Banyaknya iklan luar ruangan yang kini tampil di jalan membuat sebagian pebisnis bingung dalam memahami perbedaan DOOH vs OOH. Keduanya sering dianggap sama sehingga sulit dibedakan.

Namun, jika ditelusuri lebih dalam, DOOH Advertising (Digital Out of Home) berbeda dengan OOH (Out of Home), StickFriends. Ada berbagai perbedaan yang membuat keduanya tidaklah sama, sekalipun sama-sama tampil di luar ruang.

Supaya Anda tidak bingung dalam memahami apa itu DOOH dan perbedaannya dengan OOH, Anda bisa simak ulasan khusus StickEarn di bawah. Kami telah membahas secara lengkap mengenai perbedaan antara kedua media promosi produk tersebut.

Baca juga: Wajib Tahu! Kelebihan Media Luar Ruangan (OOH) untuk Beriklan

1. Menggunakan Visual yang Dinamis

perbedaan dooh dan ooh ada pada visualnya yang dinamis_stickearn.jpg

Source: Shutterstock - DOOH advertising berbeda dengan OOH secara visualnya.

Perbedaan pertama terletak pada visual yang digunakan oleh kedua jenis media luar ruangan tersebut. Visual yang tampil dalam DOOH maupun OOH mudah untuk Anda identifikasi perbedaannya.

Sebab, secara keseluruhan, iklan-iklan yang tampil pada media OOH cenderung statis. Visual OOH hanya berupa image atau gambar biasa, yang tidak bisa bergerak. Sementara, gambar iklan di media DOOH cenderung dinamis.

Iklan yang Anda buat di media ini dapat bergerak dan berubah-ubah. Biasanya, visual yang digunakan di DOOH ialah video maupun motion graphic.

Lebih lanjut lagi, terkait perbedaan visualnya bisa Anda lihat pula pada artikel study case kami bertajuk "Uniknya Pesan Iklan FIFA di Konvoi StickMob" yang menggunakan stiker di badan mobil. Konvoi tersebut menggunakan banner poster statis saja.

Lalu, contoh dari iklan DOOH dapat Anda simak melalui campaign PUBG dengan MobileLED StickEarn.

Pada campaign tersebut, PUBG ingin meningkatkan awareness dan pemain PUBG dengan menampilkan gambar bergerak, berupa video, di badan MobileLED kami. Mobil tersebut beroperasi di beberapa titik yang ada di kota Surabaya.

2. Ukuran DOOH Lebih Besar

dooh.ly dalam artikel blognya yang berjudul “DOOH vs OOH” menjelaskan bahwa pada dasarnya DOOH adalah pembaruan dari OOH. Selayaknya versi terbaru dari sebuah media, maka banyak yang diperbaiki yang dilakukan di jenis iklan ini.

Hal yang paling kentara ialah dari ukurannya, StickFriends. Ukuran iklan yang tayang di DOOH, contohnya di videotron, megatron, atau vending machine, jauh lebih besar dibanding OOH. Bahkan, ada yang ukurannya sampai setengah badan gedung bertingkat.

3. Berpeluang Dilihat Banyak Orang

Nah, karena menggunakan visual yang dinamis dan ukuran yang besar, sudah pasti iklan yang Anda buat di DOOH mudah dikenali konsumen. Ketika Anda memasang iklan DOOH di kawasan padat seperti di Sudirman, iklan DOOH Anda tentu akan mudah menjadi spotlights.

Pengguna jalan atau komuter yang sedang berlalu-lalang langsung aware terhadap iklan tersebut karena bentuk dan kontennya yang mencolok.

Selain itu, iklan ini juga tak mudah dihindari pengguna jalan. Sebab, iklan DOOH tak bisa di-skip begitu saja. Iklan terus tayang, menampilkan video atau gambar bergerak, sehingga iklan online yang dipromosikan mampu mengganggu pikiran banyak orang.

Menariknya lagi, ada beberapa perusahaan yang sengaja mengemas iklan DOOH miliknya menggunakan video bersambung, seperti Short movie video sehingga khalayak penasaran.

Baca juga: Apa Itu Out of Home Advertising (OOH)? Ketahui Tren dan Contohnya!

4. Perbedaan DOOH dan OOH Terletak pada Teknologinya

dooh menggunakan teknologi canggih_stickearn.jpg

Source: Shutterstock - DOOH didukung dengan teknologi digital yang canggih.

Bila dilihat dari material visual yang digunakan, DOOH didukung dengan teknologi digital yang canggih. Untuk menampilkan iklan, media tersebut menggunakan bantuan komputer sehingga iklan bisa tampil dengan sempurna.

Tak hanya itu saja, untuk mengganti gambar atau materi iklan juga dapat dilakukan dari jarak jauh. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot datang ke lokasi untuk sekadar mengganti iklan.

