Strategi pemasaran menggunakan konten marketing saat ini sering dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan. Hal itu dilakukan tak hanya untuk mengenalkan produknya saja, tetapi demi meningkatkan penjualan pula.

Content marketing adalah sebuah strategi yang diterapkan dalam marketing untuk membuat dan menyebarkan konten hingga dapat menarik perhatian audiens. Content marketing menurut ahli, Pulizzi (2009), diartikan sebagai teknik pemasaran yang menarik untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan sehingga dapat mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Hanya saja, memahami apa yang dimaksud content dalam marketing tak dapat sekadar dari pengertiannya. Anda juga wajib paham mengenai contoh, tujuan, dan manfaat dari strategi tersebut secara mendalam.

Nantinya, Anda dapat menerapkan strategi yang tepat, yang sesuai tren pemasaran saat ini, meningkatkan exposure bisnis, dan penjualan. Untuk mempelajarinya, silakan simak pembahasan kami di bawah.

Pelajari juga Case Studies dari berbagai brand yang beriklan di media luar ruangan:

Apa itu Content Marketing?

content marketing adalah strategi pemasaran.jpg

Source: Freepik - Content marketing adalah strategi pembuatan dan penyebaran konten untuk aktivitas pemasaran.

Secara lebih mendalam, content marketing adalah sebuah strategi atau teknik dalam pemasaran yang bertujuan menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan serta berharga untuk memperoleh, menarik, dan melibatkan target pasar yang jelas serta mudah dipahami.

Sementara itu, menurut Genelius (2011), content marketing adalah sebuah proses secara langsung maupun tidak langsung yang bertujuan untuk mempromosikan merek atau produk melalui video, teks, dan audio, baik offline atau online serta memiliki nilai tambah.

Perlu digarisbawahi bahwa konten yang dibuat harus unik, signifikan, berharga, berkualitas, serta lebih baik dari para kompetitornya. Jika mengacu pada pendapat Gunelius (2011), maka konten memiliki nilai apabila mengandung tiga komponen, yakni:

  • Mampu menghasilkan minat serta melibatkan pelanggan.
  • Namun, juga dapat memberikan informasi dan mendidik konsumen.
  • Mampu mengungkapkan semua nilai yang mencirikan perusahaan dalam hal konsistensi, kualitas, keunikan, dan relevansi.
  • Mampu memiliki sikap proaktif.

Tujuan Pembuatan Content Marketing

Setelah Anda mengetahui arti atau definisi content marketing, pertanyaan berikutnya adalah mengapa perusahaan menggunakan content marketing? Apa tujuan dari pembuatan konten pemasaran tersebut?

Saat StickFriends menjalankan bisnis, perlu beberapa langkah atau strategi yang harus diterapkan untuk menarik perhatian target pasar sehingga akhirnya mereka mau menjadi pelanggan.

Secara umum, ada beberapa tahap yang dialami oleh pelanggan dalam siklus pembelian. Apa sajakah siklus pelanggan yang mempengaruhi indikator content marketing?

1. Kesadaran

Ketika Anda mempromosikan produk atau jasa, target pasar bisa saja sudah sadar akan produk yang ditawarkan. Namun, benarkah mereka akan langsung membelinya?

Maka, content marketing berperan untuk membangkitkan gairah dan kebutuhan mereka akan produk yang StickFriends tawarkan. Dengan begitu, membangun kesadaran target pasar sangat penting untuk dilakukan.

2. Riset

Setelah calon konsumen sadar bahwa produk yang Anda jual dibutuhkan, tentu mereka akan mencari tahu lebih lanjut atau melakukan riset terkait produk itu.

Oleh karena itu, StickFriends perlu menonjolkan kelebihan, keunikan, dan keunggulan dibanding merek lain. Buatlah konten konten-konten terkait USP produk di platform yang menjadi channel promosi produk.

Sebagai gambaran, Anda bisa melihat contoh content marketing di Instagram StickEarn. Kami sering membagikan konten softselling terkait keunggulan produk kami dibanding para pesaing.

