Mendengar kata copywriting, pasti sudah tidak asing lagi bagi kita yang bergelut di dunia bisnis dan promosi produk. Copywriting merupakan gabungan dari dua kata, yaitu copy dan writing. Dalam dunia periklanan, copy diartikan sebagai teks dalam iklan yang akan dipublikasikan. Sementara writing artinya teknik penulisan.

Copywriting memegang peranan penting dalam dunia promosi lewat berbagai media. Saat kita akan beriklan di media online maupun offline, iklan sering kali muncul menggunakan metode hard-selling. Meski sering digunakan, metode tersebut kian ditinggalkan karena masyarakat kerap bosan.

Tren penulisan dalam iklan atau copywriting pun mulai bergeser ke arah soft-selling, yakni cara promosi yang lebih kreatif sehingga efektif menarik perhatian publik.

Lalu, apa yang menjadi pembeda antara copywriting dengan penulisan biasa? Copywriting dilakukan guna memikat hati para calon pembeli produk tanpa merasa “dipaksa” untuk membelinya. Di alam bawah sadarnya, calon pembeli sudah bisa langsung mengarah ke produk yang dipromosikan.

Di mana saja copywriting biasa ditemukan?
Baca Juga: Ciptakan Kreativitas Beriklan Tanpa Batas Bersama Spotify

Pentingnya Copy yang Menarik di Iklan Luar Ruang (DOOH) 2.png

Seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin bertumbuhnya bisnis, sudah banyak pula pebisnis yang memahami pentingnya copywriting dalam sebuah iklan.

Inilah beberapa alasan copywriting yang menarik sangat penting untuk ditonjolkan di iklan luar ruang (DOOH):

  1. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama dari mempromosikan produk tak lain adalah untuk meningkatkan omzet penjualan. Upaya yang dapat ditempuh oleh seorang marketer, salah satunya, adalah dengan menggunakan copywriting. Copywriting yang menarik mampu meningkatkan nilai penjualan.

  1. Menarik Perhatian Audiens

Hal lain yang mampu dilakukan oleh sebuah copy yang menarik adalah menjerat perhatian siapa pun yang melihatnya, terutama target market yang dituju. Ini juga merupakan bagian dari strategi marketing yang umum dilakukan. Copy yang menarik akan membuat orang penasaran dan ingin mencoba produk atau jasa yang ditawarkan.

  1. Copywriting Bisa Menjadi “salesman” dengan Sendirinya

Copy yang baik dapat berperan pula menjadi seorang salesman. Copywriting yang baik akan berperan dalam membujuk calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Dengan demikian, copywriting yang menarik bisa berperan untuk menarik konsumen tanpa merasa dipaksa. Copy bisa dimodifikasi sedemikian rupa, sekreatif mungkin agar terlihat soft-sell.

Setelah tau lebih dalam pentingnya copywriting yang menarik bagi sebuah iklan di DOOH, yang selanjutnya perlu dilakukan adalah memilih platform yang tepat untuk beriklan. StickEarn hadir menjadi solusi bagi setiap marketers dan advertisers untuk mempromosikan produk dan jasanya. Tak hanya di ranah iklan luar ruang (DOOH), tapi juga di ranah digital (StickDigital & StickCreator).

Jangan ragu untuk mengonsultasikan brand-mu karena tim sales StickEarn siap sedia membantu. Hubungi sales@stickearn.com atau klik link banner di bawah ini untuk langsung terhubung dengan StickEarn.

CTA Banner Blog - 04.png