Perusahaan iklan akan mengaturnya dengan menghubungkan perangkat komputer ke internet, kemudian mengontrol visual dan segala hal terkait DOOH dari dashboard DOOH yang sudah dibuat.

Berkat adanya teknologi ini, DOOH mampu mempercepat pemasangan dan meminimalisasi tenaga ahli.

5. Dapat Menyajikan Performance Report

Selain itu, teknologi yang dibawa oleh DOOH juga mampu menyajikan data terkait impresssion dari iklan yang sudah Anda buat.

Anda bisa mengetahui berapa banyak orang yang sudah melihat iklan melalui dashboard yang ada di beragam jenis DOOH.

Di StickEarn, teknologi ini hadir pada layanan MobileLED, yaitu computer vision. Setiap MobileLED dibekali dengan computer vision untuk mendeteksi impression sehingga DOOH Ads mampu memberikan hasil yang terukur untuk brand Anda.

Nantinya, data itu akan dibagikan kepada klien untuk dianalisis dan menjadi tolak ukur saat membuat campaign marketing yang efektif dengan iklan ini di kemudian hari.

6. Lebih Meningkatkan Reputasi Bisnis

Perbedaan DOOH dan OOH selanjutnya terletak pada adanya peningkatan reputasi bisnis. Brand yang beriklan menggunakan DOOH akan lebih dipandang oleh konsumen.

Hal itu karena Anda dianggap berani menganggarkan budget iklan menggunakan DOOH Ad ini. Oleh faktor inilah, iklan yang Anda pun akan lebih “dipandang” oleh konsumen.

Ditambah lagi, jika konten atau copy iklan yang dibuat menarik, maksudnya dibalut dengan kreativitas yang berkelas atau unik, pastinya akan semakin menarik perhatian.

Sebab, di era sekarang, konsumen sudah semakin pintar. Sebanyak apapun iklan yang dibuat, iklan yang bisa memenangkan hati merekalah yang akan lebih dilihat.

Iklan yang berpotensi memenangkan hati konsuemn ialah iklan yang menawarkan gagasan marketing yang menarik. Bukan sekadar promosi hard selling.

Meskipun begitu, terkait masalah reputasi bisnis ini, baik DOOH maupun OOH sebenarnya sama-sama mampu mendongkrak nama baik perusahaan. Apalagi, jika dikemas dengan baik.

Supaya Anda bisa menikmati manfaat dari perbedaan ini, Anda perlu melihat kembali rencana promosi iklan masing-masing.

Baca juga: 8+ Strategi Marketing Online Paling Ampuh untuk Penjualan

Tabel Perbedaan Antara DOOH & OOH yang Wajib Anda Ketahui

apa yang membuat dooh berbeda dari ooh_stickearn.jpg

Source: Shutterstock - Apa bedanya iklan DOOH dan OOH yang paling utama?

Untuk memudahkan Anda memahami perbedaan antara kedua media iklan outdoors tersebut, Anda bisa langsung simak tabel yang ada di bawah.

Iklan DOOH
Iklan OOH
Visualnya dinamis Visualnya statis
Ukurannya relatif besar Ukurannya kecil
Berpeluang dilihat banyak orang Butuh usaha lebih agar dilihat banyak orang
Dibekali teknologi canggih Masih menggunakan teknologi standar
Menyajikan performance report dari Medianya langsung Membutuhkan pihak ketiga untuk menyajikan data performa, misalnya aplikasi tracking kendaraan pengemudi iklan
Lebih meningkatkan reputasi bisnis Perlu effort untuk meningkatkan kepercayaan konsumen


Tertarik Beriklan di DOOH Advertising?

Itulah tadi beberapa perbedaan DOOH dan OOH yang bisa Anda ketahui. Jika disimpulkan, DOOH adalah versi lebih mutakhir dari OOH sehingga tidak sama.

Meskipun begitu, pada dasarnya iklan tersebut sama-sama bisa membantu Anda dalam mempromosikan iklan luar ruang yang efektif dan berdampak untuk penjualan.

Oleh karena itu, bila sampai di sini Anda tertarik untuk beriklan di DOOH, Anda dapat menayangkan iklan tersebut melalui layanan Digital Out of Home StickEarn, seperti MobileLED, Vending Machine Advertising, dan Videotron.

Layanan iklan kami sudah dipercaya oleh lebih 500 klien di Indonesia. Tak hanya untuk meningkatkan awareness saja, tetapi dimanfaatkan klien sebagai sarana mendongkrak penjualan.

Khusus di bulan ini, StickEarn menawarkan promo Bundling Ramadan 2023 yang bisa menjadi pilihan. Dengan promos tersebut, Anda pun dapat berhemat anggaran iklan, StickFriends.

Ayo, ambil promonya sekarang atau cari tahu lebih lanjut dengan klik banner yang ada di bawah, ya.

CTA Banner Blog - 01.png