Di era berkembangnya iklan, ada banyak iklan komersial maupun layanan masyarakat yang dibuat oleh berbagai perusahaan. Selain untuk menginformasikan sesuatu, tujuan dibuatnya iklan itu juga untuk mempromosikan produk agar laku di pasar.

Karena iklan mulai beragam, brand harus tahu cara buat iklan yang menarik. Sebab, iklan adalah media promosi yang digunakan guna membujuk dan mendorong orang agar tertarik membeli suatu produk.

Cara membuat iklan produk juga mudah. Ada berbagai teknik yang dapat Anda gunakan untuk membuat iklan digital atau offline yang kreatif, khususnya di bus karena iklan yang satu ini perlu Anda perhatikan pengemasannya, sehingga optimal.

Lantas, bagaimana cara membuat iklan yang baik di bus? Tidak perlu khawatir, Anda dapat menyimak langkah-langkah membuat di iklan media luar ruang tersebut dengan menyimak pembahasan di bawah StickEarn sampai habis!

Baca juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah-langkahnya yang Efektif

1. Tentukan Tempat Tayang Iklan

tentukan tujuan dalam bikin iklan yang menarik.jpg

Source: Unsplash - Tentukan tujuan sebelum membuat iklan yang menarik dan kreatif

Cara buat iklan yang menarik pertama ialah dengan menentukan tempat tayang iklan. Saat Anda hendak membuat campaign, Anda harus memilih media mana yang cocok untuk kampanye pemasaran.

Ada dua channel periklanan yang bisa Anda manfaatkan, yakni online dan offline. Jika online, Anda dapat beriklan di search engine Google, media sosial, maupun aplikasi, seperti iklan di Grab in Apps.

Namun, jika Anda kini sudah memilih untuk beriklan di kendaraan transit, seperti bus, artinya Anda akan mempromosikan produk menggunakan media iklan Out-of-Home. Media yang satu ini tergolong efektif.

Harvard Business Review menyebutkan bahwa di tahun 2023 OOH makin populer karena diyakini brand dapat mengakomodasi objektif bisnis mereka. Belanja iklan luar ruang juga makin meningkat dan di tahun ini naik mencapai US$38,41.

Jika Anda tertarik, Anda bisa berkolaborasi bersama StickEarn. StickEarn menyediakan layanan pasang iklan di bus yang bisa Anda gunakan untuk branding dan promosi.

2. Pahami Audiens Anda

Pemahaman yang mendalam tentang audiens penting untuk dilakukan dalam membuat iklan yang bagus. Anda harus tahu siapa target promosi, apa kebutuhan mereka, dan apa yang mereka cari dalam sebuah iklan.

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat menciptakan iklan yang lebih relevan dan menarik bagi mereka. Nantinya, iklan yang Anda buat tidak hanya sebatas dinikmati saja.

Jika iklan menarik, audiens bisa saja langsung membeli produk yang mereka lihat di bust. Seolah terhipnotis, mereka akan merasakan urgensi untuk membeli produk tersebut.

Agar dapat memahami audiens, Anda bisa menjalankan riset pasar. Lakukan riset terkait pasar; bagaimana kondisinya saat ini, apa saja pain point, dan bagaimana ciri konsumennya, sehingga Anda mengetahui pain point konsumen..

Dengan begitu, Anda pun secara tak langsung tengah menganalisis SWOT terhadap industri dan kebutuhan brand ketika beriklan. Pasti iklan akan semakin efektif!

3. Buat Pesan yang Jelas dan Singkat

Pesan yang jelas dan singkat cenderung lebih efektif dalam menangkap perhatian audiens. Pasalnya, baik Anda beriklan secara digital maupun offline, audiens tidak ada waktu untuk memerhatikan iklan sampai tuntas.

tiga atau lima menit awal sebuah video iklan mempunyai peranan yang penting dalam memastikan tindakan audiens. Durasi tersebut yang akan memastikan apakah audiens mau lanjut menonton iklan Anda atau tidak.

Dalam membuat iklan yang kreatif, Anda juga wajib menghindari penggunaan bahasa yang rumit atau berlebihan. Sederhanakan pesan Anda agar mudah dipahami oleh semua orang.

