Mempromosikan produk dengan beriklan di billboard kini banyak dilakukan. Berbagai brand, mulai dari beverage, keuangan, dan hiburan, bahkan pemerintah turut promosi menggunakan media luar ruangan ini.

Meskipun populer dan telah menjadi media pilihan, Anda tidak bisa sembarangan beriklan di media tersebut. Anda perlu menyiapkan strategi pemasaran offline khusus untuk pasang iklan di billboard.

Anda harus memikirkan cara membuat konten yang efektif untuk tayang di billboard. Anda juga wajib memilih jasa sewa iklan billboard tepercaya karena tidak banyak perusahaan OOH yang menyediakan layanan lengkap untuk promosi produk di medai tersebut.

Namun, tidak perlu khawatir karena Anda bisa menjalankan kampanye pemasaran yang lebih berdampak di billboard. StickEarn telah menyiapkan tips beriklan di billboard yang dijamin efektif di bawah ini.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Baliho, Billboard, Megatron, & Videotron

Apa yang Dimaksud dengan Billboard?

contoh iklan di billboard digital yang kreatif.jpg Source: Doc. StickEarn - Billboard iklan kreatif yang ada di pinggir jalan Ibukota.

Sebelum membahas cara beriklan di billboard, Anda wajib mengetahui informasi mengenai pengertian dari media iklan ini. Memahami definisi dan apa fungsi billboard terlebih dahulu akan membuat Anda untuk lebih memahami positioning dari iklan tersebut.

Billboard adalah salah satu contoh dari iklan OOH dan DOOH. Iklan itu tampil di luar ruangan, seperti di pinggir jalan, jalan tol, atau bisa juga hadir di sekitar gedung pusat perbelanjaan yang ramai pengunjung.

Jika didefinisikan, billboard adalah media iklan luar ruangan (outdoor advertising) yang tampil menggunakan tempat khusus, seperti papan besi besar dengan gambar statis atau digital.

Banyak perusahaan yang menggunakan billboard untuk beriklan dan menjangkau konsumennya di jalan. Sebab, ukuran billboard yang besar terbilang efektif dalam menyebarluaskan awareness kepada konsumen.

Agar mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap mengenai jenis iklan dan apa guna billboard, Anda dapat menyimak artikel Apa Itu Billboard dan Manfaatnya bagi Pengiklan. Di sana, StickEarn telah membahasa lebih dalam mengenai arti dari billboard.

Tips Membuat Iklan di Billboard

Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk di beberapa lokasi billboard yang efektif. Tips ini harus Anda perhatikan karena dapat menjadi insights saat ingin beriklan di billboard atau videotron.

1. Siapkan konten

Sebelum Anda memutuskan untuk beriklan di billboard, Anda wajib menyiapkan konten iklannya terlebih dahulu. Buatlah konten yang ingin Anda promosikan di papan billboard, mulai dari materi promosi, copy iklannya, dan visual.

Ketika Anda membuat copy, gunakanlah kata-kata yang menarik. Anda bisa menggunakan kalimat ajakan yang bersifat persuasif atau langsung hard selling untuk menarik perhatian target.

Lalu, jangan lupa untuk pertajam keberadaan produk dengan visual yang menarik. Buat produk atau materi promosi lebih terlihat dan eye-catching.

Terakhir, tambahkan CTA (call toaction) dan channel yang bisa konsumen kunjungi ketika mereka tertarik untuk membeli produk tersebut.

2. Pilih Lokasi Billboard

Penting hukumnya untuk menentukan lokasi pemasangan billboard sedari awal. Penentuan lokasi juga akan mengarahkan Anda dalam mengukur visibilitas iklan dengan mudah.

Selain itu, strategi ini pun dapat membantu brand dalam menjangkau target market yang ingin disasar. Misalnya, Anda ingin memasang billboard di jalan Sudirman, maka target yang bisa Anda dapatkan di lokasi tersebut ialah para pebisnis, karyawan, maupun masyarakat middle hingga high class.

Namun, jika Anda berencana mempromosikan billboard untuk produk travelling, misalnya, maka Anda bisa memasang iklan tersebut di billboard yang berada dekat transportasi umum, seperti di stasiun, halte, atau bandara.

