advertising atau Out of Home (OOH) Advertising adalah salah satu cara beriklan yang sudah lama dilakukan oleh para pelaku marketing. Jenis iklan ini biasanya memanfaatkan media dengan ukuran yang besar dan terpampang dengan jelas.

Kemajuan teknologi digital juga turut menggeser konsep trend outdoor advertising atau trend OOH. Lalu bagaimana perubahan trend OOH 2022? Simak ulasan berikut ini!

7 Trend Outdoor Advertising

Kemajuan teknologi juga berdampak pada pergeseran konsep outdoor advertising. Konsep iklan yang dulu memanfaatkan baliho atau poster konvensional kini berganti menggunakan layar LCD dengan kualitas gambar yang lebih jernih. Selain pergeseran trend dalam bentuk media, berikut ini adalah kemunculan trend lainnya yang berkaitan dengan trend OOH 2022:

1. Peningkatan Konsistensi dalam OOH Advertising Trend

OOH Advertising Trend atau saat ini terkenal dengan sebutan OOH 2022 juga ikut berubah seiring dengan kemajuan teknologi khususnya di bidang platform periklanan. Untuk memenuhi permintaan konsumen dalam hal resolusi iklan yang lebih tajam dan jernih, trend periklanan outdoor kini berkembang dalam bentuk billboard.

Media iklan billboard juga terus mengalami perkembangan setiap tahun. Hal ini karena media iklan billboard sangat mudah dan nyaman untuk digunakan. Selain itu biaya untuk iklan billboard juga lebih dinamis mengikuti kebutuhan konsumen.

Berbeda dengan iklan statis seperti baliho atau poster, iklan billboard mampu memberikan kebebasan iklan yang lebih besar kepada konsumen.

Berbeda dengan iklan statis seperti baliho atau poster, iklan billboard mampu memberikan kebebasan iklan yang lebih besar kepada konsumen.

Periklanan outdoor digital ini juga terbukti mampu berkontribusi sebesar 30% pada pendapatan periklanan di seluruh dunia. Hal inilah yang membuat para pengiklan terus mengoptimalkan iklan mereka untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Baca Juga: Apa Itu Billboard dan Manfaatnya Bagi Pengiklan

2. Kekuatan dari Storytelling Dapat Meningkatkan Sebuah Brand

Kemampuan storytelling dalam periklanan juga sangat penting sebagai bentuk ciri khas produk Anda agar konsumen mudah mengingatnya. Konsumen akan cenderung mengingat produk dengan storytelling yang menarik daripada produk dengan storytelling yang panjang.

Konsumen lebih cenderung tertarik pada narasi dari sebuah produk. Narasi ini juga akan menjadi keunikan tersendiri bagi produk Anda. Beberapa iklan outdoor bahkan memiliki narasi cerita yang dibuat secara series atau dinarasikan per bagian. Hal ini bertujuan untuk membuat konsumen menantikan kelanjutan cerita dari produk tersebut.

Oleh karena itu, untuk bisa bersaing dan mendapatkan perhatian konsumen, sebuah produk harus memiliki kemampuan storytelling yang kreatif. Hal ini juga berfungsi untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dalam cerita secara tidak langsung.

Trend storytelling juga diperkirakan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. Hal ini karena kemampuan storytelling dalam periklanan terbukti dapat meningkatkan atensi konsumen terhadap produk tertentu.

Baca Juga: Mengenal Branding dan Manfaatnya dalam Marketing

3. Pertumbuhan Peluang Periklanan

Peluang periklanan OOH 2022 juga tidak terbatas pada media billboard saja. Untuk memaksimalkan jangkauan outdoor advertising ini, beberapa pengiklan dapat memanfaatkan media iklan yang lebih kecil. Contohnya iklan yang ada di bandara, ruang tunggu, transportasi umum, maupun wahana bermain.

Para pengiklan memanfaatkan fasilitas publik sebagai platform iklan mereka karena fasilitas publik adalah salah satu tempat sibuk yang terjangkau oleh banyak orang.

Pertumbuhan peluang dan ruang periklanan ini juga terus berkembang setiap tahun. Hal ini dapat terlihat pada tahun 2019 yang menyumbang pendapatan periklanan sebesar 27%.

4. Mobile Integration dalam OOH Advertising Trend

Tujuan utama dari periklanan outdoor adalah untuk meningkatkan pengalaman beriklan bagi pengguna. Meningkatnya pengalaman beriklan juga akan berdampak pada meningkatnya interaksi pelanggan terhadap produk yang ada pada iklan tersebut.

