Beriklan di pinggir jalan melalui billboard memberikan tantangan tersendiri. Selain brand harus cermat dalam memilih lokasi iklan, brand juga wajib memerhatikan materi promosi produknya.

Menampilkan iklan billboard kreatif pun menjadi keharusan. Sebab, bagaimana bisa iklan yang Anda buat menarik perhatian banyak orang jika tidak kreatif. Jangankan melihat, melirik saja belum tentu.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat poster iklan billboard yang unik. Jika Anda bingung bagaimana cara membuatnya, Anda bisa menyimak deretan contoh iklan billboard yang StickEarn seleksi di bawah.

Di sini, StickEarn sudah menyiapkan beberapa contoh iklan kreatif di billboard yang bisa menjadi inspirasi Anda. Jadi, silakan di simak, ya.

Baca juga: Panduan Membuat Marketing Campaign yang Tepat untuk Penjualan

1. Aqua

iklan aqua.jpeg

Source: X (aqua_lestari) - Papan reklame billboard Aqua saat Covid.

Sebagai produsen air minum dalam kemasan, Aqua tergolong aktif mengedukasi masyarakat melalui iklan nonkomersial. Edukasi yang dilakukan ialah seputar selektivitas pemilihan air dan pentingnya minum air mineral.

Namun, iklan edukatif yang diluncurkan, contohnya di billboard, tidak dibuat begitu saja. Aqua dengan seksama merilis iklannya agar setidaknya mampu mencuri perhatian.

Buatlah iklan yang menarik, tetapi cukup satir pada awal Covid. Iklan Aqua mengombinasikan kegetiran yang dibalut dengan kepedulian untuk di rumah saja.

Karena momentumnya pas, kemudian juga menyentuh emosional, maka iklan ini beberapa tahun lalu viral. Tidak sedikit yang membahas atau memuji ide kreatif strategi iklan Aqua.

2. Le Minerale

Tidak jauh berbeda dengan Aqua, Le Minerale juga terbilang kreatif dalam membuat iklan, khususnya di billboard. Iklan-iklan brand air mineral ini menampilkan konten yang unik.

Le Minerale membangun kepercayaan dan brand recall terhadap produknya. Melalui konten iklan berupa testimoni dan manfaat produk, brand ini mampu menarik perhatian orang ke billboard-nya.

Bahkan, menurut riset internal StickEarn dalam case studies iklan Le Minerale di OOH, Le Minerale berhasil menjadi top of mind. Dengan agresif beriklan di billboard, brand tersebut menduduki peringkat kedua sebagai Air Mineral dalam Kemasan (AMDK) yang banyak dikonsumsi, sehingga membayang-bayangi Aqua yang berada di urutan pertama.

3. Lazada

iklan lazada.jpeg

Source: X (pipis) - Iklan e-commerce di jalan.

Siapa yang tidak tahu Lazada. E-commerce terbesar yang satu ini juga aktif dalam beriklan di luar ruang.

Lazada memilih billboard sebagai sarana promosi produk yang efektif. Billboard iklan kreatif yang dibuat Lazada tampil tidak biasa.

Poster billboardnya dipasang secara terbalik. Hasilnya, karena keunikan itu, banyak orang yang melihat iklan tersebut.

Melalui strategi iklan yang unik itu, Lazada berhasil meningkatkan brand awareness produknya. Bahkan, karena iklan ini pula menjadi bahan diskusi di media sosial hingga viral.

Baca juga: Mengenal Viral Marketing sebagai Strategi Pemasaran Terbaik

4. Pasta Gigi Formula

Iklan billboard kreatif berikutnya bisa Anda lihat melalui iklan Formula dari Orangtua Group. Mengusung konsep iklan mengenai kekuatan gigi, Formula menampilkan iklan billboard keren yang tampak realistis.

Iklan Formula tidak memperlihatkan gigi putih dan senyum menawan seorang perempuan. Namun, dengan menggunakan model seorang laki-laki yang sedang menggigit poster billboard iklannya.

Brand tersebut ingin mengatakan bahwa pasta gigi yang ditawarkan mampu membuat gigi konsumen kuat atau tidak gampang sakit saat makan sesuatu yang keras. Lalu, kekuatan produk mereka dimetaforakan dengan menggigit banner billboard.

5. by.U

Iklan ByU billboard lucu.jpeg

Source: X (v_yongki) - Papan reklame kreatif di pinggir jalan.

Acara besar, seperti momen Pilkada, terkadang dimanfaatkan brand untuk tap in moment promosi produknya. Tujuan dari pemanfaatan itu ialah untuk menarik perhatian orang lebih banyak dan secara spesifik.

Salah satu brand yang lihai dalam memanfaatkan momentum penting ialah by.U. Provider telekomunikasi serba digital, by.U, mempromosikan produknya melalui billboard.

Iklan by.U di billboard sangat unik dan lucu. Alih-alih menyambut walikota baru di Depok, by.U meluncurkan produknya dengan konsep ucapan yang dibalut copywriting menarik berupa “Selamat dan Sukses Walikouta”.

