Di samping memahami tentang apa itu iklan digital dan jenisnya, Anda juga perlu paham akan cara membuat iklan digital yang menarik dan berkualitas.

Pasalnya, riset dari Digital 2022 Global Overview Report menjelaskan bahwa iklan online menjadi channel yang paling banyak digunakan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat persaingan channel digital semakin ketat sehingga bisnis tak bisa sembarangan dalam membuat iklan untuk mempromosikan produknya.

Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif untuk memenangkan persaingan tersebut, StickFriends. Salah satu solusinya ialah dengan memahami cara membuat iklan digital.

Bagaimana Cara Membuat Iklan Digital yang Efektif?

digital ads.jpg Source: Pixabay - Iklan digital yang efektif dapat memasarkan dirinya kepada konsumen.

Iklan yang Anda buat tak hanya sekadar jadi, kemudian tayang di platform pilihan saja. Namun, iklan itu juga perlu dibuat sedemikian rupa agar mampu "memasarkan dirinya".

Sebab, iklan yang efektif adalah iklan yang dapat menarik perhatian orang untuk melihat dan menyaksikan konten yang Anda buat sampai habis. Selain itu, setelah ditonton, iklan pun dapat menghipnotis para penontonnya agar mau melakukan berbagai tindakan pemasaran, khususnya bertransaksi.

Adapun cara untuk membuat iklan yang tepat ialah dengan melakukan beberapa langkah yang sudah StickEarn rangkum dari berbagai sumber di bawah ini. Yuk, disimak!

1. Kenali Produk yang Akan Dipromosikan

Mengenali produk yang akan Anda promosikan penting untuk dilakukan di tahap awal. Tujuannya, dengan mengenal seperti apa dan bagaimana produk tersebut, Anda akan semakin paham mengenai hal-hal apa saja yang ingin diunggulkan dari produk itu.

Cara agar Anda lebih kenal dengan produk ialah melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats). Buatlah data SWOT mengenai produk secara detail, kemudian pelajari hasilnya.

Bila sudah paham, Anda bakal lebih mudah memetakan mana informasi yang akan dijual ke audiens dan mana yang tidak. Hal ini akan menjadi bekal yang sangat berarti, StickFriends.

2. Lakukan Market Research

Melakukan market reseacrh juga tak kalah penting untuk Anda lakukan di awal. Market research akan membantu Anda meminimalisasi missing blank terkait kondisi pasar.

HubSpot menyebutkan ada beberapa langkah-langkah penelitian market research yang bisa bisnis lakukan dalam membuat iklan, seperti:

  • Siapa target Anda?
  • Berapa usia mereka?
  • Apa yang paling sering mereka lakukan? (berkaitan dengan minat)
  • Platform apa yang sering mereka gunakan?

Dengan identifikasi ini, Anda bisa menentukan platform digital yang sesuai dengan target market Anda.

Baca juga: Kenali Cara Kerja Marketing Terbaik untuk Pemasaran

3. Periksa Aktivitas Iklan Kompetitor

Setelah selesai melakukan market research, jangan lupa untuk menyempatkan diri memeriksa aktivitas kompetitor, StickFrieds. Selain akan memberikan insight mengenai iklan apa saja yang kompetitor buat, Anda juga bisa mencari inspirasi dari iklan-iklan tersebut.

Bahkan, secara tak langsung Anda pun bisa menganalisis kelebihan dan kekurangan campaign ads yang pernah mereka dibuat. Dengan begitu, Anda bisa membuat iklan digital yang lebih efektif daripada pesaing.

4. Tetapkan Tujuan Pemasaran Iklan Digital

Cara membuat iklan digital yang menarik selanjutnya ialah dengan menetapkan tujuan iklan. Sedapat mungkin Anda harus menentukan tujuan lebih dahulu tujuan dari iklan yang ingin dibuat tersebut.

Bila Anda bingung membuat tujuan yang tepat, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan metode SMART. Dengan metode ini, Anda akan lebih mudah menargetkan goals apa saja yang ingin dicapai.

5. Pilih Platform Iklan

membuat iklan digital yang kreatif di media sosial.jpg

Source: Pixabay - Memilih tempat untuk beriklan sangat penting untuk dilakukan.

Sebab, di saat Anda sudah melakukan market research dan kompetitor serta menentukan tujuan, Anda bakal lebih mudah memilih platform iklan yang ingin digunakan.

Apalagi, setiap tahunnya tren iklan digital mengalami perubahaan. Jika dahulu iklan di Instagram menjadi favorit banyak orang, tetapi saat ini berbeda.

