Tidak jauh berbeda dengan marketing mix, memasarkan produk dengan cara menggabungkan berbagai teknik pemasaran juga sering dilakukan oleh sebagian perusahaan. Brand melakukan promotion mix untuk bisa menjangkau target market-nya secara lebih masif.

Promotion mix adalah salah satu konsep penting dalam pemasaran yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya melalui berbagai strategi promosi. Dengan strategi ini, brand tidak hanya bisa beriklan di satu jenis promosi saja, tetapi juga dapat menggabungkan berbagai promosi dalam satu campaign secara langsung.

Hanya saja, pemahaman mengenai promotion mix belum diketahui oleh banyak orang. Sebagian brand maupun marketers lebih akrab dengan istilah marketing mix 4P maupun 7P. Meskipun begitu, kedua istilah tersebut memang tidaklah berbeda.

Nah, pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan promotion mix dan contohnya? Untuk mengetahui hal itu, simak penjelasan StickEarn di artikel ini sampai habis, ya.

Baca juga: Strategi Marketing Mix dengan Iklan Offline-to-Online, Apakah Efektif?

Apa Itu Promotion Mix?

apa yang dimaksud promotion mix.jpg

Source: Freepik - Promotion mix adalah strategi pemasaran yang menggabungkan berbagai saluran.

Promotion mix adalah kombinasi berbagai alat promosi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Alat promosi ini dapat mencakup iklan, penjualan langsung, promosi penjualan, pemasaran langsung, pemasaran digital, dan berbagai bentuk komunikasi lainnya.

Dengan menjalankan promotion mix, artinya perusahaan memanfaatkan semua alat promosi bisnisnya untuk mendekati konsumen. Sebab, tujuan dilakukannya promotion mix ialah untuk memperkenalkan sekaligus menciptakan kesan positif produk kepada target pasar.

Selain itu, konsep promotion mix juga dilakukan guna mendorong pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan. Jadi, konsumen tidak hanya mengetahui informasi mengenai produk melalui satu jenis promosi saja, tetapi juga berbagai media lainnya.

Karena sering terpapar produk Anda, potensi untuk lebih aware dan bahkan membeli produk akan terbuka lebar.

Komponen Promotion Mix

Setelah mengetahui pengertian dari promotion mix, Anda juga perlu mengenal tentang berbagai komponen dari jenis pemasaran produk yang dipercaya efektif ini, StickFriends. Adapun komponen dari promotion mix, di antaranya ialah sebagai berikut:

  • Periklanan (Advertising): Periklanan melibatkan promosi produk atau layanan melalui media, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Dengan penggunaan visual dan pesan yang kuat, perusahaan mencoba menciptakan kesan positif pada pelanggan potensial. Namun, periklanan juga tidak hanya melibatkan iklan di media cetak atau iklan luar ruangan saja, tetapi juga dapat dikombinasikan. Anda bisa beriklan di OOH, kemudian melakukan penargetan iklan kembali di media sosial melalui iklan Offline-to-Online Advertising.

  • Penjualan Langsung (Personal Selling): Penjualan langsung melibatkan interaksi langsung antara perwakilan perusahaan dan calon pelanggan. Ini mencakup pertemuan tatap muka, panggilan telepon, dan presentasi produk.

  • Promosi Penjualan (Sales Promotion): Promosi penjualan melibatkan penawaran sementara, seperti diskon, kupon, hadiah, dan kontes yang bertujuan untuk mendorong pembelian segera.

  • Pemasaran Langsung (Direct Marketing): Pemasaran langsung melibatkan komunikasi yang ditujukan langsung kepada pelanggan potensial melalui surat, email, pesan teks, atau telepon.

  • Pemasaran Digital (Digital Marketing): Ini mencakup penggunaan platform online, seperti situs web, media sosial, dan kampanye iklan digital untuk mencapai audiens target.

Baca juga: Mengenal O2O Channel, Media Promosi Produk Paling Masif

Pentingnya Promotion Mix

apakah promotion mix dan marketing mix sama.jpg

Source: Freepik - Promotion mix memberikan berbagai manfaat untuk bisnis Anda.

Sebagai sarana pemasaran produk, promotion mix juga mempunyai peranan yang sangat penting. Hal itu karena strategi ini tidak hanya dapat meningkatkan brand awareness produk. Namun, lebih dari itu.