Untuk mengoptimalkan interaksi pelanggan, para pengiklan biasanya mengintegrasikan iklan mereka dengan media lain, yaitu mobile application. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kesempatan interaksi pelanggan yang lebih besar.

Sebagian besar pelanggan saat ini lebih sering berkomunikasi dengan perangkat mobile mereka. Oleh karena itu, integrasi iklan dengan perangkat mobile adalah salah satu strategi iklan yang sedang menjadi trend.

5. Trend Outdoor Advertising yang Semakin Kreatif

Tujuan iklan telah bergeser seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi. Dulu tujuan utama iklan adalah memasarkan produk dan menarik perhatian pengguna. Namun saat ini tujuan iklan telah mengalami perkembangan menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Beberapa iklan outdoor telah menggunakan teknologi sensor pengenalan wajah maupun teknologi artificial intelligence lainnya. Hal ini bertujuan untuk memproyeksikan segmen pelanggan yang tertarik terhadap produk yang ada pada iklan tersebut.

Dengan mengetahui segmentasi pelanggan, para pengiklan akan menyusun strategi pendekatan yang tepat untuk menarik minat dan perhatian pelanggan secara lebih jauh.

Beberapa pengiklan bahkan menggunakan teknologi virtual reality dalam iklan mereka agar pelanggan mendapatkan pengalaman interaksi yang lebih menarik dengan iklan tersebut. Selain itu penggunaan virtual reality juga bermanfaat untuk membuat iklan lebih atraktif.

6. Integrasi pada banyak Channel Periklanan

Selain terintegrasi dengan perangkat mobile, trend periklanan juga akan meluas dan memasuki segmen pasar media sosial. Integrasi ini juga tidak akan terbatas pada media sosial saja, beberapa channel periklanan juga akan terintervensi akibat dari trend periklanan outdoor ini.

Strategi integrasi dengan berbagai channel ini bertujuan untuk meningkatkan penyampaian informasi pada iklan secara lebih koheren. Integrasi ini juga bertujuan agar konsumen lebih aware terhadap keberadaan merek atau produk tersebut di pasaran.

Baca Juga: 7 Ide Marketing dalam Meningkatkan Bisnis

7. Peran Artificial Intelligence dalam Trend Outdoor Advertising

Artificial Intelligence juga merupakan salah satu trend iklan yang akan berkembang dalam periklanan outdoor. Penggunaan teknologi artificial intelligence pada iklan tentu akan bisa meningkatkan kualitas iklan Anda.

Para pengiklan biasanya menggunakan teknologi ini untuk mengetahui segmentasi pasar produk mereka dengan lebih tepat. Ketepatan dalam mengenali segmentasi pasar akan berdampak positif pada produk Anda.

Anda akan mampu menyusun strategi dan pendekatan iklan yang lebih terarah karena sudah mengetahui segmentasi pasar produk Anda. Proses pemasaran juga akan lebih efektif mengingat target konsumen sudah jelas dan tersegmentasi dengan baik.

Tingkatkan Kualitas Outdoor Advertising Anda Bersama StickEarn!

Sebagai perusahaan startup yang bergerak di bidang teknologi periklanan, StickEarn sudah memiliki strategi dan standar tertentu dalam mengikuti trend outdoor advertising. Perusahaan yang berfokus pada peningkatan dampak, kecerdasan, dan aksesibilitas iklan adalah platform iklan pertama yang dapat Anda jangkau dengan mudah.

StickEarn juga menawarkan beberapa produk seperti Transportation Advertising. Produk ini merupakan OOH advertising trend yang memanfaatkan media yang punya dampak signifikan bagi target pasar Anda. Selain itu efektivitas biaya dengan jangkauan pelanggan dari berbagai latar belakang juga merupakan keunggulan dari produk ini.

Produk kedua, DOOH Advertising, yaitu produk StickEarn yang berbentuk papan reklame digital yang bersifat interaktif dan cerdas. Produk ini juga akan memberikan dampak yang signifikan bagi konsumen produk Anda. Kemudian, Digital Platform Advertising merupakan produk StickEarn yang mampu meningkatkan pemasaran produk Anda hingga pasar global. Sehingga, jangkauan konsumennya bisa lebih luas dan beragam.

Jadi tunggu apa lagi, segera perbaiki kualitas iklan Anda bersama StickEarn sekarang juga!

CTA Banner Blog - 01.png