Kelebihan media iklan ruangan (Out of Home atau OOH) wajib diketahui jika Anda berencana menjalankan campaign di outdoor media. Meski tidak seperti iklan digital marketing, tetapi media promosi yang satu ini juga mampu memberikan berbagai manfaat untuk bisnis.

Dikutip dari Feedought, hasil riset Insider Intelligence mengatakan bahwa OOH akan tumbuh 38,8% di tahun 2023. Itu artinya, iklan luar ruangan dapat memberikan dampak yang positif untuk iklan Anda.

Prediksi tersebut bisa dikatakan benar, StickFriends. Sebab, di Indonesia sendiri, tren iklan OOH terus mengalami peningkatan seiring diperbolehkannya masyarakat untuk berkegiatan di luar rumah. Hasilnya, kini banyak brand yang mempromosikan bisnisnya melalui OOH.

Lantas, apa saja manfaat beriklan di media luar ruangan yang akan bisnis dapat? Berikut ulasan StickEarn mengenai keunggulan OOH yang bisa Anda ketahui.

1. Meningkatkan Visibilitas

IKLAN OOH MUDAH DILIHAT ORANG.jpg

Source: Unsplash - Iklan outdoor mudah dilihat dan tidak bisa di-skip konsumen.

Hadirnya fitur adblocker bisa dibilang menyulitkan marketers dan advertiser dalam menjalankan iklan secara lancar di media online. Iklan yang mereka luncurkan di media tersebut tidak akan tampil di perangkat sebagian pengguna jika adblocker diaktifkan.

Berbeda dengan media iklan luar ruangan. Iklan yang Anda buat mau tidak mau akan dilihat oleh para pengguna jalan, StickFriends. Iklan OOH sulit dihindari karena pasti akan dilihat pengguna jalan.

Ditambah lagi, ukurannya yang besar dan eye catching mampu mengalihkan perhatian. Tak jarang pula iklan di jalan besar yang Anda buat menjadi hiburan bagi para pengguna saat menunggu macet atau kendaraan tiba. Jadi, sudah pasti dilihat.

Berkat faktor itulah, banyak brand yang menganggarkan budget beriklannya di OOH demi meningkatkan visibilitas promosi. Bahkan, tak jarang OOH menjadi pilihan utama karena alasan tersebut.

2. Dapat Ditayangkan di Berbagai Lokasi

Tak jauh berbeda dengan iklan digital, iklan luar ruangan juga memungkinkan para pengiklan untuk memilih spot atau tempat beriklan yang sesuai.

Anda dibebaskan memilih lokasi mana yang ingin ditargetkan untuk iklan; apakah lokasi dengan tingkat keramaian tertentu atau yang selalu ramai. Anda bisa memilihnya sesuai tujuan dan target market masing-masing.

Tak ada batasan jumlah iklan yang ingin Anda luncurkan di suatu tempat. Anda dapat membuat banyak iklan di lokasi pilihan itu.

Contohnya iklan di kereta commuterline. Jika Anda perhatikan, dalam satu gerbong tak hanya ada satu poster iklan saja yang tampil, bukan? Sebab, dalam satu gerbong tersebut, Anda bisa menayangkan sejumlah iklan dengan campaign yang sama dan format berbeda.

Baca juga: 5 Alasan Brand Perlu Memanfaatkan Digital OOH sebagai Media Beriklan

3. Mendorong Brand Awareness

Kelebihan berikutnya dari iklan luar ruangan ialah mendorong awareness. Pasalnya, iklan OOH lebih menonjol dibanding iklan online sehingga mampu menarik perhatian orang secara langsung.

Hal itu disebabkan oleh format iklan luar ruangan yang dapat tampil dalam ukuran besar, visual multimedianya yang keren, dan bahkan bisa tampil dalam jumlah banyak dalam satu lokasi tertentu.

Selain itu, iklan out door juga dapat dipasang dalam waktu yang lama sehingga mampu menjadi spotlights di pikiran banyak orang.

Maka, sudah pasti masyarakat langsung aware dengan iklan tersebut, bukan? Ditambah lagi, jika iklan yang Anda luncurkan dibuat dengan konsep atau copy iklan yang menarik, pasti masyarakat langsung memperhatikannya.

Terkait manfaat iklan luar ruangan ini, klien kami pernah membuat campaign OOH yang sangat kreatif di bilangan Sudirman. Mereka mempromosikan serial terbarunya melalui mural yang kami buat di sepanjang dinding kawasan tersebut.

Nah, bila Anda ingin melihat iklan yang dibuat oleh klien kami itu, Anda bisa menyaksikannya di Instagram StickEarn. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi.

4. Bisa Dikustomisasi Sesuai Kreativitas Masing-masing

iklan luar ruangan yang kreatif.jpg

Source: Flickr - Contoh iklan luar ruangan yang kreatif di bus.