Pelajari bagaimana ciri atau bahasa iklan yang baik dengan menyimak artikel StickEarn mengenai iklan di bawah ini. StickEarn telah membahas ciri-ciri bahasa iklan dan contohnya.

Baca juga: Bahasa Iklan: Pengertian, Ciri-Ciri Bahasa Iklan, dan Contohnya

4. Buat Visual yang Menarik

iklan menarik dan lucu di bus.jpg

Source: Doc. StickEarn - Contoh iklan yang lucu di bus Transjakarta.

Cara membuat iklan produk yang menarik selanjutnya dapat Anda lakukan dengan memaksimalkan penggunaan visual. Tidak kalah penting dengan pesan, visualisasi sebuah iklan penawaran juga wajib Anda perhitungan dengan baik.

Buatlah visual yang menarik, kreatif, dan unik agar iklan Anda menonjol. Jika audiens tidak menghiraukan copywriting iklan, setidaknya Anda masih mempunyai "senjata" untuk menarik perhatian mereka melalui visual yang dibuat.

Dalam mengemas poster iklan yang menarik, dapat Anda lakukan dengan berbagai macam cara. Triknya, Anda dapat menonjolkan foto produk, warna, atau bahkan menggunakan foto brand ambassador (BA) iklan tersebut.

Penggunaan duta merek (BA) kini dikenal sebagai strategi pemasaran paling efektif. Hal itu karena BA dapat meningkatkan kepercayaan juga membuat audiens salah fokus.

Penggunaan BA sebagai materi promosi di poster iklan marak dilakukan oleh brand kecantikan, seperti Avoskin dan Whitelab yang bekerjasama dengan StickEarn melalui iklan luar ruang. Bahkan, ada juga brand makan yang menggunakan artis Korea sebagai materi promos.

5. Terapkan Teknik Neuromarketing

Neuromarketing adalah cabang ilmu yang mempelajari bagaimana otak manusia merespons iklan. Penelitian dalam neuromarketing menunjukkan bahwa elemen-elemen seperti warna, tipografi, dan nada suara dapat memiliki dampak besar pada daya tarik iklan.

Terapkanlah pengetahuan ini untuk memilih elemen-elemen yang akan membuat iklan Anda lebih menarik secara neurologis, terutama dalam hal mengemas visualisasi iklan, StickFriends. Selain itu, mengetahui elemen-elemen tersebut juga akan memudahkan Anda dalam mem-branding produk.

6. Lakukan A/B Testing

tips membuat iklan yang menarik di bus.jpg

Source: Unsplash - Langkah membuat iklan yang unik dan lucu di bus.

Pengujian A/B testing telah menjadi alat penting dalam pengembangan iklan yang sukses. Dengan menguji berbagai elemen iklan, seperti judul, gambar, atau teks, Anda dapat menentukan apa yang paling efektif dalam menarik perhatian audiens Anda.

Jika Anda masih bingung bagaimana membuat iklan yang menarik untuk produk makanan, minuman, dan lainnya, Anda bisa simak artikel "Pengertian dan Contoh Iklan Kreatif di Berbagai Media".

Di sana, StickEarn membahas dan memberikan sejumah contoh campaign iklan kreatif yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Terapkan Cara Buat Iklan yang Menarik di Perusahaan!

Cara membuat iklan yang menarik sebenarnya mudah. Anda perlu melakukan beberapa aktivitas penelitian agar dapat menciptakan iklan yang unik untuk promosi bisnis.

Sebab, membuat iklan yang menarik adalah seni yang didasarkan pada pengetahuan masing-masing orang. Makin banyak referensi, wawasan dan ide Anda akan makin luas.

Untuk mendorong terciptanya iklan yang bagus, Anda perlu mengenali audiens, jeli dalam membuat gambar promosi, menyampaikan pesan secara jelas dan padat, dan lain sebagainya seperti yang StickEarn jelaskan di atas.

Melalui iklan yang dibuat secara matang, Anda dapat meraih perhatian dan meningkatkan brand awareness konsumen terhadap brand maupun produk. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk menaikkan angka penjualan, StickFriends.

Karena Anda sudah tahu tips membuat iklan yang menarik di bus, segera berkolaborasi dengan StickEarn melalui Bus Advertising. Iklan banner di bawah untuk langsung beriklan atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn

CTA Banner Blog - 01.png