Memilih lokasi untuk beriklan memang terkadang memusingkan. Namun, jika masih bingung, Anda bisa berkonsultasi dengan StickEarn untuk menampilkan iklan Anda di media tersebut.

StickEarn mempunyai dashboard periklanan canggih (untuk Billboard digital dan iklan di mobileLED billboard) yang bisa membantu Anda menentukan lokasi. Dashboard ini kami jamin akan memecahkan kebuntuan Anda.

3. Tentukan Jenis Billboard yang Diinginkan

tips membuat billboard 3d yang menarik dan kreatif.jpg Source: Unsplash - Cara memilih jenis reklame billboard yang tepat untuk beriklan.

Tak jauh berbeda dengan periklanan online, iklan luar ruang juga mengalami perkembangan yang signifikan. Karena itu, saat ini ada beberapa jenis billboard yang bisa menjadi pilihan untuk promosi bisnis.

Jenis-jenis billboard tersebut, di antaranya ialah billboard klasik seperti billboard yang ada di pinggir jalan dengan rangka besi dan menggunakan visual statis.

Lalu, ada juga mobile billboard seperti MobileLED yang terpasang di mobil atau truk menggunakan video promosi berukuran besar.

Terakhir ada digital billboard seperti videotron yang hadir di badan gedung bertingkat. Kehadiran billboard ini dapat Anda lihat di Time Square atau CHASE PLAZA, Sudirman.

Baca juga: Memahami Videotron Indoor dan Perbedaannya dengan Videotron Outdoor

4. Alokasikan anggaran

Ketika Anda ingin menjalankan iklan, terlebih secara offline, Anda juga wajib menganggarkan dana untuk promosi ini.

Seperti yang Anda tahu bahwa promosi iklan di billboard tidaklah murah, jadi persiapkanlah dana untuk campaign tersebut.

Sebagai saran, Anda perlu melakukan riset terhadap tarif atau harga iklan di billboard di awal. Langkah ini akan membantu Anda dalam menyiapkan anggaran secara bijak.

5. Pilih Perusahaan Periklanan Billboard

curi-perhatian-publik-dengan-media-iklan-luar-ruang-digital-billboard__jpo.jpg

Source: Doc. StickEarn - Billboard digital atau Digitron StickEarn di Dago Atas, Bandung.

Jika Anda sudah mengetahui ingin membuat iklan seperti apa, langkah selanjutnya tentukanlah perusahaan iklan billboard yang ingin Anda ajak kerja sama.

Dengan mengetahui perusahaan tersebut, Anda bisa merealisasikan pemasangan. Sebab, hanya dari mereka Anda bisa memasang billboard, StickFriends.

Ada banyak perusahaan iklan luar ruang yang dapat menjadi pilihan. Beberapa di antaranya menawarkan layanan billboard yang cukup lengkap. Namun, hanya sedikit yang dapat memberikan layanan komprehensif.

Salah perusahaan iklan OOH dan DOOH yang menyajikan layanan iklan tersebut ialah StickEarn. Kami dapat membantu Anda menyebarluaskan promosi melalui billboard.

Layanan StickEarn juga paripurna karena StickEarn mampu menyajikan data terkait pemasangan billboard, baik sebelum dan setelah pemasangan, menggunakan dashboard teknologi pengukuran mutakhir.

Bermodalkan dashboard ini, brand bisa mengukur efektivitas campaign-nya dengan lebih terarah. Jadi, Anda pun bisa set up strategy dengan lebih baik lagi!

Baca juga: Mengenal Iklan di Kendaraan yang Efektif untuk Promosi!

Tertarik Beriklan di Billboard?

Kini, Anda sudah makin paham mengenai berbagai strategi yang tepat untuk beriklan di billboard. Tentunya, Anda pun pasti makin siap untuk pasang iklan di media yang satu ini.

Sebab, promosi produk melalui media luar ruang seperti billboard memudahkan Anda dalam menjangkau khalayak tanpa gangguan. Orang-orang yang berada di jalan cenderung lebih fokus dengan apa yang mereka lihat di luar.

Jadi, bagaimana, apakah tertarik beriklan di billboard? Silakan klik banner di bawah untuk bekerja sama dengan StickEarn menggunakan billboard, DigiTron, atau Mobile Billboard. Kami siap membantu Anda menyebarluaskan promosi kepada masyarakat.

CTA Banner Blog - 01.png