Lantas, apa saja manfaat menjalankan promotion mix? Berikut ialah beberapa keunggulan menjalankan baur promosi.

1. Meningkatkan kesadaran merek

Melalui promotion mix, entah dengan menjalankan periklanan dan pemasaran digital, perusahaan dapat menciptakan kesadaran merek yang kuat di benak konsumen. Brand atau produk berpotensi untuk terus diingat oleh audiens yang melihat iklan kreatif produk.

Hal itu karena Anda menyebarluaskan promosi ke berbagai tempat, sehingga peluang untuk lebih dilihat dan tampil kepada audiens secara masif pun akan terbuka lebar.

2. Mendorong penjualan

Strategi pemasaran melalui baur promosi juga dapat meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Pasalnya, iklan Anda yang tampil di beberapa tempat dan bahkan terus-menerus terlihat dapat mendorong konsumen untuk membeli produk. Anda secara tidak langsung hal itu memicu rasa penasaran mereka, sehingga mau bertransaksi.

3. Membangun hubungan dengan pelanggan

Penjualan langsung dan pemasaran langsung juga membantu perusahaan untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih kuat. Akan hadir berbagai emosi yang dapat mengikat hubungan brand dengan konsumennya.

4. Menjangkau target pasar yang beragam

Dengan beragam alat promosi, perusahaan dapat menjangkau berbagai segmentasi pasar dengan pesan yang sesuai. Misalnya, Anda menjalankan promotion mix dengan beriklan MobileLED Advertising.

Lalu, Anda juga melakukan re-targeting advertising iklan OOH itu dengan Offline-to-Online StickEarn. Nah, tidak hanya audiens luar ruang saja yang akan melihat iklan Anda, tetapi mereka juga yang ada di dalam ekosistem digital.

Ayo, Jalankan Promotion Mix

Dalam dunia pemasaran yang terus berubah, menggunakan promotion mix sebagai sarana pemasaran produk juga dapat menjadi kunci keberhasilan suatu perusahaan. Dengan memahami berbagai komponen dalam promotion mix dan bagaimana audiens berinteraksi, perusahaan dapat mencapai hasil yang lebih baik dalam mencapai tujuan pemasaran mereka.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menyukseskan performa bisnis, Anda perlu menjalankan promotion mix di perusahaan. Contoh promotion mix yang dapat diterapkan ialah dengan beriklan di MobileLED Advertising dan Offline-to-Online.

Kedua media iklan tersebut dapat menjadi sarana promosi yang efektif karena mampu memperluas jangkauan promosi. Anda bisa menjangkau audiens yang ada di luar ruang, kemudian menargetkan mereka kembali dalam ruang digital, yaitu di media sosial mereka.

Terkait iklan Offline-to-Online ini, Anda bisa menyimak lebih lanjut FAQ-nya di bawah.

Offline-to-Online Advertising atau disebut juga O2O adalah layanan iklan onlline StickEarn yang dapat brand manfaatkan untuk re-targeting audiens (yang melihat iklan brand di Videotron, MobileLED maupun Mobile Showcase) di media sosial.

  • Bagaimana cara kerja O2O?

Iklan O2O bekerja dengan cara menganalisis data anonymus mobile ID audiens yang melihat atau melintasi Videotron, MobileLED, ataupun Showcase menggunakan teknologi MAID (Mobile Advertising ID).

Data tersebut kemudian diolah menggunakan pendekatan prediktif dan deterministik, sehingga menjadi iklan yang akan tampil kembali di media sosial mereka.

  • Berapa lama audiens menerima/terpapar iklan tersebut?

Jika masa campaign (Billboard, Videotron, MobileLED, dan Showcase) dan online retargeting berjalan secara paralel, audiens akan terpapar iklan online dalam waktu 1-2 jam setelah melihat iklan di luar ruang.

  • Berapa kali audiens akan melihat iklan tersebut?

Setiap audiens yang ditargetkan akan melihat iklan yang sama dengan media DOOH sebanyak tiga kali dalam satu hari.

Jika tertarik beriklan menggunakan MobileLED Advertising dan O2O, silakan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn

CTA Banner Blog - 01.png