3. Pertimbangan

Jika calon konsumen sudah menemukan informasi yang dibutuhkan, mereka akan menimbang-nimbang atau membandingkan dengan produk merek lain. Perbandingan dilakukan bisa dengan melihat harga, kualitas, serta keuntungan yang akan mereka peroleh.

Maka dari itu, StickFriends harus konsisten dengan penawaran produk yang ditawarkan. Baik garansi produk, harga, kualitas, atau bahan baku yang digunakan.

4. Pembelian

Nah, tahap yang terakhir adalah proses pembelian. Di sinilah content marketing memiliki peranan penting yang mampu mempengaruhi audiens untuk mengambil tindakan menguntungkan bagi bisnis StickFriends.

Manfaat Content Marketing

apa tujuan pembuatan content marketing.jpg

Source: Freepik - Pembuatan pemasaran konten memberikan berbagai manfaat.

Content marketing memiliki berbagai manfaat untuk menunjang kesuksesan bisnis. Manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

Baca juga: Tips Membuat Iklan di Media Sosial yang Paling Efektif

1. Sebagai Branding

Branding dapat diartikan sebagai upaya untuk menyampaikan pesan tentang produk atau jasa yang ditawarkan kepada calon konsumen. Jika strategi yang dilakukan baik, bisnis StickFriends akan meninggalkan kesan yang baik bagi para pelanggan.

Salah satu media untuk memberikan informasi terkait produk yang dijual adalah melalui content marketing. Sebab, selain memberikan informasi, konten yang dibuat semenarik mungkin juga bisa mempengaruhi target market.

2. Meningkatkan Penjualan

Jika calon konsumen menyukai konten yang Anda buat, maka manfaatkan momen tersebut untuk merayu sekaligus membujuk mereka agar mau membeli produk. Nantinya, penjualan akan meningkat serta pendapatan semakin bertambah.

3. Memperluas Target Pasar

Saat pelanggan yang satu merasa puas dengan produk StickFriends serta menyukai konten-konten yang dibagikan, maka besar kemungkinan mereka akan membagikan pengalaman tersebut kepada orang lain atau melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Di samping itu, jika konten yang dibuat menarik dan bermanfaat, maka mereka akan menyebarluaskan konten tersebut. Dengan demikian, akan semakin banyak orang yang mengetahui bisnis StickFriends.

4. Mempertahankan Pelanggan Lama

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang utama. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan lama adalah melalui content marketing yang memikat dan menjual.

Oleh karena itu, pelanggan akan menunggu konten yang akan dibagikan. Jika sudah begitu, maka mereka akan kembali lagi untuk membeli produk yang dijual.

5. Meluaskan Partnership

Selain mempertahankan pelanggan lama, manfaat pembuatan content marketing berikutnya adalah meluaskan relasi dan partnership. Apabila StickFriends menerapkan content marketing yang memikat, akan banyak brand lain, baik brand sejenis maupun lintas brand yang mengajak bekerja sama. Tentu, kondisi ini sangatlah menguntungkan!

Bentuk Content Marketing

contoh penerapan content marketing.jpg

Source: Freepik - Contoh penarapan content marketing.

Content marketing terdiri dari beberapa bentuk yang masing-masing memiliki kegunaan dan keunggulan. Ada beberapa bentuk content marketing yang bisa StickFriends gunakan, yakni:

1. Website

Apabila menggunakan website, content marketing yang diterapkan bisa berupa teks pemasaran atau biasa dikenal copywriting.

Melalui website bisnis atau blog Anda dapat membuat konten artikel yang mengedukasi sekaligus mempengaruhi pengunjung web membeli produk yang dijual.

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa website atau blog merupakan media yang menjadi titik pertemuan antara calon pembeli di internet dengan bisnis yang dijalankan.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing? Strategi, Jenis, Panduan, & Contohnya

2. Infografik

Selain website, bentuk konten pemasaran lainnya, yaitu infografik. Melalui infografik, Anda bisa menyampaikan informasi produk dan memadukannya dengan objek visual.

