Beriklan menggunakan billboard saat ini banyak dilakukan oleh para pengiklan. Riset Kantar Millward Brown menyebutkan bahwa sebagian besar audiens, Gen-Z dan Millenials, lebih memperhatikan billboard.

Meskipun kini banyak digunakan, tetapi tahukah Anda mengenai apa itu billboard? Iklan luar ruang ini sangat populer dan, seiring berkembangnya OOH, billboard pun terus bertransformasi.

Jika Anda belum mengetahuinya sekaligus ingin mempelajari apa yang dimaksud dengan billboard karena ingin membuat iklan offline di jalan, Anda wajib menyimak pembahasan kami di bawah. Pada artikel ini, StickEarn akan membahas secara lengkap mengenai media OOH tersebut.

Pelajari juga Case Studies brand yang beriklan menggunakan OOH dan DOOH:

Apa Itu Billboard?

Billboard advertising adalah media iklan yang tengah berkembang.jpg

Source: - Memahami apa yang dimaksud dengan billboard.

Billboard adalah poster atau promosi iklan berbayar yang berlokasi di luar ruangan dan termasuk ke dalam kategori Out-of-Home (OOH) Advertising. Umumnya, billboard dipasang atau di tempatkan pada posisi yang cukup tinggi dan berukuran besar.

Tujuan pemasangan billboard pada posisi tersebut ialah agar iklan yang pengiklan buat dapat dilihat oleh banyak orang. Bahkan, dapat menjadi pusat perhatian.

Selanjutnya, ada pendapat lain tentang pengertian billboard, yaitu papan reklame dengan ukuran besar yang menampilkan gambar atau tulisan beserta informasi, iklan, pengumuman, maupun promosi suatu produk. Gambar dan tulisan ada yang dibuat bergerak (digital) atau hanya dalam bentuk cetakan (konvensional).

Dilihat dari materialnya, billboard terbuat dari material, seperti kayu, kain, plastik, logam, fiberglass, dan kaca yang pemasangannya pada tempat yang sangat tinggi. Ada juga yang memasang papan reklame pada bangunan gedung dengan konstruksi permanen.

Nah, ketika Anda memutuskan untuk memasang iklan menggunakan papan reklame billboard. Anda harus menggunakan jasa sewa papan reklame dan pembuat iklannya, serta membayar pajak daerah setempat untuk pemasangan iklan tersebut.

Anda dapat bekerjasama dengan StickEarn untuk menyebarluaskan informasi iklan menggunakan billboard. StickEarn adalah perusahaan teknologi periklanan yang menyediakan layanan pasang iklan di billboard.

Anda dapat memasang iklan di media tersebut untuk mendapatkan kesadaran merek yang lebih tinggi. Hal itu karena kami menyediakan pemasangan billboard pada lokasi yang sangat strategi.

Manfaat Iklan di Billboard

Sebagai media periklanan luar ruangan, billboard memberikan berbagai manfaat untuk para pengiklan. Ketika brand Anda memasang iklan di pinggir jalan menggunakan layanan tersebut, Anda akan mendapatkan keuntungan seperti berikut.

  • Media promosi yang terpasang di luar ruangan.
  • Alat untuk menyampaikan informasi mengenai pengumuman merek atau produk.
  • Media iklan efektif yang dapat meningkatkan citra positif kamu sebagai pengiklan dan mempercantik tata kota.
  • Membantu masyarakat untuk mengidentifikasi dan mengingat suatu brand atau produk tertentu.
  • Meningkatkan target pasar dan angka penjualan.
  • Menampilkan properti yang hendak kamu iklankan, baik secara tidak langsung maupun secarang langsung.

Kelebihan dan Kekurangan Billboard

Tak jauh beda dengan media iklan lainnya, papan reklame billboard juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari billboard yang perlu Anda ketahui.

