Iklan luar ruang merupakan media periklanan yang tujuannya untuk menyampaikan pesan ke khalayak ramai melalui papan reklame, billboard, iklan di mobil, iklan di motor, dan jenis media visual lainnya. Format iklan dapat berbentuk video maupun gambar statis, ditempatkan di lokasi strategis atau wara-wiri di jalan-jalan sibuk sehingga saat jutaan audiens melintas, akan terpapar oleh materi iklan.

Di tengah gempuran digital, iklan luar ruang dianggap sebagai media yang efektif dan efisien untuk terhubung dengan audiens. Salah satu alasannya karena iklan OOH tidak dapat dihindari.

Mengapa Iklan Luar Ruang Dianggap Efektif untuk Berpromosi?

Dalam survei yang dilakukan pada tahun 2021, sebanyak 41% responden (orang dewasa di US) mengklaim bahwa mereka memperhatikan iklan OOH daripada sebelumnya. Lalu, ada lebih dari 80% responden mengklaim bahwa mereka melihat iklan OOH saat mengemudi. Hasil ini memberikan fakta baik bahwa ternyata OOH sangat mempengaruhi keputusan audiens untuk melakukan pembelian. Sekitar 33% responden mengatakan bahwa mereka mulai mencari tahu suatu brand atau produk berkat iklan di OOH.

Iklan luar ruang tidak seperti iklan digital yang kehadirannya dapat diabaikan atau dihindari. Sebaliknya, iklan luar ruang muncul di tengah keseharian masyarakat pada umumnya. Iklan luar ruang yang bagus memiliki daya tarik yang membantunya menonjol dari lingkungan sekitarnya. Pesan iklan tersebut mengundang rasa ingin tahu dengan cara yang biasanya tidak dilakukan oleh iklan digital.

Facebook dan Google pun, yang merupakan platform periklanan digital terbesar di dunia, menggunakan iklan luar ruang secara eksklusif.

Baca Juga: Ciri-ciri Bahasa Iklan yang Baik dan Menarik Serta Contoh

Digital OOH dan Format OOH

Saat ini, hampir semua format iklan yang ada di media iklan tradisional juga akan hadir dalam format digital. Tampilan digital tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran poster hingga spektakuler yang memenuhi hampir seluruh dinding gedung-gedung raksasa. Dengan demikian, akhirnya muncul peluang baru bagi marketers dan advertisers untuk beriklan, selain dalam format tradisional.

Keuntungan Beriklan dengan Media Digital OOH

Media digital OOH atau DOOH memberikan beberapa keuntungan dibandingkan format tradisional. Yang paling jelas adalah bahwa tampilan digital dapat menayangkan citra yang lebih hidup sehingga mampu menarik perhatian dengan cara yang umumnya tidak dapat dilakukan oleh OOH statis.

Tampilan digital pada DOOH biasanya digerakkan oleh semacam komputer yang beroperasi di belakang layar dan cara tersebut membuka pintu bagi beberapa jenis campaign yang lebih keren.

Pada tingkat yang lebih canggih, kampanye digital pada DOOH dapat dibuat untuk memicu respon terhadap jenis kondisi waktu, cuaca, skor pertandingan, dan lain sebagainya. Hal ini memudahkan brand untuk membeli space hanya pada saat tertentu sesuai dengan audiens yang ditargetkan. Misal, iklan es krim akan lebih menarik di musim panas.

Canggihnya lagi, digital OOH mampu menampilkan kampanye interaktif, di mana orang yang sedang melintas dapat mempengaruhi media yang muncul di layar atau dapat menghasilkan beberapa pengalaman augmented reality yang sangat menarik hingga membuat audiens terkesima.

Baca Juga: Popularitas OOH Semakin Melejit di 2023

Manfaatkan Data untuk Penargetan Audiens yang Kuat

Di ranah OOH, dewasa ini, marketers dan advertisers tidak lagi hanya ingin membeli space untuk beriklan, namun ingin juga membeli audiensnya. Dengan demikian, data serta pengukuran audiens yang akurat akan menjadi penting dari sebelumnya dalam hal perencanaan dan evaluasi keberhasilan kampanye.

Data seluler akan membantu pengiklan memahami di mana audiens berada, memastikan audiens untuk melakukan tindakan dari setiap iklan yang dipasang. Pengiklan juga dapat menggabungkan data pihak pertama dengan strategi OOH mereka untuk menjangkau audiens dengan iklan yang relevan secara kontekstual. Data pihak pertama atau data yang dimiliki oleh pengiklan akan semakin penting saat beralih ke dunia tanpa cookie.

Mau Pasang Digital OOH? Di StickEarn Aja!

Melihat fenomena gencarnya digital OOH sekaligus manfaat yang diberikan maka sudah seharusnya brand mulai beralih dari media konvensional atau tradisional, seperti billboard, ke digital billboard. Memutuskan untuk beriklan di digital out-of-home akan memberi dampak positif bagi brand.

Jangan ragu untuk menghubungi StickEarn yang menyediakan berbagai media iklan, seperti car advertising, motorbike advertising, angkot advertising, train advertising, bahkan sampai ke plane advertising. Klik banner di bawah ini untuk langsung terhubung dengan tim StickEarn.

CTA Banner Blog - 01.png