Infografik harus dibuat semenarik mungkin dan tidak terlalu banyak tulisan. Dengan infografik yang simpel, target audiens bersedia untuk membaca informasi yang ada. Penyebaran infografik bisa dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya.

3. Video

Bagi sebagian orang, media video memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan daripada membaca saja. Oleh karena itu, Anda bisa membuat content marketing dengan bentuk video yang menggabungkan foto, gambar, audio, teks dan visual lainnya.

4. Audio

Belakangan ini audio sedang naik daun. Dengan menjamurnya podcast merupakan tanda bahwa banyak orang yang gemar mendengarkan audio saja. Sehingga, podcast menjadi salah satu bentuk content marketing yang menjanjikan.

Untuk membuat podcast pun tidak sulit. StickFriends bisa melakukannya secara gratis dengan beberapa aplikasi yang tersedia seperti Anchor dan mengunggahnya di Spotify.

5. Buku atau Ebook

Selain keempat di atas, bentuk lainnya, yaitu buku cetak atau electronic book. StickFriends bisa membuat buku yang mengandung informasi tentang tutorial, tips dan trik, atau life hack yang ada kaitannya dengan produk atau jasa yang dijual.

Buku tersebut bisa diunggah di website, media sosial, maupun didistribusikan melalui email pelanggan.

Mengapa Content Marketing Penting?

Sampai di sini, Anda juga pasti bertanya apakah content marketing penting untuk diterapkan dalam bisnis? Jawabannya ya karena pemasaran konten memainkan peranan yang penting dalam mendorong bisnis Anda.

Content marketing juga dapat meningkatkan brand awareness konsumen terhadap produk-produk yang Anda tawarkan. Jadi, jika Anda ingin produk terkenal dan penjualan meningkat, maka Anda perlu menerapkan strategi ini.

Lalu, content marketing dinilai sangatlah penting karena dapat membantu Anda mendapatkan beberapa keuntungan lainnya. Menurut Ahrefs, ada yang akan Anda dapat ketika menjalankan strategi pemasaran konten ini.

  • membantu mendapatkan leads dan convertion: pemasaran konten dapat membantu Anda mengubah konsumen menjadi pelanggan. Konten yang berkualitas bisa mendorong audiens untuk membeli produk.
  • mengedukasi audiens: dengan membuat konten, Anda secara tidak langsung juga mengedukasi audiens. Sebab, terkadang konten yang perusahaan buat dapat menjadi bahan bacaan atau pelajaran yang bermanfaat untuk audiens.
  • strategi jangka panjang: membuat content marketing, apalagi yang bersifat evergreen, dapat menghasilkan pertumbuhan traffic organik dari waktu ke waktu.

Baca juga: Perbedaan SEO & SEM: Pengertian dan Manfaat untuk Bisnis

Buat Content Marketing yang Menarik di OOH

Setelah menyimak penjelasan di atas, Anda pasti sudah mengetahui apa itu content marketing dan manfaatnya untuk bisnis. Pada dasarnya, strategi pemasaran ini sangat penting karena bisa mempengaruhi penjualan.

Karena itu, penting untuk Anda membuat content marketing yang menarik di semua media promosi bisnis. Jika Anda sudah membuatnya, Anda bisa menyerahkan penyebaran materi promosi kepada StickEarn.

StickEarn menyediakan berbagai layanan iklan luar ruangan, seperti Transportation Advertising, Digital Advertising, dan lain-lain, yang berdampak untuk iklan Anda. Dengan memanfaatkan layanan StickEarn, Anda bisa menyebarluaskan kesadaran merek secara lebih masif.

Untuk beriklan bersama StickEarn, Anda bisa klik banner di bawah ini atau simak lebih lanjut produk-produk kami.

CTA Banner Blog - 01.png