1. Kelebihan Billboard

  • Bisa Anda manfaatkan untuk menyampaikan informasi dengan singkat, padat, tetapi tetap jelas maksudnya.
  • Berfungsi sebagai media informasi yang paling tepat sasaran dan efektif untuk kalangan tertentu jika kamu letakkan pada area yang tepat.
  • Menjadi media informasi dan komunikasi yang bisa menjangkau daerah lokal.

2. Kekurangan Billboard

  • Pemasangan billboard memerlukan lokasi yang luas karena ukurannya yang besar.
  • Apabila Anda memasang billboard di lokasi yang tidak tepat, informasi yang ingin Anda sampaikan tidak akan terlihat jelas, baik oleh pengemudi yang melaju kencang atau pejalan kaki yang jarang melewati lokasi tersebut.
  • Papan reklame lebih cepat rusak akibat faktor cuaca yang berubah-ubah dan lokasinya yang berada di luar ruangan. Meskipun begitu, jika Anda menggunakan layanan StickEarn, Anda tak perlu mengkhawatirkan hal ini. Sebab, kualitas stiker iklan kami sudah dijamin sehingga stiker awet dan tahan segala cuaca. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan billboard digital 3D yang tidak perlu dicetak.

Baca juga: Billboard 3D di Jakarta! Tren Teknologi OOH Iklan Terbaru

Ciri-ciri Billboard

Supaya Anda bisa lebih memahami apa yang dimaksud dengan billboard, simak ciri-cirinya berikut ini:

  • Tinggi dan berukuran besar dengan perbandingan 2:3.
  • Ilustrasi dan huruf menggunakan desain khusus supaya mudah orang lain baca dan lihat ketika melewatinya.
  • Umumnya untuk menampilkan iklan seperti rokok dan smartphone.
  • Bahasanya jelas dan singkat, tetapi menarik perhatian pembacanya.
  • Warnanya cerah atau kaya akan kontras, sehingga mempermudah pembaca saat melihatnya.
  • Umumnya pemasangan berlokasi di pertigaan atau perempatan jalan raya.
  • Memuat informasi mengenai pengumuman publik.

Jenis-jenis Billboard

contoh iklan di billboard-stickearn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh jenis iklan di billboard 3D yang kreatif dan unik.

Billboard terbagi atas beberapa jenis. Adapun jenis-jenis dan penjelasannya dapat Anda simak melalui pembahasan kami di bawah ini.

1. L.E.D Billboard

Jenis papan reklame pertama ini memanfaatkan teknologi canggih dalam menampilkan gambar bergerak atau video dari siang hingga malam hari. Papan reklame ini terbuat dari JPEG atau audiovisual dengan kualitas tinggi. Papan iklan yang satu ini masuk ke dalam golongan OOH Advertising digital.

2. Neonbox

Papan iklan ini memiliki bentuk kotak yang terbuat dari material akrilik untuk layarnya yang ada pada bagian belakang dan juga depan papan. Pada bagian dalam kotak terdapat lampu neon dan lampu TL supaya tulisan atau gambar pada akrilik dapat terlihat jelas oleh pembaca.

3. Backlit dan Frontlite

Jenis billboard yang ketiga ini umumnya terletak di jalan tol atau sisi jalan secara vertikal. Sekarang ini kamu bisa dengan mudah melihat berbagai jenis panel kontrol, khususnya di kota-kota besar. Biasanya bentuk papan iklan ada yang frontlite vertikal dan ada juga yang frontlite horisontal.

Baca Juga: Mengenal Digitron: Digital Billboard Pintar dari StickEarn

4. Geometrics

Papan reklame ini memakai ilusi 3 dimensi, tujuannya adalah memberikan kesan kepada pembacanya untuk melihat dari segala arah. Bahkan saat gambar kamu lihat di permukaan datar.

5. Poster Panel

Billboard jenis ini melalui proses produksi yang modern dari hasil fotografi profesional. Sehingga, proses pencetakannya menggunakan kertas yang fleksibel untuk memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada painted bulletins. Terbuat dari material yang biasanya dipakai sebagai background atau untuk iklan film di gedung bioskop.

