Memasarkan produk menggunakan media promosi offline saat ini telah menjadi pilihan banyak brand di Indonesia. Berbagai perusahaan, tak hanya industri properti, turut memanfaatkan jenis promosi bisnis yang satu ini.

Hal itu disebabkan oleh adanya inovasi pada iklan luar ruang yang begitu menguntungkan. Saat Anda menjalankan promosi offline, Anda bisa mengembangkan kreativitas, sehingga bisa membuat iklan yang lebih unik dan meningkatkan pendapatan.

Riset HubSpot menyebutkan bahwa saat brand mempromosikan produk melalui media offline, brand akan meninggalkan kesan yang lebih lama di pikiran audiens. Michael Provenzano, CEO & Co-Founder Vistar Media, dalam WOOH Summit di Lisbon Juni lalu juga mengatakan bahwa 47% brand mengimplementasikan kreativitasnya ketika memasarkan produk di media offline.

Meski menguntungkan, tetapi yang kini menjadi pertanyaan Anda ialah apa saja media promosi offline yang efektif dan bisa digunakan untuk promosi? Sebab, Anda pasti ingin membuat iklan kreatif yang dapat meningkatkan interaksi dan revenue perusahaan.

Pelajari juga Case Studies Brand yang Beriklan di OOH:

Contoh Media Promosi Offline yang Efektif

Philip Kotler menjelaskan bahwa promosi offline adalah proses strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar. Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan media outdoor, Anda juga bisa menjangkau dan berkomunikasi dengan konsumen secara langsung.

Sebab, Anda akan bertatap muka dan bahkan berjabatan tangan untuk menawarkan produk kepada mereka. Inilah yang menjadi pembeda antara media promosi offline dan online.

Saat ini ada banyak media pemasaran offline yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis. Namun, hanya beberapa saja, yang menurut kami, efektif untuk meningkatkan jangkauan dan pendapatan, di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Mobile Showcase Creative Advertising

media promosi offline cadbury.jpg Source: Doc. StickEarn - Contoh promosi offline Cadbury menggunakan Mobile Showcase.

Contoh promosi offline pertama yang dapat Anda gunakan untuk menyebarluaskan awarness ialah Mobile Showcase Advertising. Media ini merupakan bagian dari MobileLED Advertising yang dirancang khusus untuk beriklan lebih interaktif.

Mengapa interaktif? Pasalnya, saat Anda memanfaatkan platform tersebut, Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan audiens, StickFriends. Anda bisa membuat brand activation yang melibatkan banyak orang.

Contohnya ialah campaign Cadbury bersama StickEarn pada Juni 2023 lalu. Brand tersebut mengadakan kegiatan offline di Chillax dan beberapa lokasi lainnya untuk menjalankan kampanye #CadburyHampirHabis kepada audiens mereka.

Melalui kampanye ini, secara khusus Cadbury ingin menjangkau dan memberikan keseruan kepada audiens offline. Bila Cadbury di rumah habis, audiens bisa mendapatkan 1 Cadbury gratis, foto di dalam boot Mobile Showcase yang sudah dihias semenarik mungkin, dan membawa pulang doorpize.

Jadi, Mobile Showcase tak hanya digunakan sebagai sarana memperkenalkan produk saja. Namun, bisa dimanfaatkan juga untuk kegiatan interaktif yang akan menambah keseruan promosi offline Anda.

Ada berbagai manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh dari contoh media offline marketing ini, di antaranya ialah fleksibelitas karena Mobile Showcase dapat disesuaikan dengan kebutuhan brand, pengukuran hasil campaign yang dapat menjadi insight, dan reliability karena Mobile Showcase dapat dimanfaatkan sesuai keinginan.

Karena manfaatnya itu Mobile Showcase begitu menjanjikan untuk Anda gunakan. Jika Anda ingin mencobanya untuk promosi, Anda bisa segera menghubungi StickEarn. Kami menyediakan layanan sewa Mobile Showcase untuk memaksimalkan campaign para pengiklan.

2. Brosur atau Pamflet

Media promosi offline selanjutnya ialah berbentuk cetak yang dapat dibaca dan disimpan oleh konsumen, yaitu brosur. Brosur atau pamflet merupakan media cetak yang masih digunakan hingga kini.

Berbagai brand memanfaatkan brosur untuk memuat pesan pemasaran mereka. Pesan tersebut berupa promosi produk maupun activity tertentu.

Brosur dibuat sedemikian rupa agar menarik, sehingga audiens mau melihat dan membaca pesan yang ada di dalamnya. Gaya komunikasi di brosur juga menggunakan bahasa iklan khusus dan berbeda dari iklan yang ada di pinggir jalan.

Baca juga: Mengenal Iklan Media Cetak yang Masih Efektif untuk Promosi

3. Booklet

Mirip brosur, booklet juga menjadi salah satu media offline yang masih eksis saat ini. Berbagai perusahaan, khususnya B2B, memanfaatkan booklet untuk berbagi insights mengenai perkembangan di industri agar konsumen tertarik bertransaksi di produk mereka.