Manfaat Berkreativitas di Billboard

Beriklan secara kreatif di billboard memberikan berbagai manfaat untuk Anda. Selain membuat brand lebih stand out, kreativitas dalam beriklan di luar ruang juga membawa keuntungan seperti berikut.

  • Meningkatkan Kesadaran Merek: Dengan membuat iklan yang lebih di stand out antara iklan lainnya, iklan billboard kreatif dapat membantu meningkatkan kesadaran merek Anda di kalangan audiens yang lebih luas.

  • Memperkuat Citra Merek: Melalui penggunaan kreativitas visual dan narasi yang kuat, iklan billboard dapat membantu Anda memperkuat brand image dan membuat produk lebih mudah diingat oleh konsumen.

  • Mendorong Keterlibatan Konsumen: Dengan menawarkan pengalaman interaktif atau menceritakan kisah yang memikat, iklan billboard kreatif yang Anda tampilkan di Jakarta atau wilayah lainnya dapat mendorong keterlibatan konsumen yang lebih besar.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Baliho, Billboard, Megatron, & Videotron

Bagaimana Cara Membuat Iklan Kreatif di Billboard?

Strategi beriklan di billboard.jpg

Source: Unsplash - Trik beriklan di billboard secara kreatif.

Setelah mengetahui contoh papan iklan reklame kreatif yang ada di jalan melalui pembahasan ini, Anda pasti penasaran tentang apa saja strategi iklan billboard yang bisa diimplementasikani, bukan? Nah, Anda bisa mengetahui hal tersebut melalui pembahasan StickEarn di bawah ini.

1. Interaktif dan Berbasis Teknologi

Berikan pengalaman yang lebih interaktif kepada audiens dengan memanfaatkan teknologi, seperti sensor gerak atau QR code marketing. Contohnya, iklan billboard yang merespons gerakan pengguna atau mengarahkan mereka untuk mengunjungi situs web melalui kode QR dapat menciptakan interaksi yang berkesan.

Konsep iklan ini bisa Anda lihat melalui campaign StickEarn bersama Clear. Brand shampo tersebut bekerjasama dengan StickEarn untuk menampilkan iklannya di layar billboard 3D dengan menambahkan QR agar audiens dapat mengunjungi landing page yang brand inginkan.

2. Pesan Berbasis Kisah

Ceritakan kisah yang menarik dengan menggunakan gambar atau teks yang kuat. Iklan billboard yang menceritakan perjalanan merek atau menangkap momen emosional dapat menciptakan ikatan yang kuat dengan konsumen.

Meskipun hanya sekadar kata-kata, tetapi jika dikemas dengan formula copywriting yang menarik, Anda bisa menarik simpatik publik, StickFriends. Contohnya ialah beberapa iklan brand saat Covid.

3. Kreativitas Visual yang Menonjol

Gunakan desain grafis yang unik dan mencolok untuk menarik perhatian. Penggunaan warna-warna cerah, pola-pola yang menarik, atau bahkan ilusi optik dapat membuat iklan Anda menjadi sorotan di antara iklan lainnya.

Jika Anda bingung bagaimana cara membuat iklan yang menarik, Anda simak artikel “Ragam Ide Iklan Outdoor Media yang Kreatif & Unik”. Di sana, StickEarn telah mengumpulkan deretan iklan kreatif di outdoor advertising yang bisa menjadi tambahan inspirasi.

4. Penempatan Lokasi yang Tepat

Pilih lokasi strategis untuk menempatkan iklan billboard Anda. Jangan ragu untuk berpikir di luar kotak dengan menempatkannya di tempat-tempat yang jarang digunakan untuk iklan, seperti atap bangunan atau sisi bangunan yang unik.

Jika Anda juga bingung wilayah atau titik mana yang bagus untuk promosi di billboard, Anda bisa berkonsultasi dengan StickEarn, ya. StickEarn siap memberikan insight terukur melalui dashboard periklanan kami.

5. Kolaborasi dengan Seniman Lokal

Lalu, untuk membuat iklan kreatif di billboard, Anda bisa libatkan seniman lokal. Dengan berkolaborasi bersama mereka, Anda bisa menciptakan karya seni yang unik dan menarik untuk iklan.

Ini tidak hanya memberikan kesempatan kepada seniman lokal untuk mendapatkan pengakuan. Lalu, kolaborasi ini juga bisa menambah elemen keaslian pada kampanye pemasaran Anda.

Buat Iklan Billboard Kreatif Sekarang!

Dalam dunia yang penuh dengan informasi visual, iklan billboard kreatif menjadi salah satu kunci untuk membedakan merek Anda dari yang lain. Dengan menggabungkan kreativitas dalam beriklan di luar ruang, Anda dapat menciptakan iklan billboard yang tidak hanya menarik, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan citra brand secara signifikan.

Jika Anda berencana untuk membuat iklan di billboard yang menarik, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. StickEarn siap menjadi konsultan dan membantu brand menayangkan iklannya secara offline di luar ruangan.

Silakan klik banner di bawah untuk bekerjasama atau pelajari lebih lanjut tentang produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png