Videotron menjadi salah satu jenis iklan luar ruang yang sering dimanfaatkan untuk beriklan. Media yang satu ini dinilai efektif dalam menyampaikan pesan promosi dan campaign brand.

Contoh media digital OOH tersebut yang banyak diandalkan untuk beriklan ialah videotron indoor. Videotron indoor adalah jenis iklan videotron yang tampil di dalam ruangan, seperti di dalam pusat perbelanjaan, perpustakaan, area konser, dan lain sebagainya.

Videotron atau LED Display indoor tersebut mampu membuat iklan atau informasi yang disampaikan dalam layar berukuran besar makin terlihat. Audiens pun akan lebih aware terhadap informasi yang ada di dalam LED iklan sekalipun dari jarak jauh.

Karena begitu canggih dan banyak digunakan brand, Anda wajib mengetahui tentang videotron indoor. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memutuskan beriklan di Digital OOH tersebut.

Baca juga: Popularitas OOH Semakin Melejit di 2023

Jenis-jenis Videotron

videotron indoor.jpg

Source: Freepik - Memahami pengertian iklan di videotron indoor.

Videotron tidak hanya tampil dalam bentuk layar yang menempel di gedung bertingkat saja. Namun, media ini juga bisa Anda temui di kendaraan, seperti MobileLED Advertising yang sisi kiri dan kanannya menggunakan layar videotron.

Lalu, Anda juga bisa menemukan videotron pada iklan di belakang motor yang menggunakan layar LED. Semua LED yang ada di kendaraan tersebut dapat disebut videotron.

Namun, secara umum, videotron mempunyai beberapa jenis yang bisa Anda ketahui. Adapun jenis-jenisnya ialah sebagai berikut.

1. Videotron Indoor

Apa yang dimaksud dengan videotron indoor sebenarnya lebih mengarah pada penempatan media outdoor advertising tersebut. Videotron indoor, juga dikenal sebagai digital signage, adalah sebuah layar elektronik besar yang ditempatkan di dalam ruangan, seperti mal, pusat perbelanjaan, stasiun kereta, dan area publik lainnya.

Selain di area tersebut, videotron indoor juga bisa Anda temui di saat acara konser musik dalam ruangan. Tidak sedikit penyelenggara konser yang memanfaatkan media tersebut untuk memuat materi visual kebutuhan mereka.

Materi tersebut dapat berupa video konser d yang menampilkan suasana di panggung. Dengan bantuan LED videotron ini, penonton yang ada di belakang dapat melihat melalui layar raksasa tersebut.

Meski begitu, layar ini digunakan untuk menampilkan berbagai jenis konten visual, seperti iklan, informasi, dan video promosi. Videotron indoor biasanya berukuran besar, memiliki resolusi tinggi, dan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk menarik perhatian pengunjung.

Untuk bagian penerangnya, videotron indoor menggunakan jenis lampu SMD atau Surface Mount Device. Lampu tersebut mampu membuat tampilan videotron ini jauh lebih cerah dan detail.

2. Videotron Outdoor

Jika videotron indoor tampil di dalam ruangan, maka jenis yang satu ini terbalikannya. Videotron outdoor ialah jenis iklan videotron yang tampil di luar ruangan. Artinya, iklan ini muncul di pinggir jalan, di badan gedung, dan acara konser musik outdoor.

Walau berada di luar ruang, tetapi jenis promosi yang satu ini tetap mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Videotron outdoor tahan terhadap berbagai jenis cuaca, entah panas maupun hujan.

Hal itu karena videotron jenis outdoor dibekali teknologi lampu Dual In-Line Package (DIP). Tingkat kerapatan dari jenis lampu ini sangat tinggi, sehingga aman terhadap air, juga tahan terhadap cuaca panas.

Lampu DIP juga dibekali berbagai warna, mulai dari merah, hijau hingga biru. Bermodalkan warna-warna ini, videotron outdoor mampu menghasilkan tampilan yang tajam, cerah, dan detail.

Selain itu, audiens yang jaraknya jauh dengan videotron juga tetap dapat melihatnya dengan baik. Jadi, bisa dibilang videotron outdoor menawarkan visibilitas yang tinggi.

Perbedaan Videotron Indoor dan Outdoor

videotron ukurannya berapa.jpg

Source: Freepik - Perbedaan videotron indoor dan outdoor.

Dilihat dari keduanya, jenis videotron indoor dan outdoor sebenarnya mempunyai perbedaan yang signifikan. Perbedaan utama terletak pada lokasi atau penempatan jenis ini.