Booklet adalah media pemasaran berbentuk seperti buku yang dirancang khusus untuk meng-cover sejumlah informasi. Agar dapat dilihat secara langsung, booklet dicetak, kemudian diperbanyak agar dapat dibagikan kepada konsumen.

4. Leaflet

pemasaran offline menggunakan mini booklet.jpg

Source: Unsplash - Pemasaran offline menggunakan booklet.

Leaflet juga sebenarnya mirip dengan brosur. Contoh media pemasaran offline untuk promosi bisnis ini berbentuk seperti selebaran, tetapi dapat dilipat, sehingga terlihat lebih sederhana.

Audiens yang mendapatkan leaflet tidak akan kesulitan untuk menikmati suguhan pesan yang ada di dalam leaflet. Pasalnya, leaflet dapat terdiri dari satu lembar kertas yang dilipat berukuran kecil dan tipis.

Lalu, bisa juga terdiri dari beberapa halaman, tetapi jumlahnya tidak sebanyak booklet. Biasanya, leaflet yang halamannya hanya beberapa saja disebut booklet mini.

5. Merchandise & Hadiah

Mengirimkan merchandise maupun hadiah kepada pelanggan menjadi strategi pemasaran yang ampuh dan sering dilakukan. Hadiah yang Anda berikan mampu meningkatkan kesadaran merek pelanggan.

Selain itu, memasarkan produk dengan cara ini juga lebih bermanfaat karena Anda memberikan sesuatu yang bisa dibilang dibutuhkan dan dapat digunakan oleh konsumen. Misalnya ialah yang dilakukan oleh Cadbury dalam campaign #CadburyHampirHabis yang kami jelaskan sebelumnya.

Saat event marketing mereka berlangsung, Cadbury mengajak konsumen untuk mengikuti activation berupa spin wheel. Ketika spin wheel tersebut menunjukkan angka kemenangan konsumen, Cadbury memberikan hadiah berupa pouch ataupun topi yang dicetak menggunakan nama dan campaign-nya.

Dengan begitu, audiens maupun orang lain yang melihat merchandise itu akan notice terhadap brand Cadbury.

6. Billboard

Memasarkan produk melalui billboard saat ini juga semakin menjanjikan, StickFriends. Sebagai brand, Anda tak hanya bisa menjangkau berbagai audiens yang ada di luar ruang digital saja. Namun, Anda pun dapat membuat iklan tanpa batasan.

Jika iklan di billboard dibuat dengan baik dan cermat, promosi Anda di media offline tersebut akan memberikan dampak yang positif bagi bisnis. 71% konsumen sering melihat iklan di billboard dan 26% dari mereka langsung mengunjungi toko offline ketika menerima pesan di media itu.

Karenanya, dibutuhkan kreativitas yang matang saat memutuskan beriklan di media ini. Ditambah lagi, periklanan DOOH seperti billboard juga mampu mengakomodasikan materi iklan Anda.

Baca juga: Apa Itu Brand Awareness? Pengertian dan Cara Meningkatkannya!

Media Promosi Offline Lainnya yang Efektif

Selanjutnya, tak hanya contoh promosi offline di atas saja. Ada media offline lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan keuntungan dari promosi offline tersebut. Berikut daftar saluran offline yang bisa digunakan:

  1. Spanduk
  2. Banner
  3. Word of mouth marketing
  4. Campaign produk customization

Bagaimana Cara Membuat Media Promosi Offline?

tahapan memulai strategi offline.jpg

Source: Unsplash - Cara menjalankan pemasaran offline.

Setelah mengetahui beragam jenis promosi offline, sekarang Anda jadi penasaran mengenai bagaimana cara mempromosikan produk dengan media offline tersebut, bukan?

Mempromosikan produk melalui strategi ini memang memberikan beragam keuntungan untuk bisnis. Oleh karena itu, Anda pasti ingin melakukannya.

Dari beberapa cara yang StickEarn sebutkan di atas, sebenarnya dapat Anda jalankan secara mandiri bersama tim. Namun, ketika Anda tertarik untuk beriklan di Mobile Showcase, Anda perlu sewa Mobile Showcase melalui perusahaan OOH dan DOOH Jakarta seperti StickEarn.

Setelah sudah sewa dalam kurun waktu tertentu, barulah brand dapat melakukan campaign yang sudah ditentukan. Sebab, hanya melalui kami Anda bisa merealisasikan campaign offline di Mobile Showcase tersebut.

Tertarik Beriklan melalui Media Promosi Offline?

Itulah tadi penjelasan lengkap StickEarn mengenai deretan media promosi offline yang dapat Anda manfaatkan untuk memasarkan produk. Dengan memanfaatkan saluran ini, Anda akan secara eksklusif menjangkau audiens yang ada di luar ruang, StickFriends.

Dari beberapa contoh media offline yang kami sebutkan di atas, kira-kira mana yang akan Anda pilih? Apapun pilihannya, jika Anda memang tertarik beriklan di channel tersebut, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn.

StickEarn menyediakan layanan iklan luar ruang yang lengkap dan efektif. Saat Anda memutuskan berkolaborasi bersama kami, Anda juga bisa mengukur keberhasilan campaign offline dengan baik.

Jika tertarik, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png