Sebagai salah satu usaha mengembangkan produk, brand positioning dapat membantu Anda dalam mengendalikan pasar. Hal itu karena ketika Anda menjalankan starategi branding yang satu ini, Anda berupaya untuk menentukan posisi produk di pasar.

Selain itu, jika strategi brand positioning dijalankan secara efektif, Anda juga bisa meningkatkan penjualan produk. HubSpot menyebutkan bahwa perusahaan yang membuat brand positioning secara tepat dapat membantu peningkatan penjualan produknya.

Sederhananya, brand positioning adalah suatu strategi yang dijalankan oleh brand untuk menentukan posisi produk dan mengendalikan pasar. Melalui usaha ini juga, brand bisa meningkatkan kesadaran merek secara efektif.

Karena kehadirannya begitu penting, Anda wajib mempelajari tentang brand positioning dan contoh positioning produk lewat pembahasan StickEarn di bawah ini. StickEarn telah membahasnya secara lengkap.

Baca juga: Perbedaan Branding & Marketing yang Mempengaruhi Bisnis, Apa Sajakah?

Apa Itu Brand Positioning?

brand positioning adalah strategi branding.jpg

Source: Freepik - Brand positioning merupakan strategi yang dapat memperkuat posisi sebuah brand di market.

Brand positioning adalah strategi branding yang dapat membuat brand atau perusahaan agar lebih berbeda dari para kompetitornya sehingga mendapatkan tempat atau posisi di pikiran konsumen.

Misalnya begini, brand Anda adalah brand yang menjual produk kacamata. Sementara, perusahaan kacamata di Tanah Air sangatlah banyak.

Agar produk Anda lebih dipilih, maka Anda dapat mengoptimalkan brand positioning ini. Dengan begitu, brand Anda pun akan lebih dilihat, dipercaya, sehingga konsumen mau bertransaksi di perusahaan Anda saja.

Menurut The Branding Journal, brand positioning merupakan strategi yang dapat memperkuat gambaran dan posisi sebuah brand di pikiran para konsumen. Penerapan strategi ini dapat menciptakan asosiasi khusus bagi suatu brand di benak konsumennya.

Proses positioning berbeda dengan brand image maupun brand equity. Meski keduanya sering dianggap sama, tetapi ada perbedaan mendasar antara brand equity dengan brand positioning.

Salah satunya ialah pada kemampuan strategi ini dalam memastikan tempatnya di market. Bagaimana market melihat, mengasosiasikan, hingga akhirnya lebih yakin untuk membeli produk di brand Anda.

Pengertian Brand Positioning Menurut Ahli

Menurut Kotler dalam buku "Marketing Management" edisi ke-11 yang kami kutip dari The Branding Journal, brand positioning adalah tindakan merancang penawaran dan citra perusahaan untuk menempati tempat yang berbeda di benak market mereka.

Apa yang perlu dirancang dan ditawarkan kepada market ialah sisi unik yang ada di dalam diri Anda. Contoh kembali dari ilustrasi perusahaan kacamata di atas.

Karena sudah banyak yang menjual kacamata, Anda bisa mencari nilai unik yang di brand Anda atau yang belum ada dari kompetitor. Misalnya, kacamata yang Anda jual dilengkapi dengan bahan premium, tetapi tetap dijual dengan harga yang murah.

Nah, itulah brand positioning Anda, yaitu sebagai produsen kacamata yang menawarkan bahan premium dan harga murah bisa Anda tonjolkan. Jadi, ketika konsumen ingin membeli kacamata, mereka pasti akan mempertimbangkan transaksinya di bisnis Anda.

Baca juga: Rahasia PUBG Curi Atensi Pengguna Jalan

Jenis-jenis Brand Positioning

jenis brand positioning.jpg

Source: Freepik - Macam-macam brand positioning.

Berdasarkan jenisnya, brand positioning terdiri dari beberapa kategori. Adapun jenis-jenisnya menurut HubSpot ialah sebagai berikut.

1. Customer Service Positioning Strategy

Pertama adalah jenis customer service positioning strategy. Jenis brand positioning ini mengandalkan optimalisasi penanaman asosiasi konsumen melalui layanan yang diberikan.

2. Convenience-based Positioning Strategy

Convenience-based positioning strategy adalah jenis dari brand positioning yang kurang lebih pengertiannya sama dengan jenis di atas; sama-sama mengedepankan pelayanan.

Hanya saja, layanan yang dioptimalisasikan pada jenis ini lebih kepada kemudahan konsumen dalam menjangkau brand. Misalnya, dengan menghadirkan cabang di beberapa tempat, menawarkan beragam layanan service center gratis, dan lain sebagainya.

3. Price-Based Positioning Strategy

Jenis tersebut lebih berorientasi pada harga. Perusahaan berusaha menawarkan produk dengan harga yang terjangkau.

