbagai keuntungan, mulai darir peningkatan brand awareness, citra positif, bahkan hingga meningkatkan penjualan. Anda pasti tertarik untuk menerapkan langkah membuat konten menarik di IG maupun materi iklan, bukan?

Kalau begitu, Anda bisa mengimplementasikannya dari sekarang! Setelah kontennya sudah Anda siapkan, Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn untuk menyebarluaskan konten tersebut melalui iklan luar ruang kami.

Ada berbagai media iklan OOH/DOOH yang dapat Anda pilih sesuai jenis bisnis atau promosi. Jika Anda tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png