Bicara soal konten iklan yang menarik, bisa dibilang OOH adalah media iklan paling tepat untuk Anda berekspresi, StickFiends.

Dibandingkan iklan online dengan format yang sudah ditentukan masing-masing platform, Anda bisa berkreasi lebih leluasa melalui OOH ini. Misalnya materi yang statis di billboard, beriklan secara unik di kendaraan, atau melalui digitron yang besar dan atraktif.

Contoh nyata dari pengaplikasian kreativitas yang tak terbatas format bisa Anda lihat di billboard kami yang ada di kawasan Sudirman dan Depok. Lalu, melalui OOH yang ada di media iklan luar negeri.

5. Dapat Menargetkan Audience

Menjalankan iklan OOH juga membantu Anda melakukan segmentasi target market. Marketers dapat memilih siapa saja yang ingin mereka sasar sesuai kebutuhan bisnis.

Manfaat ini bisa Anda temukan dari promosi iklan makanan yang mungkin pernah Anda terima di SMS. Dengan memanfaatkan fitur location based, marketers dapat menayangkan iklannya kepada siapa saja yang berada di lokasi yang ia tentukan.

Jadi, saat kamu berada di lokasi A, kamu pun bakal menerima pesan promosi dari iklan tersebut.

6. Harga Dapat Disesuaikan

Meskipun hingga kini sebagian perusahaan masih ada yang beranggapan kalau beriklan di OOH mahal, tetapi nyatanya tidak juga. Anggapan tersebut tak bisa dibenarkan 100%.

Persoalan harga sebetulnya balik lagi ke kebutuhan masing-masing marketers. Selain itu, juga bergantung pada jenis iklan OOH dan durasi penayangan iklan.

Baca juga: Apa Itu Programmatic Ads: Tren Terbaru Digital Advertising dan Cara Kerjanya

7. Menghasilkan Tindakan Langsung

Kelebihan iklan luar ruangan selanjutnya ialah mampu mendorong audience untuk melakukan tindakan secara langsung usia melihat iklan.

Ketika Anda melihat baliho Clearance Sale dari salah satu toko sepatu, Anda pasti langsung mendatangi toko tersebut. Karena terpengaruh baliho, Anda langsung mencari sepatu yang cocok, kemudian membelinya.

Contoh lain dari penerapan manfaat ini dan bisa dibilang efektif ialah pada iklan Point-of-Sale (POS) di swalayan. POS adalah jenis iklan-komunikatif OOH yang digunakan marketers untuk menarik perhatian pembeli supaya melanjutkan transaksi.

Iklan POS biasanya dipasang di area kasir dengan maksud agar pembeli mau membeli atau menambah belanjaannya dengan produk yang dipromosikan tersebut. Alih-alih berhemat, saat Anda melihat iklan POS ini, Anda pasti ingin membelinya, bukan?

8. Memberikan Insight untuk Bisnis

performance report iklan luar ruangan.jpg Source: Unsplash - Iklan luar ruangan juga dapat memberikan insight penting untuk bisnis.

Online marketing menyediakan data berdasarkan tools analytics yang digunakan, misalnya dari Google atau Facebook Analytics. Nah, begitu juga dengan iklan luar ruangan.

Setelah selesai menjalankan campaign iklan, Anda bakal menerima report mengenai performa iklan. Anda bisa melihat berapa banyak audience yang melihat iklan melalui kepadatan jalan atau lokasi iklan.

Sebagai start-up teknologi periklanan OOH & DOOH, StickEarn pun menyediakan layanan smart advertising yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan insight dari performce report iklan yang sudah dibuat.

Report tersebut menyajikan data tentang impression (berapa banyak orang yang sudah melihat iklan) secara lebih rinci sehingga dapat menjadi benchmark dalam membuat iklan outdoor di kemudian hari.

Nikmati Kelebihan Iklan Luar Ruangan dengan Buat Ads Campaign Anda!

Dengan mengetahui berbagai kelebihan iklan luar ruangan yang kami bahas, apakah Anda semakin yakin untuk beriklan di media ini? Jika sudah mantap, segera buat iklan outdoors terbaik versi perusahaan Anda, ya.

Lalu, jangan ragu untuk menyerahkan iklan tersebut kepada StickEarn. Kami akan membantu Anda menyebarluaskan iklan di berbagai lokasi dan target market yang sudah ditentukan melalui layanan Transportation Advertising, Digital Out-of-Home Advertising, dan Digital Platforms.

Untuk pemahaman lebih lanjut, silakan simak kunjungi website StickEarn atau klik banner di bawah agar Anda bisa mendapatkan penawaran menarik dari kami.

CTA Banner Blog - 01.png