Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok kini menjadi platform yang sering digunakan oleh seluruh kalangan masyarakat. Riset Databoks menyebutkan bahwa penggunaan sosial media di Indonesia telah mencapai angka 139 juta, sehingga banyak perusahaan yang memanfaatkan sosmed untuk berjualan.

Bayangkan jika produk Anda terlihat oleh pengguna sosial media yang sangat luas, peluang untuk meningkatkan brand awareness tentunya akan semakin besar. Ditambah lagi, dengan ekosistem pembelian yang cepat dan mudah, potensi konversi juga akan menjadi tinggi.

Maka dari itu, akan sangat menguntungkan jika Anda mempelajari tentang jenis iklan di media sosial untuk mendukung perkembangan bisnis Anda. Caranya dengan membaca artikel tentang contoh-contoh social media advertising di bawah ini.

Baca juga: 3 Cara Membuat Konten Menarik & Berkualitas, Pasti Dilirik!

Apa yang Dimaksud Social Media Advertising?

strategi media sosial.jpg

Source: Freepik - Tren social media marketing untuk mengembangkan bisnis.

Social media advertising atau iklan media sosial adalah salah satu contoh digital marketing yang dilakukan dengan menampilkan iklan pada pengguna media sosial. Tujuannya adalah untuk mengenalkan produk atau layanan kepada target audiens yang sesuai, memanfaatkan kemampuan media sosial yang dapat menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lokasi.

Indikator iklan media sosial yang sering digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye, meliputi jumlah tayangan, jangkauan, tingkat interaksi, serta konversi. Sejalan dengan peran sosial media dalam marketing modern, penggunaan iklan media sosial ini memberikan kesempatan untuk mencapai audiens secara efektif di platform yang sering digunakan untuk berinteraksi.

Kelebihan utama dari iklan media sosial adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens secara lebih spesifik. Anda dapat menargetkan mereka berdasarkan demografi, minat, perilaku, dan lokasi.

Iklan media sosial dikelola sekaligus oleh seorang profesional yang juga membuat konten marketing. Sosial media spesialis adalah julukan untuk orang yang bertanggung jawab dalam mengoptimalkan kehadiran brand Anda di media sosial tersebut.

Untuk memaksimalkan visibilitas akun dan iklan social media, StickFriends perlu merancang strategi yang sesuai dengan platform yang dipilih. Hal ini karena setiap platform memiliki karakteristik, algoritma, dan audiens yang berbeda.

Berikut adalah beberapa contoh iklan yang tampil di media sosial, yang dapat Anda identifikasi untuk membuat strategi periklanan. Silakan simak di bawah ini.

Contoh Social Media Advertising

contoh contoh media sosial.jpg

Source: Freepik - Social media ad campaign di Facebook.

Anda mungkin tertarik untuk mengetahui apa saja contoh social media advertising yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk. Jika demikian, berikut ini beberapa contoh iklan media sosial yang sering digunakan oleh berbagai brand.

1. Facebook Ads

Facebook merupakan media sosial paling populer di dunia. Di Indonesia, pengguna FB menempati peringkat tiga dengan jumlah user Facebook mencapai 119,05 miliar.

Media sosial ini juga dipilih oleh marketers karena kelebihannya yang menguntungkan, seperti mampu menargetkan konsumen dengan spesifik dan memiliki fitur analitik yang kuat. Selain itu, Facebook juga menyediakan berbagai format iklan yang fleksibel untuk memenuhi berbagai tujuan pemasaran.

Maka tidak heran jika Facebook menjadi platform unggulan untuk beriklan saat ini. Namun dalam prakteknya, memahami algoritma Facebook bisa menjadi tantangan bagi pemula. Jadi, Anda perlu mempelajari artikel strategi iklan di Facebook yang sudah StickEarn siapkan.

2. Instagram Ads

Instagram merupakan media sosial yang menonjolkan visual, sehingga cocok untuk Anda yang ingin memasarkan produk melalui gambar dan video yang menarik. Fitur yang tersedia di IG, seperti Instagram Feeds, Stories dan, Reels dapat membuka peluang bagi bisnis Anda untuk berkreasi dan menarik perhatian audiens.

Fitur-fitur tersebut juga dapat digunakan sebagai media iklan, StickFriends. Iklan pada Instagram ini nantinya akan dilengkapi dengan tautan ke halaman produk, situs web, atau direct message (DM) Anda dengan label “bersponsor” sebagai penanda bahwa konten tersebut adalah iklan.

Sama seperti Facebook, Instagram ads juga dikelola dengan Meta Ads Manager. Dengan platform ini, Anda bisa mempromosikan produk di kedua media sosial tersebut sekaligus.