Videotron indoor terletak di dalam ruangan, sedangkan outdoor berada di luar ruangan, yaitu biasanya di pinggir jalan. Lalu, jenis videotron outdoor juga bisa Anda temui di badan transportasi, seperti iklan di kendaraan, yakni truck LED Advertising dan motor.

Tidak hanya dari segi penempatannya, penggunaan lampu pada masing-masing videotron pun berbeda. Videotron outdoor menggunakan lampu Dual In-Line Package (DIP), sedangkan indoor menggunakan lampu SMD atau Surface Mount Device.

Lalu, dari segi pemasangan iklan billboard videotron. Proses pemasangan keduanya juga tergolong berbeda. Pemasangan videotron di dalam ruang terbilang lebih singkat dibanding yang ada di luar ruangan.

Untuk pemasangan videotron outdoor membutuhkan waktu sekitar tujuh hari. Pemasangan videotron ini melibatkan tenaga ahli dan peralatan yang lengkap media tersebut tampil sempurna di hadapan publik.

Baca juga: Inilah Alasan Sebuah Brand Memilih Mobile LED sebagai Media untuk Beriklan!

Fungsi Videotron

videotron indoor dan outdoor.jpg

Source: Freepik - Videotron berfungsi sebagai sarana promosi.

Meskipun tergolong berbeda, tetapi kedua tipe videotron itu menawarkan berbagai manfaat yang sama. Ketika Anda memutuskan menjalankan strategi marketing menggunakan videotron, Anda bisa menikmati berbagai manfaat seperti berikut ini.

1. Tampilan yang Menarik

Manfaat utama dari videotron indoor maupun outdoor adalah kemampuannya untuk menarik perhatian pengunjung dengan tampilan yang kaya akan warna dan detail. Dengan resolusi tinggi, gambar dan video yang ditampilkan pada videotron terlihat jelas dan tajam, membuatnya lebih efektif dalam menarik mata target konsumen.

Tampilannya yang menarik juga memungkinkan audiens aware terhadap iklan Anda. Bukan tidak mungkin Anda dapat meningkatkan brand awareness melalui pemasangan videotron ini.

2. Fleksibilitas Konten

Baik videotron indoor maupun outdoor memungkinkan brand untuk mengganti konten dengan cepat dan mudah. Ini berarti Anda dapat mengubah pesan atau iklan Anda sesuai dengan perubahan musiman, promosi khusus, atau bahkan peristiwa aktual. Dengan demikian, Anda memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan kampanye pemasaran Anda dengan berbagai kondisi dan tujuan.

3. Target Audiens yang Lebih Tepat

Dengan kemampuan untuk mengatur waktu tampilan konten dan menargetkan pengunjung berdasarkan lokasi dan preferensi, kedua jenis videotron tersebut juga memungkinkan Anda untuk mencapai audiens yang lebih relevan.

Misalnya, Anda dapat menampilkan iklan pakaian musim panas kepada pengunjung yang berada di area pusat perbelanjaan pada saat musim panas tiba. Lalu, Anda juga bisa menampilkan konten iklan yang sesuai dengan pengunjung yang ada di jalan raya, tempat videotron outdoor berada.

4. Sebagai Media Hiburan

Fungsi terakhir dari videotron, baik indoor maupun outdoor, ialah sebagai sarana hiburan atau entertainment. Contohnya ialah ketika Anda menonton konser.

Tidak jarang bukan Anda melihat latar belakang panggung konser musik atau sisi kiri-kanan panggung yang menampilkan video visualisasi yang menakjubkan? Nah, itulah salah satu fungsi dari sarana pemasaran ini.

Lalu, promosi produk yang tampil di videotron outdoor juga menjadi sarana hiburan tersendiri bagi sebagian masyarakat. Msialnya, ketika Anda menunggu bus atau berjalan kaki di suatu lokasi, terkadang mata Anda akan tertuju pada iklan yang ada di layar raksasa.

Itulah mengapa, meskipun terkadang berisi promosi atau sarana iklan nonkomersial, tetapi tetap saja videotron selalu dilihat dan menghibur dalam berbagai kesempatan.

Ayo, Beriklan di Videotron Indoor Maupun Outdoor!

Itulah tadi pembahasan lengkap mengenai videotron indoor yang dapat Anda ketahui. Sederhananya, videotron indoor adalah alat yang sangat efektif dalam kampanye pemasaran.

Begitu pula dengan jenis videotron outdoor. Keduanya memang berbeda, tetapi dapat memberikan manfaat yang sama untuk kemajuan promosi bisnis Anda.

Jika Anda tertarik beriklan melalui media tersebut, Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn. StickEarn menyediakan layanan pasang iklan di videotron melalui MobileLED Advertising atau Billboard 3D Jakarta kami.

Anda dapat beriklan dengan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png