Jadi, bila konsumen ingin membeli sesuatu, perusahaan berharap mereka lebih dipilih oleh konsumen karena harga yang ditawarkannya.

Baca juga: Inilah 4 Tingkatan Brand Awareness & Cara Meningkatkannya

Jenis lainnya

Selain ketiga jenis itu, ada juga jenis lainnya yang wajib Anda ketahui, di antaranya ialah:

  • quality-based positioning strategy, yaitu upaya perusahaan dalam membuat brand positioning yang mengarah pada kualitas.
  • differentiation strategy, yaitu jenis yang mengedepankan keunikan satu brand sebagai pembeda.
  • social media positioning strategy. Jenis positioning ini lebih mengandalkan channel media sosial sebagai sarana membangun posisi suatu brand.

Contoh Brand Positioning

Setelah Anda mengetahui apa itu brand positioning, sekarang lengkapi pemahaman Anda dengan mengetahui contoh-contohnya.

Adapun contoh brand positioning strategy dapat Anda lihat melalui kehadiran Aqua. Sebagai produsen air minum, Aqua hadir membawa visi-misi yang berbeda dan efektif diterapkan dalam campaign branding maupun pemasarannnya.

Brand Aqua saat ini dikenal sebagai perusahaan dengan positioning penghasil air minum jernih dan menyegarkan dari pegunungan.

Meskipun harganya lebih tinggi dibanding merek lain, Aqua masih menjadi pilihan hingga kini karena berhasil menghipnotis konsumen dengan positioning yang fokus pada kualitas.

Selain Aqua, brand positioning Apple juga dapat menjadi contoh. Hal itu karena Apple mampu mengalahkan berbagai produsen elektronik, khususnya smartphone, yang harganya lebih murah dari Apple.

Apple tetap menjadi favorit di berbagai kalangan karena kualitas premium yang ditawarkannya. Produk Apple dipandang lebih modern, awet, stabil, dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik.

Baca juga: Digital Branding: Teknik Pemasaran Bisnis Terbaik!

Manfaat Brand Positioning

brand positioning dapat membuat brand unik.jpg

Source: Freepik - Keuntungan menerapkan brand positioning.

Sampai di sini Anda pasti sudah tahu bahwa mengapa brand positioning itu penting.

Tak hanya membuat perusahaan berbeda, masih menurut HubSpot, strategi ini dapat meningkatkan 10-20% pendapatan Anda.

Lalu, brand positioning juga memberikan berbagai manfaat lain yang dapat membantu Anda menyukseskan branding strategy di perusahaan.

  • Membantu Anda mengidentifikasi nilai unik yang ada di dalam brand.
  • Brand positioning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan loyalitas konsumen.
  • Penerapan strategi ini juga memudahkan Anda dalam menentukan harga dan kualitas yang ingin ditonjolkan di hadapan market.
  • Mendorong terciptanya brand image yang kuat dan sesuai keinginan.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menjalankan Brand Positioning

Bagaimana cara melakukan brand positioning sebetulnya sangat mudah. Namun, sebelum Anda mengetahuinya, pahami dahulu beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalani strategi ini.

Sebagai brand, Anda harus benar-benar memahami produk atau diri Anda. Mengapa? Pemahaman yang lengkap mengenai hal itu sangatlah membantu Anda dalam menentukan positioning yang sesuai.

Nantinya, Anda dapat membuat positioning yang pas dan tidak berlebihan. Karena, jika over-positioning, target pasar Anda akan mengecil.

Bahkan, hal itu juga akan menimbulkan masalah baru yang akan menyulitkan Anda dalam menyampaikan pesan branding yang sesungguhnya ke market. Branding akan bias.

Lalu, Anda pun jangan sampai berorientasi pada market saja, tetapi harus juga memikirkan target. Jadi, sambil melakukan riset guna mencari tahu bedanya brand Anda dengan yang lain, Anda wajib mengidentifikasi target pasar.

Sudah Paham tentang Apa Itu Brand Positioning?

Jika disimpulkan, brand positioning adalah upaya perusahaan atau brand dalam membangun posisinya di pikiran konsumen melalui citra dan reputasi yang baik. Dengan upaya itu, brand dapat menjadi top of mind sehingga lebih dipilih dibanding kompetitor.

Strategi brand positioning kerap dilakukan oleh berbagai perusahaan. Selain untuk mendukung branding, strategi tersebut juga mampu menyukseskan aktivitas marketing mereka.

Nah, jika perusahaan Anda sedang menjalankan strategi ini, Anda bisa mendukung proses tersebut bersama kami. StickEarn siap mendorong positioning bisnis melalui layanan iklan luar ruang.

Anda dapat beriklan bersama kami dengan mempromosikan produk di layanan Car Advertising, Motorbike Advertising, MobileLED Advertising, ataupun Vending Machine Advertising.

Untuk beriklan, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk kami

CTA Banner Blog - 01.png