Baca juga: Pengertian Promotion Mix, Manfaat, & Contohnya

3. YouTube Ads

Iklan YouTube adalah promosi iklan berupa video yang muncul di situs web dan aplikasi YouTube. Tidak hanya ditampilkan pada YouTube, tetapi iklan Anda juga bisa ditayangkan di situs mitra Google Display Network (GDN).

Keuntungan utama beriklan di YouTube adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens dengan tepat. YouTube menggunakan data Google untuk memilih audiens, sehingga iklan StickFriends dapat ditampilkan bersama video yang relevan dengan minat mereka.

YouTube sendiri memiliki tiga format iklan video dengan berbagai posisi dan durasi. Format-format tersebut adalah TrueView ads, Bumper ads, dan Non-skippable ads. Ketiganya memiliki kelebihan tersendiri yang dapat memenuhi kebutuhan Anda sebagai pengiklan, silahkan dicoba StickFriends.

4. X Ads

Media sosial X atau dulunya dikenal dengan nama Twitter, juga bisa menjadi platform yang menjanjikan untuk mempromosikan produk Anda. Pasalnya, X memberikan ekosistem yang bebas bagi pengiklan dan audiens untuk berpendapat dan saling berinteraksi.

Dengan interaksi yang baik, maka kepercayaan konsumen akan muncul hingga menumbuhkan rasa penasaran untuk mencoba produk Anda. Jika mereka puas dengan produk Anda, maka mereka akan bersikap loyal dan dengan sukarela merekomendasikan bisnis Anda kepada pengikutnya.

Langkah yang perlu dilakukan untuk memasang iklan pun masih terbilang cukup mudah untuk pemula. Tahapan pertama yaitu membuat kampanye, lalu menentukan audiens target Anda, dan dilanjutkan dengan menetapkan anggaran.

Langkah selanjutnya yaitu memilih berapa lama Anda ingin kampanye tersebut berjalan, lalu buat materi iklan, dan publikasikan kampanye Anda ke X.

5. TikTok Ads

TikTok ads adalah iklan yang ada pada TikTok dan biasanya dibuat dengan bentuk full-screen video. Iklan ini dirancang untuk menarik perhatian pengguna Tiktok dengan cepat melalui konten yang kreatif dan menghibur.

Selain itu, iklan yang ditampilkan pada TikTok dapat disesuaikan dengan berbagai format seperti in-feed ads, branded hashtags, dan branded effects. Format ini memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan interaksi dengan cara yang unik dan menarik.

Dengan gaya TikTok marketing yang menghibur dan menarik ini, banyak pengguna yang melakukan pembelian pada aplikasi TikTok. Data Statista mengungkapkan bahwa 49% pengguna Gen Z melakukan pembelian di TikTok.

Baca juga: Mulai Beriklan dengan Tiktok, Spotify dan Aplikasi lainnya

Strategi Iklan di Media Sosial

strategi berjualan di media sosial.jpg

Source: Freepik - Strategi berjualan di media sosial.

Dalam merancang iklan di media sosial, Anda perlu merancang strategi marketing online yang tepat. Salah satunya dengan memaksimalkan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh platform sosial media tersebut.

Selain itu, contoh social media strategy yang biasa digunakan oleh bisnis adalah social media advertising atau paid ads, konten yang menarik, dan interaksi aktif dengan audiens. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai contoh social media advertising strategy, StickFriends dapat membaca artikel mengenai Tips Membuat Iklan di Media Sosial yang Paling Efektif.

Dari pembahasan tersebut, Anda akan mengetahui apa saja strategi berjualan di media sosial. Anda bisa mempelajari cara beriklan dan membuat konten organik untuk meningkatkan penjualan produk.

Sudah Paham Mengenai Contoh Social Media Advertising?

Setelah mempelajari berbagai contoh iklan sosial media di atas, kini Anda bisa merancang strategi untuk beriklan di platform tersebut. Dengan berbagai kemudahan, social media dapat menjadi pilihan yang perlu Anda coba.

Jika ingin memaksimalkan jangkauan iklan, Anda dapat mencoba menggunakan MobileLED Advertising dari StickEarn. Produk ini tidak hanya akan membawa iklan Anda berkeliling di jalan, tetapi juga bisa mengintegrasikan promosi Anda di media sosial.

Jadi, iklan Anda yang tampil di jalan akan dilihat kembali oleh audiens yang sama di dalam sosial media mereka. Tampilnya iklan tersebut juga menjadi sarana retargeting advertising yang bisa memaksimalkan pemasaran Anda.

Tertarik beriklan di Mobile Truck Display? Hubungi StickEarn dengan klik banner di bawah atau pelajari terlebih dahulu produk-produk dari StickEarn..

CTA Banner Blog - 01.png