6. Inflatables

Papan reklame yang ditempelkan pada papan iklan dan memiliki desain 3 dimensi. Jadi, menjadi satu kesatuan dengan papan iklan yang menjadi backgroundnya.

7. Prismatext

Jenis papan reklame ini memuat 3 jenis iklan berbeda dalam satu papan. Iklan akan berubah secara otomatis dalam beberapa detik pada papan. Tetapi, jenis papan iklan ini hanya menampilkan satu jenis produk tertentu. Jadi, gambarnya saja yang berbeda, bukan brand atau produknya.

8. Neon Sign

Ini adalah jenis billboard yang menggunakan lampu TL pada papan iklan berbentuk teks maupun gambar. Sehingga, ketika malam hari, informasi yang tertera di papan masih bisa tampak jelas di mata para pembaca.

9. Kinetic Board

Papan reklame kinetik ini memiliki bentuk segitiga yang bisa kamu putar dan mempunyai satu batang. Sehingga, pembaca bisa melihat ketiga sisinya dari arah yang berbeda-beda. Jenis papan reklame ini mempunyai 3 jenis iklan untuk masing-masing halamannya.

10. Painted Bulletins

Jenis papan reklame manual yang memakai teknik airbrush. Sekarang ini, jenis yang satu ini sudah banyak ditinggalkan oleh penyewa papan iklan karena proses produksinya yang memerlukan waktu lama. Selain itu, hasilnya juga kurang maksimal.

Alasan lain bagi penyewa papan reklame untuk tidak memilih jenis ini adalah kerugian yang berasal dari hasil pekerjaan yang tidak setara atau konsisten.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Baliho, Billboard, Megatron, & Videotron

Mengapa Billboard Penting?

billboard unik_stickearn.jpg

Source: Doc. StickEarn - Billboard iklan HBO yang menggunakan jasa StickEarn untuk promosi film di Bandung.

Menggunakan billboard sebagai media iklan sangatlah penting, terlebih untuk Anda yang ingin meningkatkan brand awareness. Sekitar 10,8% audiens menghabiskan waktunya untuk membaca media cetak seperti surat kabar dan majalah dan 80% sisanya dapat Anda targetkan untuk fokus pada OOH.

Data Statista 2022 juga menyebutkan bahwa 32% responden riset mereka menyukai billboard. Hal itu terjadi karena billboard terus berkembang, sehingga kini berintegrasi dengan digital.

Lalu, penelitian OOH Today juga mengatakan bahwa pesan iklan luar rumah lebih mudah diingat oleh konsumen. Dengan begitu, billboard menjadi media paling efektif untuk mencapai objektif campaign marketing Anda.

Jika ditarik ke Indonesia, Anda bisa melihat sendiri bahwa di pusat kota, billboard banyak di pasang. Rata-rata billboard diisi dengan banner iklan dan LED billboard juga terus menyala. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan kanal promosi offline menggunakan media.

Tertarik Beriklan di Billboard?

Itulah tadi pembahasan mengenai apa itu billboard yang bisa Anda ketahui. Berdasarkan definisinya, billboard adalah media iklan yang tampil di pinggir maupun dekat atau nempel dengan gedung bertingkat, sehingga lebih tinggi.

Karena posisinya tinggi, berbagai jenis reklame billboard yang ada tentu mudah dilihat dan dikenali oleh audiens. Visibilitas yang ditawarkan mampu membantu Anda meningkatkan kesadaran, bahkan transaksi.

Jika Anda berminat memasang iklan menggunakan media outdoor ini, Anda bisa menghubungi StickEarn. Kami menyediakan jasa sewa dan pembuatan iklan digitron atau billboard berbentuk digital yang berkualitas dengan teknologi yang mumpuni dan dapat dipasang pada lokasi strategis.

Langsung saja klik banner di bawah untuk segera beriklan atau simak lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png