Kini, bisa saja jenis iklan digital yang banyak digunakan audiens ialah Google. Artinya, Anda harus menempatkan iklan di platform tersebut, contohnya dengan mengoptimasi SEO atau SEM untuk bisnis.

6. Tentukan Anggaran Iklan

Karena sudah tahu tujuan dan tempat beriklan, kami jamin Anda pun bakalan lebih mudah menentukan anggaran, StikcFriends.

Bagaimana tidak, ketika Anda tahu ingin menempatkan iklan di Google Ads, katakanlah, itu berarti Anda juga sudah bisa memprediksi biaya yang harus dikeluarkan, bukan?

Selain itu, menentukan anggaran dalam membuat digital advertising juga membantumu dalam memproyeksikan ROI (Return of Investment). Jadi, mari susun budget iklan secara tepat dan terarah.

7. Buat Pesan yang Tepat

Ketika Anda sudah sampai di tahap ini, Anda perlu memikirkan pesan yang ingin dibawa dari iklan tersebut.

Umumnya, ada beberapa pesan dari iklan yang biasa marketers gunakan, antara lain pesan agar audiens datang ke toko, mengunjungi website (landing page), mengajak kerabat untuk membeli produk, atau langsung bertransaksi.

Buatlah pesan yang tepat untuk campaign promosi Anda, entah itu iklan yang dibuat secara gratis di Google maupun di media sosial, agar calon konsumen menjalankan action yang Anda inginkan.

8. Kemas Iklan Secara Kreatif

Tak bisa dimungkiri kalau iklan yang kreatif lebih menarik perhatian. Penonton bisa langsung menoleh dan menikmati konten iklan yang Anda buat.

Namun, pertanyaannya bagaimana membuat iklan kreatif tersebut? Tenang saja! Anda bisa membuatnya dengan menaruh elemen-elemen kreativitas pada banner iklan ataupun video skrip yang menarik.

Lebih lanjut, jika Anda ingin berkreativitas dengan membuat video ads, maka perhatikan isi video di tiga sampai lima detik pertama, ya. Detik-detik tersebut begitu krusial karena menjadi penentu apakah audiens mau lanjut menonton atau menutup video.

Baca juga: Apa Itu Videotron? Ini Jenis, Manfaat, dan Cara Beriklannya!

9. Sertakan CTA (Call-to-Action)

Apalah artinya iklan jika tidak di akhir dengan CTA. Iklan hanya sekadar kata-kata biasa yang tidak mengandung pesan pemasaran.

Sebab, elemen marketing yang satu ini mampu menjadi perpanjangan tangan marketers untuk mengajak audiens melakukan sesuatu setelah melihat iklan yang perusahaan buat.

Tips Membuat Digital Ads yang Menarik Perhatian Lainnya

membuat iklan online bersama influencer.jpg Source: Unsplash - Langkah-langkah membuat iklan digital yang efektif di tengah persaingan bisnis.

Tak hanya memerhatikan cara di atas saja, selanjutnya Anda juga perlu melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Gunakan influencer marketing untuk mendorong performa campaign iklan.
  • Cantumkan hashtag atau kata kunci yang relevan agar iklan mampu menjangkau audiens yang lebih banyak.
  • Pantau iklan secara berkala untuk melihat dampaknya
  • Buat analisis setelah ads campaign selesai agar bisa menjadi tolak ukur saat menjalankan iklan digital lain di kemudian hari.

Ayo, Buat Iklan Digital Anda Sekarang!

Memahami cara membuat iklan digital memang penting untuk dilakukan, bukan? Dengan memahami cara ini, Anda jadi mempunyai tujuan dan strategi beriklan yang jelas.

Setidaknya ada 10 lebih langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat iklan digital yang berkualitas, mulai dari mengenali produk, market, dan kompetitor, hingga melakukan analisis setelah iklan selesai.

Nah, jika sampai di sini Anda sudah mempunyai gambaran untuk membuat iklan di media online, Anda bisa menyerahkan campaign tersebut kepada StickEarn.

StickEarn merupakan start-up periklanan luar ruang berbasis teknologi yang sudah dipercaya lebih dari 500 brand ternama. Tidak hanya itu, StickEarn juga menyediakan layanan Digital Advertising untuk menjalankan strategi marketing yang tepat untuk bisnis Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website StickEarn atau langsung klik banner "Beriklan Sekarang" di bawah, ya.

CTA Banner Blog - 01.png